DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.......................................................................... i DAFTAR ISI........................................................................................ ii BAB I PENDAHULUAN................................................................................ 1

Tangerang. sehingga makalah yang berjudul ³peraturan perlombaan renang terbaru´ ini dapat terselesaikan. terima kasih penulis ucapkan kepada bapak guru penjaskes yang telah memberikan bimbingan dan saran dalam penulisan makalah ini. Penulis menyadari makalah ini jauh dari sempurna. namun setidaknya makalah ini sudah memberikan sedikit kontribusi ilmu. 14 januari 2012 . antara lain untuk mempelajari aturan aturan baru olahraga renang agar dapat difahami pada setiap membaca. dan pada para siswa yg menerapkan pada umumnya. Selanjutnya.KATA PENGANTAR Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dalam melaksanakan tugas kita masing masing dan senantiasa selalu dalam lindungan serta karunia-NYA. Amin . tiada kata yg pantas diucapkan kecuali puji syukur kehadiran allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-NYA. Adapun maksud dan tujuan penulisan makalah ini. Selanjutnya penulis berharap makalah ini dapat menambah ilmu pengetahuan kepada seluruh pembaca makalah ini pada khususnya.

Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal. gaya kupu-kupu. renang perairan terbuka. dan pemenang semifinal maju ke babak final. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Banyak peraturan dari gaya bebas. dan polo air. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas. gaya kupu kupu. Didalam perlombaan renang juga memiliki peraturan peraturan yang akan dilakukan saat renang. cabang cabangnya dan organisasinya . Makalah ini akan membahas tentang keseluruhan mengenai renang yg didalamnya terdapat peraturan peraturan perlombaan. Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renang di Indonesia. peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional (FINA). untuk lebih jelasnya mengenai renang selengkapnya akan dibahas dalam makalah ini. renang indah. gaya punggung. Bersama-sama dengan loncat indah.BAB I PENDAHULUAN Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. renang juga memiliki organisasi yg mengurus dari tingkat dunia sampai tahunnya. dan gaya dada. dan renang juga memiliki banyak cabang cabangnya . . gaya punggung .

Ajarkan cara membuang nafas di air. bahkan orang dewasa yang belum pernah masuk ke dalam kolam renang biasanya akan menjadi takut/cemas ketika akan masuk ke dalamnya. . dengkul tidak boleh ditekuk) Catatan Untuk belajar mengapung ini. Tahap berikutnya : . bisa mulai diajak ke kolam renang yg sedikit agak lebih dalam (Ingat !!! Sebaiknya dia masih tetap bisa menginjakkan kakinya ke lantai kolam renang tanpa tenggelam. sekarang kita ke tahap berikutnya . Dengan posisi. Setelah terbiasa dan keberaniannya mulai muncul. Dan bisa lebih enjoy dan menikmati bermain-main dengan air.belajar meluncur. maka Anda bisa memintanya untuk secara pelan-pelan mengapungkan tubuhnya di atas permukaan air. Untuk itu sebaiknya.Belajar meluncur di atas permukaan air Setelah bisa mengapungkan badan di atas permukaan air. Mulai Belajar Berenang : Pengenalan Air Sebagian besar anak-anak. kecuali selalu didampingi oleh Anda atau pelatihnya). lebih-lebih bila pernah mengalami trauma dengan air. ketika dia berusaha mengapungkan badannya dengan santai di atas permukaan air dan sewaktu mau . awalnya bisa dibantu oleh temannya untuk memegangi tangannya. mereka masuk ke kolam yang dangkal terlebih dahulu.BAB II PEMBAHASAN A. dengan cara: > suruh dia menghirup nafas dalam-dalam > Kemudian suruh dia memasukkan kepala ke dalam air > Kemudian tiupkan nafas melalui hidung ketika kepala masih di dalam air > Setelah itu naikkan kepala ke atas air sambil membuka mulut untuk mengambil nafas > Lakukan hal di atas berulang-ulang sampai dia terbiasa dan tidak takut memasukkan kepala ke dalam air . dengan cara: > pada posisi tubuh mengapung di atas permukaan air..Suruh melompat dari pinggir kolam ke dalam kolam renang Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa takut dengan air. wajah dan pandangan mata menghadap ke lantai kolam renang sambil menahan nafas (dilakukan dg santai) .Belajar mengapungkan badan di atas permukaan air Bila sudah tidak takut dengan air (berani memasukkan kepala ke dalam air cukup lama). kemudian gerakkan kaki naik turun seperti orang yang sedang berjalan (tapi antara paha dan kaki tetap lurus.

Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. posisi wajah menghadap ke permukaan air pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air. dan kedua lutut ditekuk di antara kedua lengan. Badan dibungkukkan ke arah air dengan lutut sedikit ditekuk. Perenang berada dalam posisi start setelah aba-aba Siap (Take your marks dalam bahasa Inggris) diteriakkan oleh wasit start. posisi start dilakukan di dalam air dengan badan menghadap ke dinding kolam. gaya dada. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan.berdiri kembali. B. Posisi start gaya punggung juga dipakai oleh perenang pertama dalam gaya ganti estafet. Kedua belah tangan secara pergantian digerakan jauh kedepan dengan gerakan mengayuh. Hingga tembakan pistol start dimulai. Sewaktu berenang gaya bebas. tubuh perenang harus dalam keadaan diam. Kedua tangan memegang pegangan besi pada balok start. Untuk belajar mengapung dan meluncur ini. Peraturan perlombaan dalam renang Pada nomor renang gaya kupu-kupu.. namun berbeda dari gaya bebas. dan gaya bebas. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Pada nomor gaya punggung. Lakukan dengan santai saja pasti berhasil. perenang melakukan posisi start di atas balok start. renang gaya bebas tidak diatur oleh federasi renang internasional (FINA) gaya bebas (b. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. 2) Gaya Dada Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi.inggris: front crawl) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. sementara kaki bertumpu di dinding kolam. Start dinyatakan tidak sah bila perenang meloncat dari balok start sebelum ada aba-aba. Tidak seperti halnya ketiga gaya renang lainnya. Gaya dada atau gaya katak (gaya kodok) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. 1) Gaya bebas Gaya bebas adalah gaya berenang yang bisa membuat orang berenang lebih cepat. sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukan naik turun keatas kebawah. saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Pernapasan dilakukan ketika . Wasit start memanggil para perenang dengan tiupan peluit panjang untuk naik ke atas balok start (bersiap di dalam air untuk gaya punggung dan gaya ganti estafet). Sewaktu ngambil napas. perenang bisa memilih untuk menoleh ke kanan atau kekiri.lihat langkah-langkah di atas. yang paling utama adalah menghilangkan rasa takut dengan air dulu .

Prioritas dan tujuan pun menjadi jelas yaitu untuk membakukan peraturan-peraturan olahraga renang. menyelam dan polo air. perenang gaya dada adalah perenang yang paling lambat. menjamin tujuan dari ajang Olimpiade untuk renang. sungai Seine (1900) dan danau kecil di St Louis. Pada tanggal 19 Juli 1908 dalam acara Games of the IV Olympiad. tiga ajang olahraga renang sudah diadakan. Hungaria dan Swedia) bertemu di Hotel Manchester.mulut berada di permukaan air. Di antara ketiga nomor renang resmi yang diatur Federasi Renang Internasional. para pemimpin dari delapan negara peserta (Jerman. Walaupun demikian belum terdapat syarat-syarat dan peraturan-peraturan yang tetap dan jelas. ORGANISASI RENANG Pembentukan Fédération Internationale de Natation (FINA) di tahun 1908 lebih merupakan jawaban dari meningkatnya ajang olahraga internasional yang dimulai dengan Olimpiade. menyelam dan polo air. juga telah digunakan kolam renang 100m. menciptakan dan selalu diperbaharui rekor dunia. setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. C. Sebelum FINA terbentuk. perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas. Sebagai sarananya. Belgia. London untuk membahas peraturan-peraturan untuk olahraga tersebut dan membentuk forum untuk pertemuan-pertemuan internasional serta asosiasi renang internasional. Dalam pelajaran berenang. Finlandia. laut (1896). Inggris. Pada Olimpiade Modern pertama di tahun 1896. renang rintang 200m (1900) dan terjun dengan jarak tertentu (1904). Amerika (1904). Denmark. Olimpiade telah mengadakan ajang olahraga yang tidak biasa seperti: renang di bawah air (1900). . Prancis.

Pada tahun 1988.Pencapaian luar biasa selama 40 tahun terakhir termasuk. Peserta melakukan beberapa lompatan dengan nilai dari 1 . parit penghancur ombak. Menyelam Hampir satu abad yang lalu. Piala Dunia pertama (1979).10. diperkenalkan kategori selam berpasangan. Pemunculan pertama Renang Cantik (1984). Kejuaraan Dunia Renang Jarak Pendek (1993). Menyelam sendiri mulai berkembang di Eropa abad 17. kecepatan putaran dan cara terjun ke permukaan air. Greg Louganis dari Amerika yang dianggap sebagai penyelam terbaik sepanjang sejarah olahraga air. pengenalan Kejuaran Dunia pada tahun (1973). dari teluk Zea (1896). dan perkembangan pesat dalam penyusunan program yang termasuk di dalamnya ajang baru seperti Masters dan Open Water Swimming. Memadukan keindahan dengan olahraga dan keberanian. olahraga menyelam masuk sebagai ajang baru yang diperlombakan. mendapatkan luka di bagian kepala setelah membentur papan loncat ketika melakukan loncatan. sistem penilaian bergantung pada keanggunan dan keahlian peserta. garis pemisah yang dirancang khusus untuk mengurangi turbulensi. jumlah dan jenis manuver yang dilakukan seperti salto satu setengah kali dengan putaran tiga setengah kali merupakan salah satu maneuver yang paling sulit untuk dilakukan. Louganis pun memenangkan emas setelah menerima beberapa jahitan. . Paris (1900) hingga kolam renang 100m yang dibangun di jalur atletik (1908) telah digunakan sebagai sarana untuk cabang olahraga ini. Nilai-nilai tersebut akan disesuaikan berdasarkan tingkat kesulitan. penggunaan teknologi khususnya alat penghitung waktu elektronik. Renang Cabang olahraga ini telah mengalami banyak perkembangan sejak baru dipertandingkan di tahun 1896. sungai Seine. Penilaian dilakukan berdasarkan jarak dari papan loncat ke kolam. hal tersebut menjadi ajang yang menarik dalam Olimpiade. Program hingga pada tahun 1996 pun tidak berubah sama sekali dari program tahun 1924. kolam renang 50m. Kejuaran Menyelam (1994). Pada Olimpiade awal. ketika para pesenam berlatih akrobat mereka di dalam air. para atlet terjun dengan kecepatan 55 km per jam. Pada Olimpiade Sydney tahun 2000. seperti: pengaturan suhu.

stamina. Yang paling utama adalah speaker di bawah air supaya para perenang bisa mendengar musik ketika mereka sedang menyelam. Cabang olahraga ini diperuntukan hanya untuk . Untuk gaya kupukupu. Olahraga ini semakin terkenal ketika Esther Williams (aktris dan perenang) tampil dengan diiringi orchestra MGM dengan judul "Aqua Musicals" pada tahun 40-50an. mulai dipertandingkan. Tidak diperlukan alat-alat khusus bagi para perenang namun bukan berarti mudah. 100. Termasuk didalamnya adalah empat gaya dengan jarak tertentu.Cabang olahraga ini mulai dipertandingkan untuk kategori wanita pada Olimpiade tahun 1912. lebih dikenla dengan balet air. gaya punggung dan gaya dada masing-masing 100 dan 200 meter. Baru pada tahun 1984 di Los Angeles. baik pria dan wanita masing-masing akan berlomba dalam 16 ajang. 400. Mereka harus melakukan gerakan-gerakan yang sulit di dalam air sambil menahan nafas mereka. Sejak itu. Kemudian menyebar hingga ke Amerika pada tahun 30an dan mulai dipertontonkan pada masyarakat pada tahun 1934 di Chicago World Fair yang kemudian menimbulkan banyak komentar positif. Gaya bebas termasuk 50. Pada awalnya. Gel tertentu digunakan pada rambut hingga rambut mereka tidak berantakan dan sedikit make up tahan air. renang cantik hanya dipertunjukan dalam Olimpiade. keanggunan dan artistik serta kemampuan luar biasa untuk mengendalikan pernafasan. maksimal perenang berjumlah delapan. Renang Indah Renang indah terlihat sebagai cabang olahraga yang paling mudah namun ternyata cabang olahraga ini membutuhkan kekuatan. 200. 10.000 meter. Untuk kelas estafet dan perseorangan delapan peserta dengan catatan waktu terbaik akan secara otomatis maju ke final. Dalam sekali pertandingan. Penjepit hidung digunakan untuk mencegah air masuk ke hidung dan membuat para perenang bisa bertahan lebih lama di bawah air. 800 (khusus wanita). 1500 (khusus pria). kelenturan. Dari tahun 1948-1968. Peserta untuk babak penyisihan hingga final akan ditentukan berdasarkan waktu yang tercepat. renang cantik mulai diperkenalkan di Kanada pada tahun 1920an.

gaya punggung. orang berenang dengan gaya dada. kemampuan mengoper. Polo Air Polo air untuk kelas wanita baru dipertandingkan pada Olimpade Sydney tahun 2000. olahraga ini menjadi semakin popular di Eropa dan Amerika Utara. semua timyang ada akan memainkan babak penuh dengan sistem round-robin. sehingga gaya krol (front crawl) digunakan hampir secara universal oleh perenang dalam nomor renang gaya bebas. Gaya renang yang dilombakan dalam perlombaan renang adalah gaya kupu-kupu. dan gaya kupu-kupu. Gaya bebas Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. dan empat tim teratas akan maju ke babak semifinal. Ketika dalam permainan. 85% dari tubuh perenang berada dalam air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh. mendribel dan akurasi seperti pemain bola. Pada abad selanjutnya. gaya punggung. dan gaya kupu-kupu. Pemain dilarang untuk menyentuh dasar ataupun pinggiran kolam selama empat sesi pertandingan dengan masing-masing sesi selama tujuh menit. hampir semua perenang berenang dengan gaya krol. Federasi Renang Internasional tidak mengatur teknik yang digunakan dalam nomor renang gaya bebas.wanita saja dengan dua kategori: duet dan tim. Kemudian menjadi program tetap dalam Olimpiade 1900 di Paris. gaya dada. Kebanyakan atletnya tinggi dan mempunyai lengan yang panjang. Bahkan polo air diperkenalkan sebagai rugby versi air pada pertengahan abad 18 di Inggris. Sewaktu . Untuk kategori wanita hanya terdapat delapan tim yang bersaing sedangkan untuk kategori pria terdapat 12 tim. Para atlet diwajibkan memiliki teknik dan ketahanan tubuh seperti halnya perenang profesional. perenang dapat menggunakan berbagai macam gaya renang. gaya punggung. Empat tim teratas akan maju ke babak perempat final. Macam-macam Gaya dalam Berenang Dalam renang untuk rekreasi. Untuk kategori pria. Kedua kategori termasuk kelas bebas dan kelas teknis. kecuali gaya dada. Dalam lomba renang nomor gaya bebas. dan kekuatan seperti pemain rugby untuk memperebutkan bola. gaya punggung. Tidak seperti halnya gaya dada. Dua tim yang gagal maju akan ditetapkan sebagai pemenang kelima dan keenam. sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sedangkan untuk kategori wanita. Pemenang dari babak tersebut akan maju ke babak perebutan medali. tim yang lolos kualifikasi akan dibagi menjadi dua kelompok dengan masing-masing terdiri dari enam tim dan kedua kelompok tersebut akan saling menyisihkan dengan sistem round-robin. dan gaya bebas. Walaupun demikian. gaya bebas dan gaya kupu-kupu. masing-masing diiringi dengan musik dan dibatasi oleh waktu.

namun dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Sewaktu berlomba. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan. perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan. baik yang sudah terlatih maupun para pemula. Dalam gaya punggung. gerakan lengan dan kaki serupa dengan gaya bebas. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. perenang gaya dada adalah perenang yang paling lambat. Sewaktu mengambil napas. Gaya bebas merupakan gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu. Dibandingkan gaya berenang lainnya.berenang gaya bebas. Di antara ketiga nomor renang resmi yang diatur Federasi Renang Internasional. Gaya Punggung Sewaktu berenang gaya punggung. Gaya dada atau gaya katak (gaya kodok) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Gaya bebas dilakukan dengan beraneka ragam gerakan dalam berenang yang bisa membuat perenang dapat melaju di dalam air. perenang gaya punggung melakukan start dari dalam kolam. setelah satu kali gerakan tangankaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. Sewaktu berlomba. perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. posisi wajah menghadap ke permukaan air. dan gaya kupukupu yang semuanya dilakukan di atas balok start. gaya dada. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gaya Dada Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. berbeda dari sikap start perenang gaya bebas. sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam. gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang diperlombakan setelah gaya bebas Gaya Kupu-kupu Gaya kupu-kupu atau gaya dolfin adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung. Namun perenang hanya dapat melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air. gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. namun berbeda dari gaya bebas. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan . Dalam pelajaran berenang. Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. orang berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Pertama kali diperlombakan di Olimpiade Paris 1900. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air. saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas. Posisi wajah berada di atas air sehingga orang mudah mengambil napas. Sehingga gerakan dalam gaya bebas bisa di gunakan oleh beberapa orang.

html . Dibandingkan dalam gaya berenang lainnya.digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. DAFTAR PUSTAKA http://www.com/2008/01/renang-gaya-dada. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumbalumba.id/index.blogspot. dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air. dan merupakan gaya berenang paling baru.or. Berenang gaya kupu-kupu juga menuntut kekuatan yang lebih besar dari perenang.php/section/sports/sid/1/name/Olahragaair http://duniabaca. perenang pemula yang belajar gaya kupu-kupu perlu waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki.html http://www.com/579703-teori-renang-gaya-bebas-renang http://allabout-swimming. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan.com/asal-usul-sejarah-renang. Berbeda dari renang gaya lainnya. Gaya kupu-kupu diciptakan tahun 1933.wattpad.com/asal-usul-sejarah-renang.olympic.html http://duniabaca. perenang gaya kupu-kupu tidak dapat menutupi teknik gerakan yang buruk dengan mengeluarkan tenaga yang lebih besar. Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful