P. 1
Cara Membuat File Menjadi PDF

Cara Membuat File Menjadi PDF

|Views: 14|Likes:
Published by ysaqo

More info:

Published by: ysaqo on Feb 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/14/2012

pdf

text

original

Cara membuat file menjadi PDF mungkin banyak teman dan sahabat yang sudah tidak asing lagi

dengan ini karena memang setiap hari selalu berkecimpung dengan pembuatan file dengan extensi seperti ini. Namun bagi diri ini, cara membuat file dengan extensi PDF ini sangat tidak memahami nya. Maklum saja, karena diri ini memang tidak pernah bersentuhan dengan cara pembuatan file ini. Paling saat membaca sebuah ebook, diri ini selalu berpikiran bagaimana membuat sebuah ebook yang panjang seperti ini. Apakah langsung menulis seperti membuat tulisan di microsoft word atau di text document open office :? ah dasar katrox :lol: Namun saat diri ini membuka file tulisan yang tidak jadi di folder My Document, ternyata dari sekian banyak tulisan yan mangkrak tersebut 75% nya adalah tulisan dalam open office. Memang setelah agak ngeh dengan open source yang halal, diri ini selalu mencoba mengunakan program yang tidak menyalahi aturan hak cipta. Meskipun di dalam masih CPU komputer masih bercokol beberapa program dan software ilegal, tapi setidaknya sudah ada kemauan untuk berubah :mrgreen: <del>mencoba membela diri</del>. Dan ternyata di text document open office itu lebih banyak gampangnya dari pada membuat tulisan di word (maaf ini hanya menurut pengalaman pribadi, dan menurut sahabat bisa lain). Bahkan ada beberepa keuggulan dibanding dengan menggunakan word. Saat masuk ke open office, kita sebelum memulai sudah diberi pilihan untuk apa menggunakan layanan ini. Ada text document, spreadsheet, presentation, darwing, serta database. Selain itu ada juga HTML dan juga formula, semua itu menjadikan gampang bai penggunanya. Dan saat membuka tadi, di menu bar nya ada tulisan export as PDF, langsung aja tanpa menungu lama diri inimencoba ngeklik dengan mengunakan sembarang dokumen yang ada. Hasilya jreenggg …......... jadi sebuah file PDF semudah membalikan telapak tangan. Oalaaa koq jadi gampang sekali membuat file berformat PDF ini (kalau belum tahu file PDF itu seperti apa, silakan buka sembarang ebook karena file ini memang digunakan untuk membuat ebook). Kembali pada topik, open office yang saya gunakan adalah versi 3 (openoffice3) dan bisa di unduh secara free dan legal di sini. Dan kalau menggunakan OS opensuorce (ubuntu, debian, dll) biasanya sudah menyertakan software ini didalamnya. Cara membuatnya pun mudah dan saat tulisan kita sudah jadi dan disertai dengan gambar yang menarik, klik file (pojok kiri atas). Disana akan muncul gambar seperti ini :

.langsung saja klik Export as PDF. dan dengan satu langkah mudah jadilah file PDF kita. Dan untuk membuktikan kemampuan baru ini. saya langsung mencoba membuat tulisan ini menjadi file PDF. Untuk itu silakan menuju di sini untuk melihat kemampuan baru ku :razz: ##narsis yang sudah ketinggalan jaman.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->