P. 1
MEMBACA

MEMBACA

|Views: 132|Likes:
Published by rizkywaesulqurni

More info:

Published by: rizkywaesulqurni on Feb 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/23/2012

pdf

text

original

Nama Nim Jurusan Smt/kls

: Lilis Laswati : 108013000004 : PBSI :3A

Mata Kuliah : Membaca Soal : 1. Jelaskan pengertian SQ3R? 2. Jelaskan pengertian membaca kreatif? 3. Jelaskan pengertian membaca kritis? 4. Jelaskan pengertian membaca untuk studi? 5. Jelaskan pengertian membaca efektif? Jawaban : 1. SQ3R adalah adalah suatu metode membaca untuk menemukan ide-ide pokok dan pendukungya serta membantu pembaca agar dapat mengingat lebih tahan lama yang melalui 5 langkah kegiatan yaitu; survey, question, read, recite, dan review. Metode ini dianggap sebagai metode membaca yang cukup efektif dan dapat menghasilkan pemahaman yang baik. Langkah-langkah metode SQ3R seperti; a. Survey : bahan bacaan seperti judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, daftar isi, kata pengantar, rangkuman dan daftar ustaka. b. Question : setelah survey buku tersebut, lalu kita rumuskan beberapa pertanyaan. c. Read : setelah merumuskan pertanyaan tadi, barulah kita membacanya. d. Recite : Untuk mngetahui penguasaan terhadap bacaan tersebut, setelah membacanya lalu menceritakan atau mengutarakan kembali dengan kata-kata sendiri dan membuat catatan kecil. e. Review : setelah menceritakan, lalu mengulang kembali apa yang sudah kita baca, tidak secara keseluruhan akan tetapi hanya memeriksa bagian-bagian yang dianggap penting.

Membaca efektif adalah suatu kegiatan membaca yang mampu memvariasikan kecepatan membaca berdasarkan tujuan. dan bahan bacaan. 2. Membaca kritis adalah kemampuan yang memahami makna tersirat sebuah bacaan. 4. ringkasan. Dan .Keuntungan dan manfaat SQ3R itu dapat mempercepat pemahaman terhadap buku. lembar catatan studi. dan kartu catatan studi. dan juga dapat memperoleh penguasaan bulat dan menyeluruh atas bahan yang kita baca. tanya jawab. pembaca mengolah bahan bacaan secara kritis. mengorganisasi secara kritis. dapat membaca berjalan lebih cepat. dan kepercayaan terhadap diri sendiri yang semuanya mengacu pada kesuksesan. garis besar(out line). Hasil membaca untuk kepentingan studi mencakup lima bentuk catatan seperti. pembaca memanfaatkan hasil membacanya untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan emosinya. Membaca kreatif itu suatu kegiatan membaca kreatif yang tidak berhenti pada saat pembaca menutup buku dan mampu menerapkan hasilnya untuk kepentingan hidup sehari-hari. menilai secara kritis. 5. Adapun manfaat membaca kritis dapat membantu mencapai pemahaman yang mendalam. dan diperlukan kemampuan berpikir dan bersikap kritis. hasil membacanya berlaku sepanjang masa. Membaca untuk studi adalah suatu proses membaca untuk memahami isi buku secara keseluruhan. pembaca mampu menginterpretasi(menafsirkan) secara kritis. dan mampu menilai secara kritis dan kreatif bahanbahan bacaan dan juga mampu memecahkan masalah kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil bacanya. dapat menanamkan kesan mendalam pada ingatan. kemampuan yang lebih kuat. dapat mempercepat penguasaan seluruh isi buku. Dalam membaca kreatif. dan menerapkan konsep secara kritis. dapat menganalisis secara kritis. Dalam membaca kritis. keperluan. baik pokok-pokok pikiran maupun pikiran-pikiran penjelas sehingga pembaca memiliki pemahaman yang komprehensif. Membaca kreatif merupakan suatu proses membaca untuk mendapatkan nilai tambah dari pengetahuan yang baru. yang terdapat dalam bacaan dengan cara mengidentifikasi ide-ide yang mengombinasikan pengetahuan sebelumnya yang pernah didapatkan pembaca. 3. Munculnya perubahan sikap dan tingkah laku setelah proses membaca.

motivasi.mencakup persiapan. menggunakan pandangan lingkungan sekitar. menggunakan petunjuk. dan mengistirahatkan mata. mengatasi regresi. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->