P. 1
Tugas,Ciri Khusus Hewan

Tugas,Ciri Khusus Hewan

|Views: 3,268|Likes:
Published by Umi A-z

More info:

Published by: Umi A-z on Feb 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2013

pdf

text

original

Klasifikasi dan Jenis Ikan Lele

Ikan Lele (Clarias) adalah marga (genus) ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini mempunyai ciri-ciri khas dengan tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang serta mimiliki sejenis kumis yang panjang, mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Ikan ini sebenarnya terdiri atas berbagai jenis (spesies). Sedikitnya terdapat 55 spesies (jenis) ikan lele di seluruh dunia. Ikan-ikan marga Clarias ini dikenali dari tubuhnya yang licin memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung dan siripanus yang juga panjang, yang terkadang menyatu dengan sirip ekor, menjadikannya nampak seperti sidat yang pendek. Kepalanya keras menulang di bagian atas, dengan mata yang kecil dan mulut lebar yang terletak di ujung moncong, dilengkapi dengan empat pasang sungut peraba (barbels) yang amat berguna untuk bergerak di air yang gelap. Lele juga memiliki alat pernafasan tambahan berupa modifikasi dari busur insangnya. Terdapat sepasang patil, yakni duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya

Paus bukan tergolong dalam keluarga ikan. Basilosaurus mempunyai panjang 25 meter. . Fosil menunjukkan bahwa paus berasal dari hewan daratan berkuku. Salah satu paus terawal yang telah punah adalah Basilosaurus yang mempunyai kepala kecil bermoncong menonjol dan bergigi. kebanyakan ada di paus dewasa) • berdarah panas • mempunyai kelenjar susu • mempunyai jantung dengan empat ruang Paus purba berevolusi pada pertengahan tempo Eocene. adalah Ambulocetus.Paus (mamalia) Paus atau lodan (khusus yang bergigi dan bukan berukuran kecil) adalah sekelompok mamalia yang hidup di lautan. kemungkinan dari hewan seperti Mesonychid (hewan seperti serigala yang tinggal di pesisir pantai) yang berangsurangsur kembali menghunii lautan sekitar 50 juta tahun yang lalu. Sebutan "paus" diberikan pada anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar. Paus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: • bernafas menggunakan paru-paru • mempunyai rambut (sedikit. Satu lagi kemungkinan hewan lain yang berubah menjadi paus. kira-kira 50 juta tahun yang lalu. mamalia seukuran anjing laut namun memiliki panjang 3 meter seberat 325 kilogram.

Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Felis silvestris catus. Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM.KUCING Kucing. adalah sejenis karnivora. dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan. dan macan. siam. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia. manx. kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. . sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.[5] Saat ini.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang manyimpan hasil panen. harimau. sphinx.[4] Orang Mesir Kuno dari 3.[6] Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed). seperti persia.[3] tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa.

. Di dunia ini ada sekitar 75. Tawon bisa ditemukan di seluruh dunia.Lebah Lebah adalah serangga terbang yang mudah dikenali karena dikenal suka menyengat bila diganggu dan warnanya yang mencolok pada beberapa spesies. Tawon kadang-kadang dikelirukan sebagai lebah oleh orang awam. kecuali di daerah terlampau panas dan terlampau dingin. Tawon termasuk dalam ordo Hymenoptera yang juga beranggotakan semut dan lebah.000 spesies tawon yang sudah diketahui manusia dan sebagian besar dari mereka hidup sebagai parasit dengan menaruh telurnya di tubuh hewan lain.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->