P. 1
Bioteknologi Tentang Teknologi Bayi Tabung

Bioteknologi Tentang Teknologi Bayi Tabung

|Views: 1,565|Likes:
Published by Acep Maulana

More info:

Published by: Acep Maulana on Feb 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2013

pdf

text

original

Tugas Remedial IPA Tentang BIOTEKNOLOGI

NAMA : ANISA TRIYANA KELAS : 9P 3 SEKOLAH : SMP ISLAMIC CENTER TAHUN AJARAN : 2011 ± 2012

perkembangan di dunia.Dalam makalah ini memuat masalah-masalah bayi tabung.kami mengharapkan kritik dan saran dari berbagai perkembangan wawasan kami pihak.Dengan mengetahui implikasi biotknologidalam hal teknologi bayi tabung ini. Untuk .dan manfaatnya bagi kebutuhan kehidupan. ada pula yang kontra. mulai dari proses awalhingga akhir.KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan ke hadiratAllah SWT atas selesainya penulisan makalahbioteknologi ini. Akhir kata.Ada yang pro. proses. sertadampak bagi kehidupan. kami mengucapkan terima kasih kepada guru biologi kami yang telah mendidik dan membina kami hingga saat ini. Makalah ini membahas tentang implikasi bioteknologi dalam hal teknologi bayi tabung .Kemudian. diharapkankita akan mudah memahami defenisi.

.... 1 BAB II PEMBAHASAN a) Materi .............................. 8 ..................................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR BAB I PENDAHULUAN a) Latar belakang «««««««««««««««««« 1 b) Tujuan ««««««««««««««««««... 2 BAB III PENUTUP A) Kesimpulan ««««««««««««««««««« 8 b) Saran ««««««««««««««««««««............................ 2 b) Proses ...................................

Terobosan bagi pasangan suami sitri yang sulitmendapatkan keturunan. kesehatan itu diantaranya.memulihkan kesehatan.Program ini banyak diminati. Tujuan untuk mengatasi masalah keturunan. Latar Belakang Saat ini perkembangan bioteknologiberkembang dengan pesat. 1 . B. Terobosan itu ialah program bayi tabung. suatu terobosan barutelah dilakukan oleh para ahli.BAB I PENDAHULUAN A. dan diharapkan lahir keturunan yangsehat dan bebas dari penyakit keturunan. Sehingga manfaatnya dirasakan dalam berbagai pihak. penggunaanteknologi bayi tabung juga dimaksudkan untuk tujuan keesehatan. menhindari penyakitketurunan.

2. Namun untuk bayitabung. Pemantauan pertumbuhan folikel berupa suatucairan berisi sel telur di indung telur yang bisadilihat dengan USG. sel telur hanya satu. Proses Proses pembuatan bayi tabung memangmasih tergolong sulit. Bayi tabung adalah salah satu metode untuk mengatasi masalah kesuburan ketika metodelainnya tidak berhasil. Untuk itu sebelummelakukan program bayi tabung.Bayi tabung itu sendiri ialah hasil dariproses pembuahan in vitro. tidak semua wanita mempunyai sel telur yang subursetiap bulannya.BAB II PEMBAHASAN BIOTEKNOLOGI TENTANG TEKNOLOGI BAYI TABUNG Teknologi bayi tabung ialah teknologi untuk mendapatkan keturunan dengan cara mengambil seltelur yang sudah masak dari oviduk wanita yangkemudian dibuahi oleh sel-sel sperma yangsebelumnya beku pada media cair. Berikut tahapan-tahapan yangharus dilakukan 1.pemindahan sel telur dari ovarium dan pembuahan oleh sel sperma dalam sebuah medium cair. Dokter akan melakukanseleksi pasien terlebihdahulu. Bilalayak. diperlukan sel telur lebih dari satu untuk memperoleh embrio . dilakukan stimulasi denganmerangsang indung telur si calon ibu untuk memastikan banyaknya sel telur.3. barulah pasien bisamasuk dan mengikutiprogram bayi tabung. Kemudian. apakah masih layak untuk mengikuti programbayi tabung atau tidak. biasanya pasien(suami-istri) melakukan beberapa rangkaianprosedur dari dokter atau rumah sakit. Sebab. Prosesnya terdiri darimengendalikan proses ovulasi secara hormonal. invitro fertilization adalah sebuah teknik pembuahan dimana sel telur(ovum) dibuahi di luar tubuh wanita. 2 . Pemantau tersebut bertujuanuntuk melihat apakah sel telur tersebut sudah cukupmatang untuk dipanen. Karena secaraalami.

Baru dilakukan prosespembuahan (fertilisasi) didalam media kultur dilaboratorium untuk menghasilkan embrio. sehingga bisa dimanfaatkankembali bila diperlukan untuk kehamilan selanjutnya Dampak Dampak Positif Anak adalah dambaan setiap pasangan suami istri(pasutri). Penunjang fase luteal untuk mempertahankandinding rahim. 7. makapengambilan sperma umumnyadilakukan dari hasilmasturbasi. Setelah menghasilkan embrio. Menyuntikkan obat untuk mematangkan sel telur yangbelum dipanen agar siap.Yang terakhir. Pada tahap ini. proses simpan beku embriountuk waktu tertentu. 6.4. 9. Tapi jika ternyataada masalah dengan sperma atau masturbasi. Hal ini dilakukan jika ada embrio yang lebih. 10. Pengambilan sperma dari suami pada hari yangsama. Tapi faktanya. Setelah itu dokter atau tenaga medis akanmelakukan proses pengambilan sel telur untuk diproses di laboratorium. 8.ya dengan bayi tabung buat pasutri adalah sebuah harapan juga 3 . 5. Data menunjukkan. tak semua pasutri dapat dengan mudah memperoleh keturunan. biasanya dokter akanmemberikan obat untuk mempertahankan dindingrahim si ibu supaya bisa terjadi kehamilan.baik karena kurang subur (subfertil) atau tidak subur (infertil). dokter akanmelakukan transfer embrio kembali kedalamrahim agar dapat terjadi kehamilan. 11-15 persen pasutri usia subur mengalami kesulitan untuk memperoleh keturunan. Bagi suami yang tidak memiliki masalahdengan spermanya.sperma diambil dengan cara operasi untuk mengambil sperma langsung dari buah zakar.

menurut instansi yang bersangkutan. lewatusaha yang maksimal.2 Juta sperma bisa buahi ovum. seorang ibu yang hamil kembar dua saja sudah masuk ke Äarea rawan. Kalau Tuhan berkehendak. kesabaran dan ketabahan. rhumatoid arthritis atau lupus. kenyataan di atas janganmengendurkan niat Anda untuk mengikuti programbayi tabung. tingginya biaya programbayi tabung ($6. Apalah arti kesulitan danrasa sakit yang mendera bila dibandingkan denganhadirnya buah hati dalam sebuah perkawinan.000). 4 . Di Amerika pun. Yang utamaadalah dana yang tidak kecil.tentulah akan berhasil. Padahal.Kendati demikian.Selain itu. Penanamancalon embrio ke rahim wanita lain (surrogatemother). Bayi Tabung ISIS Sukses di RS DrSardjitoHanya 1. Oleh karena itu. kemungkinan si ibuterserang infeksi.Aspek AgamaDari sudut pandang agama. teknologi yang digunakan sudah begitu Äpowerful .5 juta hingga Rp 54 juta untuk sekali program bayitabung. Mulai dari Rp 16. juga dianggapsebagai kendala Apalagi.Padahal. Alasan Dimanfaatkannya Bayi TabungBayi tabung cocok bagi pasangan yang tidak dapat memiliki anak karena:Gangguan ovulasiKerusakan saluran tuba falopiiKualitas sperma yang kurang baik EndometriosisSebab-sebab lain yang tidak dapat diketahui(sekitar 1520% pasangan tidak dapat memilikianak tanpa diketahui sebabnya). Misalnya.000 hingga $7.dan alergi. adabeberapa dampak negatif program bayi tabunguntuk si ibu. kini transfer blastosis lebih banyak direkomendasikandokter lantaran kemungkinan kembar lebih dari duahampir tak ada.Pertama. namun hanya 20% saja kemungkinan program iniakan berhasil.Dampak negatif Kendala Program Bayi TabungPasutri yang berniat mengikuti program bayitabung dihadapi beberapa kendala. menurut instansi yang bersangkutan.mahalnya biaya tersebut belum menjaminkeberhasilan program bayi tabung. risiko bayi kembar lebih daridua terbilang tinggi pada teknik transfer embrio. bayi tabungdiperbolehkan bila sperma yang dipakai adalah darisuami yang sah dan calon embrio dikembalikan kerahim ibu tempat sel telur berasal.Kalaupun berhasil. tidak dibenarkan agama karena berbagaialasan.

" demikiandiungkapkan Kepala Pelaksana Tim Bayi TabungRSUP Dr Sardjito Yogyakarta dr AR AminoRahardjo SpOG kepada wartawan di Gedung BulatRSUP Dr Sardjito.Kesuksesan pasangan itu dalam mendapatkan anak dibantu dengan tim dokter bayi tabung yangmenggunakan teknologi Intra Cyloplasmatic SpermInjection (ICSI) atau yang dalam bahasa Indonesiadikenal dengan istilah ISIS (Injeksi Sperma IntraSitoplasma). banyak pasutri yang bisamendapatkan anak. 5 .Memiliki anak memang dambaan setiap pasangansuami istri (pasutri)."Metode ini diambil apabila suami memilikikualitas sperma yang kecepatan dan jumlahnya jauh di bawah rata-rata laki-laki normal. Namun. apabila suatu pasanganmengalami infertilitas. yaknidengan mengembalikannya ke dalam rongga rahimuntuk kemudian dibuahi. Selanjutnya prosesnyasama seperti proses tahapan bayi tabung. Di Indonesia sendiri dilakukan pertamakali di RS Harapan Kita Jakarta pada tahun 1995dan di RS Surabaya.Dengan usaha ini. Ini adalah teknologi bayi tabung tercanggih yangberhasil dikembangkan Poliklinik Permata HatiRSUP Dr Sardjito. Metode yangmemiliki kemungkinan keberhasilan hanya 15-30persen ini pertama kali berhasil dilakukan di Belgiatahun 1992. Sering pasutri invertilitas (tak subur) merasa putus asa dan mengalami tekananpsikologis yang hebat. Hal itu juga dialami pasutriWidodo dan Winarni (bukan nama sebenarnya.Anak memang urusan Tuhan. Setelah tujuh tahunpernikahannya belum memiliki anak. pada tanggal7 April 2001 lalu pasangan ini dikaruniai seorangbayi laki-laki mungil dengan berat 3. red)asal Karanganyar. ISIS membantufertilitas dengan cara menyuntikkan secara paksasperma ke dalam sitoplasma sel telur yang telahdiambil dari rongga rahim. manusiawajib berusaha. Senin (16/4). Surakarta. atau jumlahnya di bawah 5 juta sperma. apabila usaha untuk mendapatkan anak tidak kunjung berhasil. dalam acara coffeemorning. Yogyakarta. Yogyakarta sendiri baruberhasil dilakukan pada tahun 2000/2001. yaitu keadaan tidak jugahamil kendati sudah satu tahun melakukanhubungan seksual tanpa pelindung.ISIS atau ICSI adalah metode terakhir yang diambiloleh tenaga medis. manusia menemukan piranti untuk mendukung usahanya mendapatkan anak.25 kg danpanjang badan 49 cm di Rumah Sakit Umum Pusat(RSUP) Dr Sardjito. Yogyakarta. Setelah berkembangnya teknologi'bayi tabung'.

2 jutasperma. Tentu saja satu pasangan yang kurang subur tidak serta-merta disarankan menggunakan bayi tabungdengan metode ISIS. seperti konsultasi dan konselingpasutri secara piharus disintens.Acara ini juga dimaksudkan untuk menjelaskan Keberhasilan tim dokter RSUP Dr Sardjito dalammelakukan operasi bayi tabung dengan TeknologiISIS.Saat ini Klinik Permata Hati RSUP Dr Sardjitotelah berhasil mengembangkan teknologikeduanya. baru kemudiandimasukkan kembali ke rongga rahim ibu yangdikenal dengan nama Injeksi Sperma IntraSitoplasma (ISIS). sampai pada kesimpulan harusditempuh cara ini berdasarkan persetujuan medis. Jika jumlahspermanya berada di bawah 5 juta. tauntikkan secara paksa agar bertemu. maka akhirnya Tim Dokter Bayi TabungRSUP Sardjito menyarankan kepada pasangan inimenempuh metode ISIS yang tentunya denganpersetujuan keduanya. Ini dikenal dengan istilah InvitroFertilization (IVF). biasanya memiliki kualitas kecepatan dan jumlah sperma antara 20 juta sperma hingga 40 jutasperma. Jumpa pers ini juga dihadiri dr Arif FaisalCpR DHSM (wakil direktur pelayanan Medis danKeperawatan) dan dr Ita Fauzia MCE (PenanggungJawab Laboratorium ART Klinik Permata Hati)yang juga anggota tim Bayi Tabung RSUP DrSardjito. Jika seorang suami memiliki kurang dari10 juta sperma. maka harusmenggunakan bayi tabung dengan metode ISIS." jelasnya lebih lanjut. Namun. dr Ita Fauzia MCE.Secara konvensional. untuk laki-lakinormal. senggama terencana. Selain pelayanan medis dan fasilitasdiagnosa terapi invertilitas kepada pasutri. "Ada beberapa tahapan yangharus dilalui oleh satu pasangan sebelum mencapaipada tahap ini."Pasangan suami istri yang keberatan disebutkannamanya ini hanya memiliki jumlah 1.Setelah sperma dan ovum bertemu. proses teknologi bayi tabungadalah mempertemukan secara alami sel spermadan sel telur (ovum) dalam satu tabung untuk selanjutkan dikembalikan kepada rahim ibu untuk dibuahi."ungkap.Dokter AR Amino menambahkan. maka mau tidak mau harusmenempuh jalan bayi tabung. jugadilakukan bimbingan konseling dan pelayananpsikologis. 6 . apabila sel spermakurang aktif dan jumlahnya sangat sedikit tidak bisa dibiarkan bertemu secara alami di tabung.inseminasi buatan.

pasangan kurang subur umumnyamengalami tekanan psikologis yang sangat beratdan keputusasaan. 7 . Sementara denganmetode ISIS ini merupakan keberhasilan yangpertama.Sementara teknologi bayi tabung ISIS baru mulaidikembangkan di poliklinik ini pada tahun 2000lalu dan berhasil dengan kelahiran bayi laki. pada 7 April 2001lalu. karenabaru tahun 1992 lalu teknologi ini pertamaditerapkan. Namun. sudah mampumembantu melahirkan bayi tabung pertama padatanggal 26 Agustus 1997. Sekecil apapun kemungkinankeberhasilan kelahiran lagi-lagi tetap berpulangkepada kuasa Tuhan. kelainan genetis pada bayikemungkinannya 50 persen sama dengan bayi yanglahir normal. Ini merupakan keberhasilan RS dr Sardjitodalam mengembangkan teknologi bayi tabunghingga pada proses kelahiran." jelasnya.Poliklinik Permata Hati sendiri sejak pertama kalidibangun pada September 1990 lalu. Sedangkan bayi tabungkembar tiga pada tanggal 10 Februari 2001 lalu.Memang hingga kini belum diketahui dan sulitdibuktikan secara medis bahwa bayi tabung denganteknologi ISIS mengalami kelainan genetis.Sebab. "Tidak tertutup kemungkinan seorangbayi yang lahir normal juga mengalami kelainangenetis.lakipasangan asal Karanganyar itu. dengan yakin dr Aminomenegaskan.

B. Perkembangan Bayi Tabung dapat memberikan solusi dalam membantu pasangan ± pasangan yang memiliki kesulitan untuk memiliki keturunan.BAB III PENUTUP Demikian makalah tentang Teknologi bayi tabung yang saya buat. 2. Proses Inseminasi Buatan / Bayi Tabung memiliki dampak positif dan negatif bagi manusia. A. Kesimpulan 1. 8 . semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Saran Perlu memperhatikan masalah pandangan hukum dan agama dalam proses bayi tabung atau Inseminasi Buatan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->