MAKALAH

“DIALOG INTERAKTIF”
Sebagai Salah Satu Tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Disusun oleh : Ketua Anggota : Rizki Ilahi S. : 1. Een Widaningsih 2. M. Arip Soleh 3. Lastri Ismayanti 4. Ujang Heryandi

SINA PENDIDIKAN SMPN 3 BAYAH
Jln. Raya Bayah – Cikotok Km. 7 Pasir Anging

... 21 Oktober 2010 Penyusun . Mudah-mudahan dengan adanya makalah ini kita dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai apa dan bagaimana bentuk “Dialog Interaktif”.. !!! Wassalamu’alaikum wr. Wb. Puji serta syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT.. wb Bayah. Kami dari kelompok 1 akan mengulas sedikit pengertian dari dialog nteraktif. Demikian sambutan dari kami mudah-mudahan makalah ini bisa bermanfaat... Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca terutama kami pribadi.. Amiin. Karena atas berkat dan rahmatnya kami bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik dan cepat.KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum wr.

.................................................. DAFTAR PUSTAKA .......................................1.. Pengertian dialog interaktif................................... 3........ 1.......................................... Contoh....... Tujuan...................... 2...................1.................................................3................................... Unsur dialog interaktif.............................2............................................................. 2..... Saran....... Kesimpulan.............................................. BAB I PENDAHULUAN......2...... DAFTAR ISI....................... BAB III Penutup......................................DAFTAR ISI Hal KATA PENGANTAR.......................................... 3.............. Latar Belakang Masalah..............................................1... BAB II ISI.................................................2............................................................................ i ii 1 1 1 2 2 2 3 4 4 4 1....................................................... 2........

3. Meningkatkan kreatifitas Menambah ilmu pengetahuan Melatih kerja sama dengan tim / teman Meningkatkan kemampuan menulis dalam membuat makalah dan meningkatkan kemampuan berbiacara dalam diskusi . Maka dari pada itu kami akan mencoba sedikit menerangkan tentang dialog interaktif. 1. 2.1 Latar Belakang Masalah Latar belakang masalah ini adalah banyaknya siswa yang belum memahami apa dan bagaimana bentuk dialog interaktif. 4. Tujuan Tujuan dari disusunnya makalah ini adalah : 1.2.BAB I PENDAHULUAN 1.

Adapun nara sumber yang dipilih adalah orang tahu persis tentang informasi yang ingin disampaikan.1. Pengertian Dialog Interaktif Dialog nteraktif adalah percakapan yang dilakukan di televisi atau radio yang dapat melibatkan pemirsa dan pendengar melalui telepon.2. Kalian juga dapat memperoleh informasi dengan bertindak sebagai pihak yang fasip yaitu mendengarkan dengan sesama suatu. Unsur dialog interaktif Dalam dialog interaktif kita juga harus meningkatkan prinsip %W + 1H berikut ini : What = apa yang didialogkan Who = siapa yang didialogkan When = kapan dialog dilakukan Where = dimana dialog dilakukan Why = mengapa dialog dilakukan Why = mengapa dialog dilakukan How = bagaimana hasil dialog tersebut . 2.BAB II ISI 2.

Setelah hadir di studio saya akan perkenalkan duu nara sumber Ibu Nuraini. Contoh Penyiar : “selamat malam.” Ibu Nuraini : Selamat malam pak Anwar Sapeudin dan para pendengar di rumah Penyiar : “Selamat malam!” Bu bagaimana kesalahan saat ii sehingga banyak fuel pump yang rusak ! Ibu Nuraini : Mingkin ada bahan atau alat yang rusak Penyiar : Apa saat ini msih dicari tahu kesalahannya ! Ibu Nuraini : Yah masih !. pertama dari minyak.3. Selamat malam ! .2. Penyiar : terima kasih pada pendengar acara ini cukup sampai disini saja. jumpalagi dengan saya Anwar Saepudin dalam dialog interaktif rusaknya fuel pamp. apa minyaknya tercampur dengan air atau alat yang lain ada yang putus.

Kesimpulan Setelah pelajaran ini dapat disimpulkan bahwa dialog interaktif adalah percakapan yang dilakukan di televisi atau radio yang dapat melibatkan para pendengar melalui telepon.1. 3. dan mudah-mudahan dapat dimengerti apa yang disampaikan dalam makalah ini. Saran Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi para pembaca selebihnya buat kami. . dan jangan lupa sering diadakan latihan pembuatan makalah berikut berdiskusi.BAB III PENUTUP 3.2.

Dasar-Dasar Meresensi Buku. Bahasa Indonesia. 1997. . Jakarta : Balai Pustaka. 2000. Jakarta : Dunia Pustaka Jaya Asul Wiyanti. terampil Pidato. Chaniago. 2001. 1997. 2002. 1977. Jakarta : Grasindo Daniel Samad. Pengantar Semantik. Kata-Kata Mutiara. Laut Biu Langit Biru.DAFTAR PUSTAKA Abdul Chaer. Jakarta : Rineka Cipta Ajip Rosidi. Terampil Bermain drama. Bandung : Pustaka Setia Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta : grasindo _________. Jakarta : Grasindo _________. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002. Jakarta : Grasindo Darwan S. Kesusastraan Sekolah. 2005.