P. 1
Ringkasan Materi ORDE BARU

Ringkasan Materi ORDE BARU

|Views: 8,173|Likes:

More info:

Published by: yufi mahendra wardana on Feb 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2015

pdf

text

original

XII IB 2 (SEMESTER 2

)

STANDAR KOMPETENSI . Merekonstruksi perjuangan bangsa sejak Orde Baru sampai dengan masa Reformasi

Kompetensi Dasar 2.1 Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak pemerintahan Orde Baru sampai dengan masa Reformasi 2.2 Menganalisis perkem-bangan kebudayaan masyarakat Indonesia sejak Orde Baru sampai dengan masa Reformasi terutama dalam bidang bahasa dan karya sastra

INDONESIA PADA MASA ORDE BARU
XII ia

APA YANG DAPAT KITA KETAHUI DARI ORDE BARU DI INDONESIA?????

Mengapa Orde Baru sering disebut sebagai Orde Pembangunan??

DEVELOPMENT THEORIES

1950 dunia digemprkan dengan pemikiran orng Barat ´Development Theoriesµ Development Theories???

Theories adalah perkembangan ke arah yang sama menuju negara Industri seperti yang dijalani negara-negara Eropa. Proses perencanaan dan pelaksanaan untuk menuju masyarakat industri kemudian di Indonesia dikenal dengan ´Pembangunanµ Orde Baru melaksanakan trilogi pembangunan a. Stabilitas keamanan (stabilitas nasional yang sehat dan dinamis) b. Pertumbuhan Ekonomi c. Pemerataan pembangunan
Development

Langkah Langkah Menciptakan Stabilitas keamanan Orde Baru

1. PENYEDERHANAAN SISTEM
KEPARTAIAN

PESERTA PEMILU 1971

PENYERDERHANAAN PARTAI MASA ORBA

PEROLEHAN SUARA PADA PEMILU 1971

PENYEDERHANAAN PARTAI POLITIK
Tujuan penyerderhanaan Partai adalah menghindari dominasi untuk kepentngan Partai politik. 5-10 Januari 1973 diadakan penyerderhanaan Partai Politik dengan mengabungkan partaipartai politik menjadi dua partai. Partai berbasis agama disatukan menjadi Partai Persatuan Pembangunan Partai Non Agama disatukan menjadi partai Demokrasi Indonesia (PDI) Diluar kedua partai, pemerintah membentuk partai kelompok yang disebut dengan Golongan Karya.

PPP DAN PDI

Persatuan Pembangunan (terdiri atas partai-partai berasaskan Islam seperti NU, Parmusi, PSII, dan Perti) Partai Demokrasi Indonesia (terdiri atas partai-partai berasaskan nasionalisme dan agama non Islam seperti PNI, Parkindo, Partai Katolik, IPKI, dan Murba
Partai

APAKAH ILUSTRASI DIBAWAH INI TERJADI PADA MASA ORBA ?????

Undang-Undang

yang mengatur Penyederhanaan Partai Politik adalah UU No 3 Tahun 1975

2. PEMBUBARAN PKI DAN ORMASORMASNYA
Pembubaran PKI pada tanggal 12 Maret 1966 . Dikukuhkan Ketetapan MPRS No. IX Tahun 1966. Pada tanggal 8 Maret 1966 dilakukan pengamanan 15 orang menteri yang dianggap terlibat Gerakan 30 September 1965.

KAP GESTAPU

KAP GESTAPU

PEMBENTUKAN KABINET PEMBANGUNAN

1.

2.

3.

4.

Kabinet awal pada masa peralihan kekuasaan adalah Kabinet AMPERA. Tugas yang dikenal dengan nama Dwi Darma Kabinet Ampera yaitu untuk menciptakan stabilitas politik dan ekonomi sebagai persyaratan untuk melaksanakan pembangunan nasional. Program Kabinet AMPERA yang disebut Catur Karya Kabinet AMPERA Memperbaiki kehidupan rakyat terutama di bidang sandang dan pangan. Melaksanakan pemilihan Umum dalam batas waktu yakni 5 Juli 1968. Melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif untuk kepentingan nasional. Melanjutkan perjuangan anti imperialisme dan kolonialisme dalam segala bentuk dan manifestasinya.

DWI FUNGSI ABRI
Latar

belakang munculnya Dwi Fungsi ABRI karena Diperlukan pemimpin yang selalu siap dan kuat menerima perintah agar tercipta stabilitas keamanan sehingga tercipta pembangunan nasional. Dwifungsi : ABRI diposisikan sebagai penjaga keamanan dan menjadi pemimpin pemerintahan. Anggota ABRI ditempatkan pada posisi-posisi penting dalam pemerintahan. Demokrasi tidak berkembang karena sistem komando. Kedaulatan tidak ada di tangan rakyat, tetapi berada di tangan pemimpin

A.H NASUTION (PENGGAGAS DWIFUNGSI ABRI)

BAGAIMANA KEDUDUKAN PNS DALAM POLITIK ORBA??

DEPOLITISASI PEGAWAI NEGERI 

Latar Belakang Pegawai negeri memegang peranan yang sangat penting karena kedudukannya sebagai pengerak roda pemerintahan sekaligus sebagai pemimpin-pemimpin sosial di tempat tinggalnya.

Langkah pemerintah ORBA Langkah tersebut dilakukan dengan melarang pegawai negeri ikut dalam kegiatan politik dan mempunyai kesetiaan tunggal yaitu kepada negara ´abdi negaraµ. Direalisasikan dengan dibentuk KORPRI dan Dharma Wanita 

KORPRI DAN DHARMA WANITA

DEPOLITISASI MAHASISWA
Hubungan mahasiswa dengan pemerintahan semakin memburuk dengan adanya peristwa MALARI (peristiwa 15 Januari 1974). Mahasiswa yang dianggap bertanggung jawab: Hariman Siregar, Sjahrir, dan Muhamad Aini Chalid. Demonstrasi mahasiswa ditindak oleh pemerintah dengan mengeluarkan NKK (Normalisasi Kehidupan Kampus)  DAMPAK PERISTIWA MALARI Kehidupan mahasiswa dibatasi hanya hal-hal akademik saja. Pendidikan di Indonesia hanya terjebak pada penyediaan tenaga kerja untuk industri

AKSI PADA PERISTIWA MALARI

PROGRAM P4

P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila)/gagasan Ekaprasetia Pancakarsa Tujuan dari penataran P4 adalah membentuk pemahaman yang sama mengenai demokrasi Pancasila sehingga persatuan dan kesatuan nasional akan terbentuk dan terpelihara.

ADA APA DENGAN DEMOKRASI DI INDONESIA??

KEBIJAKAN POLITIK LUAR NEGERI YANG DILAKUKAN ORBA

Pengakuan Hubungan Diplomatik dengan Mengakui Republik Singapura pada 2 Juni 1966. ditandai dengan persetujuan Lee Kuan Yew penempatan duta besar dimasing-masing negara.

Mengakhiri Konfrontasi dengan Malaysia (Jakarta Accord 11 Agustus 1966). Normalisasi hubungan Indonesia dan Malaysia dimulai dengan diadakan perundingan di Bangkok pada 29 Mei-1 Juni 1966 yang menghasilkan perjanjian Bangkok, yang berisi: #Rakyat Sabah diberi kesempatan menegaskan kembali keputusan yang telah mereka ambil mengenai kedudukan mereka dalam Federasi Malaysia. #Pemerintah kedua belah pihak menyetujui pemulihan hubungan diplomatik. Tindakan permusuhan antara kedua belah pihak akan dihentikan.

Indonesia

menjadi anggota PBB pada tanggal 28 September 1966. pada masa sidang tahun 1974 Adam Malik diangkat sebagai ketua Majelis Umum PBB Menandatangani Deklarasi Bangkok 8 Agustus 1967. Bersama-sama negara Asia Tenggara melahirkan ASEAN (Assosiation of South East Asian Nation). Latar belakang: membendung arus komunisme karenaVietnam menyerang Kamboja Integrasi Timor Timur ke dalam wilayah Republik Indonesia pada tahun 1975.

ASEAN

TUGAS
Buatlah

Power Point atau Flash tentang kebijakan pemerintah Orde Baru dalam bidang Ekonomi dan Perkembangan Teknologi masa Orde Baru...

PERTUMBUHAN EKONOMI MASA ORBA

MODAL PEMBANGUNAN
Masa orba pertumbuhan ekonomi merupakan prioritas utama dalam program pemerintahan.  Pembngunan ekonomi masa ORBA menggunakan teori Trickle Down Effect (teori Tempayan)  Untuk mengatasi permasalahan ekonomi (Modal Usaha) maka sejak Era Soeharto, pemerintah mengadakan pertemuan dan kerjasama ekonomi dengan negara-negara Industri.  Pemerintah mendapatkan modal usaha melalui pinjaman yang dikoordinasi oleh CGI dan IGGI (Inter Govermental group for Indonesia 

PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN MASA ORBA

KONDISI EKONOMI AWAL PEMERINTAHAN SOEHARTO
Kondisi

ekonomi Indonesia ketika AWAL ORBA mengalami inflasi sangat tinggi, 600%-650% setahun. Hanya dalam waktu 2 tahun pemerintahan ORBA telah berhasil menekan inflasi dari 650% menjadi 15 %. Untuk menekan inflasi yang begitu tinggi, Suharto membuat kebijakan yang berbeda jauh dengan kebijakan Sukarno: Langkah yang dilakukan: menertibkan anggaran, menertibkan sektor perbankan, mengembalikan ekonomi pasar, memperhatikan sektor ekonomi, dan merangkul negara-negara barat untuk menarik modal.

INILAH TUJUAN REVOLUSI HIJAU

Tujuan

Rev Hijau: Mengubah Petani gaya lama (peasant) menjadi petani Gaya Baru (Farmus) Rev Hijau muncul pasca PD I karena sulitnya mendapatkan bahan pangan. Pihak yang berusaha mengembangkan pertanian adalah para penggusaha AS yg tergabung dalam Ford and Rockefeller Foundation. Salah satu hasil adalah ditemukannnya IR-8 (bibit unggul padi) oleh Lembaga Penelitian Filipina/IRRI yang bertempat di Los Banos Filipina. Dibentuk Concultative Group For International agriculture Reseach (CGIAR) untuk meningkatkan produksi pertanian dunia.

IR 8 (PADI AJAIB)

REVOLUSI HIJAU
mengembangkan intensifikasi Pertanian melalui Panca Usaha Tani a. Pemilihan bibit Unggul b. Pengolahan tanah c. Pemupukan d. Pengairan e. Penanganan Hama Ektensifikasi Pertanian dengan memperluas lahan.
Pemerintah

PENYULUHAN PERTANIAN

OBAT HAMA MULAI DIKEMBANGKAN MASA REV HIJAU

DAMPAK INDUSTRI PERTANIAN
1. 2. 3. 4. 5.

Muncul bentuk-bentuk industri pertanian: Industri tanaman pangan dan holtikultura Industri hasil perkebunan Industri hasil perikanan Industri hasil hutan Industri mesin dan peralatan pertanian..

TANAMAN HOLTIKULTURA

DIKEMBANGKANNYA INDUSTRI PERKEBUNAN

MUNCULNYA INDUSTRI PERIKANAN

INDUSTRI HASIL HUTAN

AMATILAH GAMBAR DIBAWAH INI...

MUNCULNYA INDUSTRI ALAT-ALAT PERTANIAN

INDUSTRI NON PERTANIAN
Mulai

28 april 1976 didirikan PT IPTN (Industri Pesawat Terbang Nurtanio) dengan B.J Habibie sebagai Direktur Utama. 11 Oktober 1985 diubah meenjadi IPTN (Industri Pesawat terbang Nusantara) Pada 24 Agustus 2000 diresmikan oleh Abdurahman Wahid diubah menjadi PT Dirgantara Indonesia/Indonesian Aerospace.

PRESTASI IPTN
Memproduksi

pesawat jenis C 212 Aviocar dan Helicopter BO 105. 1975: bersama CASA Spain memproduksi CN 235. Prototype dinamakan tetuko. Memproduksi komponen pesawat Boeing 737 dan F 16.

C-212 AVIOCAR

HELICOPTER BO-105

CN 235

PEMBANGUNAN PABRIK2 BESAR
meningkatkan produksi logam dibangun pabrik pengecoran dan peleburan logamdan biji baja di Jakarta dan Cilegon (Krakatau Steel). sejak 1985 dibangun Industri perkapalan dengan nama PT PAL Indonesia.
Upaya

KONDISI DI PABRIK PELEBURAN BESI KRAKATAU STEEL

PERKEMBANGAN SISTEM KOMUNIKASI

pembangunan sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) untuk keperluan komunikasi. Generasi pertama SKSD Palapa adalah Palapa A1 yang diluncurkan 8 Juli 1986. Jarak jangkauan Palapa C2 meliputi wilayah Iran sampai Vladiwostok (Rusia) dan dari Australia sampai Selandia Baru.
Dilakukan

SATELIT PALAPA C1 DILUNCURKAN

SATELIT PALAPA C2

PERKEMBANGAN TELEVISI
Bermula dari temuan Electrische teleskop dari Paul Gothlieb Nipkow (diakui sebagai bapak televisi) Televisis di Indonesia diperkenalkan pada tahun 1962 yang bertepatan dengan pelaksanaan olahraga Asia IV (Asian Games IV) di Jakarta TVRI diresmikan oleh Presiden Soekarno 24 Agustus 1962 Televisi swasta mulai 1989 mulai dari RCTI< SCTV, TPI, AN TV, Indosiar Mulai tahun 2001 yaitu metro TV, global, TV 7, Trans TV.

PERKEMBANGAN TELEVISI DI INDONESIA

TAHAP
PEMBANGUNAN PADA MASA ORDE BARU

PELITA I (1 APRIL 1969 ² 31 MARET 1974)

Sasaran yang hendak di capai pada masa ini adalah pangan, sandang, perbaikan prasarana, perumahan rakyat, perluasan lapangan kerja, dan kesejahteraan rohani. Pelita I lebih menitikberatkan pada sektor pertanian. Keberhasilan dalam Pelita I yaitu: a. Produksi beras mengalami kenaikan rata-rata 4% setahun. b. Banyak berdiri industri pupuk, semen, dan tekstil. c. Perbaikan jalan raya. d. Banyak dibangun pusat-pusat tenaga listrik. e. Semakin majunya sektor pendidikan.

PELITA II (1 APRIL 1974 ² 31 MARET 1979)
Sasaran yang hendak di capai pada masa ini adalah pangan, sandang, perumahan, sarana dan prasarana, mensejahterakan rakyat, dan memperluas lapangan kerja . Pelita II berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi rata-rata penduduk 7% setahun. Perbaikan dalam hal irigasi. Di bidang industri juga terjadi kenaikan produksi. Lalu banyak jalan dan jembatan yang direhabilitasi dan dibangun.

PELITA III(1 APRIL 1979 ² 31 MARET 1984)
Pelita

III lebih menekankan pada Trilogi Pembangunan. Asas-asas pemerataan di tuangkan dalam berbagai langkah kegiatan pemerataan, seperti pemerataan pembagian kerja, kesempatasn kerja, memperoleh keadilan, pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, dan perumahan,dll

PELITA IV(1 APRIL 1984 ² 31 MARET 1989)
Pada

Pelita IV lebih dititik beratkan pada sektor pertanian menuju swasembada pangan dan meningkatkan industri yang dapat menghasilkan mesin industri itu sendiri.

HASIL YANG DICAPAI
SwasembadaPangan.
Pada

tahun 1984 Indonesia berhasil memproduksi beras sebanyak 25,8 juta ton. Hasil-nya Indonesia berhasil swasembada beras.kesuksesan ini mendapatkan penghargaan dari FAO(Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia) pada tahun 1985. Pelita IV juga dilakukan Program KB dan Rumah untuk keluarga.

pada

SOEHARTO MENDAPATKAN PENGHARGAAN DARI FAO

PELITA V(1 APRIL 1989 ² 31 MARET 1994)
Pada

Pelita V ini, lebih menitik beratkan pada sektor pertanian dan industri untuk memantapakan swasembada pangan dan meningkatkan produksi pertanian lainnya serta menghasilkan barang ekspor. V adalah akhir dari pola pembangunan jangka panjang tahap pertama.

Pelita

PELITA VI (1 APRIL 1994 - 31 MARET 1999)
Pada masa ini pemerintah lebih menitikberatkan pada sektor bidang ekonomi. Pembangunan ekonomi ini berkaitan dengan industri dan pertanian serta pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pendukungnya. Pelita VI yang di harapkan akan mulai memasuki proses tinggal landas Indonesia untuk memacu pembangunan dengan kekuatan sendiri demi menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Krisis ekonomi 1997 membuat PELITA VI mengalami kegagalan.

DAMPAK MENGUATNYA PERAN NEGARA TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA ORDE BARU

DAMPAK REVOLUSI HIJAU
Revolusi Hijau : Modernisasi Pertanian Tujuan: Mengubah petani gaya lama (Peasant) menjadi petani gaya baru (Farmus) Latar Belakang: 1. Hancurnya kondisi perekonomian terutama lahan pertanian di Eropa akibat PD II 2. Kesulitan mendapatkan bahan pangan Pihak yang tergerak adalah para pengusaha Amerika Serikat lewat Ford and Lockefeller Foundation. Banyak membiayai tentang penelitian di banyak negara, misalnya Meksiko, India, Filipina dan Pakistan.

PENINGKATAN PROGRAM REVOLUSI HIJAU
Dibentuk lembaga Consultative Group for International Agriculture Reseach (CGIAR) Peningkatan hasil pertanian dilakukan dengan dua metode: 1. Intensifikasi: memaksimalkan area pertanian yang ada. a. Pemilihan bibit Unggul b. Pengolahan tanah c. Pemupukan d. Pengairan e. Penanganan Hama 2. Ekstensifikasi: dengan cara memperluas wilayah pertanian.

AKIBAT/DAMPAK PEMBANGUNAN ORBA
Kenaikan tingkat produksi pertanian dan Industri 1968 industri teekstil mencapai 130 juta m hanya selama 5 tahun berkembang menjadi 920 juta meter. Kenaikan produksi tekstil menjadikan harga sandang menjadi terjangkau.

DISKUSI
Menurut anda apakah pembangunan pada masa Orde Baru berjalan sukses?Disertai alasannya? Menurut anda sudah tepatkah bangsa Indonesia melakukan reformasi segala bidang dalam pemerintahan pada tahun 1998? Menurut anda bagaimana pelaksanaan reformasi di Indonesia yang sudah berjalan selama 12 tahun. Apakah sudah memenuhi tujuan sesuai agenda reformasi? Berikan saran agar pelaksanaan reformasi dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diagendakan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->