PENGANTAR BISNIS

Literatur: 1. Pengantar Bisnis, M.Fuad 2. Pengantar Bisnis, John Soeprihanto 3. Manajemen Bisnis, Panji Anoraga 4. Bisnis, Griffin 5. Pengantar Bisnis, Jeff Madura 6. Pengantar Bisnis, Boone & Kurtz

SILABI
1. 2. 3. 4. 5. 6.

Bisnis Organisasi perusahaan Bentuk Badan usaha Lingkungan Manajemen dan organisasi Menjalankan usaha: a. Fungsi SDM dalam perusahaan b. Fungsi produksi dalam perusahaan c. Fungsi Pemasaran dalam perusahaan d. Fungsi Keuangan dalam perusahaan e. Fungsi Akuntansi dalam perusaahaan 7. Perluasan dan penciutan usaha

BISNIS
Pengertian 1. Boone dan Kurtz Semua aktivitas yang bertujuan untuk mencari laba 2. Skinner Pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau memberi manfaat

Mengapa belajar bisnis ? Usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup Adanya saling ketergantungan Adanya perubahan .

kegiatan dalam pengolahan alam Agraris.JENIS BISNIS 1. bergerak dalam industri pengolahan Jasa. bergerak dalam kebutuhan pelayanan jasa bagi masyarakat . a) b) c) d) Atas dasar kegiatannya: Ekstraktif. kegiatannya dalam bidang pertanian Industri (Manufacturing).

Kegunaan bentuk (form utility). c. berfungsinya barang karena adanya perpindahan tempat Kegunaan waktu(Time utility). berfungsinya barang pada waktu tertentu Kegunaan Kepemilikan(Possession utility). berfungsinya barang karena adanya perpindahan kepemilikan . Kegunaan yang diciptakan a. d.2. b. berfungsinya barang karena adanya perubahan bentuk Kegunaan tempat (Place utility).

PERUSAHAAN Suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumbersumber ekonomi (faktor produksi) untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan .

Organisasi Produksi Semua kegiatan yang menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang dengan menggunakan faktor produksi yang ada .

Kebutuhan Sesuatu yang harus dipenuhi atau dipuaskan .

Money (modal) Man (tenaga kerja) Material Methode Market . 4. 5. 3. 2.Sumber-sumber ekonomi Sumber(faktor produksi) 1.

suatu persatuan lisensi menurut hukum antara manufakturing/perusahaan yang menyelenggarakan. 2. dengan penyalur untuk melaksanakan kegiatan . 3.Cara memasuki bisnis 1. Membeli perusahaan yang telah dibangun Memulai perusahaan baru Pembelian hak lisensi(franchising).

Trade name franchising. franchisee memperoleh hak untuk memproduksi Product distribution franchising. penjualan peralatan. 3. 2. franchisee memperoleh hak untuk distribusi wilayah tertentu Pure franchising/business format.Tipe Franchising 1. metode operasi. strategi pasar. tehnik pengendalian kualitas . bantuan manajemen. franchisee memperoleh hak seluruhnya. trade mark.

Perusahaan Umum (Perum) c. Perusahaan jawatan (Perjan) b.BENTUK BADAN USAHA A. BUMN(Badan Usaha Milik Negara) Semua perusahaan dalam bentuk apapun dan bergerak dalam bidang usaha apapun yang sebagian atau seluruh modalnya merupakan kekayaan negara. kecuali jika ditentukan lain berdasarkan undang-undang Bentuk: a. Persero .

2. 3. 5. Tujuan untuk melayani kepentingan umum sekaligus mencari keuntungan Berstatus badan hukum dan diatur berdasarkan undang-undang Bergerak dalam bidang jasa vital Seluruh atau sebagian modalnya dimiliki negara serta dapat memperoleh dana dari luar Pada prinsipnya secara finansial dapat berdiri sendiri . 4.Ciri-ciri BUMN Ciri1.

3. Swasta 1.B. 2. 4. Perusahaan Perseorangan Firma CV (Commanditer Venoschap/Perseroan komanditer Perseroan Terbatas (PT) .

sehingga cepat 2. Pemilik lebih giat memajukan usaha 4. Tanggung jawab tidak terbatas 2. Kelangsungan usaha kurang terjamin 4. Sumber keuangan terbatas 3. Seluruh keuntungan menjadi hak milik perusahaan 3. Pemilik bebas mengambil keputusan. Kemampuan manajemen terbatas 5.PERUSAHAAN PERSEORANGAN Perusahaan yang dikelola dan diawasi oleh satu orang yang bertanggung jawab penuh terhadap semua resiko dan aktivitas perusahaan Kebaikan: 1. Kemudaahan dalam pendirian dan pengelolaannya Kelemahan: 1. Resiko ditanggung sendiri .

Mempunyai kemampuan finansial yang lebih besar 3. Prosedur pendirian relatif mudah 2. Utang perusahaan ditanggung oleh kekayaan pribadi 2. Keputusan bersama sehingga keputusan menjadi lebih baik Kelemahan: 1. firma bubar . Kelangsungan hidup perusahaan tidak terjamin sebab jika salah satu anggota bubar.dimana tanggung jawab masing-masing anggota firma tidak terbatas Kebaikan: 1.Firma Persekutuan antara dua orang atau lebih dengan nama bersama untuk menjalankan usaha.

mengatur perusahaan dan bertanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya.CV(Commanditer Venoschap) CV(Commanditer Venoschap) Perseroan Komanditer Bentuk perjanjian kerjasama untuk berusaha bersama antara orang-orang yang bersedia memimpin. dengan orang-orang yang memberikan pinjama dan tidak bersedia memimpin perusahaan serta bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan tersebut .

biasanya modal yang disetorkan lebih besar dari anggota yang lain. anggota yang aktif dan duduk sebagai pengurus CV.Keanggotaan CV 1. sekutu yang bertanggung jawab terbatas terhadap utang perusahaan sebesar modal yang disetorkan dan mereka tidak aktif dalam perusahaan . sekutu ini bertanggung jawab tidak terbatas terhadap utang-utang perusahaan Sekutu Terbatas. 2. Sekutu pimpinan.

Kebaikan. Pendirian lebih mudah Kelemahan: 1. Kemampuan manajemen lebih besar 3. Modal yang dikumpulkan lebih besar 2.kelemahan CV Kebaikan: 1. Sebagian anggota sekutu mempunyai tanggung jawab tidak terbatas 2. Sulit bagi sekutu pimpinan untuk menarik kembali modalnya .

Terdapat efisiensi sumber dana dan pimpinan karena pimpinan yang kurang cakap dapat diganti .hak serta kewajiban sendiri yang terpisah dari kekayaan pribadi pemegang saham Kebaikan: 1. Mudah mendapatkan tambahan modal 4.Perseroan Terbatas (PT) Badan usaha yang mempunyai kekayaan. Terbatasnya tanggung jawab sehingga tidak menimbulkan resiko bagi kekayaan pribadi 3. Kelangsungan usaha terjamin 2.

kelemahan 1. Biaya pendirian relatif mahal Rahasia tidak terjamin Kurangnya hubungan yang efektif antara pemegang saham . 2. 3.

Simpanan Pokok 3. Simpanan wajib 2. Simpanan Sukarela .Koperasi Perkumpulan yang beranggotakan orangorang atau badan-badan yang memberikan kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong serta bertujuan untuk kesejahteraan anggota Permodalan Koperasi: 1.C.

Jaringan dan koalisi b. Hubungan informal dalam industri c. Memonitor lingkungan b.pemegang saham 2. Peran khusus manajemen 2) Tidak langsung a. politik.LINGKUNGAN 1. Internal (langsung):karyawan. alam Mengelola Lingkungan: 1) Langsung: a. pesaing 3. Tidak langsung. ekonomi. Peramalan Statistik . supplier. Peran ganda c. Eksternal (langsung). tehnologi.direksi. Serikat pekerja.

pengorganisasian.MANAJEMEN Pengertian: 1. GR Terry Proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan.pelaksanaan dan pengendalian yang masing-masing bidang tersebut digunakan baik ilmu pengetahuan maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka usaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan .

2. pengarahan dan fungsi pengendalian dalam cara yang paling efisien untuk mencapai sasaran 3. pengorganisasian. Skinner & Ivancevich Penggunaan perencanaan.John D Millet Proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorganisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan .

actuating. controlling sebagai upaya anggota organisasi dan proses penggunaan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan . Mary parker Follet The art of getting things done throught people Kesimpulan: Suatu proses planning.4. organizing.

2.Mengapa manajemen dibutuhkan? dibutuhkan? 1. 3. Untuk mencapai tujuan Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas .

organizing. 3.staffing. organizing. actuating. directing.controlling GR Terry : planning. 4. coordinating. organizing. commanding. controlling . Henry Fayol:Planning. staffing.controlling Kont o¶ doniel : Planning. organizing. directing. controlling Luther Gullick : Planning. reporting. coordinating. 2.Proses Manajemen 1.

mengapa (why).bagaimana(how).PLANNING(PERENCANAAN) Setiap kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sebuah lembaga mempunyai tujuan. Perencanaan menggambarkan tentang apa(what). dan kapan (when) akan dilakukan . dan untuk mencapai tujuan perlu dibuat perencanaan terlebih dahulu.

Mengurangi ketidakpastian serta perubahan pada waktu mendatang Mengarahkan perhatian pada tujuan Memperingan biaya Sarana untuk pengawasan . 2. 3.Kegunaan perencanaan 1. 4.

5. 4. 6. 3. Menetapkan tujuan Menyusun anggapan-anggapan Menentukan berbagai alternatif tindakan Mengadakan penilaian terhadap alternatif-alternatif tindakan yang sudah dipilih Mengambil keputusan Menyusun rencana pendukung . 2.LangkahLangkah-langkah penyusunan perencanaan 1.

Sulitnya mencari anggapan secara teliti Perubahan yang sangat cepat Kekakuan internal dan eksternal Waktu dan biaya . 4. 2.Faktor yang membatasi perencanaan 1. 3.

Pembagiaan pekerjaan 2. Rentang kendali .ORGANIZING (PENGORGANISASIAN) Proses menciptakan hubungan antara berbagai fungsi. Departementalisasi 3. Pendelegasian wewenang 4. personalia dan faktor-faktor fisik agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaat dan terarah pada satu tujuan Inti kegiatan organizing: 1.

Perintah 3. Penekanan pada pentingnya koordinasi 3.ACTUATING Proses manajemen dalam memandu dan memotivasi karyawan-karyawan untuk mencapai tujuan meliputi: pengarahan dan pengkoordinasian Pengarahan : 1. Orientasi 2. Kontak langsung 2. Timbal balik diantara faktor yang ada . prinsip: 1. Delegasi wewenang Pengkoordinasian.

Melakukan tindakan koreksi .CONTROLLING Membandingkan segala sesuatu yang telah dijalankan dengan rencananya serta melakukan perbaikan-perbaikan bila terjadi penyimpangan Langkah pengawasan: 1. Membandingkan kegiatan dengan standar 3. Menciptakan standar 2.

Tingkatan manajemen: 1. Manajer lini pertama (lower manager) y y Bertanggungjawab atas pekerjaan orang lain Mengarahkan karyawan operasionaal .MANAJER Setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumber daya organisasi lainnya.

2) Midle manager (manajer menengah) (manajer menengah) Mengarahkan kegiatan-kegiatan karyawan operasional y Membuat kebijakan dan keseimbangan antara apa yang dituntut atasan dengan kemampuan bawahan 3) Top Manager y Sekelompok eksekutif yang termasuk kecil y Bertanggung jawab atas manajemen yang menyeluruh dari organisasi ybs y Menetapkan kebijakan operasional y Menuntun interaksi organisasi dan lingkungan y .

SUMBER DAYA MANUSIA DALAM ORGANISASI Sumber daya manusia mempunyai peranan yang vital. karena berfungsinya sumber daya yang ada dalam organisasi sangat tergantung kemampuan personalianya.oleh karena itu perlu ada pengelolaan terhadap sumber daya manusia .

pemberian kompensasi serta pemeliharaan untuk mencapai tujuan organisasi .MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Secara mikro manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses perencanaan. pengembangan. dan pengawasan kegiatankegiatan pengadaan. pengorganisasian. pengarahan.

Pengadaan tenaga kerja Pengembangan tenaga kerja Pemberian kompensasi Pemeliharaan karyawan . 4.Kegiatan operasional 1. 2. 3.

1. sedangkan tingkat kepercayaan diperoleh apabila dalam seleksi ada standar yang jelas . Yang mempunyai tingkat kevalidan yang tinggi serta harus memenuhi syarat mempunyai tingkat reliabilitas yang tinggi Tingkat kevalidan diperoleh apabila seleksi sesuai dengan analisa jabatan.PENGADAAN TENAGA KERJA Untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas maka perlu adanya seleksi yang baik.

Menarik tidaknya perusahaan . Ketrampilan yang tersedia 3. Intern. dengan menggunakan tenaga kerja yang sudah dimiliki (promosi dan mutasi) 2. Pasar tenaga kerja 2. Kondisi perekonomian 4. dengan mencari tenaga kerja diluar perusahaan Batasan dalam penarikan tenaga kerja 1.Sumber penarikan tenaga kerja 1. Ekstern.

Pengetahuan karyawan 2.2. sikap .PENGEMBANGAN TENAGA KERJA Proses untuk meningkatkan kemampuan karyawannya agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik. Tujuan pengembangan untuk memperbaiki efektifitas yang dapat dilakukan dengan cara memperbaiki: 1. Ketrampilan 3.

Pedoman agar pengembangan berhasil 1. 3. 2. 5. 4. Motivasi Laporan kemajuan Imbal balik Sesuai dengan praktek Perhatikan aspek individual karyawan .

Fasilitas 5. Benefit .Pemberian Kompensasi Imbalan : 1.3. Bonus 4. Tunjangan 3. . Upah 2.

. undang-undang dan peraturan dan dibayarkan atas dasar suatu perjanjian kerja antara pemberi kerja dengan penerima kerja . berfungsi sebagai jaminan kelangsungan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan dan produksi dinyatakan atau dinilai dalam bentuk uang yang ditetapkan menurut suatu persetujuan.Upah adalah suatu penerimaan sebagai suatu imbalan dari pemberi kerja kepada penerima kerja untuk suatu pekerjaan atau jasa yang telah dan akan dilakukan.

Kemampuan untuk membayar 4. Organisasi pekerja 3. Produktivitas 5. Pemerintah Upah yang baik yang memenuhi syarat keadilan dan kelayakan 1. . Biaya hidup 6.Faktor yang mempengaruhi tingkat upah Penawaran dan permintaan tenaga kerja 2.

maka perusahaan harus dapat memotivasi karyawan Untuk memotivasi karyawan. peranan pimpinan sangat penting. baik material maupun non material .4.PEMELIHARAAN KARYAWAN Untuk memelihara karyawan yang sudah diperoleh dengan biaya yang mahal. salah satunya dengan cara memenuhi kebutuhan seseorang.

yaitu kebutuhan yang mendasar dalam diri seseorang agar secara fisik dapat bekerja Kebutuhan keamanan. 3. kebutuhan seseorang akan penghargaan Kebutuhan aktualisasi diri . 2.Kebutuhan manusia antara lain: 1. baik aman fisik maupun ekonomis Kebutuhan sosial. kebutuhan seseorang untuk berhubungan dengan orang lain dalam suasana yang bersahabat dan menyenangkan Kebutuhan harga diri. 5. 4. Kebutuhan fisik dasar.

mengatakan. 90 persen responden mengatakan bahwa mereka yakin mempunyai ide yang cemerlang untuk ditawarkan. sebuah perusahaan radio panggil (Voice massaging).Namun saran-saran mereka tidak didengar.Dalam sebuah survei nasional terhadap para karyawan yang dilakukan oleh IN TOUCH.´kami yakin bahwa sumber daya yang paling tidak diberdayakan dan paling tidak dikembangkan dalam bisnis di AS adalah ide.Kisah bisnis yang gagal Dicari:Manajer yang mempunyai Telinga Lebar Karyawan mempunyai ide yang banyak. kreativitas dan komitmen dari para pekerja kami . dan 80 persen merasa percaya diri untuk mengemukakan ide-idenya tersebut.pendiri daaan presiden direktur IN TOUCH.mengapa? Para responden mengatakan bahwa manajer tidak tertarik untuk mendengarkan dan tidak menyediakan waktu untuk mendengarkannya. Peter lilienthal. tetapi hanya sedikit perusahaan yang mau mendengarkannya.

´namun permasalahan ini dapat diselesaikan jika para manajer belajar untuk menjadi pendengar yang aktif.ia pernah bekerja pada sebuah agen di new york yang menangani iklan untuk perusahaanperusahaan besar seperti American eXpress. Setelah 5 tahun bergabung dengan perusahaan tersebut. bila diukur dengan rekening-rekening dan hadiah-hadiah yang dimenangkan. ia memutuskan untuk meninggalkan kota besar tersebut dan kembali ke philadelphia untuk menjalankan bisnis keluarga.Kursus tersebut mensyaratkan agar ia meminta para manajer departemen mengisi sebuah survei untuk mengevaluasi kinerjanya . sebuah perusahaan periklanan dan public relation yang kecil. AT&Tdan Hallmark Card Pada usia 30 tahun. yaitu the brownstein group.Pertimbangkanlah pengalaman Marc Brownstein berikut ini Brownstein telah berhasil membangun karier di bidaangperiklanan. Brownstein mendaftar pada sebuah kursus pengembangan manajemen. bisnis ini sangat berhasil.

. ³saya terkejut sekali´kata brownstein setelah membaca pendapat para manajer. pendiri agen yang menjabat sebagai eksekutif kepala. Satu kekalahan agen tersebut adalah rendahnya moril karyawan.Perputaran karyawan dalam agen yang berjumlah 20 orang tersebut adalah sangat tinggi yakni 30 persen setahun. ia tidak mau mendengarkan dengan baik.brownstein sadar bahwa ia dalam bahaya akan kehilangan pekerja yang berbakat. anggota kelas diperintahkan untuk membuka perekat pada amplop yang berisi evaluasi mengenai dirinya serta membacanya. berny.menang dan menang´kata brownstein dan saya kalah´. jarang memberikan umpan balik dan tidak pernah membagi informasi tentang kondisi keuangan perusahaan´kami menang.Mereka menilai bahwa brownstein adalah bos yang buruk. Pada hari pertama pelatihan.Ayah brownstein memberi saran kepadanya untuk mengizinkan para pekerja¶lebih terlibat dalam bisnis´.. Ia lalu membahas masalah yang dikemukakan oleh para manajer dalam survei dengan ayahnya.Berdasarkan komentar atas hasilsurvey.

agen ini mendapat kesempatan untuk memulai sebuah akun baru. maka brownstein mengatur pertemuan dua mingguan bagi para manajerdepartemen dan pertemuan bulanan untuk seluruh karyawan.Mereka menyertakan para manajer departemen dalam keputusaan ini dengan melakukan pemungutan suara pada akun baru. Brownstein dan ayahnya juga memutuskan untuk menyerahkan otoritas mereka atas keputusan tentang pelanggan yang harus diambil dan diterima. ia memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk menyuaraakan keprihatinan. Karena banyak keluhan para manajer berfokus pada buruknya komunikasi. kemudian mendiskusikan kesehatan keuangan perusahaan dan menghadapi kekhawatiran karyawan akan rumor tentang klien-klien yang meninggalkannya. yaitu membuat film untuk perusahaan riset pemasaran yang akan memberikan pendapatan sebesar $ 1. .. minat dan keluhan mereka.5 juta kepada perusahaan.Suatu waktu.Selama rapat berlangsung.

.Brownstein ingin menerima proyek tersebut.Perputaran karyawan berhasil dikurangi setengahnya . Dengan memperbaiki keahliannya untuk mendengarkan. marc brownstein telah memperbaiki hubungan dengan karyawan dan lini bawah agen. seorang manajer berkata´saya pikir hal ini menunjukkan bahwa Marc dan Berny bersedia menolak penghasilan demi mempertahankan orang-orang disini´. tetapi hasil pemungutan suara para manajer bertentangan dengannya.

Pertanyaan: Pertanyaan: 1. 2.bagaimana brownstein dapat mengumpulkan umpan balik karyawan tentang menagapa begitu banyak orang yang meninggalkan perusahaan?apakah anda pikir wawancara keluar dapat memberi peringatan bahwa brownstein akan adanya masalah komunikasi dalam perusahaannya? . Apakah anda berpikir bahwa keputusan brownstein yang mengizinkan partisipasi para karyawan untuk memilih bidang bisnis baru adalah keputusan bisnis yang bijaksaana? Mengapa atau mengapa tidak? Dalam perputaran karyawan yang tinggi.

Perolehan dana untuk pembiayaan 2.Pelaksaanaan kegiatan operasional 3. Penentuan keputusan investasi .FUNGSI KEUANGAN DALAM PERUSAHAAN Manajemen Keuangan adalah aktivitas yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian perolehan serta pendistribusian aset-aset keuangan perusahaan. Aktivitas yang dilakukan biasanya berhubungan dengan: 1.

modal dari luar yang berupa saham dan pinjaman baik jangka pendek maupun jangka panjang .Perolehan dana untuk pembiayaan Sumber dana 1. Ekstern. modal dari dalam yang berupa laba dan modal sendiri 2. Intern.1.

Jml dana sangat terbatas 2. Tidak ada kewajiban membayar bunga 3. Perusahaan dihadapkan pada pilihan untuk digunakan sendiri atau untuk hal lain yang lebih menguntungkan . Dapat digunakan sewaktu-waktu 2. Tidak ada kewajiban mengembalikan Kelemahan: 1.Intern Kebaikan: 1.

Ekstern Kebaikan: 1. Bersifat fleksibel Kelemahan: 1. Perusahaan dikenakan beban 2. Jumlah dana tidak terbatas 2. Dapat diperoleh dari beberapa sumber 3. Ada kewajiban untuk mengembalikan utang .

5. 2. jangka panjang saja atau kedua-duanya Menggunakan dana ekstern dengan menjual saham dan mencari pinjaman Menggunakan dana intern dan ekstern .Alternatif yang dapat dipilih 1. 3. 4. Menggunakan dana intern saja Menggunakan dana ekstern dengan menjual saham Menggunakan dana ekstern dengan mencari kredit jangka pendek saja.

2. Kebutuhan modal kerja. 2. Penggunaan Dana 1.pabrik dan peralatan Kebutuhan nama baik (good will) .piutang dan persediaan Kebutuhan modal Tetap. yang meliputi dana jangka pendek dan biasanya merupakan aktiva lancar yang berupa kas.yang meliputi dana jangka panjang dan biasanya berupa tanah. surat berharga. 3.

3.Analisis bertujuan melihat apakah investasi itu dapat memberi kontribusi yang cukup baaik terhadap pencapaian tujuan perusahaan. untuk menganalisa dapat menggunakan Metode Payback periode NPV dan IRR .Keputusan Investasi Setiap investasi dana ke dalam aktiva tetap memerlukan suatu analisis.

Mengabaikan time value of money b. Lebih mementingkan pada pengembalian investasi daripada laba dalam waktu investasi .METODE PAYBACK PERIODE Periode yang diperlukan untuk dapat menutup kembali pengeluaran investasi dengan menggunakan proceed atau aliran kas neto Kelemahan: a.

METODE NET PRESENT VALUE (NPV) NPV = P1 + P2 (1 + i) (1+i)² +«« Pn (1 + i)n -Io P = Proceed I = tingkat diskonto n = Tahun umur investasi Io= Investasi awal Apabila NPV (+)² Investasi menguntungkan NPV (-) ±Investasi merugikan .

. maka disini kita justru harus mencari tingkat diskontonya yang akan menyamakan PV dari proceeds tadi dengan PV dari inventasinya. Jadi : IRR = i Dimana : PV proceeds = PV investasinya.Metode Internal Rate of Return (IRR) Internal Rate of Return itu dapat di artikan sebagi bunga yang akan menjadikan nilai sekarang dari proceeds yang di harapkan akan diterima (PV of future proceeds) atau nilai investasinya. Kalau dalam NPV kita menghitung PV proceed dan PV investasi dengan tingkat diskonto yang sudah di tentukan.

mengubah output INPUT PROSES y Sumber daya Nilai tambah y Bahan baku input menjadi -> OUTPUT *Barang *Jasa .FUNGSI PRODUKSI Proses produksi .

Mengendalikan proses produksi . Merencanakan proses produksi 3.Manajemen Produksi dan Operasi Proses mengelola penggunaan dana dan mesin dalam mengubah bahan serta sumber daya menjadi barang dan jasa Tugas Manajer produksi Mengatur pekerjaan orang dan mesin guna mengubah input menjadi output Tugas pokok manajer produksi 1. Mengimplementasikan rencana produksi 4. Memilih tata letak yang paling sesuai 2.

karena pada tempat yang ditentukan itu penjualan diperhitungkan menghasilkan yang lebih baik. y Dasar teori lokasi perusahaan . hubungn dengan karyawan paling baik pula dan terlaksana dalam jangka waktu panjang. biaya paling rendah. . µµTempatkanlah pada titik geografis yang paling banyak memberikan kesempatan kepada perusahaan di dalam usaha mencapai tujuannya¶¶. Ini diartikan di tempat yang ditentukan itu penjualan diperhitungkan profit yang tinggi. tempat kedudukan bagi sebuah perusahaan itu tidak boleh sembarangan.Memilih tata letak Prinsip menentukan lokasi y Menentukan Lokasi /Vestigingplaats. hubungan dengan langganan adalah paling baik.

Oleh karena itu masalah pasar harus lebih dahulu diteliti jauh dekatnya dengan perusahaan.Pasar Semua perusahaan yang usahanya dengan cara menjual barang dan jasa.kualitas dan kuantitas barang yang diperlukan oleh pasar tertentu. .maka factor pasar dan factor pembeli harus diperhitungkan terlebih dahulu. dan kekuatan daya beli masyarakat akan diproduksi. jauh dekatnya dengan pasar juga akan berpengaruh pada kecepatan penjualan barang.

akan tetapi material yang mengalami kemerosotan bobot didalam prosesing akan menarik keluar titik lokasi itu dari daerah konsumen.³Pada prinsipnya lokasi perusahaan itu sebaiknya didaerah konsumen (pasar).Bahan mentah ( raw material) Dilihat dari sudut bahan mentah yang diperlukan.dengan kata lain semakin kecil rendemenya semakin semakin dekat basis materialnya. Semkin besar kemerosotan bobotnya semakin menjauh dari konsumen. maka lokasi dan suatu perusahaan manufacturing dapat dikatakan dengan suatu konklusi. y . semakin besar kemerosotan bobotnya semakin besar daya tarik menuju basis materialnya.

Faktor lokasi dan pasar 2.Upah yang rendah juga tidak menggambarkan rendahnya prestasi. Transportasi Letak perusahaan ditentukan juga letak factor transport yang dihubungkan 1. Cukup tersedia tenaga kerja 2. Disamping biaya juga harus diperhatikan didalam massalah transport ialah perihal ³kecepatanya (disamping keamananya)´ dan pemilihan diantara berbagai jenis alat transport yang ada. Prestasi yang diberikan oleh tenaga kerja itu adalah yang paling baik.Tenaga kerja Perihal prestatasi harus diperhitungkan upah yang tinggi tidak berarti bahwa tenaga kerja itu dapat memberikan prestasi yang tinggi. Perihal tenaga kerja ini harus diperhitungkan benar-benar terutama bagi perusahaan-perusahaan yang ³Labor intensive´ (padat benarperusahaankarya). Lokasi dengan tenaga kerja Faktor(ke konsumen) adalah yang relative paling murah. atau perusahaan yang biaya barang produksinya sebagian besar tergantung atau terdiri atas biaya tenaga kerja. Dilihat dari sudut tenaga kerja lokasi yang ideal berada ditempat yang : 1. . Lokasi dengan material 3. Biaya transport antara perusahaan dengan tenaga kerja adalah yang paling murah 3. bahwa biaya pengankutan material dari sumbernya adalah relative yang termurah. demikian juga biaya transport tenaga kerja paling baik ketempat tinggal tenaga kerja adalah yang termurah.

dan sebagainya.Pelayanan Teknis dan Produktif Yang dimaksud sumber-sumber teknis dan produktif ialah apakah tempat yang akan dijadikan lokasi perusahaan itu terdapat factor factor yang yang dapat memberikan servis untuk keperluan-keperluan teknis dan juga factor-faktor yang memberikan jasa yang produktif. . sewa tanah sangat murah. mendapat perlindungan dan keamanan. ditempat itu semua perusahaan diberikan keringanan pajak. y Inducement Setempat Yang dimaksud dengan inducement setempat misalnya .

KemungkinanKemungkinan-kemungkinan lain HalHal-hal yang harus diperimbangkan misalnya kemungkinan perluasan atau kemungkinan lain seperti kemungkinan menimbulkan bahaya dari kekuatan alam atau dari kekuatankekuatankekuatan social. ini juga harus dipertimbangkan perusahaan yang membuat barang yang mudah meledak (explosif) tidak dapat ditempatkan disembarang tempat. Juga kemungkinan lain yaitu tindakan pemerintah yang dapat merugikan perisahaan misalnya diambil alih oleh pemerintah. Bahaya alam misalnya banjir. longsor dll. apakah didaerah atau ditengah-tengah tempat tinggal penduduk.Sifat-sifat Khusus Perusahaan y Tiap-tiap perusahaan mempunyai sifat-sifat khusus. .

MERENCANAKAN PROSES PRODUKSI Menentukan barang dan jasa yang akan ditawarkan y Pembelian mesin y Penetapan harga y Pemilihan distributor y .2.

MENGIMPLEMENTASI RENCANA PRODUKSI Memutuskan apakah akan membuat.3. tetapi tidak terlalu banyak y . membeli atau me-lease y Memilih pemasok bahan baku y Mengendalikan persediaan agar tetap cukup.

Rute 3.4.MENGENDALIKAN PROSES PRODUKSI Menciptakan satu set prosedur yang didefinisikan dengan baik untuk mengkoordinasikan orang. Tindak lanjut . Penjadwalan 4. bahan dan mesin guna mendapatkan efisiensi produksi yang maksimum 5 langkah pengendalian produksi 1. Pengiriman 5. Perencanaan produksi 2.

Tepat Tepat Tepat Tepat mutu waktu jumlah ongkos/harga . 3. 4. 2.Pedoman proses produksi 1.

Tepat Jumlah BEP(Break Even Point)/titik pulang pokok a. Biaya Tetap (Fixed cost) adalah biaya yang tidak berubah besarnya meskipun volume produksi berubah .

b. Biaya variabel (variable cost) Adalah biaya yang besarnya selalu mengikuti dan tergantung dari besar kecilnya volume produksi .

Total Cost (Total biaya) biaya) Kedua biaya diatas akan membentuk total biaya(Total cost) .c.

d.Q P = Price (harga) Q = volume produksi .Total Revenue(penghasilan) Revenue(penghasilan) Total pendapatan yang merupakan hasil perkalian dari jumlah produksi dengan harga jual TR = P.

dalam titik ini hasil yang diperoleh hanya dapat menutup biaya-biayanya y Apabila omset penjualan lebih tinggi dari titik BEP maka laba y Apabila omset penjualan kurang dari titik BEP maka rugi .BEP(Break Even Point) Perpotongan antara garis TC dan TR.

Dalam unit BEP = Biaya Tetap Harga jual/unit-biaya variabel/unit .Rumus 1.

Dalam rupiah BEP = 1Biaya tetap Biaya variabel Penjualan bersih Contoh: Perusahaan ZET mempunyai data sebagai berikut: Penjualan 100 unit @ 50.800.2.000 .000 Biaya variabel @ 2.000 Biaya tetap @ 1.000.

perlu diperhatikan: Biaya pembelian atau pemesanan yaitu biaya yang harus ditanggung dalam melakukan kegiatan pembelian atau pemesanan bahan bakunya Biaya penyimpanan yaitu biaya yang harus ditanggung karena harus menyimpan barang yang sudah dibeli dan belum digunakan dalam produksi 1. . 2.Tepat Ongkos/harga Ongkos/ Untuk dapat mengendalikan biaya bahan baku.

jarang.Sifat keduanya saling bertentangan. persediaan akan membuat semakin kecil biaya pembelian(pemesanan) pembelian(pemesanan) karena frekwensu pemesanan semakin jarang. semakin besar volume bertentangan. begitu sebaliknya Jumlah persediaan ekonomis (Economic order Quntity/ EOQ) ¥ 2 x K x BP HxBS K = jumlah kebutuhan bahan baku per tahun BP= biaya pesan (setiap pesan) BS= biaya simpan (%) H = Harga bahan baku per unit EOQ = .

Diket Jumlah kebutuhan BB Biaya pesan Harga Biaya simpan = = = = 1000 Rp.500/pesan Rp 40/unit 10%

EOQ = ¥ 2 x 1000 x 500 = 500 40 x 0,1

¥ 250.000 = 500 unit Jumlah yang ekonomis ada 500 unit/pesan sehingga kebutuhan 1000 unit dilakukan dalam 2 kali pesan

FUNGSI PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN

Pengertian Pasar y Pertemuan antara permintaan dan penawaran yang membentuk harga y Tidak sekedar tempat pertemuan antara penjual dan pembeli Faktor penunjang pasar: 1. Orang dengan segala keinginanya 2. Daya beli mereka 3. Kemauan untuk membelanjakannya

Pemasaran Proses perpindahan barang dan jasa dari produsen ke konsumen atau semua kegiatan yang berhubungan dengan arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen .

Kebutuhan Pasar Keinginan Transaksi Permintaan pasar Pertukaran Produk .Konsep inti pemasaran .

Manajemen Pemasaran Analisis perencanaan. pelaksanaan dan pengendalian untuk program yang dirancang untuk menciptakan. membentuk dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan organisasi .

mengembangkan barang. memuaskan kebutuhan dan laba bagi perusahaan Marketing Mix adalah kombinasi dari kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan. yaitu produk.Inti kegiatan Manajemen Pemasaran Serangkaian prinsip memilih pasar. struktur harga. kegiatan promosi dan sistem distribusi . mengevaluasi kebutuhan konsumen.

pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi kebutuhan Pengembangan suatu produk harus didasari pertimbangan: 1. permintaan.Produk inti Pengusaha harus tahu apa yang dibutuhkan oleh konsumen. penjual menjual manfaat bukan ciriciri produk .Produk Setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian.

Produk tambahan Perusahaan harus dapat menawarkan manfaat dan pelayanan tambahan . Kemasan 3. Ciri-ciri produk e. Model produk c.2. Merk produk d. ada 5 ciri: a. Mutu produk b.Produk berwujud Perusahaan harus berusaha untuk mengubah produk inti menjadi produk berwujud.

Konsep produk 2.Siklus kehidupan produk 3.Jenis produk 1. Konsep produk dalam membuat produk harus diperhatikan arti tehnis produk dan nilai non tehnis atau sosial budaya suatu produk .Agar strategi produk dapat berhasil harus diperhatikan: diperhatikan: 1.

Siklus kehidupan produk (product life cycle) 1. Perkenalan. sehingga strateginya dengan promosi yang gencar Pertumbuhan. perusahaan harus dapat mempertahankan produk dalam memenuhi selera konsumen. 3. barang baru dikenal. perusahaan mencapai keuntungan puncak.promosi tetap dilaksanakan karena pesaing mulai muncul dan distribusi barang harus tepat Kedewasaan. caranya: . 2. barang sudah mulai dikenal oleh konsumen. pesaing mulai banyak.

Menurunkan harga utk menarik segmen baru 4.a. Membuat produk baru .apabila perusahaan sudah melakukan usaha mempertahankan produk tetapi tetap mengalami kemunduran Alternatif penyelesaian: 1.Kemunduran.Menggiatkan promosi b.Memilih saluran distribusi yang lebih menguntungkan c. Menghentikan pembuatan produk secara berangsurangsur 2. .

atau menjualnya kembali dalam menjalankan usaha bisnisnya. untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. pemasaranya mengandung aspek non tehnis. Barang industri Barang yang dibeli untuk digunakan sebagai alat usaha atau berproduksi. Barang konsumsi Yaitu barang yang dibeli oleh masyarakat untuk dipakai sendiri. Jenis produk Jenis produk ada 2 I. karena dalam membeli barang ini orang lebih banyak dipengaruhi aspek emosional II. dalam membeli ini biasanya orang dipengaruhi aspek rasional .3.

oleh karena itu barang harus selalu dekat dengan konsumen 2. dibutuhkan oleh konsumen untuk kehidupan sehari-hari tetapi frekwensi pembelian jarang dengan jumlah pengeluaran cukup tinggi Dalam memutuskan membeli konsumen harus membandingkan antara produk yang satu dengan yang lain sebelum memutuskan untuk membelinya . barang ini memiliki sifat frekwensi pembelian tinggi tetapi dalam jumlah kecil-kecil.Barang konsumsi dibedakan menjadi 3 1. Barang shopping.Barang konvenien barang ini dibutuhkan setiap untuk kehidupannya.

Barang mewah Barang kebutuhan sehari-hari yang pada umumnya harganya mahal.c. kebutuhannya tidak banyak dan frekwensi sangat kecil .

tarif. upah. Harga dapat diungkapkan dengan berbagai istilah. premi.gaji.bunga. komisi. misalnya iuran.honor dan sebagainya Laba = Pendapatan total ± Biaya total (harga/unit x Kuantitas yg terjual).HARGA Harga merupakan satuan moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa.sewa.biaya total .

Dengan demikian adanya harga dapat membantu para pembeli untuk memutuskan cara mengalokasikan daya belinya Informasi dari harga. fungsi harga dalam membantu para pembeli untuk memutuskan cara memperoleh manfaat atau utilitas tertinggi yang diharapkan berdasarkan harga belinya. 2.Peranan harga Alokasi dari harga.yaitu fungsi harga dalam mendidik konsumen mengenai faktor produk seperti kualitas 1. .

Tujuan berorientasi pada volume 3.Tujuan penetapan harga Tujuan berorientasi pada laba 2. Tujuan berorientasi pada citra 4. Biaya 2. Persaingan 1. Tujuan stabilisasi harga Hal yang perlu diperhatikan: 1. . Konsumen 3.

Metode penetapan harga berbasis biaya Metode penetapan harga berbasis laba Metode penetapan harga berbasis persaingan . 3. 2.Metode penetapan harga: harga: 1.

dengan berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan. serta individu .PROMOSI Kegiatan untuk mempengaruhi konsumen agar kenal akan produk yang ditawarkan Cara: 1. Advertensi (periklanan) Komunikasi non individual dengan sejumlah biaya.lembaga non laba.

Promosi penjualan Kegiatan perusahaan untuk menjajakan produk yang dipasarkan sehingga konsumen mudah melihatnya dan tertarik .b. c. .memperbaiki.menguasai atau mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Personal selling Interaksi antar individu saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan .

Publisitas Salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media informasi yang tercantum tidak berupa iklan tetapi berupa berita.publisitas tidak bersifat komersial dan yang berperan aktif adalah medianya . Bedanya dengan iklan.

Distribusi intensif. penyaluran dengan menggunakan penyalur yang sebanyakbanyaknya agar menjangkau lokasi konsumen yang menyebar .DISTRIBUSI Produsen-konsumen Produsen-pengecer-konsumen Produsen-pedagang besar-pengecer-konsn Prodn-agen-pedagang besar-pengecer-kons Memilih jumlah penyalur: a.

Distribusi eksklusif Penyaluran yang biasanya hanya menggunakan satu distributor tunggal yang ditujukan oleh perusahaan untuk keperluan penyaluran barangnya . Distribusi selektif Pengusaha hanya menggunakan penyalur yang sedikit jumlahnya yang mereka pilih atas dasar syarat-syarat tertentu c.b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful