Sistem Informasi Enterprise

PENGANTAR SISTEM INFORMASI ENTERPRISE
Agung Wahana

1

Sistem Informasi Enterprise

Beberapa Terminologi
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Sistem Informasi Enterprise Sistem Informasi Arsitektur Informasi Arsitektur Enterprise Proses Bisnis
2

µ 3 . berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.µ ‡ Dilihat dari sudut pandang ´Komponen (Elemen)µ ´kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.Sistem Informasi Enterprise Pengertian Sistem ‡ Dilihat dari sudut pandang ´Prosedurµ : ´sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan.

Sistem Informasi Enterprise Karakteristik Sistem ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Komponen Sistem (Components) Batas Sistem (Boundary) Lingkungan Luar Sistem (Environments) Penghubung (Interface) Sistem Masukan (Input) Sistem Keluaran (Output) Sistem Pengolah (Process) Sistem Sasaran (Objectives) atau Tujuan (Goal) 4 .

Sistem Informasi Enterprise Ilustrasi Karakteristik Sistem 5 .

yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. 6 .Sistem Informasi Enterprise Komponen-Komponen Sistem ‡ Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi. Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem.

Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. 7 .Sistem Informasi Enterprise Batas Sistem (Boundary) Batas sistem (boundary) merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.

Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Sedang lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan. kalau tidak maka akan menggangu kelangsungan hidup dari sistem.Sistem Informasi Enterprise Lingkungan Luar Sistem (Environments) Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi dari sistem dan dengan demikian harus tetap dijaga dan dipelihara. 8 .

Keluaran (output) dari satu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainnya dengan melalui penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat berintegrasi dengan subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke yang lainnya. 9 .Sistem Informasi Enterprise Penghubung (Interface) Sistem Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya.

10 . Sebagai contoh didalam sistem komputer. Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi.Sistem Informasi Enterprise Masukan (Input) Sistem Masukan sistem adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem. program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.

11 . Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada supersistem. Misalnya untuk sistem komputer.Sistem Informasi Enterprise Keluaran (Output) Sistem Keluaran sistem adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. sedang informasi adalah keluaran yang dibutuhkan. panas yang dihasilkan adalah keluaran yang tidak berguna dan merupakanhasil sisa pembuangan.

Sistem Informasi Enterprise Pengolah (Process) Sistem Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran. 12 . Sistem akuntansi akan mengolah data-data transaksi menjadi laporan-laporan keuangan dan laporanlaporan lain yang dibutuhkan oleh manajemen. Suatu sistem produksi akan mengolah masukan berupa bahan baku dan bahan-bahan yang lain menjadi keluaran berupa barang jadi.

maka istilah goal lebih tepat diterapkan. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. maka istilah objectives yang lebih tepat. 13 . Kalau suatu sistem tidak mempnyai sasaran. Bila merupakan suatu sistem utama. Jadi tergantung dari ruang lingkup mana memandang sistem tersebut. ‡ Perbedaan suatu sasaran (objectives) dan suatu tujuan (goal) adalah. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuannya. Seringkali tujuan (goal) dan sasaran (objectives) digunakan bergantian dan tidak dibedakan. seperti misalnya sistem bisnis perusahaan. goal biasanya dihubungkan dengan ruang lingkup yang lebih luas dan sasaran dalam ruang lingkup yang lebih sempit. maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Untuk sistem akuntansi atau sistem-sistem lainnya yang merupakan bagian atau subsistem dari sistem bisnis.Sistem Informasi Enterprise Sasaran (Objectives) atau Tujuan (Goal) ‡ Suatu sistem pasti mempunyai tujuan atau sasaran.

Sistem Informasi Enterprise Pengertian Enterprise ‡ Organisasi yang mendukung lingkungan bisnis dan misi yang telah ditetapkan ‡ Berfungsinya keseluruhan komponen organisasi yang beroperasi di bawah kontrol dari organisasi. {Enterprise bukan hanya organisasi yang berorientasi pada laba (profit oriented) tetapi juga organisasi nirlaba seperti institusi pendidikan. Enterprise dapat berupa organisasi secara utuh atau bagian dari organisasi tersebut} 14 .

Sistem Informasi Enterprise Pengertian Informasi Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti atau bermanfaat bagi penerima Data Proses Informasi Basis Data 15 .

berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.Sistem Informasi Enterprise Kualitas Informasi ‡ Akurat. berarti informasi tersebut menpunyai manfaat untuk pemakainya. berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. 16 . ‡ Tepat pada waktunya. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan masudnya. ‡ Relevan. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.

Sistem Informasi Enterprise Pengertian Sistem Informasi ‡ Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya ‡ Sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusiamesin. untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi. mendukung operasi. bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporanlaporan yang diperlukan 17 . manajemen dalam suatu organisasi ‡ suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian.

Berbasis komputer dan Sistem Manusia/Mesin ± Berbasis komputer: perancang harus memahami pengetahuan komputer dan pemrosesan informasi ± Sistem manusia mesin: ada interaksi antara manusia sebagai pengelola dan mesin sebagai alat untuk memroses informasi. 2. Sistem basis data terintegrasi ± Adanya penggunaan basis data secara bersama-sama (sharing) dalam sebuah data base manajemen system. Mendukung Operasi ± Informasi yang diolah dan di hasilkan digunakan untuk mendukung operasi organisasi. 18 . Dgn SI 1. 3.Sistem Informasi Enterprise Hal-Hal yang berhub. Ada proses manual yang harus dilakukan manusia dan ada proses yang terotomasi oleh mesin. Oleh karena itu diperlukan suatu prosedur/manual sistem.

sehingga sebelum organisasi mendefinisikan kebutuhan informasi yang akan digunakan untuk menjalankan roda organisasinya.Sistem Informasi Enterprise Arsitektur Informasi / Information Architecture ‡ Merupakan pengorganisasian sejumlah data yang digunakan atau dihasilkan oleh organisasi yang berhubungan dengan tujuan bisnis organisasi. proses bisnis dan sistem aplikasinya. Arsitektur informasi juga merupakan sebuah blue print dimana sistem informasi saat ini dan yang akan datang dikembangkan {Dengan demikian maka arsitektur informasi adalah sebuah sistem. ‡ Arsitektur informasi adalah sebuah representasi grafis dari perencanaan sumber daya data untuk kebutuhan bisnis. yang mengelola data dan dukungan dari proses bisnis yang telah didefinisikan.} 19 . maka terlebih dahulu harus mendefinisikan data.

20 . serta koordinasi diantaranya.Sistem Informasi Enterprise Arsitektur Enterprise / Enterprise Architecture ‡ Representasi deskriptif (model) yang relevan untuk menggambarkan sebuah enterprise dan apa yang harus dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan manajemen. ‡ Mekanisme untuk memastikan sumber daya teknologi informasi suatu organisasi dapat sejalan dengan strategi dari organisasi tersebut. ‡ Cetak biru pemetaan hubungan antar komponen dan semua orang yang bekerja di dalam perusahaan secara konsisten untuk meningkatkan kerja sama/kolaborasi.

‡ Convergence / Fokus tujuan ± Mengarah kepada standarisasi produk teknologi informasi seperti: Technical Reference Model (TRM). ‡ Time-to-Market ± Meminimalisasi pengembangan sistem. pembuatan program. ‡ Change / Perubahan ± Megelola dan mengantisipasi perubahan dari semua aspek organisasi. 21 . pembaharuan timeframe. dan kebutuhan sumber daya.Sistem Informasi Enterprise Faktor Pengembangan Arsitektur Enterprise di Organisasi ‡ Alignment / Keselarasan ± Pengembangan tersebut selaras dengan tujuan dan keinginan organisasi ‡ Integration / Integrasi ± Pemanfaatan sumber daya informasi sesuai dengan standar dan dikelola oleh organisasi secara konsisten dan menyeluruh.

kebanyakan unit dalam organisasi/perusahaan diorganisir menurut fungsionalitas. Unit organisasional dibuat untuk menjalankan satu fungsi khusus dalam organisasi.Sistem Informasi Enterprise Proses Bisnis ‡ Sekumpulan aktivitas yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu.} 22 . ‡ Setiap aktivitas memberikan kontribusi pada proses secara keseluruhan {Secara tradisi. memiliki satu spesialisasi untuk menangani satu tugas tertentu dalam suatu domain tertentu.

‡ VCM mengandung 2 Aktivitas. yaitu Aktivitas Utama dan Aktivitas Pendukung 23 . Porter ‡ VCM mendeskripsikan cara melihat bisnis sebagai rantai aktifitas yang mengubah input menjadi output sehingga memiliki nilai bagi pelanggan.Sistem Informasi Enterprise Pendefinisian Proses Bisnis ‡ Pendefisian proses bisnis dalam suatu enterprise dapat menggunakan ´Value Chain Managementµ (VCM) Michael E.

Sistem Informasi Enterprise Gambar Value Chain Management 24 .

3. Metoda /Frame Work Arsitektur Informasi antara lain (pilih salah satu) ± ± ± ± Enterprise Arsitektur Planning (EAP) TOGAF Enterprise Architecture Strategy (EAS) Basic Enterprise Architecture Methodology (BEAM). Komponen Sistem Informasi 2. Value Chain Management 25 .Sistem Informasi Enterprise Tugas Perorangan Buatlah tulisan /makalah yang berhubungan dengan : 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful