STUDI PERKEMBANGAN ISLAM TENTANG MANFAAT SHOLAT DITINJAU DARI KACAMATA MEDIS

OLEH : 1. Luluk Hamidah 2. Umi Hani 3. Febrina Cholifatur 4. Nova Ika 5. Haswinta P 6. Haibatun N 7. Antik Anggreini 8. Alfinaa Uzzahroh 9. Laili 10. Siti Makmuroh : 10680059 : 10680030 : 10680062 : 10680025 : 10680027 : 10680051 : 10630021 : 10651018 : 10630046 : 10600056

Asisten PPK: Nofita Wulan Sari

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012
1

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Nikmat yang penting bagi umat muslim sesudah Islam dan iman adalah kesehatan. Allah telah menempatkan kesehatan jasad dan alat-alat tubuh sebagai amanat yang diserahkan kepada manusia untuk dipelihara dan dijaga agar berfungsi dengan baik, lalu digunakan untuk beramal shalih. Islam mengenal satu konsep yang dinamik tentang kesehatan dan di dalamnya tercakup pengertian tentang shihah yaitu keadaan jasmani yang memungkinkan seluruh anggota tubuh berfungsi dengan baik. Selain pengertian shihah masih ada pengertian tentang aafiyah, yakni suatu keadaan yang lebih afdhal dan dampaknya menjangkau kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat. Kesehatan merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Islam

menganjurkan kepada umatnya untuk hidup serba sehat dan didahului oleh perintah mewujudkan kesucian dan kebersihan. Seorang yang akan shalat terlebih dahulu dianjurkan harus suci serta bersih dari hadats dan najis. Sholat merupakan tiang dan pondasi agama yang sangat penting bagi seorang muslim. Ialah yang membedakan antara orang muslim dengan orang kafir. “Sungguh yang memisahkan antara seorang muslim dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan sholat.” (HR. Muslim) Hukum meninggalkan sholat dalam agama Islam, menurut jumhur ulama adalah termasuk dosa besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. Apabila orang itu mengingkari wajibnya sholat, maka dia telah kafir. misalnya, meyakini bahwa sholat itu hukumnya sunnah atau mubah (sholat boleh, tidak sholat juga boleh). Selain itu, apabila mereka tetap meyakini bahwa sholat itu wajib, namun tidak pernah melaksanakannya karena alasan malas, maka setidaknya ada tiga pendapat ulama yang berbeda soal hal ini:

Menurut mazhab Hambali, sebagian ulama Syafi'i dan sebagian ulama Maliki, dianggap murtad (keluar dari islam) dan hukuman atasnya adalah bunuh.
2

Malas mengerjakan sholat pada waktunya. Menurut mazhab Hanafi. 3. Mengetahui pengertian sholat baik secara entimologi dan terminologi. Pengertian sholat? 2. namun selalu ditunda-tunda yang berakibat mengerjakan sholat diluar waktunya. Malas mengerjakan sholat dengan rutin alias bolong-bolong. Rumusan Masalah 1. dianggap fasiq (telah berbuat dosa besar) dan hukuman atasnya ialah harus dipenjara sampai ia bertaubat dan mau melaksanakan sholat. Tujuan a. maka orang semacam ini masih tetap dianggap sebagai muslim. Orang yang semacam ini juga pantas dihukumi kafir menurut Imam Ahmad dan mayoritas ulama salaf. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. Al-Maun. namun mendapat predikat jahil (bodoh). maka orang yang seperti ini mutlak dihukumi kafir sebagaimana kesepakatan jumhur ulama. Bahkan ketika diajak sholat selalu enggan dan menembak dengan kalimat "tar! tar! tar!". Apa manfaat sholat apabila ditinjau dari dimensi rohani dan dimensi medis? 4. 107: 4-5) B. artinya dia tetap sholat. 4. tidak dianggap murtad/kafir. Namun keimanannya sebatas perintah yang dikerjakannya saja. Malas mengerjakan sholat karena tidak mengetahui bahwa meninggalkan sholat itu dapat membuat orang kafir. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an:“Maka kecelakanlah bagi orang-orang yang shalat. (Q. 5. namun tetap dihukumi had dengan dibunuh.S. Apa manfaat gerakan sholat? C. baginya tidak dianggap kafir namun dia tercela dan berdosa karena telah lalai. 2. Malas mengerjakan sholat karena meyakini bahwa sholat itu tidak wajib. Berapa besar presentase umat Islam mengerjakan sholat dalam hidupnya? 3. Maka baginya tetap dianggap muslim.• Menurut mazhab Syafi'i dan Maliki serta sebagian ulama Hambali. Malas mengerjakan sholat karena menggampangkan dan ujung-ujungnya tidak melaksanakan sholat itu. • Kriteria malas jika dilihat secara kasuistik: 1. 3 .

Mengetahui manfaat sholat apabila ditinjau dari dimensi rohani dan dimensi medis. Mengetahui manfaat gerakan sholat. c. Mengetahui berapa besar presentase umat Islam mengerjakan sholat dalam hidupnya. d. BAB II 4 .b.

maka dapat dilakukan perhitungan tentang waktu solat dan waktu hidup seorang muslim di dunia. Waktu yang dihabiskan untuk sholat tidak banyak. Dengan jumlah waktu hidup umat muslim sebanyak 32.200 menit dan kewajiban sholat selama 477. maka 63 tahun= 22680 x 24 jam x 60 menit. Rata-rata usia hidup manusia saat ini adalah 60-65 tahun.000/32. dan 1 jam sama dengan 60 menit.TINJAUAN PUSTAKA 1. maka persentase waktu yang dihabiskan untuk sholat adalah 1.200 menit.5% dari seluruh waktu hidupnya. Sedangkan bagi kaum muslimin (perempuam) presentase waktu solat dapat mengalami penguranggan karena pada hari-hari tertentu kaum muslimin ini dilarang untuk melaksanakan solat dengan alasan-alasan tertentu. 5 . Selama hidup umat muslim mempunyai 32. Hasil perhitungan menunjukan dengan jelas bahwa waktu yang digunakan untuk sholat oleh umat muslim sangatlah sedikit yaitu sekitar 1. maka umat muslim punya kewajiban sholat selama 53 tahun (53tahun x 360hari x 25 menit = 477.659. boleh dikatakan sangat sedikit apalagi jika dibandingkan dengan waktu tidur umat muslim. Apabila umat muslim mengerjakan sholat wajib tersebut 5 menit maka dalam sehari umat muslim hanya menggunakan waktu 25 menit.46% (477. sehingga hasil perhitunggan waktu hidup manusia adalah 32. Agar memudahkan perhitungan maka di ambil usia 63 tahun (pertengahan dari usia rata-rata). Sebuah Perhitungan Sholat merupakan suatu kewajiban yang harus dikerjakan oleh setiap muslim. jumlah yang sangat banyak sekali sedangkan jumlah sholat wajib yang dikerjakan dalam sehari hanya 5 kali. Apabila diasumsikan umat muslim mulai wajib mengerjakan sholat pada usia 10 tahun.000 menit.200 x100%). Umat muslim atau umat Islam mulai mendapatkan kewajiban melaksanakan sholat pada usia 8 -12 tahun (pada saat sudah baliq).659.000 menit). Jika kita hidup selama 63 tahun berarti jumlah hari yang dilalui adalah 22680 hari (asumsi 1 tahun 360 hari). Seperti yang diketahui bahwa 1 hari sama dengan 24 jam.200 menit. Untuk mengetahui lebih jelas maka.659.659.

karena kebanyakan orang tidur lebih dari 6 jam setiap harinya. yang seyogyanya tidak menyita waktu seluruh hidup manusia. maka waktu tidur yang digunakan adalah (63 tahun x 360 hari x 6 jam) 136. Jangankan setengah hidup.Bagaimana jika dibandingkan dengan persentase waktu tidur manusia. Sebuah kenyataan yang perlu direnungan. 25% itu akan terus bertambah. manusia khususnya orangorang yang beragama islam. Namun dalam perhitungan ini diambil perhitungan 6 jam. harus merenungkan mengapa malas untuk mengerjakan ibadah sholat. Dengan tetap menggunakan asumsi 63 tahun. waktu yang dihabiskan untuk tidur adalah 25% (seperempat dari hidup umat Islam). umat Islam menghabiskan untuk tidur. Ternyata seperempat dari hidup ini. atau menunda-nunda sholat. Rata-rata orang tidur 1 hari selama 6-10 jam.320 jam.5 % dibanding dengan 25 %. Dengan waktu hidup yang umat Islam sebanyak 544.080 jam.5% merupakan jumlah yang sangat kecil. 10% dari hidup dari manusia saja tidak sampai 1. Secara keseluruhan perbandingan antara waktu sholat dengan tidur ialah 1. 6 . Oleh sebab itu.

yaitu pada surat: Al-Baqarah ayat 43. Lebih jauh. dan Luqman ayat 17. Al-An`am ayat 72. sebagaimana kalian melihat aku sholat”. 83 dan110. melainkan dalam makna bahasanya secara asli yaitu berdoa. Al-Hajj: 78. sholat yang dimaksud sama sekali bukan dalam makna kewajiban mendirikan sholat yang lima waktu. Luqman ayat 31. Ada banyak sekali perintah untuk menegakkan sholat di dalam Al-Quran. tidak lain ia berbisik pada Tuhannya. Dengan demikian. Sesungguhnya sholat (do’a) kamu itu ketenteraman jiwa bagi mereka. Sholat diartikan dengan doa. karena pada hakikatnya sholat adalah suatu hubungan vertikal antara hamba dengan Tuhannya. Paling tidak tercatat ada 12 perintah dalam Al-Quran dengan lafaz “Aqiimush-sholata” (Dirikanlah Sholat) dengan khithab kepada orang banyak. kata sholat menurut para pakar bahasa adalah bermakna “doa”. dasar pelaksanaan sholat adalah sholat sebagaimana yang sudah dicontohkan Nabi SAW mulai bacaan hingga berbagai gerakan di dalamnya. Dalam ayat ini. Yunus ayat 87. Al-Mujadalah ayat 13.BAB III PEMBAHASAN A. Adapun secara terminologi. 7 . Sholat dengan makna doa tersirat di dalam salah satu ayat al-Qur’an: “Dan sholatlah (mendo’alah) untuk mereka. apabila ia berdiri untuk melaksanakan sholat.ada 5 perintah sholat dengan lafaz “Aqimish-sholata” (Dirikanlah sholat) dengan khithab hanya kepada satu orang. Al-Isra` ayat 78. dan Al-Muzzammil ayat 20. sholat adalah sebuah ibadah yang terdiri dari beberapa ucapan dan gerakan yang sudah ditentukan aturannya yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Thaha ayat 14. At-Taubah: 103). sebagaimana sabda Nabi SAW: “Sesungguhnya hamba. AlAnkabut ayat 45. sehingga tidak ada modifikasi dan inovasi dalam praktik sholat. Juga. yaitu pada Surat: Huud ayat 114. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”(QS. definisi ini merupakan hasil rumusan dari apa yang disabdakan Nabi SAW: “Sholatlah kalian. An-Nuur ayat 56. Maka hendaklah masing-masing di antara kalian memperhatikan kepada siapa dia berbisik”. MAKNA SHOLAT SECARA KESELURUHAN PADA SETIAP DIMENSI Secara etimologi. An-Nisa ayat 177 dan 103.

sholat menempati posisi vital dan strategis. Ar-Ra'du: 28) Dua ayat di atas mengisyaratkan kepada umat islam. Mendirikan sholat punya kesan adanya suatu perjuangan. "(Yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Nabi SAW bersabda: “Perjanjian yang mengikat antara kami dan mereka adalah mendirikan sholat. kalau tidak bisa duduk boleh berbaring. maka ibadah sholat dalam Islam tidak bisa diganti atau diwakilkan. takut. kedisiplinan. bahwa soal ketenangan jiwa adalah janji Allah yang sudah pasti akan diberikan kepada orang yang sholat. tergantung pada keadaan pelakunya. Sehingga. Shalat merupakan salah satu rukun Islam yang menjadi pembatas apakah seseorang itu mukmin atau kafir. bukan laksanakan. Mendirikan sholat beda dengan sekadar melaksanakan. Kemudian setelah itu. hati menjadi tenang. Dimensi Rohani Sholat Allah SWT berfirman di dalam al-Qur’an: "Sesungguhnya Aku ini adalah Allah. sudah sepatutnya. hanya dengan mengingat Allah-lah. dan seterusnya."(Qs. ingatlah.(H.R Muslim) Sedemikian vitalnya sholat. Oleh karena itu. maka sembahlah Aku dan tegakkanlah sholat untuk mengingat-Ku. dan konsentrasi tingkat tinggi. Siapa yang meninggalkannya. Namun. Sebagaimana dalam ayat di atas. tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku. dalam keadaan bermukim dan musafir. dalam keadaan sehat dan sakit. perintah Allah adalah tegakkan. Tentu bukan sembarang sholat. umat Islam memahami maknanya dan mengetahui manfaat dimensi sholat dalam kehidupan manusia." (Qs. baru mengetahui manfaatnya dalam sendi kehidupan mereka. Thaha: 14).Dalam Islam. Hati bisa tenang bila mengingat dan dzikir kepada Allah. sholat merupakan faktor terpenting yang menyangga tegaknya agama Islam. keseriuasan. sedang sarana berdzikir yang paling efektif adalah sholat. 1. khususnya dimensi rohani dan medis sholat. Oleh karena itu. Jika 8 . maka sungguh dia telah kafir”. Apabila tidak bisa berdiri boleh duduk. sikap yang pertama kali harus ditunjukkan adalah bahwa umat islam wajib menjadikan sholat sebagai suatu ibadah dulu. baik dalam kondisi aman. pelaksanaan sholat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Sholat wajib bagi setiap muslim laki-laki dan wanita dalam kondisi apapun.

mengganti gerakan ruku'nya dengan isyarat sedikit membungkuk. “haibah” (segan). tak perlu susah payah. luruskan. Dalam hal ini Imam al-Ghazali menyebutkan enam makna batin yang dapat menyempurnakan makna sholat. sholat hanya merupakan gerakan tanpa arti. manakala orang yang sholatnya itu menyadari sepenuhnya apa yang dilakukan dan apa yang diucapkan dalam sholatnya. Gerakan fisik bisa diganti atau ditiadakan jika memang tidak mampu. Tidak bisa berdiri diperbolehkan duduk. yaitu mereka yang lalai dalam sholatnya. akan tetapi gerakan batin. Oleh karena itu. malah ada ancaman keras dari Allah SWT. Itulah sebabnya Allah memilih kata perintah “aqim” yang berarti dirikan. Sholat dapat disebut sebagai dzikir. mengagungkan Allah. kefahahaman akan bacaan sholat." (HR. yaitu hadirnya hati dalam setiap aktifitas sholat. Dengan kata lain shalat tidak dilalaikan oleh hal-hal yang membuat sholatnya tidak efektif dan komunikatif. yaitu: kehadiran hati. dapat dikatakan bahwa yang lebih penting dan utama dalam sholat itu bukan gerakan fisik. dimana ia mandi pada sungai tersebut setiap 9 . al-Maa'uun: 4-5) Jadi. janji-janji Allah SWT kepada orang yang sholat. Dimensi Medis Sholat Rasulullah SAW bersabda: “Bagaimana pendapatmu apabila seandainya di depan pintu salah seorang di antara kalian terdapat sungai. Ada syaratsyarat tertentu yang harus dipenuhi terlebih dahulu. dan merasa malu. Tapi dzikir kepada Allah SWT tetap harus berjalan. hanyalah capai dan payah saja. Hal ini yang mutlak harus ada." (Qs. berharap. Maka. Ibnu Majah). kualitas sholat seseorang diukur dari tingkat kekhusyu’annya. 2. seperti: ketenangan batin. Bagi yang lalai dalam sholatnya bukan saja tidak bakal mendapatkan janji-janji tadi. cukup santai asal terlaksana. Tanpa kehadiran hati. ketentraman hati dan apalagi pahala tidak serta merta diberikan Allah begitu saja. Dalam hadist riwayat Abu Hurairah di sebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Berapa banyak orang yang melaksanakan sholat. bisa mengganti gerakan berdirinya dengan hanya duduk. Sedangkan gerakan batin tidak bisa di ganti. kapanpun dan bagaimanapun juga. Seorang yang tidak mampu berdiri karena sakit. dengan kalimat "Maka celakalah bagi orang-orang yang sholat. tegakkan.sekadar melaksanakan. Tidak bisa duduk dengan berbaring dan sebagainya. Itulah sebabnya Allah SWT memberi ancaman yang cukup keras kepada hamba-Nya. keuntungan yang diperoleh dari sholatnya. Demikian juga sujudnya.

akan tetapi cukup banyak bukti atas hal itu. tubuh orang-orang yang sholat jarang mengandung persentase tidak normal dari protein imun Antarlokin dibanding orang-orang yang tidak sholat. yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir) yang perbedaannya terletak pada posisi telapak kaki juga memiliki manfaat medis. jasmani dan akhlak yang besar bagi orang yang rajin sholat. tahan terhadap berbagai cobaan dengan jiwa yang toleran dan ridha. Bisa jadi melalui hormon-hormon alami yang dikirim otak ke dalam tubuh di mana orang-orang yang rajin sholat memiliki alat kekebalan tubuh yang lebih aktif daripada mereka yang tidak melakukannya.seperti dilansir situs ‘Laha’. Sekali pun cara kerja pengaruh hal ini masih belum begitu jelas bagi para ilmuan. Gerakan rukuk bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Rasulullah bersabda: “Demikianlah perumpamaan sholat lima waktu. Itu adalah protein yang terkait dengan beragam jenis penyakit menua.R Bukhari Muslim) Sebuah riset di Amerika yang diadakan Medical Center di salah satu universitas di sana ‘Pyok’ . salah satunya penyakit kanker. bahwa sholat dapat memberikan kekuatan terhadap tingkat kekebalan tubuh orang-orang yang rajin melaksanakannya melawan berbagai penyakit. adanya manfaat rohani. misalnya: gerakan takbiratul ihram berhasiat melancarkan aliran darah. saat iftirosy. Riset itu juga menegaskan. kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. maka aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Riset itu mengungkapkan. I’tidal yang merupakan variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. ada beberapa hasil riset medis yang memfokuskan pada gerakan-gerakan sholat. getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Pada waktu sujud aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak dan posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. yang sering disebut sebagai dominasi akal terhadap tubuh.menegaskan.hari sebanyak lima kali. adakah daki yang akan tersisa pada badannya? Mereka menjawab: “Daki mereka tidak akan tersisa sedikitpun”. posisi ini 10 . Allah menghapuskan dosa-dosa dengannya” (H. Di samping itu. Duduk yang terdiri dari dua macam. Para peneliti ini meyakini bahwa secara umum ibadah dapat memperkuat tingkat kekebalan tubuh karena menyugesti seseorang untuk sabar. di samping sebab lain yang mempengaruhi alat kekebalan tubuh seperti stres dan penyakit-penyakit akut.

akan berhasil mencapai kemenangan dan keberhasilan di berbagai sendi kehidupan. Wudhu memberi manfaat antara lain: meningkatkan tekanan darah. Gerakan salam. sebenarnya telah memberikan investasi kesehatan yang cukup besar bagi kehidupan. dengan benar. maka semakin banyak manfaat yang diperoleh untuk kesehatan diri. Mulai dari berwudlu.menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. sedangklan duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra). Sebab. gerakan sholat sampai dengan salam memiliki makna yang luar biasa untuk kesehatan fisik. bahwa tidak terlalu sulit dipahami jika orang yang intens komunikasinya dengan Allah. kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. bermanfaat sebagai relaksasi otot sekitar leher dan kepala untuk menyempurnakan aliran darah di kepala yang bisa mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah. mental bahkan keseimbangan spiritual dan emosional. 11 TELAAH DARI . Dari sini dapat diambil kesimpulan. menambah gerakan jantung. serta memperbanyak kadar CO2 ( Carbon dioksida ) yang keluar. maka dengan izin-Nya energi dan kekuatan itu akan mengalir ke dalam diri manusia tersebut. maka diwajibkan untuk berwudhu. berupa memutarkan kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Berikut rangkaian gerakan dalam sholat yang dapat dikaji. yaitu Allah SWT. sehingga dari kemenangan dunia dan akhirat yang dicita-citakan insyaallah bisa dicapai. Kewajiban sholat yang dilakukan lima kali sehari. Sebagai seorang muslim sebelum melakukan sholat. menambah jumlah sel-sel darah merah. menambah kadar oksigen. Apabila umat Islam melakukan gerakan sholat dengan benar. pada saat sholat seorang hamba sedang ada dalam komunikasi langsung dengan sumber energi dan kekuatan. Apabila manusia sudah dekat dengan sumber energi dan sumber kekuatan itu. Adapun keuntungan atau terapi yang di dapatkan dari berwudhu menurut beberapa penelitian ternyata bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. MACAM-MACAM GERAKAN SHOLAT SEBAGAI MANFAAT KESEHATAN Terdapat berbagai manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh manusia. B. jika dilakukan. mengaktifkan pertukaran (sirkulasi) dalam tubuh. postur irfi mencegah impotensi. tetapi hanya sedikit dari yang memahaminya. melalui sholat yang khusyu’ sebagai sarananya.

ketika berwudhu dapat membersihkan hidung dari separuh kuman. orang yang tidak berwudhu warna hidung mereka memudar dan berminyak. Sedangkan memasukkan air dua kali. mengurangi kekejangan menjadikan rileks syaraf-syaraf dan otot. Menurut pengamatan melalui mikroskop. kecemasan dan insomnia”. Selanjutnya. maka hidung benar-benar bersih dari kuman. yang kemudian dapat dibersihkan melalui wudhu berikutnya. Takbiratul Ihram 12 . “Para Pakar berkesimpulan bahwa mencelupkan anggota tubuh ke dalam air akan bisa mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat. Penelitian itu juga menjelaskan pentingnya memasukkan air ke hidung sekali saja. Ahmad Syauqy Ibrahim. radang paru-paru. seorang peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Iskandariah dengan studinya tentang manfaat medis yang digali dari ibadah wudhu mengatakan. bagian-bagian sholat yang lain adalah: 1. bersih dan tidak ada debu. kotoran debu lebih ke dalam. lakukan istinsyaq (mengambil air ke hidung) kecuali jika kamu berpuasa”. Adapun orang-orang yang teratur berwudhu. dapat menambah 1/3 kebersihan. Istinsyaq dan Istintsar dapat menghilangkan 11 bakteri membahayakan yang ada dalam hidung. Adapun orang yang selalu berwudhu hidung mereka tampak bersih dari kuman. hidung orang-orang yang tidak berwudhu merupakan tempat pertumbuhan kuman dalam jumlah besar yang cepat penularannya.Muhammad Salim. dan panas rheumati. Dr. Secara ilmiah hidung terjaga kebersihannya selama 3 sampai dengan 5 jam saja.kemudian kotoran kembali lagi. Jika memasukkannya sampai tiga kali. Dari penelitian juga menyatakan bahwa persentase terkena penyakit bagi orang yang tidak sholat dan tidak berwudhu. anggota Ikatan Dokter Kerjaan Arab Saudi di London dan Penasihat Jantung mengatakan. yang menyebabkan penyakit saluran pernafasan. Rongga hidung memiliki permukaan yang lengket dan berwarna gelap. lebih banyak dari pada orang-orang yang berwudhu. Hikmah tersebut memperkuat sabda Rasulullah “Sempurnakan wudhu. hilangnya kenaikan detak jantung dan nyeri-nyeri otot. permukaan rongga hidungnya tampak cemerlang.

3.Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. khususnya pada tubuh bagian atas. 2. Ruku’ Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian. I’tidal 13 . dan kekuatan otot lengan. Selain itu. maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Posisi jantung sejajar dengan otak. Saat mengangkat kedua tangan. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. getah bening (limfe). rukuk adalah sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostate dapat dicegah. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.Gerakan ini bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ-organ pencernaan. 5. tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. 4. Duduk di antara sujud 14 . Khusus bagi wanita. Pada saat I’tidal dilakukan. Sujud Posisi sujud berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. sebaiknya lakukan sujud dengan tuma’ninah. organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian sehinga memberi efek melancarkan pencernaan. Posisi jantung di atas otak menyebabkan daerah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak.

bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Gerakan sujud tergolong unik. otak mendapatkan pasokan darah 15 . Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang di dalami Prof. kelenjar kelamin pria (prostate) dan saluran vas deferens. posisi jantung berada di atas kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. 6. Soleh. gerakan ini mengantarkan manusia pada derajat setinggi-tingginya. Artinya. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak. Sujud memiliki falsafah bahwa manusia meneundukkan diri serendah-rendahnya. Salam Salam bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah. Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin. pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan oksigen. posisi seperti ini mampu mencegah impotensi. Pada saat sujud.Posisi ini mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tidak mampu berjalan dan baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra). Jika dilakukan dengan benar. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarru’ menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali.

darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikuti waktu shalat. seluruh gerakan sholat bertujuan meremajakan tubuh. Urat saraf tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. salah satu cara untuk menyembuhkan rematik (khususnya pada tulang punggung) yang disebabkan ketidakseimbangan otot adalah dengan berolahraga. Adapun beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh sholat baik gerakan. Sholat mampu menyembuhkan rematik Para ilmuan dan para dokter mengungkapkan. Pada dasarnya. Berdasarkan saran dari dokter ini maka tidak ada solusi terbaik untuk menghindari rematik sejak dini kecuali dengan melaksanakan sholat 5 waktu secara konsisten. semakin banyak hikmah yang diperoleh dari gerakan-gerakan tersebut untuk tubuh. sebagaimana yang telah diwajibkan dalam Islam. regenerasi pun berlangsung dengan lancar. wudhu. Dengan kata lain. karena gerakan sholat adalah jenis gerakan terbaik yang mampu mengembalikan fungsi otot dengan baik. sujud yang tuma’ninah dan kontinu dapat memicu peningkatan kecerdasan seseorang. Apalagi jika dilakukan secara rutin. maka sel-sel yang rusak dapat segera tergantikan. Ini berarti. Semakin banyak rakaat yang dikerjakan. Darah tidk akan memasuki urat saraf di dalam otak melainkan ketika seseorang sujud dalam shalat. tentu saja gerakan itu adalah gerakan yang tuma’nina (tidak tergesa-gesa) dan sebaiknya lebih lama. b. Gerakan yang dilakukan secara berulang tersebut merupakan terapi terbaik dan penyembuhan terhebat bagi siapapun yang menderita penyakit tulang dalam waktu yang cepat. berdiri tegak dan sujud. Gerakan-gerakan sholat memberi kontribusi yang besar prosesnya adalah: a. Setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara normal. Gerakan yang dimaksud adalah gerakan rukuk. Manfaat Sholat untuk kelancaran sistem peredaran darah dan terapi penyakit jantung: 16 bagi kesehatan tubuh. dan .kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya.

c. d. Kenapa?. dan solusi terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menghilangkannya dengan membersihkannya secara berulang kali. Beberapa tahun terakhir tersebar penyakit desk di kalangan penduduk prancis tersebar penyakit desk dengan persentase 18 dari 20 orang karena duduk dalam waktu yang lama di perpustakaan. Sholat merupakan gerakan olahraga terbaik. Lucunya. mengikis timbunan lemak di sekitar perut dan paha dan memperlambat efek-efek penuaan pada tubuh. Selain itu keringat dan lemak yang keluar dari pori-pori tubuh dan bercampur dengan debu pada umumnya mengandung zat kimiawi dan bakteri berbahaya. Manfaat wudhu dalam terapi penyakit kanker kulit Berbagai kajian yang berhubungan dengan faktor pemicu kanker kulit mengungkapkan bahwa faktor yang mendominasi munculnya kanker kulit adalah karena kulit banyak menyrap zat kimiawi. karena kajian kedokteran mengungkapkan bahwa gerakan ruku’ dan sujud dalam waktu yang lama mampu menstabilkan detak jantung. Kasus ini umumnya banyak dialami oleh penderita degan persentase 5 dari seribu orang non muslim pasca bedah. sehingga peredaran darah berjalan lancar serta meminimalisir tekanan darah tinggi secara akut di kepala. dengan demikian sholat adalah latihan yang paling mudah dan cocok dijadikan sebagai olah tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh. berdampak pada perubahan pada gerak otot dan hal ini mampu membangkitkan semangat baru pada tubuh. konsistensi sholat pun mampu menjaga bentuk ideal tubuh dan gerakannya serta mempercepat munculnya vitalitas tubuh secara non stop 24 jam setiap harinya. Bahkan. karena diketahui secara medis dengan disiplin melakukan sholat setiap waktunya plus sholat malam. Manfaat istinsyaq 17 .Penelitian kedokteran mengungkapkan bahwa kasus tersumbatnya peredaran darah yang berimbas pada terhambatnya fungsi paru-paru dan kasus tersumbatnya peredaran darah di kaki bukanlah termasuk kasus yang dialami oleh kaum muslimin yang disiplin melakukan sholat. para dokter yang menganalisisnya malah merekomendasikan dan menyimpulkan bahwa sholat dalam agama Islam adalah solusi terbaik untuk terapi penyakit desk. Kenapa. e.

penyakit jantung. Jika semuanya itu terus terjadi. Di bagian bulu hidung umumnya rentan dihinggapi debu dan kotoran. syaraf menjadi menjauh dari sistem pencernaan sehingga prosesnya terganggu. kelumpuhan dan penyakit lainnya. kesimpulan yang mereka dapatkan adalah bahwa persentase penderita tekanan darah tinggi. Otomasis Hidung yang kotor tersebut ditemukan kumpulan mikroba dan bakteri. Dalam harian surat kabar “London West” diungkapkan bahwa selama 10 tahun. berminyak. Dengan sholat yang khusyu’ dapat dipastikan kekhawatiran dalam diri akan hilang.Istinsyaaq adalah membersihkan lubang hidung dengan cara menyedot air pada lubang hidung lalu menyemburkannya kembali. Manfaat sujud ditinjau dari sisi kesehatan 18 . Istinsyaaq adalah solusi dan terapi terbaik karena dilakukan berulang-ulang ketika akan sholat. Padahal penyakit banyak tersebar melalui pernafasan. Jadi. maka permasalahan pada tubuh dan akhirnya otak pun terjadi. Maka benarlah apa yang disabdakan Rasulullah : “Lapangkanlah diri kami dengan sholat wahai Bilal”. mulai dari influenza. Kadar gula pada hati makin menumpuk dan persentasenya meningkat dalam aliran darah. Hasil yang diperoleh adalah hidung bagian dalam yang tidak dibasuh umumnya berwarna pucat. Sekelompok peneliti dari Fakultas Kedokteran di Iskandariyah Mesir. serat penuh debu dan kotoran. radang paru-paru. depresi dan stress tidak begitu banyak menyerang mereka yang konsisten dengan ritual ibadahnya. Selanjutnya hal tersebut akan berpengaruh pada meningkatnya detak jantung akibat tekanan darah menuju jantung. yakni ajakan Rasulullah agar bilal mengumandangkan adzan agar Beliau dan sahabat melakukan sholat untuk bermunajat dan menenangkan hati kepada-Nya f. Berbagai gejolak pemikiran dan penyimpangan perilaku ini menjadi imbas pengaruh buruk tersebut. Berbagai kajian psikologi modern mengungkapkan bahwa semua motivasi dan daya rasa manusia sangat terkait erat dengan perubahan zat kimia dalam otak. Meningkatnya adrenalin dalam tubuh sebanding dengan peningkatan kekhawatiran dalam diri seseorang. Eropa mengadakan penelitian komparasi antara mereka yang selalu disiplin melakukan ritual ibadah dengan mereka yang tidak pernah sama sekali. Selain itu. bekerja sama dengan kelompok peneliti kesehatan dan obat-obatan melakukan penelitian untuk mengungkap hubungan antara ilmu pengetahuan dan aktivitas berwudhu.

Saya tidak bisa melakukan justifikasi akan hukum itu. Banyak pro dan kontra atas isu tersebut. khususnya tangan. lalu kenapa kita malah memalingkan diri dari sholat yang merupakan manifestasi yang dahsyat dan melakukan meditasi yoga? Sungguh tidak perlu diperdebatkan dengan menguras nalar. Bilangan tersebut dianggan bilangan yang tepat untuk meningkatkan aktivitas otot dan saraf tubuh serja menjaga keseimbangan antar sendi. Kedahsyatan sholat tahajjud dan sholat subuh (yang tepat waktu) 19 . Manfaat kehusyukan dalam sholat William Molton Marstein. seorang pemimpin akan memusatkan pikirannya dalam menghadapi masalah. Misal. g. (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya” (QS Al-Mu’minuun 1-2) h. Selain itu meningkatnya lipatan tangan mampu melancarkan peredaran darah dari atas pergelangan ke bawah hingga mampu mencegah infeksi yang umumnya menyerang pergelangan tangan. peredaran darah dalam tubuh bisa berjalan dan bergerak dengan mudah dari atas ke bawah. tentu saja kekuatan yang didapatkan sangat jauh. Berkaitan dengan itu di Amerika dilakukan latihan berbicara kepada suatu obyek dengan menghadirkan hati dalam setiap kalimat yang diucapkannya dengan tujuan meningkatkan semangat dan kekuatan untuk berkeinginan dalam beraktivitas. Tapi. paha. Dengan aktivitas sujud juga. lutut dan kaki. seorang ahli psikolog pada majalah “Reader Digest” mengungkapkan bahwa bahwa kemampuan untuk memusatkan pikiran biasa dialami oleh setiap individu dalam kehidupannya. Hal yang dapat menurunkan kemampuan memusatkan pikiran. Dzat Yang Maha Agung. “Sesungguhnya sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman.Pengulangan sujud dalam sholat setiap harinya minimal dilakukan 34 x. mengacu pada manfaat kekhusyukan dalam sholat serta temuan bahwa sholat mampu menghilangkan kekhawatiran dalam diri dengan menuju kepada Allah. Jika saja mereka tahu tentang sholatnya kaum Muslim. bahkan merusaknya merupakan penyimpangan serta terlalu sibuk dalam menuruti hawa nafsu. Dan harap dicatat: obyek yang dituju dalam sholat adalah Dzat Yang Maha Agung. William juga mengungkapkan bahwa akal merupakan alat yang mengagumkan dan memiliki kemampuan yang sangat hebat jika difokuskan pada suatu titik. muncul kontroversi hukum haram terhadap yoga. Subhanallah Akhir-akhir ini.

Secara terminologi. Pengertian sholat: Secara etimologi. konsisten melaksanakan puasa dan melaksanakan sholat demi mengharapkan ridha-Nya ketika orang lain sedang tertidur.Melalui berbagai penelitian. Para ulama dan ilmuwan modern banyak menganjurkan agar setiap manusia bangun dari tidurnya setelah 4 jam. Hal ini dikarenakan lemak yang ada dalam darah menempel pada dinding syaraf di sekitar jantung. karena tuma’ninah merupakan tekhnik relaksasi dalam sholat. sebuah fakta ilmiah mengungkapkan bahwa seseorang yang tidurnya dalam waktu yang sangat lama akan sangat mudah terserang penyakit jantung. memberikan makan kepada orang yang membutuhkan. wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab.” Diperuntukkan untuk siapakah tempat itu. Sholat sebaiknya dilakukan secara tuma’ninh. khususnya jantung karena menghindarinya dari timbunan lemak. Lalu seorang Arab bertanya. percobaan dan kajian. BAB VI PENUTUP A. Kesimpulan 1. Hal ini berguna untuk menghindari bahaya serangan jantung dan menjaga vitalitas tubuh.” (HR Ahmad). kemudian melakukan gerakan tubuh ataupun melakukan kegiatan yang membutuhkan otot selama 1/4 jam. Relaksasi ini merupakan jalan meditasi atau perjalanan jiwa menuju Allah sehingga diperlukan persiapan yang siap maupun rileks. ” Bagi siapa saja yang memiliki ucapan yang baik. ” Dalam surga terdapat suatu ruangan yang dari luar bisa terlihat dalamnya dan dari dalam bisa dilihat luarnya”. Rasulullah Saw bersabda. yakni dengan menganjurkan setiap individu untuk bisa bangun melakukan sholat tahajud pada 1/3 malam terakhir dan dilanjutkan dengan sholat subuh. Jadi ajaran Islam telah mendahului temuan modern dalam mengungkapkan fenomena di atas untuk kemudian menyarankan suatu manajemen kesehatan tubuh yang indah. Diriwayatkan Ali. kata sholat menurut para pakar bahasa adalah bermakna “doa”. sholat adalah sebuah ibadah yang terdiri dari beberapa ucapan 20 .

Saat mengangkat kedua tangan. Ruku’ Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. dan kekuatan otot lengan. Secara keseluruhan selama hidup umat Islam adalah 1. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Manfaat gerakan sholat : a. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. khususnya pada tubuh bagian atas. maka dengan izinNya energi dan kekuatan itu akan mengalir ke dalam diri manusia tersebut. pada saat sholat seorang hamba sedang ada dalam komunikasi langsung dengan sumber energi dan kekuatan. Menurut dimensi rohani dan dimensi medis melalui sholat yang khusyu’ merupakan sarana mencapai kemenangan dan keberhasilan di berbagai sendi kehidupan. yaitu Allah SWT. otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar.5 % 3. getah bening (limfe). Selain itu. c. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian. Posisi jantung sejajar dengan otak. Apabila manusia sudah dekat dengan sumber energi dan sumber kekuatan itu. Sebab. 2. b. 4. sehingga dari kemenangan dunia dan akhirat yang dicita-citakan insyaallah bisa dicapai. rukuk adalah sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostate dapat dicegah.dan gerakan yang sudah ditentukan aturannya yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. I’tidal 21 . Takbiratul Ihram Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah. maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah.

Posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. Salam Salam bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah. Oleh karena itu. e. baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan. f. 22 . Duduk di antara sujud Posisi ini mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tidak mampu berjalan dan baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra). organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian sehinga memberi efek melancarkan pencernaan. Sujud Posisi sujud berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. sebaiknya lakukan sujud dengan tuma’ninah. Pada saat I’tidal dilakukan. Khusus bagi wanita. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang.Gerakan ini bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ-organ pencernaan. kelenjar kelamin pria (prostate) dan saluran vas deferens. d. Jika dilakukan dengan benar. tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organorgan gerak. posisi seperti ini mampu mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarru’ menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Posisi jantung di atas otak menyebabkan daerah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak.

Lengkap&id=51 (diakses tanggal 27 pukul 10.DAFTAR PUSTAKA Sangkan. Abu. Pelatihan Sholat Khusyu’ Sholat Sebagai Meditasi Tertinggi dalam Islam.00 WIB) http://arrahmah.com/healthy/healthy-detail/read/gerakan-salat-dilihat-dari-segi-kesehatan/ (diakses tanggal 27 pukul 10.2007.org/index.ucantik.j?m=Artikel. Jakarta: Shalat Center dan Baitul Ihsan http://www.00 WIB) 23 .

html (diakses tanggal 27 pukul 10.forumotion. antara lain: 24 .http://ex3bogor.00 WIB) Dalam kaitan ini saya membeberkan manfaat yang merupakan temuan riset yang spektakuler tentang gerakan dan bacaan sholat.com/t271-shalat-di-tinjau-dari-segi-medis-kesehatan (diakses tanggal 27 pukul 10.00 WIB) http://www.id/web-site/ukm-islam/artikel/menyehatkan_badan_dengan_shalat.ac.unri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful