MAKALAH

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA KEJAYAAN
Disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Dosen Pengampu : Sejarah Pendidikan Islam : Muchamad Fauzan , M.Pd.

Disusun oleh : Mahfiroh 232 107 145 Khaeron Abidin 232 107 038

JURUSAN TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PEKALONGAN 2010

BAB I PENDAHULUAN

1

Penyebaran itu dilakukan dengan secara sembunyi-sembunyi dari rumah agar tidak dicurigai atau dianggap menentang norma-norma yang sudah kuat dipegang oleh penguasa dan diikuti oleh masyarakat pada umumnya. karena apa yang mereka lakukan disamping merugikan penduduk pribumi. sampai datangnya imperialis belanda barat. Sehingga wajar bila kedatangan bansa barat ini menimbulkan reaksi dan pertentangan di mana-man kepulauan nusantara ini. Karenanya pendidikan islam antara daerah yang satu akan berbeda dengan daerah alainnya. di mana misi kedatangannya tidak hanya dalam rangka berdagang plus menguasai daerah yang ia datangi. tetapi juga membawa misi lainnya yaitu kristenisasi. juga merusak tatanan social budaya masyarakat yang sudah ada. Organisasi islam pada waktu dulu mungkin baru merupakan perkumpulan beberapa orang melakukan keinginan bersama untuk menyebarkan ajaran islam. BAB II PEMBAHASAN 2 .Sejarah pendidikan Islam di Indonesia pada mulanya didasarkan pada sistem kedaerahan dan tentu saja tidak terkoordinir dan terpusat seperti sekarang ini. Mendeskripsikan tentang kebijaka-kebijakan koljnial Belanda terhadap pendidikan islam dan mengidentifikasi adanya perbedaan pendidikan. Dalam makalah kami akan membahas pendidikan islam pada masa Belanda. Begitulah gambaran keadaan kegiatan penyiaran sekaligus pelaksanan pendidikan islam yang berjalan secara sangat sedrhana dan tidak menemui kendala yang cukup berarti. sebab tiap-tiap daerah berusaha melancarkan pendidikan dan pengajaran islam menurut daerahnya masing-masing.

1 Belanda berkuasa mengatur pendidikan dan kehidupan beragama yang mereka sesuaikan dengan prinsip-prinsip yang mereka pegang sebagai kaum imperialis dan kolonialisme yaitu kebaratbaratan(weternisasi) dan misi kristenisasi. namun satudemi satu belanda berhasil menundukan pengusaan-penguasaan local. Belanda mulai memberikan edikit kelonggaran terhadap uamat islam dengan mencabut resolusi-resolusi dan oronasi yang membatasi pengalaman agama islam. Upacara-upacara keagamaan yang secara terbuka dilarang. Kebijakan Belanda dalam mengatur jalannya pendidikan tentu saja dimaksudkan untuk kepentingan mereka sendiri terutama kepentingan Kristen. 1999). Ketika Van DenBoss menjadi gubernur jenderal dijakarta pada tahun 1831. Sedangkan departemen yang mengurus pendidikan dan keagamaan dijadikan satu. (Pamulung Timur. Sambil. Pemerintah belanda mulai menjajah Indonesia pada tahun 1619. penetrasi belanda menghancurkan elemen-elemen kehidupan perdagangan orang jawa.150-151 3 . memperluas jangkauan jajahanya dengan menjatuhkan penguasa didaerah-daerah. Kehadiran belanda dijawa tidak hanya mengeksploitasi kekayaan alam Indonesia. satu demi satu. kemudian merampas daerah-daerah tersebut. Kemudian belanda. Kedalam kekusaanya selanjutnya berlangsunglah sistem penjajahan. segala aktivitas umat islam yang berkaitan dengan kehidupan keagamaan ditekan. Khawatir akan bahaya setiap kebencian dan permusuhan umat islam. tetapi juga menekankan politik dan kehidupan kegamaan rakyat. berdagang belanda berupaya menancapkan pengaruhnya terhadap bangsa Indonesia.: PT Logos Wacana Ilmu. Berikutnya.lambat laun belanda berhasil memperkuat penetrasinya di nusantara. Sebagai sekolah pemerintah. sementara disetiap daerah karasidenan didirikan satu 1 Hanun Asrohah.Pada mulanya kedatangan orang-orang asing belanda keindonesia adalah untuk menjalin hubungan perdangangan dengan bangsa Indonesia. hlm. Belanda tidak hanya memonopoli perdagangan dengan bansa Indonesia. keluarlah sebagai sekolah-sekolah gereja dianggap dan diperlukan. kegiatan umat islam dalam politik. yaitu ketika Jan Pieter Zoan Coen menduduki Jakarta. Sejarah Pendidikan Islam.

Tahun 1925 keluar lagi peraturan yang lebih ketat terhadap pendidikan agama islam yaitu bahwa tidak semua orang (kiai) boleh memberikan pelajaran mengaji terkecuali telah mendapat semacam rekomendasi atau persetujuan pemerintah belanda. atau yang lainnya tidak membantu pemerintah belanda menjadi acuan pada waktu itu. hlm 51-52 4 . 3. Surat edaran yang dibuat diatas adalah menggambarkan tujuan dari didirikannya sekolah dasar pada zaman itu. masjid. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. musholah. Dari nasihat badan inilah pada tahun 1902 pemerinatah belanda mengeluarkan peraturan baru yang isinya bahwa orang yang membrikn pengajaran atau pengajian agama islam harus terlebih dahulu meminta izin kepda pemerintah belanda. kemudian pada tahun 1932 keluar lagi peraturan yang isinya berupa kewenangan untuk memberantas dan menutup madrasah dan sekolah yang tidak ada izinya atau memberikan pelajaran yang tidak disukai oleh pemerintah belanda yang disebut ordonasi sekolah liar (wilde school ordonantie)2 Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan model barat membawa arti positif bagi perkembangan pendidkan islam dan kemajuan masyarakat terjajah. dimana pada waktu dia memberikan edaran yang ditunjukan kepada para bupati yang isinya adalah “ dianggappenting untuk secepatnya mengadakan peraturan pemerintah yang menjamin meratanya kemampuan membaca dan menulis bagi penduduk pribumi agar mereka lebih mudah untuk dapat menaati undang-undang dan rukun Negara yang diterapkan bela” meskipun belanda mendirikan lembaga pendidikan untuk kalangan pribumi.sekolah agama Kristen. Pada tahun 1882 pemeritah belanda membentuk suatu badan khusus pendidikan islam yang mereka sebut priesterraden. Dengan begitu mereka terapkan berbagai peraturan dan kebijakan diantaranya: 1. 2. 2 Drs Hasbullah. Inisiatif untuk mendirikan lembaga pendidikan yang diperuntutkan bagi penduduk pribumi adalah ketika Van Den Capellen menjabat sebagai gubenur jenderal. 1999). tapi semua demi kepentingan mereka semata. Pendidikan agama islam yang telah ada dipondok pesantren. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia.

Op. lembaga pendidikan pesantren yang masih berpegang secara utuh kepada budaya dan tradisi pesantren.cit.h. Fenomena inilah yang berlangsung pada awal abad ke-20 dan ini menjadi dasar bagi pengembangan penyatuan kedua ilmu ini untuk seterusnya. tidak lagi sorogan. sekaligus ide-ide juga memasuki dunia pendidikan. Metode pengajaran telah bervariasi. lembaga pendidikan sekolah-sekolah islam. metode. dan ilmu pengetahuan. Akhirnya dapat melahirkan muslim yang memiliki pola pikir dan wawasan rasional. di lembaga ini di samping 3 Harun Asrohah.tetapi setidaknya walaupun belum seimbang. Bidang materi tidak hanya sematamata berorentasi kepada mata pelajaran agama dimasukan pula mata pelajran umum. metode belajr mengajar modern. 2. sudah memunculkan pemikiran untuk mengangap penting kedua ilmu tersebut. Dampak dari munculnya ide-ide pembaharuan dalam bidang islam yang tidak lagi beriorentasi pilah antara ilmu agama dan umum. diantarnya adalh perubahan dibidang kegamaan. Salah satuyang terlihat dari pembaharuan pendidikan itu adalah munculnya uapya-upaya pembaharuan dalam bidang materi. pemakaian meja dan bangku. Selain itu mereka juga mengenal surat kabar atau majalah yang sangat bermanfaat untuk mengikuti perkembangan zaman. hafalan sekaligus pola pembaharuan juga berkaitan dengan mengubah system nonklasikal menjadi klasikal sejalan dengan itu pemantapan administrasi pendidikan pun secara bertahap mulai dilaksanakan. yakni mengajarkan kitab-kitab klasik semata-mata. Pandangan rasionallah yang menjadi salah satu pendorong untuk mengadakan pembaharuan diberbagai bidang. Bila diklasikasikan bentuk dan jenis lembaga pendidikan islam pada masa penjajajhan belanda pada awal dan pertengahan abad ke-20. adalah: 1. 3 Pada awal abad ke-20 Indonesia telah dimasuki ole hide-ide pembaharuan pemikir islam. 154 5 .Orang-orang pribumi yang belajr disekolah-sekolah belanda menjadi mengenal sistem kelas. wetonan.

mengajarkan 3. lembaga ini adalah mencoba mengadopsi sistem pesantren dan sekolah. 2009) hlm.pemakaian metode belajr4 Dr. Ada unsur-unsur yang diambil dari pesantren dan ada pula unsure-unsur yang diambil dari sekolah. dengan menampilkan sistem baru. ilmu-ilmu umum sebagai materi pokoknya. h. Haidar Putra Daulay.4 BAB III PENUTUP Dengan demikian sejarah pendidikan islam di Indonesia pada masa pemerintahan Belanda membawa positif bagi perkembangan pendidikan islam dan kemajuan masyarakat terjajah. Karena orang-orang pribumi yang belajar sekolah-sekolah dibelanda mengenal sistem kelas. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. (Jakarta: Kencana. juga mengajarkan ilmu-ilmu agama. lembaga pendidikan madrasah. 35-36 6 .

atau dengan menggunakan metode-metode baru yang telah dibawa ke Indonesia oleh Belanda. Hanun. Mereka mulai menyadari perlunya perubahan-perubahan apakah dengan menggali mutiara-mutiara islam dari masa lalu yang telah memberi kesanggupan umat islam pada abad pertengahan untuk mengatasi barat dalam pengetahuan serta dalam memprluas pengaruh. Sejarah Pendidikan islam di Indonesia. perubahan. Asrahah. Sejarah Pendidikan Islam. Salah satu dorongan untuk melawan penjajahan bansa Belanda. Tidak mungkin bangsa Indonesia harus mempertahankan segala aktivuitas dengan cara tradisioanl untuk melawan pemerintahan Belanda. Pada permulaan abd ke-20 masyarakat islam Indonesia telah mengalami beberapa perubahan baik dalam bentuk kebangkitan agama. Daftar Pustaka Hasbullah. Jakarta: PT persada. 1999. maupun pencarahan. Pamulung ciputat: PT Logos Wacana Ilmu 1999 7 .mengajar modern. dan ilmu pengetahuan.

8 . Haidar. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. 2009.Daulay. Putra. jakarta: kencana.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful