Oleh

: :
: : :

Ardian wardana Ali kamrin Abdul aziz Ikhsan Arif munandar

. puji dan syukur kita panjatkan kehadirat terhadap Tuhan yang maha kuasa atas karena berkat rahmatnyalah kami dapat menyelesaikan Tugas/makalh yang telah bapak/ibu guru berikan kepada kami. Penulis .DESEMBER 11 2011.bahwa dalam penyusunan makalah ini tidak luput dari segalah kekurangan dan kesalahan.AAMMIINN BOMBANA.KATA PENGANTAR Alhamdullilah. Kami menyadari sepenuhnya sebagai manusia biasa.semoga makalah yang kami kerjakan ini bermanfaat bagi kita semua khususnya penulis««. Atas pembuatan dan penyusunan makalah ini . Sumbangan saran dan kritik sangat kami harapkan demi kesempurnaan tugas yang bapak/ibu guru berikan terhadap kami.

TUJUAN BAB II  PEMBAHASAN A.DAFTAR ISI  KATA PENGANTAR  DAFTAR ISI BAB I  PENDAHULUAN A.LATAR BELAKANG B.RUMUSAN MASLAH C.MENGELOLAH SUMBER DAYA MANUSIA(SDM) BAB III  PENUTUP KESIMPULAN DAFTAR PUSTAKA .MENGELOLAH FASILITAS DAN BAHAN B.

B.bagaimana cara mengelolah SDM dalam menjalankan usaha? C.penulis ingin mengetahui bagaimana mengelolah fasilitas dan bahan dengan baik? 2.BAB 1 PENDAHULUAN A.penulis ingin megetahui bagaimana cara mengelolah SDM dengan baik? .maka jalannya roda perusahaan pun akan lancar. Potensi-potensi tersebut meliputih fasilitas usaha.pokok bahasan ini akan menguraikan bagaimana mengelolah semua potensi perusahaan tersebut secara efektif dan efisien.bagaimana cara mengelolah fasilitas dan bahan dalam menjalankan usaha ? 2. Apa bila setiap potensi ekonomi itu dapat di kelolah dengan efektif.bahan baku.LATAR BELAKANG Segalah potensi yang ada dalam perusahaan perlu untuk di kelolah secara baik agar kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan lancer dan baik.sumber daya manusia dan potensi ekoni yang lain.TUJUAN Dalam penyusunan makalah ini ada beberapa tujuan yang di paparkan oleh penulis diantaranya: 1.RUMUSAN MASALAH untuk menghindari kesimpang siuran dalam penyusunan makalah ini maka penulis membatasi masalah-masalah yang akan di bahas AL: 1.

proses dapat berjalan lancar karna jarang terjadi kemacetan mesin.untuk menjaga kelancaran kegiatan produksi jangan sampai terjadi keterlambatan bahan baku. 2.BAB II PEMBAHASAN A.dapat menekan biaya pemeliharan fasilitas.perusahaan tidak mungkin membeli satu persatu bahan baku setiap akan melakukan proses produksi.menghindarkan kemungkinan terjadinya kerusakan berat dari fasilitas produksinya.Mengelolah Fasilitas Untuk semua perusahaanu akan banyak keuntungan jika memeliharah fasilitas produksinya dengan baik AL seperti: a.akan memperpanjang umur ekonomis fasilitas tersebut. c. 2. d.kwalitas produk dapat di pertahankan karna proses produksi selalu terkendali. e.aliran bahan baku dapat berjalan normal maka biaya pernyimpanan dapat di tekan. f. b.Mengelolah Fasilitas dan Bahan 1. . Alasan permasalahan mengadakan persediaan bahan baku.AL: 1.Mengelolah Bahan Semua perusahaan pasti membutuhkan bahan baku serta selalu memenuhi persediaan bahan baku untuk proses produksinya.

resiko kerusakan lebih tinggi dapat merugikan perusahaan yang bersangkutan dengan bahan baku 4.metode fifo yaitu metode yang sering disebut MPKP (masuk pertama keluar pertama).menghambat kelancaran proses produksi yang mengakibatkan ketidak stabilan kwalitas dan produk 3.menimbun bahan baku terlalu besar juga berisiko bila terjadi penurunan harga bahan baku di pasaran Kelemahan dari persediaan bahan baku yang terlalu sedikit adalah 1.Dimana bahan baku yang lebih dulu ada dalam persedian akan lebih dahulu di gunakan dalam proses produksi secara urut b.jarang mendapatkan diskon pembelian karena jumlah pembelian selalu kecil Untuk pengendalian bahan baku pada perusahaan memilikih dua bahan persedian yaitu: a.frekuensi pembelihan bahan baku yang sangat tinggi justru memboroskan dana pengadaan.besarnya dana infestasi yang terserap pada persediaan bahan baku dapat mengahambat alokasi dana infestasi di bidang lain 3.hal yang terbaik dalam penyediaan bahan baku adalah tidak boleh terlalu berlebihan dan tidak boleh terlalu kecil. adapun persediaan bahan baku yang terlalu besar akan merugikan perusahaan ialah: 1. dimana bahan baku yang terakhir dalam persedian justru akan lebih dahulu di gunakan dalam proses produksinya .kebutuhan proses produksi sering kurang 2. 4.besarnya biaya penyimpanan di tanggung perusahaan 2.metode lifo yaitu metode yang sering di sebut MTKP (masuk terakhir keluar pertama).

. 2. 3.fasilitas tempat makan b.bagian penerimaan pegawai bertugas mencari tenaga kerja yang sesuai persyahratan terlatih.ruang istrahat c.sarana rekreasi d.olah raga 3. perusahaan harus mempersiapkan sarana untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja terutama pada jenis pekerjaan dan tempat yang berisiko. 2.hiburan e.keamanan dan kesehatan.harus melatih SDM yang pengalaman dan keterampilan kurang memadai.Mengelolah SDM Perusahaan-perusahaan dengan tenaga kerja banyak sering berhadapan dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan SDM AL: 1.harus di dapat orang yang tepat dan mengadakan sileksi yang tepat di antara orang-orang yang tersedia.penerimaan pegawai.B.layanan pegawai.harus mengatur kondisi SDM dalam tugasnya agar tercapai kerja sama dan persatuan di antara mereka sehingga menguntungkan perusahaan Dalam satu perusahaan besar harus memiliki bagian kepegawaian atau personalia dan memiliki tugas bagian kepegawaian adalah: 1. dan etos kerja tinggi untuk mengisi berbagai lowongan yang ada pada perusahaan. bagian pelayan pegawai bertugas memberi pelayanan kepada pegawai meliputi: a.

perusahaan harus mengadakan pengadaan dana yang cukup besar dan perusahaan harus mengadakan bahan baku yang sesuai dengan bahan produksinya serta perusahaan-perusahaan harus memulikih etos kerja yang lebih efektif dalam mengembangakan suatu perusahaan .KESIMPULAN Jadi mengolah fasilitas dan bahan serta SDM.