Kunci Pepet

(Kaemferia rotunda L.) Sinonim : --

Familia : Zingiberaceae

Uraian : Kunci pepet atau kunir putih sering disebut "kunyit putih" atau "Curcuma alba", sebutan nama latin yang salah. Karena daunnya bercorak indah dan tumbuhnya tidak tinggi maka sosoknya menyerupai tanaman hias sehingga sering ditanam di pekarangan atau di dalam pot. Kunci pepet juga bisa ditemukan tumbuh liar di beberapa tempat di bagian timur Jawa sampai ketinggian kurang dari 750 m dpl. Selain digunakan sebagai campuran jamu tradisional, kunci pepet juga sering digunakan untuk kosmetika tradisional. Ada dua fase tumbuh kunci pepet. Yang pertama disebut fase vegetatif, yaitu pertumbuhan normal seperti biasa dengan daun dan batang semu. Yang kedua, yaitu fase generatif. Pada fase ini yang terlihat hanya bunga-bunganya saja. Tanaman ini terdapat pada dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 750 m dpl. Banyak ditemukan di Sumatera dan Jawa. Selain itu, juga ditemukan di India, Srilangka, dan Malaysia. Terna tahunan dengan tinggi 30-70 cm ini tumbuh merumpun dengan batang semu yang tumbuh dari rimpangnya. Daun tunggal, helaian daun berbentuk lanset, panjang 20-30 cm, lebar 7,5-10 cm, ujung runcing, pangkal berpelepah, tepi rata, warnanya hijau muda dengan bagian tengah bercorak warna cokelat. Bunga keluar dari rimpang dengan batang semu yang amat pendek. Bunga bisa tumbuh menggerombol, sering mekar beberapa kuntum sekaligus, warnanya ungu muda kemerahan. Akarnya berdaging membentuk rimpang yang tidak terlalu besar, yaitu seukuran telur puyuh. Dari rimpang induk keluar akar-akar kasar yang ujungnya terdapat anakan rimpang yang berair dan tampak tumbuh menggerombol menutupi rimpang induk. Jika rimpang dibelah terlihat warnanya putih pucat, berserat halus, dan rasanya pahit. Jika telah keluar bunga, menandakan rimpang siap di panen. Umbi muda bisa dijadikan lalap. Perbanyakan dengan rimpang. Nama Lokal : NAMA DAERAH Jawa: kunci pepet, temu rapet, ardong (Jawa), kunir putih (Sunda). Madura: konce pet. Melayu: temu putri, t. rapet. NAMA ASING - NAMA SIMPLISIA Kaempferiae rotundae Rhizoma (kunci pepet).

Penyakit Yang Dapat Diobati : Rimpang rasanya pahit, sifatnya sejuk. Berkhasiat antiradang, peluruh kentut (karminatif), dan mempercepat penyembuhan luka. Pemanfaatan :

mengandung borneol. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah kunci pepet atau kunci kunat. agak sedikit pahit. adstringent. Jika menggunakan rimpang kering. lalu balut. polifenol. flavonoida.termasuk ke dalam famili tumbuhan Zingiberaceae. bisul Cuci bersih rimpang induk kunci pepet yang segar. CARA PEMAKAIAN Untuk pemakaian luar. anti diare dan antidisentri. Tempelkan hasilnya pada bagian tubuh yang memar atau bengkak. SIFAT KIMIAWI : alkaloida. rasa sepat. dan saponin. agak berbau. minum beningannya. Setelah dingin. KUNCI PEPET Kaempferiaangustifolia Rose KLASIFIKASI : Kunci pepet disebut Kaempferia angustifolia Rosc atau Kaempferiaundulata T & B. dan bisul yang sulit pecah. perut mulas. dan bengkak karena memar.gangguan pencernaan. keseleo. BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN : rimpang dan bunga . Setelah digiling halus menjadi serbuk. sakit perut. memar. lalu tumbuk sampai halus. gunakan parutan rimpang untuk menurap bagian tubuh yang memar. Komposisi : Rimpang mengandung minyak asiri berwarna kuning muda. keseleo. Mengeluarkan angin dari perut Seduh serbuk kunci pepet sebanyak satu sendok teh dengan secangkir air panas. minyak atsiri EFEK FARMAKOLOGIS : dalam farmakologi cina dan pengobatan tradisional tanaman ini memiliki sifat . tambahkan sedikit air. lalu tutup. rimpang induk yang telah dikeringkan bisa digunakan sebagai bedak. sineol. metil khavikol. CONTOH PEMAKAIAN DI MASYARAKAT Bengkak. saponin.

com Temu rapet Dari Wikipedia bahasa Indonesia. 5. Setelah dingin disaring dan diminum.tanaman-obat.Setelah dingin disaring dan diminum. 3.PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGUNAANYA : Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun temurun dari berbagai negara dan daerah. Setelah dingin disaring dan diminum. Disentri. 2. ASI kurang Read more about TANAMAN OBAT . Kaempferia rotunda dari Darmaga. Rimpang segar 10 gram (diiris-iris). dan Tanaman Obat Tradisional Berkualitas by www.KUNCI PEPET | Pusat Obat Herbal. Rimpang segar 10 gram (diiris-iris). ensiklopedia bebas Belum Diperiksa ? Temu rapet Temu rapet. Mulas. direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Rimpang segar 10 gram (diiris-iris).Setelah dingin disaring dan diminum. tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit : 1. direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Mencret. 4. Pelangsing.Bogor bunga dan daun dari rumpun berbeda Klasifikasi ilmiah Kerajaa Plantae n: Divisi: Magnoliophy ta Liliopsida Kelas: . direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Rimpang segar 10 gram (diiris-iris).

kunci pĕpĕt (Jw. temu rapet ditanam pula di pekarangan sebagai tanaman hias. rotunda Nama binomial Kaempferia rotunda Linn. temu rapet lebih khusus dipakai untuk khasiat pengobatannya. karena kunir putih atau kunyit putih juga merupakan nama dari Curcuma zedoaria dan kunci pepet juga digunakan untuk menyebutKaempferia angustifolia. kunir putih. Berbeda dengan kencur. Temu rapet atau kunci pepet (Kaempferia rotunda L. Daftar isi [sembunyikan] • • • • • 1 Pengenalan 2 Penyebaran dan habitat 3 Kegunaan 4 Lihat pula 5 Catatan kaki . Dalam bahasa Inggris Kaempferia rotunda dikenal sebagai Round-rooted Galangal[2]. yang banyak dipakai sebagai bumbu masak.). dan koncé pĕt (Md. adalah sejenis rempah-rempah rimpang yang masih berkerabat dekat dengan kencur.Ordo: Famili: Zingiberales Zingiberace ae Upafami Zingiberoide li: ae Genus: Kaempferia Spesies: K. ardong. Tanaman ini dikenal pula sebagai temu putri atau temu lilin (Btw.). atau kadang kala disebut kunir putih.[1] Namun soal nama ini perlu berhati-hati. (1798). 1753 Sinonim Kaempferia longa Jacq.). karena daunnya yang indah.). Selain itu.

sisi bawah sedikit berambut. Burma. lk. Karenanya.300 m dpl. dengan pelepah 7–24 cm.[2] [sunting]Kegunaan Secara tradisional. tegak. 4–7 cm × 2–4 cm. Kelopak bunga putih atau kehijauan. hutan pegunungan bawah. dan Indonesia. keunguan.[2][3] Perbungaan muncul dari kuncup yang lain pada rimpang. berisi 4–6 kuntum bunga. hijau dan keputihan. 7–36 cm × 4–11 cm. 3–7 cm panjangnya. hingga ketinggian 1. helaian daun lanset menjorong. ungu-lila dengan rusuk kekuningan. berdaun 2–5 helai. ke selatan melalui Indocina hingga Thailand. mahkota serupa tabung di pangkalnya. dan juga padang-padang rumput.[2][3] [sunting]Penyebaran dan habitat Kaempferia rotunda diduga berasal dari wilayah Indocina[2]. temu rapet juga dimanfaatkan sebagai bahan bedak. Taiwan. Yunnan).[3][4] Tumbuhan ini ditemukan tumbuh di hutan-hutan jati. Hainan. sering dengan pola-pola kembang yang simetris. Sri Lanka. Guangxi. namun didapati menyebar secara alami di Asia mulai dariIndia di barat. rimpang kunci pepet ini digunakan sebagai obat sakit perut dan disentri. 5 cm. Labellum atau bibir (yakni staminodia yang membesar. berbagi hingga setengah jalan atau lebih. campuran jamu ibu melahirkan dan penambah nafsu makan. Daun-daun bertangkai.• 6 Pranala luar [sunting]Pengenalan Close up bunga Terna yang tak seberapa tinggi. Cina (Guangdong. hutan bambu. dan berwarnawarni) berbentuk jantung terbalik. . Umbiumbinya yang kecil dan berair mempunyai khasiat mendinginkan. melengkung ke luar. melebar. Malaysia. sisi atas gundul. dengan taju bentuk garis. putih.

Selain itu Kaempferia rotunda digunakan dalam pembuatan harum-haruman. anti serangga. serta dijadikan bahan makanan sebagai sayuran atau lalapan.[2] [1] .