P. 1
7 Bangunan Bersejarah Di Indonesia

7 Bangunan Bersejarah Di Indonesia

|Views: 69|Likes:
Published by Arie SE

More info:

Published by: Arie SE on Feb 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/24/2012

pdf

text

original

7 Bangunan Bersejarah Di Indonesia

Indonesia banyak bangunan yang menyimpan nilai historis yang luhur, namun sebelas objek di bawah ini juga memiliki nilai arsitektur yang sangat tinggi. Banyak mata yang sudah mengakui keindahan dan kemegahannya. Bila Anda sedang berlibur ke suatu daerah, tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk melihat bangunan, jembatan, mesjid atau berbagai peninggalan bersejarah lainnya, yang menjadi trade mark daerah tersebut. Meskipun banyak yang bukan merupakan hasil karya bangsa ini, tak sedikit bangunan, mesjid bahkan jembatan yang merupakan karya para arsitek negeri sendiri yang memiliki nilai arsitektural yang tinggi. Kali ini kami khusus mengajak Anda "berwisata" ke berbagai peninggalan bersejarah tersebut yang tersebar di beberapa daerah. 1.Istana Maimun

Istana Maimun telah dinobatkan sebagai bangunan terindah di Kota Medan, Sumatera Utara. Terletak di kawasan Jl. Brigjen Katamso, istana megah ini selesai dibangun sekitar tahun 1888 dan merupakan warisan dari Sultan Deli Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Sapuan warna kuning pada gedung ini merupakan warna khas Melayu. Arsitekturnya yang unik adalah daya tarik utama dari Istana Maimun. Pengaruh Eropa terlihat jelas pada balairung atau ruang tamu, jendela, pintu dan sebuah prasasti di depan tangga yang bertuliskan huruf Latin, berbahasa Belanda. Sedangkan, ciri Islam muncul pada atapnya yang bergaya Persia yang melengkung, style yang banyak dijumpai pada bangunan-bangunan di kawasan Timur Tengah. Bagian dalam Istana Maimun juga menarik untuk disusuri. Di balik dinding-dindingnya yang kokoh, terdapat puluhan kamar yang tersebar di dua lantai. Kemegahan pun terlihat pada singgasana, lampu kristal Eropa, kursi, meja maupun lemari. Foto-foto keluarga, senjata-senjata kuno, termasuk ruang penjara, juga ada di istana ini. Walaupun masih menyimpan benda-benda bernilai sejarah, Istana Maimun masih membolehkan wisatawan untuk berkunjung dan menikmati kemegahan sekaligus menyelami kejayaan Kesultanan Deli masa lalu. 2.Lawang Sewu

Membahas tentang arsitektur atau bangunan tua di Indonesia, tentu tak bisa lepas dari sebuah bangunan legendaris yang berdiri kokoh di Kota Semarang, tepatnya di kawasan Simpang Lima, yaitu Lawang Sewu. Bangunan yang artinya adalah "seribu pintu" ini, sesungguhnya bukan nama sebenarnya yang diberikan untuk bangunan ini. Nama tersebut menjadi legendaris karena banyaknya jumlah pintu yang terdapat pada gedung keno ini. Dahulu, Lawang Sewu yang bergaya art deco adalah kantor perusahaan kereta api Belanda, NV Nederlandsch Indische Spoorweg Mastshappij (NIS) dan bangunan ini merupakan salah satu karya terbaik arsitek Prof. Jacob K. Klinkhamer dan B.J. Oudang. Pemerintah Kota Semarang sendiri telah menetapkan Lawang Sewu sebagai salah satu gedung yang dilindungi. Predikat ini layak disandang oleh Lawang sewu karena gedung ini juga merupakan saksi sejarah Indonesia saat pecahnya perang sengit selama 5 hari di Semarang, antara Angkatan Muda Kereta 3.Taman Sari Api melawan kompetai dan Kido Buati, Jepang.

Taman bunga yang indah. Begitulah kira-kira arti dari nama Taman Sari. Areal pemandian ini merupakan kompleks bangunan yang sangat indah dan menjadi aset Keraton Yogyakarta. Dibangun setelah Perjanjian Giyanti pada tahun 1755, tempat ini memang didesain sebagai tempat pengasingan diri Sultan Yogyakarta dan keluarganya dari hiruk pikuk dunia. Meskipun sempat luluh lantak terguncang gempa, saat ini Taman Sari sudah kembali terlihat cantik.

Taman Sari memang dirancang sedemikian rupa agar bisa menghadirkan ketenangan bagi siapapun yang berada di dalamnya. Bangunan ini juga mencerminkan style yang multikultur (Portugis, Belanda, Cina, Jawa, Hindu, Buddha, Nasrani, dan Islam). Kolam mungil dengan air mancurnya yang jernih dan pohon-pohon berbunga, menambah keasrian tempat ini. Sekaligus menjadikannya sebagai lokasi peristirahatan 4.Tongkonan yang sempurna.

Selain bangunan peninggalan kolonial, Indonesia juga memiliki sejumlah rumah adat dengan bentuk atau desain yang unik. Bangunan ini memang bukan karya seorang arsitek era modern yang menguasai segudang teori. Melainkan kreasi sekelompok manusia yang masih mencintai serta menjunjung tinggi adat istiadat yang diwariskan oleh leluhurnya. Dan Tongkonan, rumah adat masyarakat Tana Torja di Sulawesi Selatan, adalah salah satunya. Tongkonan memang memiliki ciri khas tersendiri dibanding rumah adat lainnya. Rumah ini berupa rumah panggung dari kayu. Atapnya yang terbuat dari susunan bambu yang dilapisi ijuk hitam serta bentuknya yang melengkung seperti perahu telungkup, membuat rumah ini mirip dengan Rumah Gadang, rumah adat masyarakat Minang atau Batak. Dinding rumah yang terbuat dari kayu, juga diukir dengan aneka ukiran khas Toraja. Ciri lain yang paling menonjol pada Tongkonan adalah adalah kepala kerbau beserta tanduknya yang meliuk indah yang disusun pada sebuah bang utama di depan setiap rumah. Jumlah kepala kerbau yang ada di setiap rumah bisa berbeda. Semakin banyak "hiasan" ini di sana, maka semakin tinggi derajat keluarga yang tinggal di dalamnya. Karenanya. Tongkonan juga menjadi salah satu daya tarik wisata Tator dan banyak diminati para pecinta foto.

untuk kategori ini.Mesjid Istiqlal . rumah atau gedung. Wajar saja bila jembatan yang membentang sejauh sekitar 710 meter ini tak hanya berfungsi sebagai sarana transportasi. Menjelang senja.5. Jembatan Mahakam 2 mempunyai desain yang menarik dibanding "saudara tuanya" atau jembatan lainnya di Nusantara. lampu-lampu yang terpasang pada tiang dan kebel-kabelnya akan menyala dan menyajikan sebuah panorama yang indah. Jembatan Mahakam 2 atau yang juga dikenal dengan Jembatan Tenggarong di Kalimantan Timur. menjadi salah satu pilihan. Jembatan ini tergolong suspension cable bridge dan berdesain nyaris sama dengan Golden Gate di San Francisco. jembatan ini adalah yang ke dua setelah Jembatan Mahakam I yang berada di tengah Kota Samarinda. tapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Tenggarong. Namun demikian. Amerika Serikat. 6.Jembatan Mahakam Bicara soal arsitektur tak terbatas hanya pada bangunan. Melintang di atas Sungai Mahakam di tepian Kota Tenggarong. Nah.

Kokoh berdiri di atas areal seluas 9. gedung ini selalu dipenuhi wisatawan.Gedung Sate Di Kota Bandung yang sejuk. Mesjid Istiqlal mempunyai sebuah kubah raksasa berwarna putih yang bentuknya seperti bola dibelah dua. . demikian gedung ini banyak disebut. Bangunan ini mengadopsi gaya arsitektur era Renaissance Italia. Setiap hari Minggu atau hari libur nasional. selesai dibangun pada tahun 1924. kalangan arsitek menilai bahwa Gedung Sate memiliki rancangan yang "berani beda" dan tak populer di zamannya. Dibangun pada masa-masa awal kemerdekaan. Sebuah bedug raksasa ikut menambah keunikan mesjid ini. mesjid ini memang melambangkan kemerdekaan. Rumah ibadah umat muslim yang megah ini telah lama menjadi salah satu landmark Jakarta. Layaknya mesjid lain di dunia. Mesjid Istiqlal ini juga dilengkapi sebuah menara yang tingginya menggambarkan jumlah ayat yang ada pada kitab suci Al Qur'an.000 orang.Gerber.Jakarta yang serba modern dan dipenuhi gedung kaca. Gedung Sate. Kini. Ukurannya yang amat besar. Namun. merupakan salah satu daya tarik yang ada di Kota Kembang.5 hektar dan berkapasitas hingga 8. di depan bangunan ini terdapat sebuah monumen untuk mengenang gugurnya para pejuang Jawa Barat saat mempertahankan Gedung Sate dari serangan pasukan Gurka. sesuai dengan arti dari nama yang disandangnya. arsitek kenamaan lulusan Fakultas Teknik Delf Nederland dan timnya ini. ternyata masih memiliki bangunan bersejarah dengan desain yang indah. yaitu Mesjid Istiqlal. Anda juga bisa menjumpai sebuah bangunan dengan arsitektur yang lain dari yang lain. Nama Gedung Sate sendiri muncul karena sebuah ornamen yang terlihat seperti tusuk sate di puncak menara utamanya. sekaligus menjadi kebanggaan umat muslim Ibukota dan Indonesia. Gedung Sate hasil rancangan Ir. mesjid hasil karya arsitek Indonesia. Oleh sebab itulah.J. menobatkan bedug ini sebagai bedug terbesar di Indonesia! 7. F Silaban ini. pada bagian tengahnya terdapat menara bertingkat yang mirip dengan atap meru atau pagoda. Dibangun pada era kolonial Belanda. pernah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Sejarah inilah yang menjadikan Spanyol memiliki arsitektur bangunan berkiblat pada kebudayaan Muslim dan Katholik. Negara ini memang memiliki perjalanan sejarah yang panjang. Berikut bangunan-bangunan indah yang ada di Spanyol Old Town of Ávila . Spanyol. berarti kita telah siap dengan suguhan keindahan panorama dan sejarah budaya yang kental. merujuk pada bagian jazirah Iberia yang dahulu berada di bawah pemerintahan Muslim. Anda bisa menuju menaranya untuk menyaksikan benda-benda bersejarah. Ya. pemerintahan Muslim Andalusia ditaklukkan kembali menjadi Kerajaan Katholik. Ilmu Pengetahuan Bangunan Indah di Spanyol Berjalan-jalan ke Spanyol. Dikenal dengan Nama Andalusia yang mengambil istilah bahasa Arab "Al Andalus". yang dulunya dikenal dengan Andalusia. serta Gibraltar dan Maroko di selatan serta Perancis dan Andorra di Timur.Usai menikmati kemegahan gedung ini dari luar. adalah Negara kerajaan yang terletak berbatasan dengan Portugal di barat. Atau bisa juga sekadar bersantai di kafe yang ada di gedung ini sambil menikmati suasana dan udara Kota Bandung yang sejuk dan segar. Namun pada 1492 dibawah pemerintahan Raja Ferdinand dan Ratu Isabell.

Alhambra Istana peninggalan Bani Ummayah saat Spanyol masih dikenal sebagai Andalusia ini terletak di bukit La Sabica. bertuliskan "Laa ghaliba illalah" (tiada kejayaan selain Allah). Tenerife Concert Hall . Didalamnya banyak berisi patung-patung dan lukisan yang menarik. Penampilan luar bangunan ini adalah sebuah benteng. raja bangsa Moor yang berasal dari Afrika Utara ini berwarna merah. kontruksi bangunannya terdiri dari delapan puluh delapan menara dan sembilan gateway.Ávila dikenal di abad pertengahan sekitar tahun 1090 dengan julukan kota bertembok raksasa. diperkuat dengan dinding dan dua menara padat. dikarenakan hampir di seluruh bagian bangunan yang didirikan oleh Sultan Muhammad bin Ahmar. Istilah Alhambra diambil dari bahasa Arab berarti Istana Merah. Bahan utamanya adalah granit coklat. Yang khas dari bangunan ini adalah pahatan ornament huruf Arab yang mewarnai di berbagai dinding dalam.

Mezquita .Sesuai dengan namanya. bangunan berupa auditorium ini terlihat sangat unik dengan bentuk menyerupai sebuah keong raksana. adalah menara intai Militer yang ada pada sebuah benteng pertahanan yang menghubungkan Alcazares dan dermaga yang letaknya sangat strategis. Saat ini Torre del Oro dimanfaatkan sebagai museum Maritim dan menjadi salah satu landmark kota Sevilla. Tenerife Concert Hall mirip dengan Keong Emas yang ada di Taman Mini Indonesia Indah Torre del Oro Torre del Oro atau biasa disebut Gold Tower. Terletak di Kepulauan Canary kota Tenerife. maka bangunan ini berfungsi untuk memamerkan aneka karya seni dan budaya. Nama Torre del Oro berasal dari keberadaan lantai yang dulunya terbuat dari emas. Pertama dibangun oleh Gubernur Abul-Ula pada tahun 1220-1221 letaknya di tepian sungai Gualdarquivir yang ada di kota Sevilla.

sehingga terlihat seperti ada gereja didalam masjid.Biasa disebut sebagai mesjid-katedral (Cordoba) awalnya adalah tempat pemujaan Pagan yang diambil alih oleh gereja Kristen Visigothic dengan menambahkan katedral Gothic ke tengah-tengah bangunan. Kemudian saat bangsa Moors (Umayyad) menduduki Andalusia. bangunan ini diubah menjadi Masjid. Masjid Mezquita menjadi salah satu Warisan Dunia PBB dan disebut-sebut sebagai salah satu Masjid yang tercantik dan terbesar di dunia. Namun Saat ini seluruh bangunan masjid sudah digunakan untuk Katedral Keuskupan Córdoba. Giralda .

Yang khas dari bangunan ini adalah kamar-kamar yang banyak. yaitu kubah yang dihiasi dengan patung kayu cedar bersepuh emas juga Arcos de Herradura (Sepatu Kuda) ialah ubin berplester yang memiliki tiga busur semetrical masing-masing tiga sepatu kuda. sebuah bangunan kolonial di Semarang. . Di Cathedral of Seville inilah terletak makam Columbus. Seorang desainer sekaligus seniman asal Korea Selatan Choi Jeong-Hwa membuat bangunan kontemporer berupa gedung unik yang dinamai Gedung 1000 pintu.Giralda menjadi symbol paling terkenal di Sevilla ini juga dikarenakan ukurannya yang sangat besar dengan luas 13. yang mempunyai banyak pintu. Jika Indonesia mengenal istilah Lawang Sewu. Ia menggunakan 1000 daun pintu bekas untuk mewujudkan mimpinya akan sebuah gedung unik ini. teras dan ruang bervariasi dengan gaya Islam Neoklasik. Bangunan di Korea Yang Terbuat dari 1000 Pintu Sebuah karya arsitektural nyeleneh kembali dibuat manusia. Columbus dimakamkan di Spanyol karena meninggal di salah satu wilayah Negeri Matador itu yakni Valladolid pada20 Mei 1506 Reales Alcazarez Adalah sebuah istana dibentengi konstruksi kokoh yang dibangun pada masa pemerintah oleh Abd Al Ramn III di tahun 913. bangunan yang dibuat oleh Choi ini jelas berbeda.61 meter persegi dan tinggi 42 meter. Terdapat juga Salon de los Embajadores (Ruang Duta). Giralda merupakan elemen masjid berupa menara masjid awalnya adalah Cathedral of Seville.

Berbagai macam warna pintu ini dirangkai menjadi dinding sebuah gedung dan dibangun tahun 2009 lalu di kota Seoul.Boldt Castle on Heart Island. Beberapa ahli arsitektural mengkritik pembangunannya karena memperhitungkan aspek keselamatan. New York . Namun Choi meyakinkan bahwa penggunaan pintu-pintu dalam desainnya hanyalah sebagai ornament belaka dan tidak pernah akan membahayakan para pengunjung yang ada di dalam gedung. 11 Bangunan Megah Yang Dibangun Untuk Ungkapkan Cinta ANEH & UNIK | INFOGRES | JANUARY 24. 2011 AT 7:05 PM 1.

meninggal. Saking cintanya sehingga saat kepergian istrinya dia merasa kehilangan cinta. George Boldtmenghentikan pembangunannya dan tidak pernah kembali ke pulau tersebut. Kastil ini sendiri diperuntukkan bagi pasangan yang ingin memadu kasih. Tepatnya pada hari Valentine 1905 George Boldt memberi istrinya lima hektar dan membangunan kastil Boldt di sebuah pulau. Akhirnya dia pun membangunan Taj Mahal ini yang mana sebenarnya bangunan ini adalah sebuah makam yang akan menjadi monumen yang paling megah yang pernah dibangun oleh manusia bagi seorang wanita. India Dibangun oleh Mumtaz Mahal. Swallow Nest Castle: ³Castle of Love´ di Krimea.Kastil ini dibangun oleh seorang yang bernama George Boldt sebagai ungkapan rasa cintanya kepada sang istri. . umur 41. Kaisar Shah Jahan kepada mendiam istrinya.Karena patah hati. Louise. Belum diketahui siapa yang membangun kastil ini. 2. Tapi dari berbagai cerita bahwa kastil ini dulunya berupa bangunan pondok kayu dan akhirnya dibangun seperti sekarang ini. Louise. 3. Satu tahun sebelum Boldt Castle akan selesai. Taj-Mahal di Agra. Ukraina Awalnya kastil ini bernama Castle of Love dan dibangun tahun 1912.

Afrika Selatan . Kisahnya dimulai ketika. JFR sebagai saksi cinta mereka. seorang gadis penenun lokal. Dobroyd Castle di Todmorden. 6. Stratford Castle di Durban. Yohanes dan Ruth. Kellie¶s Castle di Batu Gajah. Sepeninggal istrinya. Konstruksinya dimulai tahun 1915. Moor.4. dan India. Didalam bangunan ini banyak terukir initial nama mereka. sang gadis bersedia dinikahinya bila John berjanji dan bersedia membangunkan sebuah istana di atas bukit. menggabungkan tiga gaya arsitektur ± Yunani-Romawi. John file*den jatuh cinta kepada gadis tersebut dan melamarnya. Malaysia Kellie¶s Castle adalah termasuk bangunan yang tertua di Malaysia benteng dan dibangun oleh William Kellie untuk istrinya Agnes Smith. John menikah lagi dan mengalami kelumpuhan hingga dia menghabiskan hidupnya diatas kursi roda. 5. anak seorang kaya kepada kekasihnya. Sebuah wabah flu Spanyol membunuh sebagian besar dari 70 pekerja bangunan India. Namun.Akhirnya Kellie Smith membangun sebuah kuil Hindu di dekat benteng untuk menyenangkan orang India dan untuk memulai kembali konstruksi. Inggris Kastil ini dibangun oleh John file*den. Ruth Stansfield.

putrinya. tidak pernah mati.Stratford Benteng di Durban. 7. Dia kemudian menghabiskan 16 tahun untuk membangun sebuah istana dengan tangan sementara menunggu mati. Arizona Mystery Castle adalah sebuah kastil yang dibangun untuk seorang putri. Florida . Mystery Castle di Phoenix. Dari sendiri tidak pernah berubah. Jangan pernah sakit. Afrika Selatan. Boyce Gulley minggat dari rumahnya di Seattle karena sakit hati setelah diagnosis dengan TBC. Coral Castle di Homestead. Kisahnya cukup menyedihkan. 8. Mary Lou Gulley. dia membeli sebuah tanah di kaki gunung . Dengan uangnya yang ada . sekarang ditempatkan dalam Camelot Residensial dan Golf Estate. pikiran Dalam pernah terbakar. Dia menyelinap pergi dari istri dan putrinya karea tidak ingin mereka melihatnya mati. Kata-kata abadi : ³Tapi cinta sejati adalah api yang tahan lama. tidak pernah tua. Dia menggunakan bahan-bahan alami dan sisa artefak Setelah Boyce meninggal.´ Benteng ini dibangun atas semangat katakata yang indah. menemukan dia warisannya tersebut.

Candi Prambanan di Jogyakarta. atau selama rumah itu sedang dibangun. Leedskalnin bekerja selama 28 tahun dan hanya melakukan di pada malam hari Dia menyusun batu karang menjadi sebuah kastil karang. Indonesia . Karena perasaan itu ia pun membangun sebuah rumah untuk melindunginya sehingga ia akan aman dan mungkin hidup selama-lamanya. Winchester Mystery House di San Jose. janda dari raja William senapan Winchester. 9. seorang pria bernama Ed Leedskalnin ditinggalkan oleh tunangannya sehari sebelum pernikahan mereka.Pada awal tahun 1920-an. California Sarah Winchester.. dia membangun sebuah kastil karang. Dia pun patah hati dan akhirnya untuk mengenang masa-masa indah dan cintanya kepada sang kekasih. 11. percaya bahwa hidupnya terancam dan bahwa ia dihantui oleh hantu dari orang-orang dibunuh oleh senapan Winchester.

Untuk itu dia harus membuat candi dengan seribu arca didalamnya dalam waktu satu malam. Mezquita de Cordoba. 10 Bangunan Terindah di Dunia 1. dan lajur-lajur yang tak berujung pangkal dan terbuat dari batu akik dan marmer adalah beberapa alasan mengapa kita wajib singgah ke tempat ini. Penyelesaian pembangunan kompleks katedral membutuhkan waktu lebih dari dua abad. Kordoba. kurang sebuah arca lagi. mosaik yang memesona. Pilar melengkung dengan warna belang-belang.Dikisahkan dalam cerita tersebut ada seorang raksasa bernama Bandung Bandawasa yang memiliki kekuatan supranatural. Permintaan tersebut dipenuhi oleh Bandung Bandawasa. Dia ingin mempersunting putri Rara Jonggrang. Spanyol Mezquita atau Masjid C0rdoba adalah katedral yang dahulu kala merupakan sebuah masjid. Bandung Bandawasa marah dan mengutuk putri Rara Jonggrang menjadi pelengkap arca yang keseribu. Namun. Rara Jonggrang curang sehingga pada saat yang ditentukan candi itu belum selesai. Spoiler for pic: .

lantai berbahan marmer teraso dan bercorak Indian itu sangat sayang untuk dilewatkan. Sungai Colorado. Tak hanya penampilan luarnya.2. Hoover Dam. Pasalnya. Bangunan ini terkenal dengan desain art deco-nya yang indah dan menekankan kesederhanaan. Spoiler for pic: . Black Canyon. bagian dalam bangunan ini pun sangat indah. Amerika Serikat (AS) Bendungan yang membatasi negara bagian Arizona dan Nevada ini adalah sebuah keajaiban dari arsitektur modern.

.

Austria Diskripsi yang tepat untuk gedung yang satu ini adalah aneh. Spoiler for pic: . Majolica House. Diciptakan oleh Otto Wagner. Majolica House adalah salah satu karya agung terbaik dari gerakan seni Art Nouveau.3. Spoiler for pic: 4. Terkecuali oleh desain bagian dalamnya dengan langit-langit yang sangat bagus dan hiasan barang peninggalan kuno Buddha. mencolok. Wina. Shwedagon Pagoda. Yangon. dan benar-benar mengagumkan. Dihiasi ribuan berlian dan batu delima. Myanmar Tradisi menyumbangkan emas untuk pagoda di abad ke-15 silam memang membuahkan hasil yang memuaskan. bagian luar mahakarya seni yang satu ini tak mungkin terkalahkan.

Spoiler for pic: . Curitiba. Opera de Arame dikelilingi oleh tiang-tiang baja dan sangat transparan. bangunan ini bahkan lebih spektakuler dengan cahaya lampu-lampunya di malam hari. Opera de Arame.5. Brasil Tak seperti bangunan teater pada umumnya. Teater ini juga sering menjadi tempat diadakannya beberapa pertunjukan drama penting di negara itu. Parana. Meski sangat indah jika dikunjungi siang hari.

Golden Pavilion. ini berbentuk seperti peluru kendali atau mentimun. Disaat sebagian orang mengejek desainnya yang aneh. Spoiler for pic: . Lokasi yang paling mengagumkan adalah alat penunjuk waktu dgn bantuan mataharinya atau disebut juga dengan Samrat Yantra. Dengan ukuran tiga kali lebih tinggi dari Air Terjun Niagara. Meski cukup "cerah". Rajasthan. bangunan yang juga disebut The Gherkin ini bukanlah tempat yang tepat bagi mereka yang takut akan ketinggian. Maka dari itulah kolam ini pantas disebut Kolam Cermin. Inggris. Spoiler for pic: 7. Kyoto. Spoiler for pic: 8. Pulau Honshu. bangunan yang satu ini memberikan suasana yang amat tentram. Jepang Efek dramatis dari dedaunan berwarna emas di sekitar bangunan ini direfleksikan oleh air kolam yang mengelilingi paviliun. India Planetarium dari abad ke-17 ini berperan penting untuk meramalkan peristiwa astronomi maupun meteorologi di daerah tersebut.6. 30 St. sebagian lagi terkesima oleh keasliannya. Inggris Gedung pencakar langit modern di Kota London. Jaipur. London. Mary Axe. Jantar Mantar.

Ulm.9. Jerman Kemegahan dan kemewahan bangunan bergaya seni Rococo ini berada dalam kategori "Anda harus melihatnya dulu baru bisa percaya". Bahkan para kritikus pun mengakui kekagumannya atas perpustakaan yang tenang namun "semarak" ini. Provinsi Baden-Wurttemberg. Wiblingen Abbey Library. Spoiler for pic: .

Kennedy. New York. Bandar Udara John F.10. AS . Queens. TWA Flight Center.

Spoiler for pic: Bangunan Penuh Misteri Di Dunia 1. TWA Flight Center masuk dalam salah satu lokasi pengambilan film arahan Steven Spielberg berjudul Catch Me if You Can. Kapadokya .Terminal bandara yang bergaya futuristik karya Eero Saarinen ini sangat rapi dan mengingatkan kita pada film kartun The Jetsons. Tempat ini juga melambangkan gemerlap kemewahan perjalanan udara Amerika masa lampau.

Turkey rumah dari ratusan rumah terdiri dari kamar-kamar yang bersambung dan bersama-bersama merupakan sistem tua dari kota bawah tanah berumur lebih dari 2500thn. Tembok-temboknya dari batu . Pembrokeshire Wales rumah keluarga jiplak persis rumah The Hobbit LOTR. Area-areanya dipisahkan oleh koridor sempit. Dibangun sepenuhnya dari bahan2 alami yg ditemukan disekitar tempat tinggal. penduduk memulai pendudukan di permukaan dan akhirnya pindah ke bawah tanah 2.

Jendela dan pipa-pipa diambil dari sampah.Tokyo . Setelah jembatan selesai dibangun dan diikuti oleh kematian akhirnya membuat jembatan ini tidak jadi digunakan. 3. 4. Edinburgh.lumpur dan air masuk ke rumah karena gravitasi. plg aneh adalah ttg jembatan yang terkubur dibawah tanah. Scotland mempunyai sejarah panjang dan aneh..

Ini dimulai ketika peneliti Jepang Shun Akiba menemukan peta tua sistem terowongan Tokyo yang tidak sesuai dengan peta yang ada sekarang. Seattle . 5. Sejak saat itu dia menemukan 6 kejanggalan dalam peta sejarah dan catatan lain tentang ruang-ruangan tersembunyi.Japan adalah pusat misteri melibatkan 7 teka teki termasuk sebuah kota bawah tanah.

akhirnya trotoar tersebut ditinggikan sesuai tinggi jalan.se-abad yg lalu mereka meninggikan jalanan sampai 1 tingkat.Washington¶s Pioneer Square district memiliki sejarah unik.Akhirnya bekas jalanan aslinya tidak terpakai dan baru-baru ini dibuka untuk turis/pengunjung 6. Wieliczka . Banyak orang meninggal jatuh dari jalanan ke trotoar yang belum ditinggikan.

Tambang itu saat ini dibuka untuk turis dengan kedalaman 1000 feet. Tambang ini pernah dijadikan pabrik pesawat terbang pada saat perang dunia ke 2 7. Xi¶an .Poland berdiri diatas tambang garam yg telah beroperasi selama 800 tahun.

kuburan imperial terbesar dalam sejarah Cina.Denver . Keajaiban ini dibangun dalam waktu 38 tahun oleh 700. dan terkenal dengan tentara terracotta yang dikubur bersama Emporer.China sekarag terkenal dengan the Mausoleum of Qinshihuang. 8.000 pekerja.

5. makin tinggi tempat ditaruhnya mayat tersebut makin cepat rohnya bertemu dengan Tuhan atau surga. Mayat-mayat tidak dikubur. Menurut kepercayaan animisme Aluk To Dolo di kalangan orang Tana Toraja. Di sini terdapat kuburan di bukit batu. Tanah Toraja sangatlah unik. tetapi diletakkan di dalam gua-gua di bukit batu. Salah satu bentuk kuburan adalah kuburan batu yang dibuat di bagian atas tebing di ketinggian bukit batu. Mayat-mayat ini ditemani oleh patung-patung yang menggambarkan orang yang meninggal tersebut. terutama dalam hal penguburan mayat. 8. Prambanan . Berdasarkan peninggalan-peninggalan yang ditemukan dipercaya terowonganterowongan tersebut dibangun oleh militer sebagai Masonic Temple.Colorado mempunyai airport yg besar yg dipercaya mempunyai byk terowongan bwh tanah. Toraja Toraja terletak Sulawesi Selatan.

Candi ini dibangun ketika Samaratungga ± raja dari dinasti Syailendra memerintah di Jawa Tengah. . Tapi bukan karena legenda itu Prambanan dimasukkan dalam daftar ini tapi karena kehebatan arsitekturnya yang memukau dunia. Candi ini dianggap merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia. Juga ada legenda bahwa candi-candi tersebut hanya dibuat dalam satu malam saja oleh kesaktian Bandung bondowoso sebagai syarat mempersunting Loro Jonggrang. Borobudur Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia. Candi Prambanan terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Candi ini dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi.Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. 1. Arsitektur bangunan ini sangat megah dan terdapat candi-candi baik besar maupun kecil pada Komplek Candi Prambanan ini.

Candi Borobudur sangat besar dan terdiri dari blok batu-batu besar dengan arsitektur yang sangat megah. . Magelang. Karena itu candi Borobudur saya tempatkan pada barisan pertama karena tingkat kesulitan pembuatannya. Jawa Tengah.Candi Borobudur terletak di desa Borobudur.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->