BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Agar dapat menjelaskan pengertian dan sejarah perkembangan senam, ada dua hal yang perlu anda kuasai. Pertama anda perlu menguasai bentuk-bentuk dan macam-macam gerakan senam, dan kedua anda perlu menguasai sejarah olahraga secara umum. Setelah dua hal tersebut dapat dikuasai, maka akan mempermudah dalam mempelajari materi tersebut. Berikut tentang pengertian dan sejarah senam serta agar dapat melakukan senam irama dengan baik dan benar, maka anda perlu memiliki keluwesan otot dan memahami jenis-jenis musik secara baik. Dalam senam irama keluwesan otot sangat menentukan, selain unsur fisik yang lain, seperti kekuatan, daya tahan, koordinasi, kelincahan, keseimbangan, dan kecepatan. Berikut apa dan bagaimana senam irama itu.

B. Rumusan Masalah 1. Apakah pesenam perlu melakukan permanasan sebelum senam dimulai. 2. Apakah pesenam beleh melakukansenam jika tidak menggunakan alat senam. 3. Apakah semua pesenam harus melakukan senam irama dengan gerakan yang benar. C. Tujuan Masalah 1. Mengajak para pembaca agar dapat memahami apa senam irama itu sebenarnya. 2. Mengapa perlu belajar senam irama. 3. Apakah senam irama termasuk olahraga. D. Mamfaat penulis 1. Agar semua pesenam dapat menggunakan gerakan senam irama dengan baik dan benar. 2. Agar semua atlet renang dapat memahami lebih mendalam tentang senam irama.

1

Ciri-ciri dan kaidah senam adalah sebagai berikut : a. Hal itu sesuai dengan tujuan senam. dan kekuatan. bahkan oleh pelaku sendiri. 2 . Penyusunan pemilihan gerakan harus sesuai dengan prinsip-prinsip tertentu sesuai dengan tujuan atau kebutuhan pelaku. Maksudnya agar dapat bergerak dengan leluasa. kebugaran. Tujuannya untuk mendapatkan kekuatan dan keindahan jasmani. Dalam bahasa Inggris. fleksibilitas. Kita perlu menguasai gerakan pada senam irama agar mencapai gerakan yang serasi dan bermanfaat bagi jasmani dan rohani. Senam irama merupakan rangkaian gerak senam yang dilakukan dengan gerakan langkah-langkah serta ayunan lengan dan sikap badan dengan diiringi suatu irama atau music. pelatih. Gerakan senam terpilih harus disusun secara sistematis. senam disebut ³Gymnastic´ yang berasal dari kata ³gymnos´. kontinuitas. keseimbangan. yaitu untuk membentuk keindahan tubuh. namun yang melakukan senam ini hanya kaum pria.BAB II PEMBAHASAN 1. cara melakukan sambil berpakaian minim atau telanjang. Dalam pelajaran ini kita akan mempelajari senam irama menggunakan simpai. dan ketepatan dengan irama. Orang Yunani kuno melakukan senam di ruang khusus yang disebut ³Gymnasium´ atau ³Gymnasion´. c. diperlukan kelenturan. keluwesa. dan diciptakan oleh guru. dipilih. bahasa Greka (Yunani) yang berarti berpakaian minim atau telanjang. Pengertian Senam Senam irama sangat menarik untuk dipelajari karena mengandung unsur gerakan yang sangat indah dengan diiringi music. Untuk melakukan gerakan dalam senam irama. Gerakan senam latihannya selalu dapat direncanakan. b.

dan mosaics.M. maka setiap guru atau pelatih olahraga dapat menentukan tujuan. Sejarah Perkembangan Senam Sejarah perkembangan senam erat sekali hubungannya dengan perkembangan pendidikan jasmani dan olahraga. Senam pada masa itu bersifat informal dan dikaitkan dengan upacara keagamaan. Dengan batasan tersebut. Zaman Mesir (2000 s. relief.M) Orang Yunani membentuk tujuan pendidikannya adalah keutamaan individu. Mungkin untuk kesegaran jasmani. kaindahan tubuh. dan menyusun latihannya sendiri sesuai dengan kebutuhan atau tujuan untuk apa.) Berdasarkan penemuan dan peninggalan berupa tulisan-tulisan. memilih. maka senam dapat dibatasi sebagai berikut ³senam adalah latihan jasmani/olahraga yang bentuk-bentuk gerakannya dipilih dan disusun secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip tertentu sesuai dengan kebutuhan atau tujuan si penyusun´. Sejarah perkembangan senam dan pendidikan jasmani maupun olahraga merupakan evolusi yang dipengaruhi oleh tuntutan dan keadaan zaman. Zaman Yunani Kuno (1000 ± 800 s. prestasi. 3 . Bangsa Mesir menggemari senam yang latihannya berbentuk senam lantai seperti tumbling b. penyembuhan. pembentukan.Dengan ciri dan kaidah tersebut. 2. gambargambar. ddan sebagainya. dengan mengembangkan motto ³Men of Action´ dan ³Men of Wisdom´ yang berarti ´orang yang terampil´ dan ³ orang yang bijaksana´. Senam Pada Zaman Kuno a.

M. Mewajibkan setiap warga yang berumur 18 ± 21 tahun untuk sekolah latihan wajib selama dua tahun untuk taktik militer dan senam.c.M. f.) Anak-anak dilatih senam secara intensif oleh pelatih yang disebut paedonomus. dengan bentuk latihan dansa dan tarian. dan ³Men of Wisdom´ menjadi mode dalam pendidikan. Zaman Sparta (800 ± 700 s.) Pendidikan jasmani di Athena berbeda dengan di Sparta.M.) Sukses perang Prusia menunjang zaman keemasan Athena. yaitu suatu sekolah pendidikan jasmani. d. Senam dilakukan di Palestra. Romawi Awal (300 ± 146 s. sekolah terbuka untuk latihan jasmani dan keterampilan perang melalui senam dan latihan lainnya. ³Satisfy the men´ menjadi slogan yang populer. bangsa Athena memadukan ³Men of Action´ dan ³Men of Wisdom´. jadi tarian dalam bentuk perang. Zaman Athena Akhir (400 ± 300 s. Zaman Athena Awal (700 ± 400 s. Mereka mendidik pemuda dengan penekanan pada musik dan senam. Seanam medis telah diciptakan untuk perawatan atlet profesional yang cedera setelah bertanding. Palestra berubah menjadi pusat atlet profesional dengan pelatihnya. 4 . e.M. tetapi membawa kemunduran pendidikan jasmaninya. Salah satu latihan yang disebit ³Pyrrihic´ yang dilakukan anak-anak tenjang memegang senjata. Hal ini menyebabkan degenerasi dalam senam.) Anak biasanya dibawa ke ³Campus Martius´.

5 . Zaman Romawi Akhir (146 s.M. Permulaannya di Italia. Zaman Cina (200 s. Zaman Renaissance/(Kebangkitan (1500 ± 1700 M) Ini merupakan gerakan pembaharuan kemanusiaan yang menekankan pada perkembangan manusia secara utuh. Ini sebagai aliran permulaan senam sekolah. Abad Pertengahan dan Permulaan Zaman Modern (476 ± 1500 M) Abad pertengahan bagi pendidikan jasmani merupakan masa gelap yang telah menenggelamkan juga senam yang formal. namun dengan runtuhnya peradaban Yunani dan Romawi senam klasik menghilang. h. a. dalam kurikulumnya ada sistem senam yang dibuat untuk kesegaran jasmani penduduk yang bukan tentara.g. Silvio.Memang ada indikasi latihan senam pada tahun 100 ±150 M.M. Senam pada zaman Yunani dan Romawi disebut senam klasik.) Orang Cina menggunakan satu seri latihan yang bersifat kolektif ringan yang disebut ³Cong fu´ suatu kesamaan dengan senam Swedia dari Ling. dan dalam abad pertengahan senam dan olahraga harus ditinggalkan. Pemuka pembaharu adalah Vittorio da Filtre. selanjutnya latihan senam dilarang. dan Cardinal Sadoletti (1477 ± 1547) mereka menghendaki senam diajarkan di sekolah bersama dengan musik. dan mengurangi latihan jasmani. Moralisme Pembaharunya adalah Martin Luther dan Ulrich Zwingli mereka memperjuangkan masuknya senam yang terbatas dalam kurikulum pendidikan. Latihan senam yang dilakukan berupa senam dengan baju perang. b. Pemuka lain seperti Vegio. ± 395 M) Bagaimanapun kecondongannya scolastic dan sedikit tekannanya pada kegiatan senam.

keterampilan. kemampuan berfikir. keuletan. Abad ke-18 Abad Kebangkitan Senam (1776 ± 1811 M) Abad ke-18 disebut ³abad penerangan´ yang menandai lahirnya kembali pendidikan jasmani ke dalam kurikulum pendidikan. Rasionalisme (Herbart) Aliran ini tidak menerima senam dan pendidikan jasmani. latihan keseimbangan. ketajaman panca indera. memanjat tali. aktivitas jiwa. dan latihan titian berayun. dan dua jam untuk keterampilan tangan. keberania/kesiapan. tetapi yang ada hanya pendidikan para Ksatria. tiga jam untuk pendidikan jasmani termasuk senam. Di atas juga menciptakan senam sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas dan sifat-sifat jasmaniah. a. c. dan budi pekerti. kegembiraan. keserasian tubuh. kekuatan.c. Gust Muths (759 ± 1839 M) Tokoh ini mementingkan kesehatan total dengan melakukan salah satunya pendidikan jasmani dari pada pelajaran yang banyak membaca buku. kemauan kerja. karena tidak akan membantu dalam mendapatkan pengetahuan. namun pandangannya bahwa jasmani lebih rendah dari pada jiwa. d. Johann Bernhard Basedow (1723 ± 1790 M) Beliau menetapkan hari sekolah yang terdiri atas lima jam untuk belajar. b. Di Perancis tidak ada pendidikan jasmani. 6 . kejantanan. Juga menerbitkan buku dengan judul ³Senam untuk pemuda´ yang berisi program latihan : menyuruk. Empirisme (John Lock) Kesehatan didapat dari senam. Jean Jacques Rousseau (1713 ± 1778 M) Usahanya menekankan pentingnya pendidikan jasmani termasuk senam dalam mendidik kepribadian. seperti: kesehatan jasmani.

Swedia Per Hendrick Ling (1776 ± 1839 M) seorang pengelana ahli puisi menjadi pahlawan perkembangan senam di Swedia. dan senam tubuh yang telah hilang disebabkan keadaan yang abnormal. d. Jerman Fredirich Ludwig Jahn (1778 . mengembangkan senam primitif atau fundamental.Deklamasi dan membaca keras termasuk latihan pernafasan dan latihan organ bicara. lompat. 7 . Zaman Modern di Eropa a. latihan pada kuda berbaring. Pestalozzi (1746 ± 1827 M) Beliau adalah bapak senam elementer. senam militer bertujuan mempersatukan tubuh manusia dan senjata yang hubungan dengan aksi lawan. Niel Bukh pada tahun 1880 ±1950 M mengaku sebagai guru senam kontemporer. serta menggunakan alat janjang dan peti lompat. Yang berharga dari Ling adalah usahanya memperkenalkan pendekatan ilmiah terhadap pendidikan jasmani. kuat jasmani.1852 M) seorang guru dari Prusia mempunyai motto yaitu : bebas dalam semangat. bermain. inteligen. Tahun 1804 Frederick VI mendirikan senam militer dan menunjuk Franz Nachtegall sebagai pelatih pertama. Denmark Di Denmark terkenal para tokohnya antara lain : Franz Nachtegall (1777 ± 1847 M) sebagai pengaruh senam di sekolah karena sangat membantu dalam pertumbuhan secara keseluruhan. c. Latihan-latihan yang diciptakannya erat kaitannya dengan gerakan-gerakan free calisthenic sekarang ini. berkelai. Pada tahun 1820 ± 1886 M dilanjutkan oleh putranya yang bernama Hjalmar Frederick Ling. lari. lompat melalui alat. gembira. b. Menerbitkan buku berjudul ³Die Deutcshe Turnkunnst´ yang berarti senam Jerman yang berisi jalan. Ia berusaha memadukan tiga sistem senam untuk mendapatkan dasar umum: senam fisiologi atau senam paedagogisnya menuju pengelompokan berbagai organisme. dan percaya diri.

Idenya adalah kebebasan. mendorong. Aliran Media Estetis Ny. Medau memperkenalkan alat untuk senam irama yaitu simapi. dan menari. Bode. wanita modern tidak teratrik pada senam yang hanya melatih gerak mengabaikan keindahan. c. Menurut pendapatnya bahwa sport terlalu berat dan hanya melatih sebagian tubuh. seni tari terlau terikat pada irama. menggantung. yang bermanfaat untuk mengalihkan agar gerakan menjadi rileks. tali. Syarat gerak yang baik adalah gerak keseluruhan dan berirama.latihan perorangan. Stebbin tentang keindahan gerak bagi wanita yang harus diutamakan. Juga mendirikan tempat latihan untuk berlatih jasmani/olahraga dengan nama ³Turnplats´. berayun. Dia sukses dalam memasukkan senam ke sekolah di Jerman. b. Pembaharuan dalam musik Datangnya senam irama merupakan reaksi terhadap rasionalisme. 8 . dengan latihannya terdiri atas: baris berbaris. persamaan. Selanjutnya tokoh yang lain yaitu Adolf Spiess (1810 ± 1858 M) sebagai guru di Swiss Spiedd menemukan ide barunya untuk anak-anak usia 6 ± 16 tahun. Mensendick belajar dari Ny. Penerus Bode adalah Medau. yaitu nasionalisme. persaudaraan. dan cinta tanah air. Mereka mengembangkan senam dengan iringan musik. dan bola. kemudia mendirikan sekolah untuk pembentukan gerak di Berlin 1929. doumble lompat rusa. latihan bebas. Delsarte. Aliran Senam Irama Dengan tokohnya antara lain Dalcroze (1865 ± 1950). Senam pada Abad ke-20 a. d. Pesenam-pesenam di Ceko mendirikan organisasi sokol (elang). karean ia datang untuk kebebasan. gada. dan berpasangan. dan organisasi senam dengan nama ³Turverein´. Cekoslovakia Tujuan senam di Ceko sama denga di Jerman. lompat.

dan tahun 1916 sistem Swedia diperkenalkan. b. Senam Irama Senam irama menurut perkembangannya ada tiga aliran. Taiso memberi semangat rakyat Indonesia untuk merdeka. dan kontinuitas gerakan diperoleh dari rangkaian gerak senam yang telah disusun dalam bentuk rangkaian yang siap ditampilkan. Irama lebih banyak dikenal semasa sekolah. Senam irama dari sandiwara dipelopori oleh Delsarte tahun 1811-1871. kemudian dibuka kursus senam Swedia di Malang tahun 1918. 3. misalnya irama 2/3. kelentukan tubuh dalam gerakan. 4/4. dari seni musik. 3/4.Tokoh yang lain Cesar. dan senam irama dari seni tari dipelopori oleh Rudolf Laban tahun 1879-1958. Zaman Penjajahan Belanda Tahun 1912 ada senam dengan menggunakan sistem Jerman. dan kontinuitas gerakan. 9 . Zaman Kemerdekaan Setelah merdeka taiso tidak digunakan lagi. c. yaitu yang berasal dari sandiwara. Ia menggunakan latihan peregangan dan latihan koordinasi dalam latihan pendahuluan. dan dilakukan secara disiplin serta keras. dan dari seni tari (balet). senam irama yang dari seni musik dipelopori oleh Jacques Dacrose. Perkembangan Senam di Indonesia a. Ini berlaku sampai kemudian terjadi perubahan pada tahun 1964. Zaman Penjajahan Jepang Senam pada zaman penjajahan Jepang namanya ³taiso´ yaitu semacam senam pagi yang dilakukan secara masaal dalam satu komando. namun diganti dengan senam sistem Austria. Prinsip gerakan senam irama ditentukan oleh irama. sedang kelentukan ditentukan oleh latihan. Taiso ini menggunakan sistem Swedia.

Berikutnya ganti kaki kanan melangkah. 4/4 (d d d d) diambil sikap tegak. Pada bilangan ³satu´ langkahkan kaki kiri ke depan. lutut harus mengeper. Sikap tegak kaki kanan. Lebih tepat gunakan irama 3/4 (d d d) dan 4/4 (d d d d). dan bilangan ³ dua´ kaki kanan menyusul dan sebelum kaki kanan menapak (masih angkat tumit) kaki kiri mundur diikuti kaki kanan menapak (masih angkat tumit) kaki kiri mundur diikuti kaki kanan mundur merapat. e. kedua lengan lepas di samping badan. Bilangan ³dua´ ganti langkah kaki kiri. Langkah kesetimbangan (balanpas) Sikap tegak langkah kaki kiri. Sikap tegak langkah kaki kanan. Selanjutnya langkahkan kaki kiri disusul langkah kaki kanan. kemudian langkah kaki kiri lagi. lutut mengeper. d. b. langkah kaki kiri. Macam-Macam Langkah Senam Irama a. kiri rapat ngeper. tetapi tidak ada saat berhenti. Langkah tiga (wallspas) Langkah ini harus menggunakan irama 3/4 (d d d). 3/4 (d d d). bilangan ³dua´ kaki kanan melangkah dan letakkan telapak kaki kanan sejajar dengan telapak kaki kiri. Pada bilangan ³satu´ langkahkan kaki kiri ke depan. Langkah rapat (bijtrekpas) Sikap tegak langkah kaki kiri. Irama 3/4 (d d d) atau 4/4 (d d d d). Pada bilangan ³satu ³ langkahkan kaki kanan ke depan dengan meletakkan tumit di depan telapak kaki kiri lalu baru ujung jari kaki yang berakhir. Pada hitungan ³satu´ langkahkan kaki kanan. tumit dijatuhkan. c. hitungan ³dua´ kaki kiri menyusul dan bersama-sama kakin kanan melangkah lagi. Pada hitungan ³satu´ langkahkan kaki kanan lebar ke depan (selebar 10 . Langkah biasa (looppas) Gunakan irama 2/4 (d d). Ingat dalam melangkah. Irama 3/4 (d d d) dan 4/4 (d d d d). Langkah depan (galoppas) Syaratnya langkah sebelumnya harus sudah lancar.4.

Pada hitungan ³satu´ silangkan kaki kiri di depan kaki depan. Langkah berikutnya dengan kaki kiri. Langkah silang (Kruispas) Sikap tegak anjur kiri. g. Langkah pantul ini dapat dikerjakan ke samping dan samping ke samping silang. j. hitungan ³dua´ langkahkan kaki kiri rapatkan kaki kanan (langkah rapat ± samping rapat). angkat kaki kiri. Lutut jangan ditekuk dan pandangan ke depan. Sikap tegak 11 . hitungan ³dua´ letakkan kaki kanan ke tempat semula. Pada hitungan ³satu´ langkahkan kaki kiri ke depan. selanjutnya ganti mulai dari kaki kiri. Irama 4/4 (d d d d) atau 2/4 (d d). Irama 2/4 (d d). hitungan ³dua´ tepat saat mengucapkan ³du´ putar kaki kiri bersama-sama dengan ³a´ letakkan kaki kiri dan langkahkan kaki kanan ke depan dengan cepat. bilangan ³tiga´ langkahkan kaki kanan setengah langkah dan nagkat. Irama 4/4 (d d d d) atau 2/4 (d d). Langkah samping (zijpas) Sikap tegak langkah kaki kanan. Langkah pantul (kaatpas) Sikap tegak langkah kaki kiri. h. Langkah ganti (Wisselpas) Sikap tegak langkah kaki kanan. Irama 2/4 (d d). Pada hitungan ³satu´ langkahkan kaki kanan ke depan. dan hitungan ³tiga´ letakkan kaki kanan. hitungan ³dua´ langkahkan kaki setengah langkah dan angkat tumit.langkah normal). f. Pada hitungan ³satu´ langkahkan kaki kanan ke samping kanan. hitungan ³dua´ kaki kanan langkahkan ke samping kanan. serta hitungan ³empat´ angkat kaki kiri hingga sikap paha 90 derajat (kiri ± kanan ± kanan ± kiri). Latihlah mulai dari kaki kanan pula. Pada hitungan ³satu´ langkahkan kaki kiri ke depan. Langkah lingkar (Huppelpas) Sikap tegak langkah kaki kiri. hitungan ³dua´ angkat kaki kanan hingga sikap paha kurang lebih 90 derajat. kaki kanan angkat. i.

Setelah dikuasai dapat dilanjutkan dengan latihan loncat. tekuk pada paha silangkan paha kiri di depan kaki kanan. Jika mulai dengan tegak anjur. Jika dimulai dengan tegak langkah. badan tegak pandangan ke depan. l. kombinasi langkah. hitungan ³dua´ putar badan 180 derajat ke kiri dan langkahkan kaki kanan. dapat disertai ayunan lengan. Pada hitungan ³satu´ angkat kaki kiri. kembali ke hadap semula. Draipas dilakukan ke kiri dan ke kanan. Latihan ini membutuhkan keterampilan dan kecekatan. angkat kaki kiri dengan putaran melalui belakang kaki kiri diletakkan di samping kaki kanan. dan variasi loncat. Pada hitungan ³satu´ angkat dan langkahkan kaki kiri ke samping kaki kiri. Untuk melatih pertama kali. hingga menghadap arah sebaliknya. Langkah putar silang (draipas) Sikap tegak langkah kaki kiri. Hitungan ³tiga´ putaran dilanjutkan. Pada hitungan ³satu´ langkahkan kaki kanan ke samping kanan kaki kiri. loncat depan (galopsprong) d. maka pada hitungan ³satu´ langkahkan kaki kiri ke samping kiri (langkah ± putar samping ± kangkang). hitungan ³tiga´ dan ³empat´ ganti kaki kanan. Langkah silang lingkar (schaatsenrijderpas) Sikap tegak langkahkan kaki kiri. maka pada hitungan ³satu´ kaki kiri tinggal memegang mengangkat pada ³sepakbola´ dan diletakkan lagi pada ³tu´ (angkat ± putar ± samping ± belakang). Untuk memudahkan putaran. Irama 4/4 (d d d d). Irama 2/4 atau 4/4. hitungan ³dua´ letakkan kaki kiri. loncat rapat (bijtreksprong) c. Variasi I : depan ± belakang ± kiri ± kanan Variasi II : depan ± belakang ± samping ± silang k. dan setelah lancar mengerjakan gunakan irama 3/4 cepat. angkat. loncat silang (kruissprong) 12 . 4/4 sedang. loncat biasa (loopsprong) b.langkah kaki kiri. variasi langkah. Untuk mengimbangi gerakan supaya tidak kaku. Macam-macam latihan loncat sebagai berikut : a. jalankan dengan mengangkat tumit waktu berputar. maka gunakan irama 3/4 lambat.

dan ³delapan´. haken an beven (tumit dan ujung kaki) Pada latihan loncat umumnya menggunakan irama 4/4 dan 2/4. hitungan ³tiga´ dan ³empat´ putar kedua lengan melalui bawah di samping badan. loncat lingkar (huppelsprong) h. loncat ganti (wissel sprong) g. Hitungan ³lima´ ayun kedua lengan ke samping. Ingat pindahkan berat badan. b. loncat pantul (kaatsprong) i. Sikap permulaan anjur kaki kiri ke samping kiri kedua lengan rentangkan ke samping hitungan ³satu´ ayun kedua lengan silang di depan badan. hitungan ³tujuh´ dan ³delapan´ ulang ³tiga´ dan ³empat´. 5. loncat ayun (swingingsprong) k. hitungan ³dua´ ayun kembali. skiping step n. Irama Ayunan Lengan dan Lompat a. dan hitungan ³empat´ ayun lengan kembali. c. hitungan ³dua´ ayun lengan kembali. Sikap permulaan tegak langkah kaki kiri kedua lengan lurus ke depan Hitungan ³satu´ ayun lengan ke belakang. Hitungan ³lima´. 13 . loncat gembira (frengdesprong) j. ke samping kiri kedua lengan rentangkan Hitungan ³satu´ ayun kedua lengan silang di depan badan. latihan yang sama dengan arah kebalikan. putar kedua lengan di depan badan melalui bawah. hitungan ³tiga´ dan ³empat´. hitungan ³dua´ ayun kembali ke depan.e. loncat samping (zijsprong) f. hitungan ³tujuh´ dan ³delapan´ putar kedua lengan ke luar (ke samping). Sikap permulaan anjur kaki. hitungan ³enam´ ayun kembali. Hitungan ³lima´ dan ³enam´ ulang ³satu´ dan ³dua´. loncat putar silang (draisprong) l. Ingat. ³enam´. hitungan ³tiga´ ayun kedua lengan silang di belakang badan. lutut selalu ngeper. berakhir kedua lengan silang di depan badan. loncat sepak (schiten sprong) m. ³tujuh´.

berat pita dan tongkat 35 gram. hitungan ³dua´ kembali sikap semula. Senam Irama Dengan Alat Alat-alat yang digunakan dalam senam irama adalah sebagai berikut : a. dan tongkat terbuat dari kayu/bambu yang panjangnya 50 ± 60 cm. panjangnya 40 ±50 cm dan beratnya 150 gram. pandangan ke tangan kiri. kedua lengan di depan dada Hitungan ³satu´ langkahkan kaki kiri silang ke kanan kedua lengan terentang. dan hitungan ³empat´ kembali ke sikap semula. serta panjangnya disesuaikan dengan tinggi pesenam sendiri. e. Ingat langkahkan kaki dengan ujung kaki dulu dan ngeper. Panjang pita 6 meter tidak termasuk tongkat. dan untuk kompetisi berat bola 400 gram dengan lingkarannya 18 ± 20 cm. Gada (clubs) Terbuat dari kayu atau plastik. hitungan ³tiga´ langkahkan kaki kanan silang ke kiri kedua lengan terentang pandangan ke tangan kanan. c. Pita (ribbons) Terbuat dari bahan yang halus seperti kain saten. 14 . Sikap permulaan tegak langkah kaki kiri. d.Ingat pindahkan berat badan. Irama 4/4 dan ¾. Simpai (hoops) Boleh dibuat dari kayu atau plastik dengan diameter 80 ± 90 cm dan beratnya tidak boleh lebih dari 300 gram. 6. Bola (balls) Bola terbuat dari karet atau plastik. b. d. Tali (ropes) Tali terbuat dari bahan yang halus dan tidak ada tempat untuk pegangan khusus. Irama 4/4 atau 2/4.

Olahraga ini bukan hanya dapat menyegarkan badan atau kebugaran jasmani saja tetapi juga dapat menyehatkan serta mempunyai kemampuan gerak yang dapat mendukung setiap aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.BAB III PENUTUP A. saya sangat berharap yang mempelajari membaca makalah ini agar dapat mengikut atau merlaksanakan olahraga senam irama dengan proses dan tata cara yang benar agar terhindar dari cedera yang membahayakan bagi setiap orang yang melakukan olahraga ini secara teratur. orang-orang pekantoran serta orang-orang yang sudah lanjut usia sehingga. Kesimpulan dan Saran 1. 2. Kesimpulan Berdasarkan materi di atas di simpulkan bahwa olahraga senam irama adalah olahraga yang sangat digemari oleh seluruh masyarakat terutama bagi kaum anak-anak sekolah. olahraga ini tidak asing lagi bagi masyarakat tertentu. Saran Saran saya dalam pembuatan makalah ini. 15 .

DAFTAR PUSTAKA Tim Pengembang PGSD. Jakarta : Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru SD ± Dirjen Dikti Depdikbud. Mahmudi Sholeh. Tim Pengembang PGSD. (1999). Pengertian dan Sejarah Senam. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan. 16 . Jakarta : Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru SD ± Dirjen Dikti Depdikbud. (1992). (1994). (1999). Woerjati S. Klaten: Intan Pariwara. Senam Irama. Senam Dasar. Olahraga Pilihan Senam. K.