P. 1
RANGKAIAN SERI PARALEL

RANGKAIAN SERI PARALEL

|Views: 711|Likes:
Published by Andra Utama

More info:

Published by: Andra Utama on Feb 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

RANGKAIAN SERI PARALEL Pada kehidupan sehari-hari kita seri menjumpai kedua rangkaian ini, kerena rangkaian

ini banyak digunakan pada jaringan listrik yang terdapat disekitar kita. Rangkai seri dengan rangkaian paralel mempunyai perbedaan yang sangat seknifikan oleh karena itu ada komponen listrik yang tersusun secara seri dan ada juga yang tersusun secara paralel tergantung pada tujuan penggunaan rangkai tersebut pada kehidupan sehari-hari. Yang harus kita perhatikan pada saat melakukan pengukuran arus posisi alat ukur dengan komponen tersusun secara seri sedangkan pada saat pengukuran tegangan alat ukur tersusun secara paralel dengan beban. Jika kita menggunakan rangkaian seri maka kita akan mendapat nilai arus yang sama pada setiap komponennya yang kita ukur hal itu sesuai dengan prinsip rangkaian seri bahwa arus pada setian komponen itu sama sedangkan tegangannya berbeda. Maka dari itu ada istilah rangkaian seri sebagai pembagi tegangan. Gambar rangkaian seri itu sendiri dapat kita lihat seperti gambar dibawah ini :
1

R1

2

R2

3

R3

V1
12 V 4

Gambar 1 rangkaian seri Pada saat melakukan pengukuran alat ukur arus tersusun secara seri dengan beban hal itu dikarenakan pada rangkaian yang tersusun secara seri nilai arus sama. Hal itu dapat kita lihat pada gambar dibawah ini :
XMM1

5 1

R1

2

R2

3

R3

V1
12 V 4

Gambar 2 cara mengukur arus Jika anda menggunakan rangkaian paralel maka anda akan memndapatkan nilai tegangan yang sama pada setiap komponen yang diukur. Akan tetapi nilai arusnya berbeda karena itu ada istilah rangkaian paralel sebgai pembagi arus. Hal itu yang menjadi prebedaan

By Andra Utama

CP : 087868138034

1

R2. Seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini : 1 V1 12 V R1 1Ω R2 1Ω 2 R3 1Ω Gambar 3 rangkaian paralel Dengan menggunakan rangkaian paralel maka tegangan yang terukur pada R1. Maka dari itu ketika melakukan pengukuran tegangan alat ukur tersusun secara paralel dengan beban.mendasar antara rangkaian seri dengan paralel. seperti pada gambar dibawah ini : XMM1 1 V1 12 V R1 1Ω R2 1Ω R3 1Ω 2 Gambar 4 cara mengukur tegangan By Andra Utama CP : 087868138034 2 . dan R3 memiliki nilai yang sama walaupun nilai hambatanya berbeda.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->