P. 1
Fungsi Laptop

Fungsi Laptop

|Views: 4,960|Likes:
Published by HeddySPutra

More info:

Published by: HeddySPutra on Feb 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

Fungsi Laptop

oleh: diehendrick
y y y y

Pengarang : Dei Hendrick

Summary rating: 2 stars (7 Tinjauan) Kunjungan : 2556 kata:600

More About : fungsi laptop KEMUDAHAN YANG DIBERIKAN LAPTOP Laptop merupakan media yang sangat membantu rutinitas pekerjaan seseorang, terutama bagi mereka yang mobilitasnya tinggi.Dimana laptop memang didesign kecil, ringan, portable, sehingga mudah uuntuk dibawa kemana-mana.Laptop juga memiliki baterai seperti halnya handphone yang berguna sebagai menyimpan sumber listrik untuk menyalakan laptop, tanpa perlu disambungkan dengan sumber listrik. Sebuah laptop memang dirancang khusus bagi seseorang yang memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga laptop dibuat ringan dan kecil.Laptop biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada komputer sesuai dengan ukuran dan spesifikasinya.Namun, seiring berjalannya waktu, semakin canggihnya teknologi, dan semakin banyaknya permintaan dari konsumen, harga laptop pun semakin mendekati harga komputer, malah bisa jadi lebih murah tergantung merek, ukuran, dan spesifikasinya. Laptop sangat membantu untuk mengerjakan tugas-tugas kantor, sekolah, maupun kuliah dimanapun dan kapanpun. Seperti halnya komputer, laptop dapat digunakan untuk membantu pekerjaan, baik menulis, membuat presentasi, laporan, membuat design gambar, chatting, dan sebagainya. Laptop dengan fitur portabilitas dan mobilitasnya, memiliki beberapa keuntungan, diantaranya :
y

Produktivitas, merupakan keuntungan yang tidak dapat diperoleh dengan komputer biasa. Dengan laptop seseorang dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaannya dimana pun, sekalipun dalam perjalanan atau ditempat-tempat umum lainnya, sehingga produktivitas pekerjaan dapat dipertahankan. Informasi yang selalu update dan kemudahan akses data, dimana dengan laptop seseorang dapat dengan mudah bertukar informasi dan data dimanapun dan kapanpun. Koneksi internet yang dapat diperoleh dengan jaringan wifi yang sekarang ini sudah banyak dipasang pada tempat-tempat umum dan bisa juga menggunakan layanan broadband melalui media modem. Ukuran yang lebih kecil dari komputer memudahkan seseorang untuk membawanya kemanapun. Hemat listrikjika dibandingkan dengan komputer. Komputer dapat menghabiskan daya 100-800 watt, sedangkan laptop hanya 20-90 watt. Laptop juga dapat menyimpan listrik

y

y

y

y

Dirancang seperti komputer yang dilengkapi dengan keyboard. speaker. bahkan Einstein tak ada apa-apanya meskipun hanya di bandingkan dg Smartphone. sehingga pelajaran yg disampaikan guru akan sia-sia. banyak yang merekomendasikan agar pendidikan di kulturasi dengan tegnologi dengan harapan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Saat ini budaya pelajar Indonesia. sehingga dapat dibawa kemanapun atau tetap dapat digunakan ketika listrik padam.y y dengan baterai yang dimilikinya. dengan alasan demi peningkatan mutu pendidikan dan wawasan siswa. menenteng laptop ke sekolah atau bahkan sekolah memberikan fasilitas hot spot. saat itulah siswa harus menutup laptopnya untuk masuk kelas. dan mouse. Bisa ditarik kesimpulan mutu pendidikan tidak malah menjadi baik SDM Indonesia dikuasai tegnologi bukan menguasai tegnologi . layar. Saat waktu istirahat habis. Tapi hal itu banyak yang ragu dan mengkritisi karena realita terkesan banyak siswa sekarang memanfaatkan laptop untuk main games dan menggunakan internet untuk chatting. hanya untuk menghabiskan jam kosong/istirahatnya di sekolah. sehingga dalam penggunaannya lebih tenang. Bahkan untuk mengikuti peradaban itu. Kemajuan tegnologi membawa perubahan yg besar terhadap peradaban umat manusia. Fakta 99% waktu istirahat anak di sekolah gunakan untuk kegiatan di atas. Tidak berisik. yang pasti anak kecewa karena sedang seru-serunya nge games. Sumber: http://id.com/internet-and-technologies/blog/2163181-fungsilaptop/#ixzz1gCMAON00 Efek negatif laptop untuk siswa 20 Mei 2009 Tinggalkan komentar Go to comments Dunia serba canggih. mencari jodoh. Jelas perasaan itu dilampiaskan kepada guru dan pelajaran yg di terima.chatting atau browsing diganggu untuk belajar dikelas lagi yg bisa dikatakan dull boring (tidak menarik dan membosankan). situs porno dan kegiatan lain yg tidak ada hubungannya dengan pelajaran sekolah/pendidikan. dan berusaha melupakan keasikannya. Otak dan jiwanya masih tertinggal di laptop. Saat inilah beberapa hal menarik terjadi. karena mempersiapkan para pelajar untuk masuk dalam dunia modern.shvoong.

Yang perlu dibangun dalam dunia pendidikan bukanlah tegnologi tetapi otak manusia. Jadi. Jika tegnologi fisik ditekankan dalam dunia pendidikan. Menciptakan generasi yg terus dijajah orang yg menemukan tegnologi baru« Apakah membawa laptop ke Sekolah ada efek positifnya? Sudah kita ketahui bahwa komputer atau laptop adalah alat yg membantu (guru dan siswa) untuk membuat pelajaran yg lebih variatif dan menarik.com/2009/05/20/efek-negatif-laptop-untuk-siswa/ Dampak Negatif Memangku Laptop Apr 16 Posted by saptriyawati Evi saptriyawati . pada dasarnya pemakaian laptop di sekolah punya dampak yg positif selama dalam rambu-rambu dan dapat bertanggungjawab« Sumber : http://pubercity.Yang perlu diperhatikan dalam pendidikan indonesia adalah bagaimana mencetak generasi yang cerdas gigih dan berwawasan. Hal itu akan menciptakan generasi yg bermental cari gampang (cth efek: cari uang gampang korupsia aja. Menciptakan manusia yg terus menjadi konsumen tegnologi dan tidak pernah menjadi produsen. akan tercipta sarjana-sarjana yg dikuasai tegnologi. Bisa dikatakan laptop pribadi milik siswa hanya dapat menciptakan pelajar teknis yg berbahaya secara moral.nyolong aja) dan tidak mengembangkan daya kreatifitas bagi kehidupannya sendiri dan orang lain.wordpress.

hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa peranti canggih ini juga memberikan dampak negatif bagi penggunanya yang disebut toasted skin syndrome dan gangguan kesuburan bagi pria. juga dapat memberikan kita hiburan. barang satu ini tidak pernah dapat dipisahkan dari mereka.57). kita sudah dapat menjalankan mesin ini. Namun. bahkan penggunaannya saja mudah. dengan memangku saja. Gangguan kesehatan ini dapat terjadi karena kebiasaan kita yang sering memangku laptop. Mengapa tidak.Dimanapun dan kapanpun mereka yang bekerja dengan laptop terutama bagi mereka yang bekerja ONLINE di dunia maya. Memang boleh memangku laptop.´ takut akan Rabb mereka (QS. Seperti yang telah difirmankan ALLAH dalam Al-Quran:Al-Ra¶d/13:8 bahwa ³Segala sesuatu di sisi-Nya memiliki ukuran´. laptop kan dapat dibawa kemana saja. Al-mukminun/23. karena orang yang berhati-hati sejatinya adalah mereka yang beriman pada ALLAH SWT. Namun tahukan Anda. Hal ini terjadi akibat paparan panas dalam jangka waktu lama. tidak memerlukan ruangan dan tempat yang lebar untuk menaruhnya. Toasted skin syndrome Menurut hasil penelitian yang telah dilaporkan pada sebuah jurnal kesehatan terbitan Inggris beberapa waktu lalu. Menurut dr. bahwa keseringan memangku laptop berdampak negatif bagi kesehatan Anda. browsing. menggambar. Afriyanti . Dampak individu laptop Laptop berfungsi mempermudah kita dalam menyimpan data. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.´ Sesungguhnya orang-orang yang berhati-hati karena. menulis. Terkadang sambil menyantap hidangan bahkan dikeretapun mereka mampu bekerja dengan mesin ini. Paha kerap menjadi tumpuan sabagai pengganti meja untuk meletakkan laptop. Tandanya berupa timbulnya bintik-bintik pada jaringan pigmen kulit terluar (epidermis). Kerusakan bekas atau tanda di area sekitar paha yang banyak digunakan sebagai tumpuan. ternyata keseringan memangku laptop dapat menyebabkan toasted skin syndrome . namun semua ada batasnya. Maka berhati-hatilah dalam bekerja.

com/2011/04/16/dampak-negatif-memangku-laptop/ dampak negatif dari pemakaian laptop <p>Your browser does not support iframes. Sebab menurut penelitian tim dari University of North Carolina (UNC) . Lama kelamaan kulit yang terbakar tersebut menjadi kering pada saat penyembuhan dan bisa saja terjadi hiperpigmentasi dan pada akhirnya kulit akan menjadi coklat kehitaman. Menurutnya luka bakar akibat panas yang dihasilkan prosesor dari laptop itu tak ubahnya seperti luka bakar akibat terpapar sinar matahari terik (sun burn). Efek sampingnya bisa disebut lebih mengarah ke arah kosmetik. obatobatan yang terus-menerus. Dalam islam sendiri dapat dilakukan cara Nabi dengan mengolesi madu pada kulit yang terbakar. Oleh karena itu jangan pernah menganggap remeh luka sebesar apapun.Sandy. Muncul tidaknya kanker semua berpulang pada faktor pemicunya. Tidak diperlukan pengobatan yang intensif terhadap luka bakar ini. cukup diberi salep maupun dengan tindakan immediate cooling (menyiramkan air mengalir dari keran).</p> Bagi Anda yang sehari-hari sering menggunakan Laptop atau bahkan selalu pakai. Panas yang seharusnya dilepas malah terperangkap atau terjebak. Jangka waktu pemakain laptop juga sangat penting.wordpress. bahan kimia. Bila luka bakar ringan tersebut dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan iritasi kronis. Menyebabkan Kanker Kulit Seperti yang dilansir oleh jurnal Pediatrics. Toasted skin syndrome ini masih tergolong pada jenis luka bakar ringan. Faktor munculnya mutasi tersebut antara lainoleh iritasi atau eksposure bahan dari luar semisal panas terik matahari. Untuk menghindari berbagai penyakit diatas hendaknya saat memangku laptop menggunakan alas. Perubahan sl ini bisa saja mengarah pada pembentukan kanker kulit. Karena kanker sendiri merupakan sel-sel yang bermutasi. iritasi kronik atau paparan panas yang sering terjadi berulang dapat memicu terjadinya kanker kulit dalam hal ini. Kerusakan yang dialami hanya pada tingkat epidermis saja. Nah. Waktu penyembuhan lebih kurang 7 hari. Sumber : http://saptriyawati. toasted skin syndrome bisa memicu timbulnya kanker kulit pada beberapa kasus tertentu. Kebiasaan memangku laptop ini hendaknya jangan dilakukan lagi. MARS. Madu dapat menyembuhkan luka yang membuat kulit tidak indah dipandang atau luka yang bernanah. tanpa gejala sisa. musti waspada nih. semisalnya ketika dalam perjalan kita terpaksa memangku laptop hendaknya jangan terlalu lama. misalnya saja bantal laptop. Semua iritasi kronis dapat memicu perubahan sel pada tempat luka bakar tersebut timbul. Toasted skin ini biasanya diperparah oleh kebiasaan memakai celana berbahan tebal seperti jeans saat memangku laptop.

Gambar Foto Paling Unik Aneh Lucu Gokil Kocak Keren Terbaik di Dunia http://www. yaitu menggunakan docking yang meniru desktop komputer. Tempatkan juga mouse pada posisi netral.com . Dan bila menggunakan laptop. Posisikan laptop tepat di depan sehingga Anda dapat melihat layar lurus tanpa menekuk leher. lutut dan pinggul. yaitu cedera pada saraf yang melewati pergelangan tangan. seperti nyeri otot atau cedera berulang. pandangan mata harus melihat lurus ke depan layar. hentikanlah aktivitas di depan komputer. Jika tak kunjung sembuh.´ kata Dr. ³Saat menggunakan laptop.com Pengorbanan tersebut menurut Carneiro. postur tubuh yang tidak tepat dan sering menggunakan komputer dapat menyebabkan pelemahan kondisi fisik. antara siku. pundak. Sementara itu. ini sangat penting untuk pergerakan lengan dan siku. leher. Kevin Carneiro.com/2010/09/dampak-negatif-dari-pemakaian-laptop.html . Carneiro juga menganjurkan untuk duduk di kursi yang mampu menyangga tubuh dengan baik saat Anda menggunakan laptop. Anda harus membuat semacam pengorbanan. Jika Anda mengalami rasa nyeri di bagian kepala.terbaca. Itu pertanda Anda butuh istirahat. UNC. periksakanlah ke dokter. Mengetik juga dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome. Sumber dampak negatif dari pemakaian laptop ~ Terbaca. salah seorang peneliti seperti dikutip dari www. pergelangan dan mengalami kesemutan pada jari-jari. Menurut mereka. Tim doktor dari Chapel Hill School.cbsnews. tubuh Anda harus membentuk sudut 90 derajat.penggunaan laptop bisa memicu gangguan postur tubuh dan melemahkan fisik. menyebut ganguan kesehatan tersebut dengan µlaptop-itis¶.

Setelah kemerahan. Monitro umumnya memiliki laju penyegaran (vertical scan rate) 60 hertz. Ini biasa disebut penyegaran ulang atau ³refresh¶ layar. Dermatitis pada muka merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terbukti diakibatkan oleh radiasi VDU secara langsung. Monitor yang memakai sistem CRT (Cathode Ray tube) bekerja dengan cara memancarkan elektron-elektron . Bergantung intensitas pancaran elektron tadi. maka layar mengeluarkan sinardengan gelombang yang lebih panjang. epilepsi dan cacat bawaan pada bayi. Katarak adalah gangguan penglihatan yang disebabkan adanya kekeruhan pada lensa mata. Bagian monitor inilah yang paling sering kita pandang bila kita memakai komputer. Tjon dan Rycroft melakukan penelitian pengaruh radiasi VDU pada kulit muka. Elektron-elektron ini menyapu layar dari kiri ke kanan dengan jalur-jalur dari atas ke bawah dalam pola yang disebut ³raster´ CRT atau yang lebih umum disebut Tabung Sinar Katoda merupakan tabung pembungkus yang dibuat dari kaca dan mengandung satu susunan penembak elektron dan mengeluarkan berkas-berkas elektron yang diarahkan pada layar fluoresen. Efek Radiasi Monitor CRT Terhadap Kesehatan Gangguan kesehatan yang dicurigai disebabkan oleh radiasi VDU. Pancaran . antara lain: katarak. Hal ini akan cepat melelahkan mata kita. kemudian terjadi . Proses yang terjadi dalam CPU (Central Processing Unit) dikonversikan oleh suatu ³ Adapter Vide / Video board ³ dari data yang digital menjadi sinyal yang akan disalurkan melalui kabel penghubung ke monitor. Cahaya ini sangat cepat menghilang. merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu unit komputer. Untuk itu pancaran elektron harus tetap menyapu layar secara teratur untuk mempertahankan banyangan yang terjadi. Jika laju penyegaran rendah. Hasil penelitian mereka mengatakan bahwa salah satu akibat dari radiasi adalah kemerahan pada kulit muka.pancaran elektron ini menimbulkan cahaya yang terang. maka akan mengakibatkan layar tampak berkedip-kedip. Katarak biasanya berkaitan dengan proses menua dan radiasi sinar ultraviolet.Dody Ichwana Real and Imaginer « Anti Spam Untuk Melindungi Blog Cara Kerja Search Engine » Pengaruh Radiasi Layar Monitor Komputer Terhadap Kesehatan Monitor atu dengan istilah lain disebut VDU (Video Display Unit). Bila berkas tersebut terkena cahaya. dermatitis. Hal ini akan terjadi setelah seorang operator bekerja selama 2-6 jam dan pada tempat yang tingkat kelembabannya rendah. yang maksudnya layar disegarkan kembali sebanyak 60 kali per detik. maka sebaliknya kita memakai monitor dengan ³vertical scan rate´ 70 hertz ke atas sudah cukup baik untuk digunakan. Fungsi monitor adalah memperagakan data atu proses yang terjadi dalam CPU secara visual.

untuk mengurangi dehidrasi tubuh(ini sangat penting) 5.heeeeee Efek Radiasi Monitor CRT Terhadap Kesehatan . Medan elektromagnet menyebabkan partikel-partikel yang melayang diudara menempel pada kulit. posisi mata dan monitor berhadapan lurus dan jangan lupa mengedipkan mata atau memakai obat tetes mata agar mata kita lembab. gunakan pencahayan yang cukup dan tidak redup 8.. sehingga menimbulkan iritasi pada kulit. Karena yang berhadapan langsung pada layar monitor adalah bagian muka. Setelah manatap monitor terlalu lama usahakan lihat sesuatu yang jauh. apalgi klo udah masuk RS. 6. Gunakanlah refresh rate 75hz atau lebih. Istirahatkan mata dan diri anda secara rutin dalam beberapa interval tertentu 4.pengelupasan kulit ari dan timbulnya benjolan pada kulit. jarak antara mata dan monitor minimal 40 cm 7. Sebisa mungkin ganti layar monitor anda menggunakan monitor LCD.. sampai saat ini belum ada bukti bahwa VDU dapat menimbulkannya. Bagaimana Cara Kita Melindungi Kesehatan Dari Bahaya Radiasi Monitor Bagi orang yang aktif bekerja di depan komputer (tentu saja dengan menggunakan layar komputer ). Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak radiasi monitor CTR 1. hal ini dapat menyegarkan pikiran. mata. Perbanyak minum air putih.mari kita baca bareng2.com/2010/05/24/pengaruh-radiasi-layar-monitor-komputerterhadap-kesehatan/ Pengaruh Radiasi Layar Monitor Komputer Terhadap Kesehatan Ini yang sering kita abaikan efek dari sering OL. 3. Karena refresh rate dapat merusak mata. Timbunan elektrostatik ini dapat menyebabkan pipi merah sehabis memakai monitor. Muka lebih sering mengalami iritasi.. Sumber : http://ichwana.krena kesahatan mahal harga nya. Jika masih harus terpaksa menggunakan monitor CRT/tabung. Epilepsi dan cacat bawaan pada bayi. dan jika bisa yang berwarna hijau. karena layar LCD terbukti lebih kecil daya radiasinya 2. Dermatitis ini akan terjadi akibat adanya medan magnet antara monitor dengan operator.blogdetik. Agan mugkin gak menyadari secara langsung efek nya.

Dermatitis pada muka merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terbukti diakibatkan oleh radiasi VDU secara langsung. Istirahatkan mata dan diri anda secara rutin dalam beberapa interval tertentu Perbanyak minum air putih. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak radiasi monitor CTR Sebisa mungkin ganti layar monitor anda menggunakan monitor LCD.uad.. Epilepsi dan cacat bawaan pada bayi. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Bagaimana Cara Kita Melindungi Kesehatan Dari Bahaya Radiasi Monitor Bagi orang yang aktif bekerja di depan komputer (tentu saja dengan menggunakan layar komputer ). Karena refresh rate dapat merusak mata.is. Hasil penelitian mereka mengatakan bahwa salah satu akibat dari radiasi adalah kemerahan pada kulit muka.Gangguan kesehatan yang dicurigai disebabkan oleh radiasi VDU. sehingga menimbulkan iritasi pada kulit. Gunakanlah refresh rate 75hz atau lebih. jarak antara mata dan monitor minimal 40 cm gunakan pencahayan yang cukup dan tidak redup posisi mata dan monitor berhadapan lurus dan jangan lupa mengedipkan mata atau memakai obat tetes mata agar mata kita lembab. karena layar LCD terbukti lebih kecil daya radiasinya Jika masih harus terpaksa menggunakan monitor CRT/tabung. Katarak biasanya berkaitan dengan proses menua dan radiasi sinar ultraviolet. Dermatitis ini akan terjadi akibat adanya medan magnet antara monitor dengan operator. hal ini dapat menyegarkan pikiran. Setelah kemerahan. antara lain: katarak. Katarak adalah gangguan penglihatan yang disebabkan adanya kekeruhan pada lensa mata. Karena yang berhadapan langsung pada layar monitor adalah bagian muka.ac. Timbunan elektrostatik ini dapat menyebabkan pipi merah sehabis memakai monitor. Sumber : http://cois. Hal ini akan terjadi setelah seorang operator bekerja selama 2-6 jam dan pada tempat yang tingkat kelembabannya rendah. dermatitis. Medan elektromagnet menyebabkan partikel-partikel yang melayang diudara menempel pada kulit. Tjon dan Rycroft melakukan penelitian pengaruh radiasi VDU pada kulit muka. dan jika bisa yang berwarna hijau. untuk mengurangi dehidrasi tubuh(ini sangat penting) Setelah manatap monitor terlalu lama usahakan lihat sesuatu yang jauh. sampai saat ini belum ada bukti bahwa VDU dapat menimbulkannya..id/forum/showthread. kemudian terjadi pengelupasan kulit ari dan timbulnya benjolan pada kulit. epilepsi dan cacat bawaan pada bayi. mata.php?tid=73 . Muka lebih sering mengalami iritasi.

Beberapa peneliti kemudian mengarahkan riset mereka pada fungsi reproduksi pria yang erat kaitannya dengan organ genitalia terutama pada pria. meskipun belum bisa dipastikan keseluruhan kebenarannya sebagai publikasi atau sekedar hoax. Memang banyak orang yang mobilitasnya tinggi memakai lap top dengan cara dipangku misalnya saja saat digunakan di dalam mobil atau di ruang tunggu bandara. Yang menjadi permasalahan sekarang juga adalah banyaknya hoax yang beredar di dunia maya. beberapa publikasi . laptop memang menghasilkan gelombang panas yang dikeluarkan lewat alas bagian bawahnya. yang bisa jadi belum dapat dipastikan kebenarannya. Berkaitan dengan sejumlah penelitian yang bisa dipastikan resmi kebenarannya.Penyakit atau Gangguan Kesehatan Yang Ditimbulkan Laptop & Radiasi peralatan komputer yang bersifat mobile yang dalam istilahnya dipakai dengan cara meletakkan dipangkuan atau paha para pemakainya. bahwa ada beberapa riset yang didorong kemajuan teknologi ini kemudian memusatkan perhatian mereka terhadap hal ini. Laptop dan Fungsi Reproduksi Adalah sebuah kenyataan. radiasi dari peralatan elektronik sedikit banyak punya pengaruh terhadap kesehatan organ tubuh kita. karena tak bisa dipungkiri juga. Sama seperti peralatan elektonik lain yang mengandung daya radiasi tersebut. sebagian penelitian tersebut menyebutkan bahwa penggunaan jangka panjang laptop dengan frekuensi tinggi meletakkannya di sekitar organ genital ternyata bisa berpengaruh terhadap organ testis dan lebih lanjut mempengaruhi formasi sperma akibat tingginya temperatur di area tadi.lap top juga memiliki beberapa aspek kesehatan berkaitan dengan radiasinya. Sebagai peralatan yang bersifat mobil dan sering diletakkan di paha pemakainya. Istilah ini tidak selamanya benar karena pada kenyataannya cukup banyak orang yang menggunakannya dengan meletakkannya di atas meja. suatu isu menyesatkan yang banyak beredar di internet. karena panas dan radiasi laptop dikabarkan punya pengaruh signifikan terhadap fungsi reproduksi pria berkaitan dengan lokasi yang dekat dengan wilayah genital dan organ testis sebagai pelaksana fungsi tersebut. Beberapa publikasi yang muncul di tahun-tahun belakangan ini mungkin cukup meresahkan para pengguna dengan cara tersebut. Menurut beberapa publikasi yang ada.

yang mereka anggap sudah bisa cukup mempengaruhi fungsi utamanya dalam memproduksi sperma. Begitupun. Perbandingannya. maka yang perlu dilakukan sebagai tindakan prefentiv adalah meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan pengaruhnya terhadap kesehatan jangka panjang. mereka menyebutkan lagi bahwa frekuensi dan waktu penggunaan yang kelewat panjang sedikit banyak bisa berjalan sebagai suatu pengaruh paparan yang akhirnya bisa mengganggu fungsi reproduksi. namun tidak secara mendetil menyebutkan batas frekuensinya. Secara jelas. kenaikan sekitar 2. Penelitian selama beberapa tahun ini kelihatannya cukup signifikan karena mendapatkan hasil yang tak jauh berbeda dalam setiap tahunnya.dianjurkan untuk menghentikan aktifitas di kala daerah sekitar paha sudah terasa terlalu panas. Suhu panas diperkirakan secara manual saja. Pilihlah lap top yang ramah lingkungan.maka pilihan untuk meletakkannya di atas meja adalah hal yang lebih aman. selain misalnya bahan-bahan alas yang digunakan dalam menahan panas yang diproduksi dari aktifitas perangkat elektronik di dalamnya. para peneliti di institusi tersebut menjelaskan lebih lanjut bahwa efek panas laptop dengan temperatur maksimal yang dihasilkannya masih berada jauh di bawah nilai ambang temperatur yang membahayakan terhadap organ dimaksud. karena sudah banyak diproduksi beberapa teknologi prosesor . Dalam publikasi tersebut. 1. Dalam riset terpisah ini. Para ahli ini kemudian membandingkan besar temperatur ini dengan temperatur di sekitar ruangan sauna atau mesin sauna yang jauh lebih bisa berpengaruh walaupun tidak langsung mengarah ke organorgan reproduksi pria. dalam setiap perbandingan persentase antara musim panas dan musim dingin yang dipantau oleh para peneliti tadi. Penggunaan laptop mungkin bisa dibatasi seperlunya dalam frekuensi dan waktu yang tak terlalu lama. dan ini masih berkaitan lagi dengan ragam produk laptop yang ada. Jika di sekitar Anda ada meja.5 derajat Celcius.5 derajat Celcius tadi baru didapat setelah mengendarai mobil nonstop selama 2 jam namun lagi-lagi pada pembahasan selanjutnya. Bagaimana Tindakan Pencegahan? Mengingat efek dari panas yang hasilkan oleh pemakaian lap top di atas paha dalam waktu yang lama.bantahan juga bukan tak pernah dilayangkan. yang belum tentu minim sama sekali proteksinya. 3. sebuah riset lain yang memiliki skup lebih besar tentang pengaruh panas terhadap organ reproduksi mungkin lebih bisa dijadikan patokan. 2. jok hingga jenis pakaian yang digunakan dan sebagainya. masih banyak faktor yang berperan dibaliknya termasuk jenis mesin mobil. para peneliti yang berasal dari sebuah institusi di Perancis tersebut membuat perbandingannya dengan kenaikan temperatur skrotum pria ketika mengendarai mobil. Seorang ahli dari institusi peneliti di Universitas Pennsylvania ternyata tak menemukan pengaruh signifikan dari efek panas laptop terhadap faktor klinis gangguan fungsi kesuburan ini. dimana riset yang dipublikasikan pada tahun 1999 ini menemukan adanya penurunan fungsi reproduksi sebesar sekitar 40% selama musim panas dengan titik berat penilaiannya pada jumlah serta kecepatan sperma yang aktif. Penelitian lain yang memberikan argumentasi mereka terhadap hal ini menyebutkan bahwa penggunaan laptop di pangkuan selama kurang lebih satu jam paling tidak bisa meningkatkan[i][b] temperatur skrotum/kantung testis lebih dari 2.

hotspot Wi-Fi muncul bak jamur. telinga. sistem syarafdan dapat menyebabkan gangguan sel yang menyebabkan mutasi gen. Berbeda dengan Panorama. Di perkotaan Inggris. Para saintis juga prihatin dengan tidak adanya penelitian tentang dampak radiasi jaringan nirkabel (Wi-Fi). yang memiliki lebih dari seribu murid. Dibalik kemudahan yang ditawarkan Wi-fi ada beberapa keyakinan publik yang menganggap wi-fi berdampak negatif terhadap kesehatan. pengukuran tingkat radiasi di sekolah Norwich itu jauh di bawah ambang batas keamanan yang dibuat pemerintah. Jika melihat literatur. Dengan Wi-fi orang bisa masuk ke jaringan internet tanpa harus repot menyambungkan kabel dari komputer ke line telepon. BBC menyiarkan hasil investigasinya pada awal pekan lalu. yang semakin populer penggunaannya dinegara maju maupun negara berkembang. Anda bisa temukan sejumlah efek radiasi. Seperti juga yang terjadi pada laptop. yang diwawancarai Panorama. berdampak pada kapasitas konsentrasi dan menurunnya memori jangka pendek. Pengujian menunjukkan bahwa anak-anak menyerap radiasi yang lebih banyak daripada orang dewasa. menurut Profesor Olle Johansson dari Karolinska Institute in Swedia. tingkat radiasi yang dipancarkan perlengkapan Wi-Fi pada satu sekolah di Norwich. seperti kerusakan kromosom. Tapi sebagian ilmuwan menduga basis ambang batas itu tidak benar. Laptop dan bahaya radiasi yang ditimbulkannya Seperti kita ketahui lap top merupakan perangkat elektronik yang mengeluarkan sinar radiasi elektromagnetik. Wi-Fi digunakan pada 70 persen sekolah secondary dan 50 persen sekolah primer. Pengukuran Panorama menunjukkan kekuatan sinyal Wi-Fi di dalam ruang kelas itu tiga kali lebih kuat daripada intensitas radiasi dari menara ponsel. serta meningkatnya kejadian berbagai tipe kanker. Temuan ini dianggap signifikan karena anak-anak memiliki tengkorak yang lebih tipis ketimbang orang dewasa dan masih dalam tahap pertumbuhan. Alat komunikasi yang satu ini sudah membudaya penggunaannya . Bahkan masih 600 kali di bawah ambang batas. Menurut temuan Panorama. Saat ini lap top banyak dilengkapi dengan Wi-fi ( wireless fidelity ) yang lebih dikenal sebagai jaringan lokal nir kabel. Selain penggunaannya kadang sembarang juga kerap kali akrab dibawa kemana-mana dan sangat akrab dengan prilaku . Efek radiasi bagi kesehatan. mual-mual terutama bagi mereka yang electrosensitif. dalam 18 bulan terakhir ada 2 juta pengguna Wi-Fi baru.? Pertanyaan itu muncul dan memancing perdebatan setelah Apakah jaringan nirkabel wireless-fidelity (Wi-Fi) benar-benar menjadi ancaman Panorama program stasiun televisi Inggris. gangguan tidur (insomania). Radiasi sangat mengganggu jaringan tubuhmanusia terutama pada kulit. Apakah jaringan nirkabel wireless-fidelity (Wi-Fi) benar-benar menjadi ancaman kesehatan bagi manusia. lebih tinggi ketimbang tingkat radiasi yang dipancarkan dari menara transmisi operator telepon seluler umumnya.atau perangkat tambahan yang ramah lingkungan termasuk penggunaan alas pendingin yang berfungsi mengabsorsi kalor yang dikeluarkan oleh lap top. diantara bahaya yang ditimbulkannya adalah bahaya yang ditimbulkannya dapat mengakibatkan nyeri dikepala. mata. Padahal untuk riset serupa pada ponsel dan menara radio ada ribuan. Menurut Panorama.

Sebanyak mungkin kita berusaha meminimalkan bahaya bahaya tersebut agar badan kita tetap sehat dan dapat merasakan kebahagiaan yang panjang. Badan kontrol dan pencegahan penyakit di Amerika Serikat tahun 2007 menyatakan komputer termasuk salah satu penyebar virus flu yang paling tinggi. Istirahatlah dan selingi dengan kegiatan lainnya.Untuk menghindari hal-hal yang tidakdiinginkan tadi sebisa mungkin kita menghindaripengaruh radiasi yang hebat pada monitor serta sistem mekanisnya. Orang-arang yang selalu bekerja menggunakan lap top tanpa disadari akan mengeluh tentang kesehatan matanya dan akan secara berkala menjadi pasien dokter mata atau optical terdekat.pemilikinya. Bahaya Lap Top Bagi kesehatan Mata Layar lap top pada saat bekerja memantulkan cahaya dan sinar yang lebih tajam dari sinar sekelilingnya. 2. 3. Mata kita akan bekerja lebih keras pada kondisi kurang cahaya dibandingkan pada kondisi yang terang atau cukup cahaya. Tambahkanlah bahan makanan yang mengandung tinggi beta karotin atau sumber vitamin A seperti sayuran berwarna hijau. . daging-dagingan. Bagaimana cara menekan bahaya seperti tersebut di atas ? 1. wortel juga minyak ikan. menemukan kasus mayoritas yang terjadi adalah selain kanker otak juga gangguan sistem saraf pusat manusia juga menyebabkan kematian. Lap top banyak membantu kita dan tak perpisah jauh daripekerjaan kita sehari-hari. Disarankan jarak layar lap top dengan mata pengguna sedikitnya 60 cm atau sekitar tiga jengkal kita. lidah mertua dan tanduk kuda. 4. Virus flu yang bisa hidup selama beberapa hari di udara bebas itu ditularkan lewat keyboard atau mouse yang dipegang oleh penderita flu berat Jika keyboard dan mouse itu dipakai orang lain. telur. Batasilah penggunaan lap top dengan menggunakan Wi-fi tidak terus menerus dan berjam-jam tanpa henti. 5. Di sekolah Washington. contohnya tanaman pedang pedangan. ikan dan hasil olahannya untuk perbentukan sel baru dan perbaikan sel yang rusak akibat radiasi elektromegnetik. Karena dalam sebuah riset ditemukan pada 30. Prosesnya sangat mudah. Terutama di lingkungan sekolah. Pastikan dan kondisikan bahwa lingkungan dimana Anda bekerja cukup terang tidak remang-remang apalagi gelap. sebagai produk teknologi pastilah hadirnya membawa manfaat namun janganlah lupa bahwa dibalik banyak manfaat ada juga bahayanya. Bekerja dengan menggunakan lap top dalam waktu lama dan terus menerus menurunkan daya akomodasi mata dan menyebabkan mata lelah. Lap top sebagai media penyebaran Virus Ternyata laptop dapat juga menimbulkan efek disentri dan penyebar virus flu. Sinar tersebut akan berdampak negatif pada kesehatan mata. Salah satu cara lain yang disarankan untuk mengurangi bahaya radiasi elektromagnetik adalah meletakkan dan menanam tananam yang dapat menyerap radioaktif seperti species Sansiviera. 79 dari 314 murid dan 24 dari 66 staf menderita flu berat tersebut tertular lewat komputer-komputer atau lap top sekolah. maka besar kemungkinan orang tersebut juga akan terserang penyakit flu juga. Tidak mengoperasikan laptop dekat alat-alat vital juga area kepala. universitas dan perkantoran.000 kasus pada pekerja komputer tahun 1969. Konsumsilah banyak protein berkualitas tinggi yaitu dari bahan hewani seperti susu. hanya lewat sentuhan saja atau lewat dropet (titik ludah) saat penderita bersin.

Sedangkan manifestasi dari hipersensitivitas dikenal pula dengan istilah electrical sensitivity. dan (7) hipersensitivitas.Sumber : http://belajarmurah. atau merasa letih tanpa tahu penyebabnya. gangguan tidur (sleep disturbances). dan sebagainya. ³Electrical sensitivity´ Sebenarnya telah lama timbul kekhawatiran pada masyarakat akan efek negatif radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan. sukar tidur. ponsel. (2) sistem reproduksi. peralatan elektronik di rumah.´ keluh seorang pasien. misalnya. hasil pemeriksaan laborat saya baik semua«.php?1437-Penyakit-atau-Gangguan-Kesehatan-YangDitimbulkan-Laptop-amp-Radiasi BANYAK kejadian seseorang mengeluh sakit kepala. 2004). radar. Jarang disadari bahwa risiko paling tinggi dari sumber radiasi nonpengion justru berasal dari alam. tetapi yang khas antara lain berupa sakit kepala (headache). Gejala-gejala yang menunjukkan adanya electrical sensitivity sebenarnya banyak sekali. yang menggambarkan gangguan fisiologis berupa tanda dan gejala neurologis maupun kepekaan terhadap medan elektromagnetik. (6) psikologis. dengan gejala-gejala yang khas (Riedlinger. Ada kemungkinan gangguan tersebut adalah electrical sensitivity. Keluhan tersebut biasanya merupakan gejala adanya kelainan di dalam sistem atau organ tubuh. jantung berdebar-debar (cardiac palpitations). (3) sistem saraf. konsentrasi terganggu. (4) sistem kardiovaskular. tetapi sering kali dokter pun tidak menemukan penyebab secara pasti.´ keluh pasien yang lain. laser. ³Mengapa saya sering migrain dan hampir setiap hari selalu merasa letih. menurut dokter. terutama dengan semakin berkembangnya pemanfaatan sumber radiasi nonpengion. Padahal.com/showthread. berupa berbagai gejala dan keluhan. Tentu saja jika terpaksa diberi obat. (5) sistem endokrin. Dok. biasanya bersifat simptomatis atau hanya meredakan gejalanya semata. Termasuk telepon seluler (ponsel) maupun microwave oven. pening (dizziness). Apabila hal ini terjadi. keletihan (fatigue). ternyata sangat potensial menimbulkan berbagai keluhan tersebut. microwave oven. gangguan konsentrasi (difficulty . antara lain: (1) sistem darah. di kantor maupun industri. Tanda dan gejala lain yang dapat dijumpai. Sumber radiasi nonpengion buatan manusia antara lain jaringan listrik tegangan tinggi maupun ekstra tinggi. pening. Padahal. yaitu sinar ultra violet matahari Potensi gangguan kesehatan yang timbul akibat pajanan medan elektromagnetik dapat terjadi pada berbagai sistem tubuh. salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah adanya riwayat keterpajanan (exposure) terhadap peralatan yang menimbulkan radiasi elektromagnetik. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh radiasi elektromagnetik yang berasal dari jaringan listrik tegangan tinggi atau ekstra tinggi. Electrical sensitivity adalah gangguan fisiologis dengan tanda dan gejala neurologis maupun kepekaan. Saya selalu mengalami sukar tidur. saat ini saya tanpa beban pikiran apa pun.

serta berbagai gejala lain. terutama pada suasana hening dan gelap sehingga menyebabkan orang mudah tidur. industri. antara lain. sulit memprediksi apakah berbagai keluhan yang timbul itu semata-mata hanya berasal dari radiasi elektromagnetik. 1995. Gejalagejala tersebut berkaitan dengan perubahan metabolisme hormon melatonin yang diproduksi oleh kelenjar pineal. 1995). 1993). Banyak polutan yang berupa gas buang dari kendaraan bermotor. untuk kemudian menurun setelah usia 40 tahun. Melatonin diproduksi dalam jumlah besar sekali pada orang muda. Penurunan produksi hormon ini menyebabkan berbagai keluhan yang lebih banyak dialami oleh usia tua dibandingkan dengan usia muda. jet lag. Bagaimana pun penyakit lingkungan yang diderita oleh manusia bukan semata-mata berasal dari radiasi elektromagnetik semata. dan keletihan. telinga berdenging (tinnitus). dan kulit meruam (rashes). Namun. Produksi hormon melatonin dapat dipacu oleh gelap dan hening serta dihambat oleh sinar yang terang maupun medan elektromagnetik (Zhdanova. 1994).in concentrating). ada beberapa hal yang dapat memperkecil risiko gangguan kesehatan. Peran hormon melatonin Penyebab timbulnya gejala dan berbagai keluhan tersebut sangat kompleks dan multifaktor karena dapat menyertai berbagai penyakit. muka terbakar (facial burning). Jadi. maupun aktivitas manusia yang lain berisiko menimbulkan gangguan kesehatan. kebingungan (confusion). gangguan pada irama sirkadian. Gejala-gejala tersebut terutama timbul bila produksi hormon melatonin berkurang (Dollins. Upaya pencegahan Electrical sensitivity merupakan salah satu penyakit lingkungan. di samping tetap memerhatikan prosedur tetap penggunaan berbagai peralatan yang berisiko menimbulkan radiasi elektromagnetik. sukar tidur (insomnia). misalnya cahaya serta medan elektromagnetik. Bergdahl. antara lain: . Cahaya maupun pajanan medan elektromagnetik dapat menurunkan produksi hormon melatonin dan berpotensi menimbulkan berbagai keluhan. 1991. serta gangguan kejiwaan berupa depresi (depression) (Rea. produksi hormon ini berkurang oleh adanya rangsangan dari luar. Hormon melatonin (N-acetyl-5-metoksitriptamin) adalah hormon yang sebagian besar dibuat oleh kelenjar pineal. kejang otot (muscle spasme). Produksi hormon melatonin bertambah pada malam hari. 1995). Hanya sebagian kecil dibuat di usus dan retina mata. Teori terbaru tentang metabolisme hormon melatonin dan pengaruhnya terhadap timbulnya berbagai gejala dan perubahan suasana hati diharapkan dapat menjelaskan mengapa pajanan medan elektromagnetik dapat menimbulkan berbagai gejala tersebut (Sandyk. Meskipun demikian. Beberapa gejala yang dapat timbul berkaitan dengan hormon melatonin. termasuk sakit kepala. sebuah kelenjar sebesar kacang tanah yang terletak di antara kedua sisi otak. Grant. rasa mual dan gangguan pencernaan lain (nausea and digestive problems) yang tidak jelas penyebabnya. pening.

misalnya komputer. Meskipun sangat membantu pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Khusus bagi ibu hamil pada tiga bulan pertama harus lebih waspada lagi. dan hair dryer. Jangan selalu mengantonginya. * Kecuali microwave oven.com/artikel-untukku/gangguan-kesehatan-akibat-radiasielektromagnetik-untukku. televisi. telepon seluler juga menghasilkan energi foton yang sangat besar dan potensi radiasinya lebih besar dibandingkan dengan peralatan elektronik maupun jaringan listrik tegangan tinggi dan ekstra tinggi. dalam prosesnya jangan ditunggu apalagi dalam jarak sangat dekat. Alat ini menghasilkan energi foton yang sangat besar dan berisiko mengganggu kesehatan apabila tidak mematuhi prosedur penggunaannya. apalagi bila menggunakan alat pacu jantung Sumber : http://www.* Dalam menggunakan peralatan elektronik apa pun. sebaiknya dengan membuat jarak sejauh mungkin dari sumber pajanan. * Meskipun microwave oven hanya memerlukan waktu sangat pendek untuk memanaskan makanan. seyogianya waktu penggunaannya dibatasi. sedangkan waktu kontak diusahakan seminimal mungkin.html .untukku. terutama pada saku baju kiri.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->