P. 1
Latar Belakang

Latar Belakang

|Views: 11|Likes:
Published by Yhana Busrayana

More info:

Published by: Yhana Busrayana on Feb 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2013

pdf

text

original

Latar Belakang Pada umumnya manusia bergantung pada keadaan lingkungan disekitarnya yaitu berupa sumber daya alam

yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari. Sumber daya alam yang utama bagi manusia adalah tanah, air, dan udara. Tanah merupakan tempat manusia untuk melakukan berbagai kegiatan. Air sangat diperlukan oleh manusia sebagai komponen terbesar dari tubuh manusia. Untuk menjaga keseimbangan, air sangat dibutuhkan dengan jumlah yang cukup banyak dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu, udara merupakan sumber oksigen yang alami bagi pernafasan manusia. Lingkungan yang sehat akan terwujud apabila manusia dan lingkungannya dalam kondisi yang baik. Lingkungan hidup di Indonesia perlu ditangani dikarenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu adanya masalah mengenai keadaan lingkungan hidup seperti kemerosotan atau degradasi yang terjadi di berbagai daerah. Secara garis besar komponen lingkungan dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok biotik (flora darat dan air, fauna darat dan air), kelompok abiotik ( sawah, air dan udara) dan kelompok kultur (ekonomi, sosial, budaya serta kesehatan masyarakat). Keuntungan Dari Pembangunan Perumahan Dan Pusat Perbelanjaan. Pembangunan suatu perumahan akan menyerap banyak pendatang. Hal ini akan memberikan dampak positif diantaranya adalah bertambahnya pemasukan daerah dari pajak-pajak bangunan. Dari pembangunan perumahan ini pula akan timbul aktivitas ± aktivitas perekonomian yang dapat pula menambah pemasukan daerah. Kehadiran pusat perbelanjaan pun akan dapat memberikan dampak yang positif, diantaranya tumbuhnya kegiatan perekonomian serta dapat menyerap tenagatenaga kerja baru sehingga dapat membantu menyediakan kesempatan kerja untuk para warga sekitar, sehingga dapat mengangkat taraf kehidupan masyarakat yang membutuhkan. Keuntungan dari pembangunan perumahan dan pusat perbelanjaan yang lainnya adalah mulai memicu kemandirian daerah dalam menciptakan kondisi perekonomian yang lebih baik, berdasarkan preferensi dan kebutuhan masyarakatnya. Pusat perbelanjaan ini pun dapat menjadi sumber keunggulan dalam menghadapi persaingan global, serta mendorong kemandirian pembangunan daerah tersebut.

Lingkungan hidup dalam pengertian ekologi tidaklah mengenal batas wilayah baik wilayah negara maupun wilayah administratif. Urbanisasi telah menyebabkan ledakan jumlah penduduk kota yang sangat pesat. yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya (UU. Pengenalan Lingkungan hidup Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda. Lingkungan hidup Indonesia sebagai suatu sistem yang terdiri dari lingkungan sosial (sociosystem). termasuk di dalamnya manusia dan perilakuknya. Perkembangan pusat kota yang merupakan sentra dari kegiatan ekonomi menjadi daya tarik bagi masyarakat yang dapat membawa pengaruh bagi tingginya arus tenaga kerja baik dari dalam kota itu sendiri maupun dari luar wilayah kota. daya. Namun urbanisasi yang terkonsentrasi seperti diuraikan di atas. keadaan dan makhluk hidup.Perkembangan wilayah kota yang dinamis membawa berbagai macam dampak bagi pola kehidupan masyarakat kota itu sendiri. No. 23/1997). akan tetapi jika lingkungan hidup dikaitkan dengan pengelolaannya maka harus jelas batas wilayah wewenang pengelolaan tersebut. Ketahanan masing-masing subsistem ini akan meningkatkan kondisi seimbang dan ketahanan lingkungan hidup. lingkungan buatan (technosystem) dan lingkungan alam (ecosystem)dimana ke tiga sub sistem ini saling berinteraksi (saling mempengaruhi). Perlengkapan infrastruktur bagi modernisasi ongkosnya menjadi murah. . Dampak lain dari tingginya arus urbanisasi kota adalah dalam hal permukiman kota. Perkembangan ekonomi lebih cepat. dimana kondisi ini akan memberikan jami nan suatu yang berkelanjutan yang tentunya akan memberikan peningkatan kualitas hidup setiap makhluk hidup di dalamnya. yang salah satu implikasinya adalah terjadinya penggumpalan tenaga kerja di kota-kota besar di Indonesia. disamping merugikan juga mempunyai keuntungan. sehingga menyebabkan pula tingginya arus urbanisasi.

Masalah lingkungan hidup pada dasarnya timbul karena : 1) Dinamika penduduk 2) Pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya yang kurang bijaksana . . 3) Kurang terkendalinya pemanfaatan akan ilmu pengetahuan dan teknologi maju 4) Dampak negatif yang sering timbul dan klemajuan ekonomi yang seharusnya positif 5) Benturan tata ruang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->