Adil, Ridha, Amal Saleh

ƒ Allah SWT menetapkan bahwa setiap manusia masing-masing bertanggung jawab atas perbuatannya. ƒ Seseorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain dan tidak memperoleh pahala selain apa yang telah diusahakannya sendiri. Allah akan membalasnya dengan adil dan setimpal ƒ . ƒ Adil sering diartikan sebagai sikap moderat. obyektif terhadap orang lain dalam memberikan hukum.Prinsip adil/keseimbangan itu menjadi ciri utama keberlangsungan dunia.

keluarga.µDan Allah telah meninggikan langit-langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan) supaya kamu jangan melampaui batas neraca itu. bernegara. dan berbangsa. Dan tegakkanlah timbangan itu dengan dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca ituµ Sikap adil akan memberikan keistimewaan dan keuntungan pada diri kita sendiri. bermasyarakat.ƒ ƒ Al Qur·an dalam surah Ar-Rahman / 55:79. .

ƒ ƒ Kita harus menempatkan diri pada tempat yang benar. dan ibadah lainnya . yakni sebagai makhluk Allah SWT dan dengan utuh melaksanakan apa yang telah diwajibkan kepada kita. menjunjung tinggi petunjuk dan kebenaran daripadaNya. puasa. zakat. menyembah kepadaNya dengan melaksanakan shalat. Untuk mewujudkannya kita wajib beriman kepada Allah SWT.

ƒ ƒ ƒ ƒ Menempatkan diri sendiri pada tempat yang baik dan benar. Jujur terhadap diri sendiri dan jika berbuat salah kita harus berani mengoreksinya . kukuh menempatkan diri agar tetap terjaga dan terpelihara dalam kebaikan dan keselamatan. Menjaga dan memelihara agar diri sendiri hidup selamat bahagia didunia dan akhirat kelak. Teguh.

Memberikan hak orang lain dengan jujur. baik berupa materiil maupun non materiil. tidak mengurangi sedikitpun hak yang harus diterimanya.ƒ ƒ ƒ Menempatkan orang lain pada tempatnya yang sesuai. Tidak menyakiti dan merugikan orang lain. . layak dan benar.

Melindungi makhluk hidup lainnya Memperlakukan makhluk hidup lainnya dengan layak .ƒ ƒ ƒ ƒ Menempatkan makhluk lain pada tempatnya yang sesuai. Menjaga kelestarian lingkungan.

taat dan patuh terhadap Allah SWT melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab Menciptakan ketentraman dan kerukunan hidup. tentram. karena tidak pernah melakukan perbuatan yang merugikan atau menyakiti orang lain Membentuk pribadi yang dapat melaksanakan kewajiban dengan baik. tenang dalam jiwa dan tidak ada rasa khawatir kepada orang lain. ƒ ƒ ƒ .ƒ Terciptanya rasa aman. hubungan yan harmonis dan tertib dengan orang lain Dapat memanfaatkan alam sekitar untuk kemashlahatan dan kebaikan hidup di dunia dan akhirat.

hukum. . Apabila kita menerima cobaan dari Allah maka kita harus rida. bersabar. Menurut istilah rida berarti menerima dengan rasa senang apa yang diberikan oleh Allah baik berupa peraturan.ƒ ƒ ƒ Kata rida berasal dari bahasa Arab yang artinya rela dan menerima dengan suci hati. dan bertawakal. ataupun qada dan qadar atau ketentuan nasib.

ƒ ƒ . dan yang berupa kemalangan dengan sabar dan tawakal.S At-Taubah 9: 59) ƒ 2. Rida terhadap qada dan qadar Allah SWT yang berkaitan dengan nasib ƒ Menerima qada dan qadar Allah SWT yang berupa kenikmatan dengan rasa syukur.1. tidak merasa terpaksa atau dipaksa (Q. dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah SWT dan rasa senang. Rida terhadap hukum (peraturan) Allah SWT Melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-NYA.

ƒ Islam menghendaki umatnya menjadi manusia produktif dengan amal saleh . baik perbuatan lahir dan batin. ƒ Orang yang berbuat perilaku-perilaku tercela akan mendapatkan balasannya dari Allah SWT yang berupa api neraka.Amal saleh adalah perbuatan yang baik. ƒ . akan mendatangkan kebaikan-kebaikan baik bagi kehidupan di alam dunia maupun di akhirat nanti. ƒ Apabila amal saleh itu dikerjakan dengan niat dan ikhlas karena Allah.

TERIMA KASIH .