DAUR FOSFOR (Daur Sendimentasi

)

.

sebagai sumber energi untuk metabolisme sel. . ‡ Fosfor juga ditemukan sebagai komponen utama dalam pembentukan gigi dan tulang vertebrata. Fosfor terdapat di alam dalam bentuk ion fosfat (fosfor yang berikatan dengan oksigen).Daur Fosfor(Daur Sendimentasi) ‡ Fosfor merupakan elemen penting dalam kehidupan karena semua makhluk hidup membutuhkan fosfor dalam bentuk ATP (Adenosin Tri Fosfat). Ion fosfat terdapat dalam bebatuan. ‡ Daur fosfor tidak melalui komponen atmosfer.

dan urinnya akan terurai menjadi fosfat organik.‡ Adanya peristiwa erosi dan pelapukan menyebabkan fosfat terbawa menuju sungai hingga laut membentuk sedimen serta pergerakan dasar bumi menyebabkan sedimen yang mengandung fosfat muncul ke permukaan. Oleh bakteri fosfat tersebut diubah menjadi fosfat anorganik yang dapat diserap tumbuhan. feses. Di alam daur fosfor sebagai berikut: ± Di dalam tanah mengandung fosfat anorganik yang dapat diserap oleh tumbuhan. . Kemudian tumbuhan dimakan oleh konsumer sehingga fosfor berpindah ke hewan. Tumbuhan dan hewan mati. ‡ Daur fosfor lebih sederana dari pada daur lainnya karena tidak melibatkan atmosfer. Di darat tumbuhan mengambil fosfat yang terlarut dalam air tanah.

. Fosfat anorganik ini kemudian akan diserap oleh akar tumbuhan lagi. Adanya pergerakan dasar bumi menyebabkan sedimen yang mengandung fosfat muncul ke permukaan. Fosfat banyak terdapat di batu karang dan fosil. ± Adanya peristiwa erosi dan pelapukan menyebabkan fosfat terbawa menuju sungai hingga laut membentuk sedimen. Di darat tumbuhan mengambil fosfat yang terlarut dalam air tanah.± Pada daur fosfor diperlukan pengurai untuk menguraikan hewan dan tumbuhan yang mati menjadi fosfat anorganik. Siklus ini berulang terus menerus. Fosfat dari batu dan fosil terkikis dan membentuk fosfat anorganik terlarut di air tanah dan laut.

‡ Herbivora mendapatkan fosfat dari tumbuhan yang dimakannya dan karnivora mendapatkan fosfat dari herbivora yang dimakannya. Seluruh hewan mengeluarkan fosfat melalui urin dan feses. . Bakteri dan jamur mengurai bahanbahan anorganik di dalam tanah lalu melepaskan pospor kemudian diambil oleh tumbuhan.

DANKE! .