EVALUASI PERPUSTAKAAN SMP PEMBANGUNAN JAYA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

NO 1. PERMASALAHAN KEBUTUHAN

2.

Pendataan dan administrasi y Belum ada pendataan buku kembali berdasarkan buku induk. y Penempatan buku tidak sesuai dengan rak buku yang telah diklasifikasi. y Pendataan buku baru belum terlaksana (data terakhir hilang di komputer yang terkena virus). y Belum ada pendataan ulang katalog buku. y Kunjungan perpustakaan tidak terdata secara tertulis (karena hanya didata berdasarkan peminjam buku saja dan data hilang di komputer yang terkena virus). y Kartu anggota perpustakaan belum tersedia sehingga sulit mendeteksi pengembalian buku. Koleksi Perpustakaan y Buku pelajaran terbitan diknas (sudah tidak sesuai kurikulum terbaru) memenuhi rak buku. Buku-buku tersebut tidak pernah digunakan kembali tetapi tidak dapat diletakkan di gudang/ disumbangkan karena perlu pemutihan. y Tidak ada koleksi majalah/ tabloid khusus remaja (majalah remaja yang ada dapat membuat siswa tertarik berkunjung ke perpustakaan) y Kurangnya koleksi majalah terbitan berkala untuk guru (Ada majalah wanita terbitan berkala, namun bukan terbitan baru). y Kurangnya koleksi koran (hanya Kompas saja) dan Koran Kompas yang terbit hari Sabtu dan Minggu tidak pernah sampai ke perpustakaan.

Pendataan dan Administrasi y Perlu pendataan ulang/ stock of name buku sesuai buku induk dan penempatan buku kembali di rak sesuai klasifikasi, serta pendataan ulang katalog buku (perlu waktu kurang lebih satu bulan tanpa peminjaman, pelayanan perpustakaan sementara hanya baca di tempat) y Perlu buku/daftar pengunjung perpustakaan yang akan didata sebulan sekali. y Perlu pembuatan kartu anggota perpustakaan.

Koleksi Perpustakaan y Buku pelajaran terbitan diknas yang sudah tidak digunakan perlu dicarikan solusinya (apakah sebagian akan diletakkan di gudang atau disumbangkan, atau lainnya). y Perlu ada koleksi majalah remaja agar siswa berminat datang ke perpustakaan. y Perlu penambahan koleksi majalah terbitan berkala (khusus terbitan baru) untuk guru agar menambah informasi/wawasan guru. y Perlu penambahan koleksi koran (minimal satu buah) sebagai koran pembanding bila akan membuat kliping artikel koran. y Perlu penambahan koleksi digital/audio visual baik berupa kaset, CD, maupun film pengetahuan.

Lain-Lain y y y y Perlu pembelian buku yang bukan hanya di toko buku Gramedia. y Tidak ada printer dan scanner sebagai sarana penunjang administrasi perpustakaan.3. Kurangnya koleksi digital/audio visual (koleksi yang ada hanya CD pembelajaran dari diknas. Akan tetapi. y Lemari katalog dalam kondisi perlu perbaikan. y Perlu papan informasi khusus perpustakaan sebagai media promosi perpustakaan/ informasi kegiatan perpustakaan. penerbit. y Dari dua komputer untuk pengguna perpustakaan hanya satu yang berfungsi dengan baik dan tidak terkoneksi dengan internet. y Kurang tersedia ATK khusus perpustakaan. bila ada penambahan rak buku. Lain-Lain . y Beberapa rak buku (kurang lebih 2 buah) dalam kondisi perlu perbaikan (Hal ini mengurangi jumlah rak buku yang bisa digunakan). atau toko buku lain untuk menambah ragam koleksi perpustakaan. ruangan yang ada kurang mencukupi. seperti pada pameran buku. Sarana dan Prasarana y Rak buku yang tersedia sebenarnya cukup (bila rak yang berisi buku pelajaran terbitan diknas yang sudah tidak terpakai dapat digunakan). Tidak ada koleksi kliping artikel koran. y Perlu ATK khusus perpustakaan untuk mempermudah administrasi perpustakaan. Sarana dan Prasarana y Perlu perbaikan rak katalog dan beberapa rak buku buku agar dapat digunakan lagi sebagaimana fungsinya. y Perlu printer dan scanner untuk penunjang administrasi perpustakaan dan persiapan e-library. y Pembelian buku tidak terjadwal (Tergantung informasi dari Leader Sapras). Namun. bila buku-buku tersebut masih memenuhi rak buku maka perlu penambahan rak buku. y Tidak ada papan informasi khusus perpustakaan sebagai media promosi perpustakaan/ informasi kegiatan perpustakaan. kaset-kaset listening koleksi lama). Perlu jadwal pasti pembelian buku baru agar jelas kapan waktu penambahan koleksi buku sehingga sebelumnya dapat didata kebutuhan koleksi buku siswa dan guru. 4. y Buku-buku koleksi perpustakaan hanya dapat dibeli di toko buku Gramedia (karena yayasan telah bekerja sama dengan toko buku Gramedia) padahal banyak juga koleksi yang tidak terdapat di toko buku tersebut. y Perlu penambahan beberapa komputer yang dapat berfungsi dengan baik dan terkoneksi dengan internet.

Perencanaan 1. Perlu koordinasi dengan komite bila ingin menggunakan perpustakaan sebagai tempat rapat. Jangka Panjang y Pembuatan OPAC (Online Public Access Catalogue) y Pembuatan e-library .y y y Penggunaan ruang perpustakaan untuk rapat komite pada jam y pembelajaran hingga waktu istirahat membuat siswa sungkan masuk ke perpustakaan. Rapat diharapkan tidak pada jam istirahat siswa. y Kurangnya minat siswa datang ke perpustakaan. Jangka Pendek y Pendataan ulang koleksi buku sesuai buku induk y Pembuatan daftar pengunjung perpustakaan y Pendataan pengunjung perpustakaan per bulan y Pembuatan kartu anggota perpustakaan y Penambahan koleksi majalah dan koran y Penambahan koleksi digital/audio visual y Pembuatan kliping artikel surat kabar y Perbaikan rak katalog dan rak buku yang rusak y Penambahan komputer yang terkoneksi dengan internet y Pembelian ATK khusus perpustakaan y Tersedia papan informasi perpustakaan y Terbentuk OSIS Perpustakaan sebagai penggiat kegiatan perpustakaan 2. Kurangnya kegiatan perpustakaan yang melibatkan siswa. Perlu siswa OSIS sebagai penggiat kegiatan perpustakaan agar siswa berminat mengunjungi perpustakaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful