P. 1
Definisi perilaku

Definisi perilaku

|Views: 874|Likes:
Published by Miftah Zuhro

More info:

Published by: Miftah Zuhro on Feb 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2013

pdf

text

original

Pengertian Perilaku

Eky Okviana S.Psi, M.Psi, Psikolog

mulai dari perilaku yang paling nampak sampai yang tidak tampak.Pengertian  pengertian perilaku. perilaku adalah segenap manifestasi hayati individu dalam berinteraksi dengan lingkungan. dari yang dirasakan sampai yang paling tidak dirasakan .

pendekatan ini menitikberatkan pada hubungan antara perilaku dengan kejadian yang berlangsung dalam tubuh (otak dan saraf) karena perilaku diatur oleh kegiatan otak dan sistem saraf. menurut pendekatan ini individu tidak hanya menerima stimulus yang pasif tetapi mengolah stimulus menjadi perilaku yang baru. pendekatan ini menitikberatkan pada perilaku yang nampak.5 Dasar Pendekatan-pendekatan dalam perilaku      (1) pen¬dekatan neurobiologik. menurut pandangan ini perilaku individu didorong oleh insting bawaan dan sebagian besar perilaku itu tidak disadari. (5) pandangan humanistik. perilaku individu bertujuan yang ditentukan oleh aspek internal individu. (3) pendekatan kognitif. perilaku dapat dibentuk dengan pembiasan dan pengu¬kuhan melalui pengkondisian stimulus. (4) pandangan psiko¬analisis. (2) pendekatan behavioristik. . Individu mampu mengarahkan perilaku dan memberikan warna pada lingkungan.

perilaku yang melalui kerja otak dan pusat susunan saraf. c) perilaku tampak dan tidak tampak. e) perilaku kognitif. d) perilaku sederhana dan kompleks. perilaku yang spontan atau instingtif.Jenis-Jenis Perilaku Individu      a) perilaku sadar. b) perilaku tak sadar. konatif. dan psikomotor. afektif. .

(iv) kebutuhan terpenuhi/rasa puas . (ii) aktivitas dilakukan. perilaku merupakan siklus dari: (i) dorongan timbul.    dalam pandangan humanistik. (iii) tujuan dihayati.

adalah proses belajar mengenal segala sesuatu yang berada di lingkungan sekitar dengan meng¬gunakan alat indera peng¬lihat¬an (mata).Dinamika Perilaku Individu  a) Penga¬matan atau penginderaan (sensation). dan perabaan (kulit. pengecap (lidah). termasuk otot). pendengaran (telinga). . pembau (hidung).

Ciri umum persepsi ter¬kait dengan dimensi ruang dan waktu. adalah menafsirkan stimulus yang telah ada di otak atau pengertian individu tentang situasi atau penga¬laman. terstruktur. b) Persepsi (perception). dan pe¬nuh arti. serta penga¬laman . nilai dan kebutuhan individu. Persepsi bersifat subjektif dan dipengaruhi oleh perhatian selek¬tif. ciri-ciri rangsangan. menye¬luruh.

Proses berpikir kreatif terdiri dari: persiapan. inkubasi. Berpikir bertujuan untuk membentuk pengertian. . iluminasi. membentuk pendapat. dan menarik kesimpulan. Jenis berpikir ada dua. dan verifikasi. yaitu berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi. c) Berpikir (reasoning). adalah aktivitas yang bersifat ideasional untuk menemukan hubungan antara bagian-bagian pengetahuan.

Proses sensorik motorik    Pengertian Proses sensorik adalah proses persyarafan yang ada hubungannya dengan sensor untuk panca indra Proses motorik adalah proses yang langsung melibatkan otot untuk bergerak dan menjadikan seseorang bisa bergerak atau menggerakkan seluruh anggota tubuhnya .

  Stimulus.Indra.Perilaku. Stimulus.Reseptor ®.Otak motorik (Respon) .Syaraf pusatEfektor(E).

Faktor yang mempengaruhi proses sensorik    -Kesehatan panca indra -keberfungsian dari panca indra -kelengkapan dari pnca indra .

Syaraf pusat-efeknya-perubahan perilaku .Hubungan Proses sensorik dengan Tingkah laku  Dimana ada stimulus-Reseptor.

 Thank You For Your Attention .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->