P. 1
GELOMBANG LAUT

GELOMBANG LAUT

|Views: 193|Likes:
Published by Ismail INstyd

More info:

Published by: Ismail INstyd on Feb 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2015

pdf

text

original

GELOMBANG LAUT (OCEAN WAVES) April 13th, 2008 · 35 Comments · Gelombang, Oseanografi, Teknik Pantai, Teknik Sipil Gelombang

/ombak yang terjadi di lautan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam tergantung kepada gaya pembangkitnya. Pembangkit gelombang laut dapat disebabkan oleh: angin (gelombang angin), gaya tarik menarik bumi-bulan-matahari (gelombang pasang-surut), gempa (vulkanik atau tektonik) di dasar laut (gelombang tsunami), ataupun gelombang yang disebabkan oleh gerakan kapal. Gelombang yang sehari-hari terjadi dan diperhitungkan dalam bidang teknik pantai adalah gelombang angin dan pasang-surut (pasut). Gelombang dapat membentuk dan merusak pantai dan berpengaruh pada bangunan-bangunan pantai. Energi gelombang akan membangkitkan arus dan mempengaruhi pergerakan sedimen dalam arah tegak lurus pantai (cross-shore) dan sejajar pantai (longshore). Pada perencanaan teknis bidang teknik pantai, gelombang merupakan faktor utama yang diperhitungkan karena akan menyebabkan gaya-gaya yang bekerja pada bangunan pantai. DEFINISI GELOMBANG Apa yang dimaksud dengan gelombang? Gelombang adalah pergerakan naik dan turunnya air dengan arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk kurva/grafik sinusoidal. Gelombang laut disebabkan oleh angin. Angin di atas lautan mentransfer energinya ke perairan, menyebabkan riak-riak, alun/bukit, dan berubah menjadi apa yang kita sebut sebagai gelombang.

PENGARUH GELOMBANG Pada kondisi sesungguhnya di alam. pergerakan gelombang di bagian bawah yang berbatasan dengan dasar laut akan melambat. naik turun di suatu lingkaran yang lambat. puncak gelombang akan semakin tajam dan lembahnya akan semakin datar. Gerakan ini memberi gambaran suatu bentuk gelombang. ketinggian gelombangnya akan semakin besar. sehingga kemudian di dasar hanya akan meninggalkan suatu gerakan kecil mendatar dari sisi ke sisi yang disebut surge . Perhatikan bahwa sebenarnya pelampung bergerak dalam suatu lingkaran (orbital) ketika gelombang bergerak naik dan turun. Simulasi pergerakan partikel air saat penjalaran gelombang menuju pantai Ketinggian dan periode gelombang tergantung kepada panjang fetch pembangkitannya. Gelombang yang menjalar dari laut dalam (deep water) menuju ke pantai akan mengalami perubahan bentuk karena adanya perubahan kedalaman laut. naik dan turun dengan suatu gerakan kecil dari sisi satu kembali ke sisi semula. pergerakan orbital di perairan dangkal (shallow water) dekat dengan kawasan pantai dapat dilihat pada gambar animasi dibawah ini. Fetch adalah jarak perjalanan tempuh gelombang dari awal pembangkitannya. yang dibawa oleh pergerakan air. Pada gambar animasi ini. gerakan berputar gelombang itu semakin mengecil. Semakin panjang jarak fetchnya. dapatlah kita bayangkan bagaimana energi gelombang mampu mempengaruhi kondisi pantai. Ada gerak orbital yang mengecil seiring dengan kedalaman air. Partikel air berada dalam satu tempat. bagian atas gelombang di permukaan air akan terus melaju. Di bawah permukaan. Semakin menuju ke pantai. Apabila gelombang bergerak mendekati pantai. Angin juga mempunyai pengaruh yang penting pada ketinggian gelombang. bergerak di suatu lingkaran. Fetch ini dibatasi oleh bentuk daratan yang mengelilingi laut. Sementara itu. Ini adalah akibat dari friksi/gesekan antara air dan dasar pantai. Angin yang lebih kuat akan menghasilkan gelombang yang lebih besar. Pelampung yang mengapung di air pindah ke pola yang sama. . Fenomena ini yang menyebabkan gelombang tersebut kemudian pecah.Animasi pergerakan partikel zat cair pada gelombang Amati gerak pelampung di dalam gambar animasi gelombang di atas.

Ketika gelombang datang kembali menghantam pantai akan ada . Air yang kembali berputar mempunyai lebih sedikit waktu untuk meresap ke dalam pasir. Gelombang pembentuk pantai Sedangkan gelombang perusak pantai biasanya mempunyai ketinggian dan kecepatan rambat yang besar (sangat tinggi).Perubahan bentuk gelombang yang menjalar mendekati pantai Ada dua tipe gelombang. Gelombang perusak pantai (Destructive wave). Yaitu: y y Gelombang pembangun/pembentuk pantai (Constructive wave). Yang termasuk gelombang pembentuk pantai. Material pantai akan tertinggal di pantai (deposit) ketika aliran balik dari gelombang pecah meresap ke dalam pasir atau pelan-pelan mengalir kembali ke laut. Sehingga saat gelombang tersebut pecah di pantai akan mengangkut sedimen (material pantai). bila dipandang dari sisi sifat-sifatnya. bercirikan mempunyai ketinggian kecil dan kecepatan rambatnya rendah.

periode gelombang. Gelombang dipengaruhi oleh kecepatan angin.5 meter (Nurjaya. Sedangkan pada bulan lainnya tinggi gelombang yang tercatat kurang dari 1.5 m 2 m. Hasil pengamatan memperlihatkan bahwa keadaan gelombang tertinggi terjadi pada periode bulan desember sampai februari (musim barat). kemiringan gelombang . Penyebab utama terjadinya gelombang adalah angin. Gelombang ini dipengaruhi oleh kondisi topografi dasar laut dan keadaan angin.1993). Gelombang terdiri dari panjang gelombang. Gelombang perusak pantai Gelombang adalah peristiwa naik turunnya permukan air laut dari ukuran kecil (riak) sampai yang paling panjang (pasang surut). Gelombang yang terjadi di perairan Teluk Pelabuhan Ratu merupakan gelombang hasil rambatan yang terjadi di samudera Indonesia. ketinggian gelombang mencapai 1. dan jarak tanpa rintangan saat angin bertiup (fetch).banyak volume air yang terkumpul dan mengangkut material pantai menuju ke tengah laut atau ke tempat lain. lamanya angin bertiup. tinggi gelombang.

Gelombang transversal Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah rambatannya.blogspot. Contoh gelombang longitudinal seperti slingki / pegas yang ditarik ke samping lalu dilepas. Tinggi gelombang adalah jarak vertikal antara puncak dan lembah gelombang. Kemiringan gelombang adalah perbandingan antra tinggi dan panjang gelombang. Gelombang besar yang datang itu bisa merupakan gelombang kiriman yang berasal dari badai yang terjadi jauh dibagian selatan Samudera Hindia. bukan zat medium perantaranya. Gelombang yang terjadi berupa rapatan dan renggangan. Istilah Dalam Gelombang Laut . Jenis-Jenis Gelombang 1. dsb. http://jlcome. benang yang digetarkan. Panjang gelombang adalah jarak berturut-turut antara dua puncak atau dua buah lembah. Pada gelombang yang merambat adalah gelombangnya. misalnya seperti riak gelombang air. Hal ini yang menyebabkan daerah di pantai selatan Pulau Jawa memiliki gelombang yang besar meskipun angin setempat tidak begitu besar. Frekuensi gelombang adalah jumlah gelombang yang terjadi dalam satu satuan waktu. Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam waktu satu detik. Gelombang longitudinal Gelombang longitudinal adalah gelombang yang merambat dalam arah yang berimpitan dengan arah getaran pada tiap bagian yang ada.com/2007/12/gelombang-air-laut. Satu gelombang dapat dilihat panjangnya dengan menghitung jarak antara lembah dan bukit (gelombang tranversal) atau menhitung jarak antara satu rapatan dengan satu renggangan (gelombang longitudinal).dan frekuensi gelombang. Pada hakikatnya. gelombang yang terbentuk oleh hembusan angin akan merambat lebih jauh dari daerah yang menimbulkan angin tersebut. Periode gelombang adalah waktu yang dibutuhkan gelombang untuk kembali pada titik semula.html Gelombang Pengertian Gelombang Gelombang adalah bentuk dari getaran yang merambat pada suatu medium. 2. Satu gelombang terdiri atas satu lembah dan satu bukit.

kecepatan. sinar X. infra merah. gelombang radar. Gelombang Stasioner (diam) Gelombang stasioner ini dapat terjadi oleh karena interferensi (penggabungan dua gelombang yaitu gelombang datang dan pantul). Contoh: gelombang pada tali . Kedalaman air laut 4. Contoh: gelombang bunyi dan gelombang pada pegas. periode.Gelombang adalah getaran yang merambat. Pada hakekatnya gelombang merupakan rambatan energi (energi getaran). Ada satu besaran yang dimiliki oleh gelombang tetapi tidak dimiliki oleh getaran. gelombang TV. Kecepatan angin 2. Pantulan gelombang yang terjadi dapat berupa pantulan dengan ujung tetap dan dapat juga pantul pantul merupakan kelanjutan dari gelombang datang (fasenya tetap). · Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarnya sejajar atau berimpit dengan arah rambatannya. Menurut amplitudo dan fasenya : · Gelombang berjalan adalah gelombang yang amplitudo dan fasenya sama di setiap titik yang dilalui gelombng. antara lain. · Gelombng diam (stasioner) adalah gelombang yang amplitudo dan fasenya berubah (tidak sama) di setiap titik yang dilalui gelombang. Penyebab terjadi gelombang laut dipengaruhi beberapa factor berikut: 1. tetapi jika pantulan itu terjadi pada ujung tetap. Contoh : sinar gamma ( ). amplitudo. Adanya getaran kulit bumi di dasar laut . yaitu panjang gelombang. Lama angina bertiup dan luas daerah yang terkena pengaruh 3. Hampir semua gelombang merupakan gelombang mekanik. cahaya tampak. Macam-macam gelombang Menurut arah getarnya: · Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus terhadap arah rambatannya. gelobang cahaya. gelombang permukaan air. fase. Menurut medium perantaranya: · Gelombang mekanik adalah gelombang yang didalam perambatannya memerlukan medium perantara. gelombang radio. frekuensi. Di dalam perambatannya tidak diikuti oleh berpindahnya partikel-partikel perantaranya. · Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang didalam perambatannya tidak memerlukan medium perantara. Persamaan umum gelombang Besaran-besaran dalam gelombang hampir sama dengan besaran-besaran yang dimiliki oleh getaran. dll. maka gelombang pantul mengalami pembalikan fase (berbeda fase 1800) terhadap gelombang dating. sinar ultra violet.

Kepulauan Banda dan Kepulauan Kai.multiply.com/journal/item/47?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem Erosi oleh Air Jika tingkat curah hujan berlebihan sedemikian rupa sehingga tanah tidak dapat menyerap air hujan maka terjadilah genangan air yang mengalir kencang. yakni 1 kali akibat longsoran (landslide). yang terbanyak adalah tipe thrust (Flores 1992) dan sebagian kecil tipe normal (Sumba 1977).5 skala Imamura. magnitudo gempa lebih besar dari 6. Aliran air ini sering menyebabkan terjadinya erosi yang parah karena dapat mengikis . Tetapi factor utamanya karena angin dan gempa Ombak karena angina = biasanya ombak terjadi karena geseran angina dipermukaan air.5-4. serta jenis pensesaran gempa tergolong besar naik atau sesar turun.24 meter dan jangkauan gelombang ke daratan berkisar antara 50 sampai 200 meter dari garis pantai. Tinggi dan besarnya ombak tergantung kekuatan angiin. 9 kali akibat gunung berapi dan 98 kali akibat gempabumi tektonik. Ombak Karena Gempa Laut Sejarah Tsunami di Indonesia Tsunami adalah istilah dalam bahasa Jepang yang pada dasarnya menyatakan suatu gelombang laut yang terjadi akibat gempa bumi tektonik di dasar laut. Ambon. kedalaman pusat gempa kurang dari 60 km. Magnitudo Tsunami yang terjadi di Indonesia berkisar antara 1.2002) di Indonesia pernah terjadi Tsunami sebanyak 109 kali . Gempa dengan mekanisme fokus strike slip kecil sekali kemungkinan untuk menimbulkan tsunami. dengan tinggi gelombang Tsunami maksimum yang mencapai pantai berkisar antara 4 .5. semakin kencang anginnya semakin tinngi ombaknya.0 skala Richter. Gempa yang menimbulkan tsunami sebagian besar berupa gempa yang mempunyai mekanisme fokus dengan komponen dip-slip. Hal diatas yang memicu terjadinya tsunami di daerah Kepulauan Seram. Yang paling mungkin dapat menimbulkan tsunami adalah : gempa yang terjadi di dasarkan laut. sebab itu arah gelombang searah dengan arah angina yang menimbulkannya. http://riyn. Berdasarkan Katalog gempa (1629 .

Makin cepat air yang mengalir makin cepat benda yang dapat terkikis.KU/edukasi.5 km perjam yang merupakan kecepatan erosi yang kritis.bogor. kedua air dapat mengikis sedimen dengan menghilangkan dan melarutkan ion dan yang ketiga pertikel dalam air membentur batuan dasar dan mengikisnya. Arus dan gelombang laut termasuk pasang surut laut merupakan faktor penyebab terjadinya erosi di pinggiran laut atau pantai.net/Fenomena. Karena tenaga arus dan gelombang merupakan kekuatan yang dapat memindahkan batuan atau sedimen pantai. Air sungai dapat mengikis tepi sungai dengan tiga cara: pertama gaya hidrolik yang dapat memindahkan lapisan sedimen. Pada dasarnya air merupakan faktor utama penyebab erosi seperti aliran sungai yang deras.lapisan permukaan tanah yang dilewatinya. Pada gambar 8 dapat dilihat bahwa akibat erosi air yang terjadi di El Paso County. Erosi juga dapat terjadi akibat air laut. http://idkf.Alam/Erosi/materi_3. Colorado. Amerika Serikat. dasar sungai dan lereng atas sungai. terutama pada tanah yang gundul.net/yuesbi/e-DU. Pasir halus dapat bergerak dengan kecepatan 13. Air juga dapat mengikis pada tiga tempat yaitu sisi sungai.html .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->