P. 1
PRES FIX LKS I Praktikum Atom

PRES FIX LKS I Praktikum Atom

|Views: 138|Likes:
Published by Widi Widayat

More info:

Published by: Widi Widayat on Feb 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/20/2013

pdf

text

original

TUGAS MATERI DAN ENERGI ³LKS ANALOGI SIFAT ATOM´ Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bioenergi

Dosen Pengampu: Arif widyatmoko

Disusun Oleh: Sugianto [4001409032]

Weni Ratna N. H. [4001409033] Widi Widayat [4001409034]

Maylinda Uti M. [4001409035] Zuliana M. [4001409036]

Fitri Rahmawati [4001409037] Siti Marfu`ah [4001409038]

Anisa Rahmawati [4001409049] Hestiana I. [4001409058]

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2011

Dari kedua hukum tersebut Dalton mengemukakan pendapatnya tentang atom sebagai berikut: 1. Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil. B. jadi sebuah benda tersusun atas banyak sekali atom-atom kecil. John Dalton mengemukakan mengemukakan pendapatnaya tentang atom.LKS I ANALOGI SIFAT ATOM A. tidak dapat dibagi lagi. Sedangkan Prouts menyatakan bahwa "Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap". Lavosier mennyatakan bahwa "Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi". atom bisa diartikan tidak terpotong. Seperti pada gambar. Misalnya air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen 4. yaitu hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts). Pada tahun 1803. suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda 3. sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. . Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom. a yang berarti tidak dan tomos berarti memotong. Tujuan praktikum ini bertujuan agar siswa lebih memahami materi tentang sifat atom dengan menganalogikan atom sebagai partikel-partikel materi dengan menggunakan buah-buahan. Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Teori atom Dalton didasarkan pada dua hukum. - ). Atom merupakan satuan terkecil penyusun benda. Jadi. atau tidak dapat dibelah. Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi 2. Landasan Teori Istilah atom berasal dari Bahasa Yunani ( /átomos.

Langkah Kerja : 1. Data Pengamatan Nama Buah Sebelum dipotong Pisang Wortel Putih Orange Warna Sesudah dipotong Putih Orange Sebelum dipotong Lembek Keras Tekstur Sesudah dipotong Lembek Keras F. E. Amati kembali warna daging dan wujud buah. 4.Hipotesa Dalton digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal seperti pada tolak peluru. Alat y pisau/cutter 2. Bahan y y Wortel Pisang D. Potong-potong buah dengan hati-hati sapai potongan yang sangat kecil seperti pada gambar. Catat warna dan tekstur buah sebelum dan sesudah dipotong kecil pada tabel yang disediakan. 2. Bagaimana warna dan tekstur masing-masing buah sebelum dan sesudah dipotong-potong? Jawab: warna dan tekstur sebelum dan sesudah dipotong-potong sama . Amati warna daging buah pisang dan wortel yang melambangkan suatu atom unsur tertentu. Bersikan kembali pisau untuk percobaan dengan buah yang lain. Pertanyaan 1. 3. Seperti gambar berikut ini: C. Alat dan Bahan 1.

Apakah sifat atom dari berbagai unsur itu sama? Jelaskan jawababmu! Jawab: sama. apa yang dimaksud dengan atom? Jawab: bagian terkecil penyusun suatu unsur yang tidak dapat dibagi lagi 3. Kesimpulan 1. Unsur tersusun atas atom atom yang sama. Atom adalah suatu partikel terkecil yang tidak dapat dibagi. . 3. karean unsur tersebut tersusun atas atom yang sama G. Atom merupakan penyusun dari unsur.2. 2. Seandainya buah itu suatu unsur dan potongan terkecil itu suatu atom.

LKS 2 MOLEKUL UNSUR DAN MOLEKUL SENYAWA A. Amati atom-atom yang menyusun molekul unsur dan molekul senyawa! Tulis nama senyawa dan tentukan lambang atom penyusunnya! Hitung jumlah masing-masing atom penyusunnya. Langkah Kegiatan 1. Apa perbedaan molekul unsur dan molekul senyawa? C. 2. molekul dapat berupa molekul unsur maupun molekul senyawa. Landasan Teori Suatu unsur terdiri atas atom-atom pembentuknya. Molekul merupakan salah satu partikel terkecil dari suatu senyawa. B. catat pada tabel pengamatan! D. Tabel Pengamatan Keterangan hidogen klor karbon oksigen nitrogen . 3. Tujuan praktikum ini bertujuan agar siswa lebih memahami materi tentang perbedaan antar molekul unsur dan molekul senyawa. Atom-atom dapat bergabung bersama melalui ikatan kimia membentuk suatu molekul.

1 atom Cl .A.Molekul Senyawa No Gambar Molekul Nama Air 1 Rumus molekul H2O Jumlah Atom 2 atom H.Molekul UNSUR No Gambar Molekul Nama Ozon 1. Rumus molekul O3 Jumlah Atom 3 atom O Oksigen 2 O2 2 atom O 3 Hidrogen H2 2 atom H klorida Cl2 2 atom Cl 4 B. 1 atom O 2 Asam Klorida HCl 1 atom H.

3 atom H 3 4 Karbon dioksida CO2 2 atom O. Bagaimana komponen penyusun molekul senyawa?jelaskan! Jawab : komponen penyusun molekul senyawa terdiri dari atom unsur yang berbeda 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan molekul unsur dan molekul senyawa? Jawab : molekul unsur terdiri dari atom yang sama sedangkan molekul senyawa terdiri dari atom unsur yang berbeda. . Bagaimana komponen penyusun molekul unsur?jelaskan! Jawab : komponen penyusun molekul unsur terdiri dari atom yang sama 2.Amoniak NH3 1 atom N. 1 atom C Pertanyaan 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->