BAB 1 PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Bila kita melihat ke pasaran, kita akan menjumpai banyak sekali produk baik berupa barang maupun jasa yang ditawarkan oleh berbagai produsen. Namun tidak semua barang dan jasa tersebut akan laku dan berhasil di pasaran. Hal ini disebabkan oleh kurang maksimalnya proses pemasaran oleh para produsen mengenai produk mereka pengetahuan masyarakat akan keberadaan produk tersebut menjadi minim. Pemasaran dalam hal ini sangat memegang peranan penting akan keberhasilan sebuah produk di pasaran karena produk yang ditawarkan tidak dapat mencari konsumennya sendiri. Pemasaran atau marketing mencakup banyak kegiatan, mulai dari riset pemasaran, pengembangan produk, distribusi, periklanan, dan kegiatan pemasaran lainnya. Pemasaran memadukan beberapa kegiatan yang dirancang untuk melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Keberhasilan perusahaan pada dasarnya adalah keberhasilan dalam pemasarannya.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan berbagai masalah yang akan di bahas pada bab selanjutnya, diantaranya adalah:

1. Bagaimana definisi pemasaran menurut para ahli? 2. Apakah yang dimaksud dengan pemasaran secara umum? 3. Bagaimana konsep pemasaran? 4. Apakah fungsi atau kegiatan pemasaran? 5. Apa sajakah tujuan dari pemasaran? 1

2 . 7.6. 4. Untuk mengetahui apakah yang dimaksud dengan pemasaran 3. 6. Sebagai tugas dari mata kuliah Manajemen Pemasaran 2. Untuk mengetahui konsep pemasaran 5. Serta dapat memahami pentingnya pemasaran bagi kelangsungan hidup perusahaan. Untuk memahami fungsi atau kegiatan pemasaran.TUJUAN PENULISAN Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah : 1. Untuk mengetahui bagaimana definisii pemasaran menurut para ahli serta secara umum. Mengapa pemasaran itu penting? C. Untuk mengetahui tujuan pemasaran.

PENGERTIAN PEMASARAN Istilah pemasaran secara etimologi berasal dari kata ³pasar´ yang mendapat awalan dan akhiran sebagaimana aturannya. menjadi kata ³pemasaran´. Kegiatan tersebut apabila digambarkandalam suatu skkema akan tampak seperti di bawah ini: 3 . Pemasaran dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang mengusahakan agar produk yang dipasarkannya itu dapat diterima dan disenangi oleh pasar. ini berarti produsen kurang memperhatikan kepuasan konsumen. Menurut pendekatan konsep pemasaran. Sedangkan dalam arti luas pemasaran berarti suatu proses.ume panjualan dan tercapainya tujuan perusahaan. sistem seni dan ilmu dalam rangka memberikan kepuasannkonsumen/pembeli sekaligus merealisir vol. pasar berarti individu/sekumpulan individu dan atau lembaga/organisasi yang mempunyai keinginan dan kemampuan untuk merealisir kebutuhan serta mau mengorbankan uangnya melalui proses pertukaran. Hal ini sebagai mana dirumuskan oleh Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management menyatakan bahwa pemasaran adalah serangkaian kegiatan manusia yang diarahkan untuk mempermudah/menyempurnakan proses pemenuhan kebutuhan melalui proses pertukaran.BAB 2 PEMBAHASAN A. Atas dasar pengertian pasar tersebut maka pengertian pemasaran dapat diartikan dalam arti sempit dan dalam arti luas. Pengertian pasar dapat dilihat dari pendekatan ekonomi mangandung makna sebagai tempat pertemuan antara penjual/produsen dangan pembeli/konsumen dalam rangka melaksanakan transaksi jual beli. Dalam arti sempit pengertian pemasaran adalah proses penyampaian barang atau jasa dari produsen kepada konsumen.

H. Hakikat pemasaran Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. 2. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran.1. Berikut adalah beberapa definisi pemasaran menurut para ahli: 1. Dalam kegiatan pemasaran ini. 4. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran. aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Menurut W Stanton Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. Nystrom Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.PRODUK PEMASARAN PASAR Gambar A. 3. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi. Philip Kotler (Marketing) Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Philip dan Duncan 4 . Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. pemasaran dan konsumsi. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain.

dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. B. 1997). 5 . KONSEP PEMASARAN Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan.Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen. menawarkan. menawarkan. Definisi pemasaran yang paling sesuai yang digunakan hingga saat ini yakni: Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan. dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler.

termasuk beberapa eksekutif. Perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian mereka-reka bagaimana 2. Kemudian. dari sini perusahaan mendapatkan laba. Lebih dari itu manusia menginginkan rekreasi. biaya. Hingga saat ini masih banyak orang. air. Tekanan pada produk Pemasaran 1. Setelah konsumen terbujuk. perusahaan tersebut menggunakan segala methoda penjualan untuk merayu konsumen agar membeli produk tersebut. suatu perusahaan meluncurkan produk baru. dantempat berlindung untuk bertahan hidup. perusahaan tersebut mengembangkan sebuah produk yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen. Di dalam konsep pemasaran. pendidikan dan jasa-jasa lainnya. yang meliputi: permintaan (demands). Manajemen berorientasi ke volume untuk memenuhi keinginan itu. nilai. Perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka-reka bagaimana menjualnya membuat dan menyerahkan produknya 3. pertukaran dan transaksi. Jadi. Dalam konsep penjualan. udara. Hal ini berbeda dengan konsep pemasaran. diharapkan mereka mau membeli produk tersebut sehingga perusahaan memperoleh laba. 6 . dan gagasan). Di sini. serta pemasar dan prospek. sesungguhnya kedua istilah tersebut memiliki konsep yang berbeda. dan kepuasan. jasa. perusahaan menyesuaikan produk mereka untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen. produk (barang. perusahaan mengarahkan permintaan konsumen agar sesuai dengan produk yang dimilikinya. pakaian. belum bisa memahami perbedaan antara pemasaran dengan penjualan. Table 1. Manusia membutuhkan makanan. Tekanan pada keinginan konsumen 2. Padahal. Setelah itu. hubungan dan jaringan.Dasar pemikiran pemasaran berawal dari kebutuhan dan keinginan manusia. Pengertian pemasaran juga bersandar pada konsep inti pemasaran disamping kebutuhan dan keinginan. dalam konsep penjualan. pasar. langkah perusahaan diawali dengan penjajakan untuk mengetahui apa yang diinginkan atau dibutuhkan konsumen. Perbedaan konsep penjualan dengan konsep pemasaran Penjualan 1.

Pandangan ini merupakan dasar sosial dan ekonomi kehidupan sebuah perusahaan. Perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang. segala aktivitas perusahaan harus dicurahkan untuk mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen. Karena itu.Penjualan 3. berdasarkan produk-produk baru. Fungsi pertukaran Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali. pasar hari esok. Dari kemampuan memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut. berdasarkan produk dan pasar Dari semua penjelasan di atas. perusahaan mendapatkan laba. C. FUNGSI PEMASARAN 1. bisa disimpulkan bahwa konsep pemasaran adalah sebuah pandangan yang berlaku di dunia usaha yang menyatakan bahwa memuaskan keinginan konsumen merupakan tujuan dari perusahaan. 4. Manajemen berorientasi ke laba usaha. dan bagaimana memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut. Produk harus dijual dan dibeli sekurang-kurangnya sekali selama proses pemasaran Misal : Produsen ± Konsumen Produsen ± Tengkulak Tengkulak ± Pedagang Besar Tengkulak ± Pengecer 2. Perencanaan berorientasi ke hasil jangka pendek. dan pertumbuhan yang akan datang. 4. Fungsi Fisis 7 .

penyediaan dana. serta penyediaan informasi pasar. Kepuasan konsumen akan tercapai apabila perusahaan mampu untuk menyediakan consumer value package.Yang termasuk dalam kegiatan-kegiatan fungsi fisis yaitu pengangkutan. seperti pemasangan instalasi. selama. Harganya ± dapat terjangkau oleh konsumen 3. Fungsi penyediaan fasilitas Berupa penyediaan fasilitas baik fisik maupun nonfisik yang diperlukan bagi terselenggaranya kegiatan pemasaran secara efektif dan efisien. Selain itu perusahaan juga menyediakan fasilitas baggi konsumennya. penanggungan resiko. servis. penggudangan. yang berupa: 1. udara. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air. Pelayanannya ± memuaskan konsumen 4. 3. Citra produknya ± baik dari sudut pandang konsumen 8 . dan lain sebagainya. D. dsb. TUJUAN PEMASARAN Tujuan pemasaran adalah untuk memperoleh laba dari kepuasan konsumen. reparasi. Fasilitas tersebut meliputi pelayanan kepada konsumen baik sebelum. darat. dan pemrosesan produk. maupun sesudah terjadinya penjualan. Produknya ± berkualitas dan memenuhi kebutuhan konsumen 2. Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Fasilitas tersebut dapat berupa penerapan standardisasi produk. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.

sehiungga laba yang diperoleh minim. Sebaliknya. kemungkinan hasil penjualan produknya akan menurun. yaitu perolehan laba. apabila perusahaan melalaikan kebutuhan konsumen dan hanya berfikir dari sudutpandang dari produsen saja.Apabila kepuasan konsumen tersebut terpenuhi. bahkan dapat mengakibatkan kerugian. dan akhirnya tujuan pemasaran dapat tercapai. ingin berkembang dan juga mampu bersaing dengan yang lain. KESIMPULAN 9 . BAB PENUTUP A. PERANAN PEMASARAN (MARKETING) Pemasaran atau Marketing memiliki beragam peranan diantaranya adalah sebagai berikut: y y Peranan pemasaran dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. y Peranan Pemasaran dalam pencapaian tujuan dan sasaran perusahaan. maka hasil penjualan produknya akan meningkat. Kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya bisa jadi tolok ukur keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan dan sasarannya. sudah barang tentu mereka harus mampu menjual produknya dengan harga yang menguntungkan dengan tetap memberikan kualitas yang semaksimal mungkin. Peranan Pemasaran dalam kegiatan Ekonomi adalah untuk memenuhi permintaan yang beragam dengan penawaran yang beragam pula. Jika sebuah perusahaan ingin menjaga kelangsungan hidupnya. Kepuasan konsumen adalah segallanya bagi perusahaan yang berorientasi pada pemasaran (marketing) F.

serta pemasar dan prospek. pemasaran pun sangat penting bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan itu sendiri guna mencapai tujuannya yakni mendapatkan laba dari kepuasan konsumen. menyediakan barang atau jasa. dan lain sebagainya. yakni memperoleh laba dari kepuasan konsumen. B. pihak perusahaan menitikberatkan kepada kepuasan pelanggan. dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain. dan gagasan). jasa. pasar. keinginan (wants) dan permintaan (demands). memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. fungsi fisis. nilai. Pemasaran memegang peran fital dalam kegiatan ekonomi. dan mendapatkan laba. distribusi. Kegiatan pemasaran akan meliputi berbagai macam kegiatan atau fungsi yang berupa fungsi pertukaran. Tujuan akhir pemasaran berhubungan erat dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan. biaya. pertukaran dan transaksi. hubungan dan jaringan. menawarkan. diferensiasi produk. Untuk mencapai tujuannya. Konsep inti pemasaranmeliputi: kebutuhan (needs). dan fungsi penyediaan fasilitas. Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup. untuk berkembang.Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan. produk (barang. Pemasaran juga memiliki peranan yang sangan penting baik bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. dan kepuasan. SARAN 10 .

id/node/124830 pada Tanggal 6 Mei 2011 pada Pukul 11.co. Gitosudarmo.59 WITA Mirania. 2011.DAFTAR PUSTAKA Buku 1. Diakses dari http://citraindonesia. Kebijaksanaan Umum dan Politik Luar Negeri RI ± Uni Eropa (UE). Menyiasati Kecenderungan Pasar Pariwisata Akibat Dampak Krisis Keuangan Global 2008. Manajemen Pemasaran http://www. 1988. 2010. Aturan Impor Eropa Ancam Ekspor Indonesia. Diakses dari http://caretourism. Idochi Anwar. 2011.id/Pages/IFPDisplay. Antara Krisis Eropa dengan OJK di Indonesia. Kebijakan Ekonomi Eropa Hambat Ekspor.com/read/286066 pada Tanggal 15 November 2011 WITA Kampekique.kabarbisnis.wordpress.go.com/2011/04/tulisan-4perekonomian-indonesia. Manajemen Pemasaran.html pada Tanggal 16 November 2011 Pangestu. 2012.wordpress. Dasar-dasar Marketing.aspx?Name=RegionalCooperation&IDP=15& P=Regional&l=id pada Tanggal 15 November 2011 Koran Tempo.com/2011/01/18/kerjasama-antara-indonesia-dan-unieropa/ pada Tanggal 15 November 2011 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. 1994. Mari Elka. Kerjasama Antara Indonesia dan Uni Eropa. 2011. diakses dari http://www.com/mendag-kebijakan-uni-eropa-hambat-ekspor/ pada Tanggal 16 November 2011 Caretourism. Indriyo. Moch.com/2010/02/19/menyiasati-kecenderungan-pasarpariwisata-akibat-dampak-krisis-keuangan-global-2008/ 11 . diakses dari http://kampekique. Bandung: 1985 Penerbit Alumni Website Forum Kajian Ilmu. Yogyakarta: BPFEYogyakarta 2. Perekonomian Indonesia 2011 . 2010.deplu. Diakses dari http://miraniazalina. Diakses dari http://bataviase.blogspot.

11.9302 1.2.2.NAMA KELOMPOK 12 : ‡ NI WAYAN LUH SUKERTIASIH ‡ IDA AYU ANOM SANURIANITA ‡ NI KADEK PUTRI PUNIHATI 1.11.2.9270 1.11.9278 12 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful