P. 1
Penawaran Rencana Kerjasama Mini Market

Penawaran Rencana Kerjasama Mini Market

|Views: 1,263|Likes:
Published by Bumd Dumai
Penawaran kerjasama Mini Market
Penawaran kerjasama Mini Market

More info:

Published by: Bumd Dumai on Feb 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/12/2013

pdf

text

original

BUMD PT.

PEMBANGUNAN
E-mail : bumddumai@gmail.com , Website : www.bumddumai.com

PENAWARAN PENAWARAN SISTEM KERJA SAMA MINI MARKET

Jl. Kapitan Pattimura No. 58 0765 - 33302 Dumai - Riau

BUMD
PT. PEMBANGUNAN DUMAI

BAB I PENDAHULUAN
A. EXECUTIVE SUMMARY PT. Pembangunan Dumai didirikan pada 10 Oktober 2002 oleh Pemerintah Kota Dumai, yang disahkan oleh notaris Fhifi Alfhian Ronie, SH dengan SK Departemen Kehakiman dan Hak Azazi Manusia Republik Indonesia dengan Nomor C21583HT.01.01. Tahun 2002. Tentang pengesahan akta pendirian perseroan terbatas, PT. Pembangunan Dumai yang ditanda tangani oleh Zulkarnain Yunus, SH.MH. Berdasarkan SK No. 312/pereko/2011 yang ditanda tangani oleh Bapak Walikota Dumai H. Khairul Anwar, SH memutuskan Zulfadli Karim, SE sebagai Direktur Utama dan Drs. Khairul, Ak. MM sebagai Direktur Operasional dan Keuangan pada tanggal 20 Desember 2011 yang disahkan oleh notaris Siswandi, SH dengan No. 89 tanggal 20 Desember 2011 untuk mengelola PT. Pembanguan Dumai. PT. Pembangunan Dumai merupakan perusahaan Dagang dan Jasa. Selama ini hanya fokus menjalankan jasa Impor. Untuk itu, Direktur yang berkewajiban mengelola BUMD PT. Pembangunan Dumai berkeinginan mengembangkan usaha demi mengembangkan perusahaan daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Dumai. Setiap rancangan yang dibuat untuk pengembangan PT. Pembangunan Dumai dimulai dari program jangka pendek (short term business plan) dalam hal ini bisnis yang ditawarkan dalah kerjasama bidang Mini Market

B. VISI & MISI BUMD - PT.PEMBANGUNAN DUMAI 1. VISI Mewujudkan Badan Usaha Milik Daerah yang SEHAT 2015 (Sejahtera, Harmonis, Aman dan Tertib) dan MANDIRI sejalan dengan visi Kota Dumai Sebagai Pusat Pelayanan “PENGANTIN” (Pelabuhan, Perdagangan, Tourism dan Industri) yang “BERSERI” (Bersih, Semarak, Rukun dan Indah) di Kawasan Pantai Timur Sumatera Sebagai Penggerak Kemajuan Ekonomi berbudaya Melayu yang Agamis menuju Dumai 2020. 2. MISI Menjadikan BUMD - PT. Pembangunan Dumai sebagai : Badan Usaha yang tangguh dengan pelayanan yang prima bagi kelangsungan Pertumbuhan Kota Dumai.
PENAWARAN RANCANA KERJA SAMA MINI MARKET

1

BUMD
PT. PEMBANGUNAN DUMAI Meningkatkan nilai investasi yang unggul dan aman bagi investor. Menciptakan kondisi terbaik sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi. Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan sosial. Menjadikan acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

C. PROFIL A. DATA PERUSAHAAN Nama Badan Usaha Bidang Usaha Alamat : Badan Usaha Milik Daerah PT.Pembangunan Dumai : Perdagangan Barang dan Jasa : Jl. Kapitan Pattimura No. 58 Kota Dumai – Riau Indonesia Telepon / Fax Email Website Bank Perusahaan Tahun Berdiri : (0765) 33302 / (0765) 33302 : bumddumai@gmail.com : www.bumddumai.com : Bank Riau Kepri : 2002

D. DASAR HUKUM DASAR HUKUM PENDIRIAN BUMD – PT. PEMBANGUNAN DUMAI UU N0 5 tahun 1962 tentang Perusahaan Daerah. UU No 16 tahun 1999 tentang Pembentukan Kota Madya Daerah Tingkat II dumai (Lembaran Negara RI tahun 1999 No 50, tambahan Lembaran Negara RI No 3829). UU No 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah (Lembaran Negara RI tahun 2004 No 125, tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4437). UU No 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Lembaran Negara RI Tahun 2004 No 126, Tambahan Negara RI No 4438). UU No 25 tahun 2004 Tentang Perencanaan Pembangunan Nasional. Peraruran Menteri Dalam Negeri No 13 tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. UU No 10 tahun 2001 tentang pembentukan usaha milik daerah . Perda No 7 tahun 2008 Tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kota Dumai pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

PENAWARAN RANCANA KERJA SAMA MINI MARKET

2

BUMD
PT. PEMBANGUNAN DUMAI DASAR HUKUM KERJASAMA Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah No 43 Tahun 2000 Tentang pedoman kerjasama Perusahaan Daerah dengan Pihak ketiga. Bab I Ketentuan Umum pasal 1. Perusahaan Daerah adalah suatu badan usaha yang modalnya merupakan kekayaan daerah yang dipisahkan dan pendiriannya diprakarsai oleh Pemerintah Daerah. Pasal 2. Kerjasama adalah hubungan keperdataan dalam bidang usaha tertentu antara Perusahaan Daerah dengan Pihak Ketiga. Pasal 3. Pihak Ketiga adalah Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota, Perusahaan Daerah, Instansi/Lembaga Pemerintah dan Badan Usaha lain baik perorangan, nasional atau asing. Bab II Maksud dan Tujuan pasal 4. Tujuan kerjasama adalah mewujudkan Perusahaan Daerah sebagai salah satu penggerak roda perekonomian daerah dan pembangunan nasional untuk meningkatkan keuntungan sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah.

PENAWARAN RANCANA KERJA SAMA MINI MARKET

3

BUMD
PT. PEMBANGUNAN DUMAI BAB II KERJASAMA MINI MARKET A. KERJASAMA PT. PEMBANGUNAN DUMAI DENGAN MINI MARKET

BUMD PT. Pembangunan Dumai menyediakan ‘Member Card’ (Magentic Card) yang dapat digunakan oleh setiap anggota untuk berbelanja di Mini-market dengan menyediakan sebuah software yaitu perangkat lunak (sistem) yang berfungsi mengendalikan dan menyimpan data anggota dan rincian barang yang dibeli di Minimarket. ‘Member Card’ adalah kartu yang dapat digunakan untuk transaksi kredit / berbelanja dengan batas maksimum pendapatan ( gaji ) pokok anggota per-bulan.

Gambar 1. Contoh Member Card Mini Market

BUMD PT.Pembangunan Dumai bekerjasama dengan Mini-Market dengan sistem pembagian fee atas keuntungan atau omset penjualan, dimana peranan BUMD PT. Pembangunan Dumai adalah sebagai Marketing dan pemasar produk ‘Member Card’. Mini-Market adalah supplier yang menyediakan barang-barang kebutuhan harian, mini-market merupakan sebuah pertokoan umum yang siap melayani dan

menanggung biaya kebutuhan anggota hingga jatuh tempo periode penagihan tiba. Setiap anggota pemegang kartu menandatangani surat kuasa pendebetan dana yang dipotong melalui gaji setiap bulannya yang dilakukan oleh BANK. Setiap anggota hanya dapat menggunakan ‘Member Card’ di Mini-market yang bekerjasama dengan BUMD PT. Pembangunan Dumai. Bank melakukan pembayaran setiap tagihan yang datang oleh Mini-Market. Dana berasal dari pemotongan gaji Anggota sesuai nominal belanja yang jatuh tempo pada bulan periode penggajian.

PENAWARAN RANCANA KERJA SAMA MINI MARKET

4

BUMD
PT. PEMBANGUNAN DUMAI Dengan adanya sistem perangkat lunak tersebut, diharapkan setiap anggota yang berasal dari Pegawai dan Staff Pemerintah Kota Dumai, yang kedepannya juga akan diusulkan ke perusahaan-perusahaan lokal lainnya agar dapat berbelanja dengan menggunakan Member card dengan nyaman tanpa harus menggunakan uang tunai, dengan ‘Member Card’ yang bersifat sama dengan kartu kredit yang dibatasi oleh besarnya gaji pokok yang anggota terima per bulannya (maksimal). Dari perencanaan yang akan diterapkan setiap ‘Member Card’ akan dibedakan satu sama lain berdasarkan golongan dan instansi / komite. Selanjutnya aplikasi perangkat lunak ini juga merupakan sistem penjualan terdistribusi (Point of sale) yang dapat digunakan oleh mini-market khusus untuk melayani anggota, dan dari sistem tersebut akan didapatkan tagihan masing-masing anggota yang akan ditagih ke Bank pada pertengahan bulan sebelum tanggal penggajian agar dapat dipotong langsung dari gaji masing-masing anggota. Potongan tersebut yang dibayarkan kepada mini-market, dengan perjanjian mini-market menanggung seluruh biaya barang-barang yang dibelanjakan anggota di mini-market hingga tanggal penggajian. Setelah seluruh penagihan telah dipotong pada saat penggajian, batas maksimum penggunaan ‘Member Card’ akan menjadi 100% (seratus persen) kembali. Kemudian dari barang pembelian anggota, mini-market memberikan fee / komisi kepada BUMD PT.Pembangunan Dumai (persentase komisi sesuai MOU antara BUMD PT. Pembangunan Dumai dan Mini-Market ). Fee tersebut akan dibagikan oleh pihak Bank sesuai Mou antara BUMD PT. Pembangunan Dumai dan Pihak Bank.

BUMD PT.PEMBANGUNAN DUMAI

10 komisi

4 Pendaftaran

1 MOU Mini market

3 Software

2 MOU BUMD 5 Surat Kuasa

6 Kartu Anggota
ANGGOTA

3 Software
MINI MARKET

BANK

8 Tagihan

7 Pembelian

9 Pembayaran

Gambar 2.1 Alur Proses Kerjasama Sistem ‘Member Card’

PENAWARAN RANCANA KERJA SAMA MINI MARKET

5

BUMD
PT. PEMBANGUNAN DUMAI Sistem Perangkat Lunak tersebut merupakan sistem yang terintegrasi dan database akan dipusatkan di BUMD PT. Pembangunan Dumai sebagai server, kemudian di Mini-market dan Bank sebagai client. Dimana aplikasi perangkat lunak dapat digunakan untuk melihat total biaya belanja anggota dan komisi yang akan dibayarkan kepada BUMD PT. Pembangunan Dumai sesuai hak akses masingmasing pengguna aplikasi.
Anggota Resi Pembelian barang Rincian Tagihan / Pemotongan 0 Tagihan Anggota Fee / Komisi BANK Riau Kepri

BUMD PT.Pembangunan Dumai

Tagihan Anggota Fee / Komisi Data Anggota Rincian penjualan barang

Sistem Aplikasi Member Card

Data Pembelian Barang Anggota MiniMarket

Total Tagihan dan rincian resi pembelian Rincian penjualan barang Fee / Komisi

B.

TUJUAN DAN MANFAAT KERJASAMA MINI MARKET 1. TUJUAN Tujuan terjalinnya kerjasama antara PT. Pembangunan Dumai dengan

beberapa Pemilik mini market adalah :

Menciptakan Mini Market menjadi lebih terkenal di Kota Dumai

Mewujudkan pelayanan servis yang propesional Menerapkan dan memperkenalkan sebuah sistem di mini market berupa seperangkat software sebagai input data transaksi keuangan, pencatatan stok dan lainnya kedalam database dan dilengkapi dengan Member card Mengembangkan mini market dengan mencari dan menjalin hubungan ke pegawai /karyawan perusahaan – perusahaan dan instansi dengan mempromosikan mini market sebagai pilihan tempat belanja yang lengkap di Kota Dumai. Mempromosikan mini market yang bekerjasama dengan

PT.Pembangunan Dumai baik secara online maupun secara offline dalam mengembangkan mini market.
PENAWARAN RANCANA KERJA SAMA MINI MARKET

6

BUMD
PT. PEMBANGUNAN DUMAI

2. MANFAAT Manfaat terjalinnya kerjasama PT. Pembangunan Dumai dengan pihak mini market yang ada di Kota Dumai dapat memberi manfaat kepada kedua belah pihak diantaranya :

a. Manfaat bagi Mini Market Dapat meningkatkan omset bagi pihak mini market dengan nilai

tambah yang lebih efektif dan efesien
Dengan adanya penerapan software di mini market akan mempermudah dalam menginput semua data baik data transaksi keuangan, stok barang dan lain sebagainya dengan akurat. Dengan adanya kerja sama pihak PT. Pembangunan Dumai dengan instansi dan perusahaan juga promosi – promosi baik secara offline maupun secara online akan menambah konsumen yang datang untuk berbelanja di mini market. Dapat menjadikan mini market sebagai pilihan tepat dan lengkap dikota dumai untuk berbelanja semua kebutuhan pokok sehari-hari dengan layanan yang ramah dari karyawan perusahaan mini market.

b. Manfaat Bagi PT. Pembangunan Dumai Dengan adanya sistem member card yang diterapkan di Mini Market secara online mempermudah merekap data secara online dari pelanggan yang berbelanja. Dengan dibangunnya sistem kerjasama yang menggunakan Member card dengan pihak Investor ( Pemilik Mini Market )

PT.Pembangunan Dumai mendapatkan kontribusi pendapatan usaha Meningkatkan kinerja bagi karyawan PT.Pembangunan Dumai dalam membangun sistem kerjasama yang baik

C. ANALISIS MINI MARKET • Target Pasar Ditinjau dari semakin bertambahnya penduduk yang ada di Kota Dumai kebutuhan tempat berbelanja ( mini market ) menjadi pilihan orang dalam melakukan perbelanjaan baik untuk kebutuhan sehari – hari
PENAWARAN RANCANA KERJA SAMA MINI MARKET

7

BUMD
PT. PEMBANGUNAN DUMAI

maupun kebutuhan perbulannya maka dapat disimpulkan bahwa target pasar dari mini market adalah : Pegawai Instansi pemerintah Kota Dumai Karyawan Perusahaan

Gambar. Target pasar Mini Market • Produk Pengembangan Menciptakan sebuah aplikasi berbasis web, yaitu aplikasi yang dapat diakses cukup melalui web service. Dengan tingkat keamanan pemrosesan data yang terjamin dan akurat secara efektif dan efisien. Simulasi system berbasis web : BUMD- PT. Pembangunan Dumai akan menerapkan seperangkat software di mini market secara jaringan web ( online ) yang mana data yang ada di mini market dapat terkoneksi ke PT. Pembangunan Dumai secara online.

D. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB 1. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PIHAK MINI MARKET Tugas pihak mini market Menyediakan layanan internet

PENAWARAN RANCANA KERJA SAMA MINI MARKET

8

BUMD
PT. PEMBANGUNAN DUMAI

Memastikan pencatatan semua transaksi yang di input ke database dengan tepat dan akurat. Menyediakan apa yang menjadi permintaan pasar. Menyiapkan data- data tagihan yang jatuh tempo kepada BUMD PT.Pembangunan Dumai

Tanggungjawab pihak mini market Memberikan layanan yang propesional terhadap

konsumen ( ramah) Memberikan bimbingan teknis kepada para mekanik yang dibawahinya didalam melakukan perbaikan kendaraan. Memberikan pengarahan spare part yang perlu diganti. Mengatur proses pengerjaan agar sesuai dengan estimasi yang telah diberikan.

2. Tugas dan Tanggungjawab BUMD PT. Pembangunan Dumai Tugas pihak BUMD PT. Pembangunan Dumai Menyediakan software yang berbasis database Menempatkan server database di kantor BUMD PT.Pembangunan Dumai dan client di setiap mini market yang dikerjasamakan Menempatkan SDM BUMD PT.Pembangunan Dumai yang bertugas memeriksa dan memastikan kinerja software yang dikasir mini market apakah bekerja dengan baik.

Tanggungjawab BUMD PT.Pembangunan Dumai Memeriksa data tagihan sesuai dengan database dan telah jatuh tempo Mengurus invoice tagihan dari mini market dan menagihkannya ke Dinas dan perusahaan. Menyetorkan tagihan yang dibayarkan Dinas dan perusahaan yg bekerjasama ke pihak mini market.

PENAWARAN RANCANA KERJA SAMA MINI MARKET

9

BUMD
PT. PEMBANGUNAN DUMAI

E. SYSTEM BAGI HASIL 1. Penjualan dengan system cash Pembelanjaan oleh pelanggan yang memakai uang cash menjadi keuntungan sepenuhnya bagi Mini Market 2. Penjualan dengan System Member card Pembelanjaan oleh pelanggan yang menggunakan Member Card keuntungannya dibagi berdasarkan perjanjian antara PT.Pembangunan Dumai dengan pihak Mini Market 3. Penawaran persentase Bagi Hasil PT.Pembangunan Dumai menawarkan system bagi hasil Member card dengan nilai minimal 4 % dari omset penjualan

F. PROYEKSI OMSET 1. Proyeksi Omset Tahun Pertama

2. Proyeksi Omset Tahun Kedua

PENAWARAN RANCANA KERJA SAMA MINI MARKET

10

BUMD
PT. PEMBANGUNAN DUMAI

BAB III PENUTUP
Semakin lama jumlah perkembangan penduduk di wilayah Kota Dumai terus bertambah sehingga hal ini menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan penyedia jasa mini market tempat perbelanjaan yang lengkap dan letak yang strategis. Untuk itu proposal bisnis kerjasama dibidang mini market ini merupakan core bisnis jangka pendek yang ingin dicapai guna menyamakan komitmen seluruh pihak yang berkepentingan dalam menjalankan roda Badan Usaha untuk menghasilkan profit yang berguna bagi kemajuan BUMD PT.Pembangunan Dumai dan menjadi motor PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Dumai.

Demikianlah proposal penawaran bisnis kerjasama mini market ini disusun semoga dapat menjadi acuan bagi pihak pemilik mini market.

Dumai, 08 Februari 2012 PT. Pembangunan Dumai

Dto, Zulfadli Karim, SE. Direktur Utama

Catatan : Untuk informasi lebih lengkapnya silakan kontak kami PT.PEMBANGUNAN DUMAI Jalan Kapitan Pattimura No.58 Kota Dumai Telp. 0765 – 33302 / fax. 0765 – 33302 Email : bumddumai@gmail.com , Website : www.bumddumai.com

PENAWARAN RANCANA KERJA SAMA MINI MARKET

11

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->