P. 1
Hasil Laporan Penelitian Air

Hasil Laporan Penelitian Air

|Views: 1,814|Likes:
Published by Aditya Hidayatullah
Hasil Laporan Penelitian Air di SMP Negeri 16 Surabaya
Hasil Laporan Penelitian Air di SMP Negeri 16 Surabaya

More info:

Published by: Aditya Hidayatullah on Feb 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2013

pdf

text

original

ata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan “Laporan Pengamatan Air d Sungai Sekitar SMPN 16 Surabaya” ini. Tak lupa pula saya mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing (Bu Farida) dan teman-teman yang telah membantu memberikan pengarahan dan bimbingan dalam pembuatan “Laporan Pengamatan Air d Sungai Sekitar SMPN 16 Surabaya”. Meskipun demikian, saya menyadari “Laporan Pengamatan Air d Sungai Sekitar SMPN 16 Surabaya” ini masih belum sempurna, Oleh karena itu kritik dan saran yang membantu sangat kami harapkan agar sempurnanya laporan ini, serta semoga laporan ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua agar menyadari tentang kebersihan lingkungan sekitar terutama pada air.

Surabaya, 29 Januari 2012

Penyusun

endahuluan  LATAR BELAKANG
Dewasa ini kita seringkali mendengar atau melihat di berbagai macam media massa, banyak terjadi bencana alam seperti kekeringan dan banjir. Dan air di sekitar kita juga banyak tercemar berbagai macam sampah / limbah yang dapat menurunkan kualitas air dan berbahaya jika dikonsumsi manusia. Sekolah SMP Negeri 16 Surabaya mendapatkan alat peneliti air karena sekolah ini termasuk sekolah yang berbudaya lingkungan. Alat ini dinamakan “WORLD WATER MONITORING” yakni seperangkat alat penelitian sederhana yang memungkinkan setiap orang, anak-anak, dan orang dewasa untuk sampel lokal kualitas air dari mengetahui suhu air, kadar oksigen,

tingkat keasaman (pH) serta kejernian air.

 TUJUAN PENELITIAN
a. Mengetahui suhu air di sungai sekitar SMPN 16 Surabaya; b. Mengetahui kadar oksigen (dissolved oxygen) air di sungai sekitar SMPN 16 Surabaya; c. Mengetahui tingkat keasaman (pH) di sungai sekitar SMPN 16 Surabaya; d. Mengetahui kejernihan air (turbidity) di sungai sekitar SMPN 16 Surabaya.

 ALAT DAN BAHAN
a. Gelas “World Water Monitoring” b. Tabung untuk mengetahui kadar pH c. Tabung untuk mengetahui kadar oksigen d. Pil PHWR (untuk mengukur kadar pH) e. Pil DO (untuk mengukur kadar oksigen) f. Gambar / warna grafik g. Air sampel (air sungai) (untuk menentukan DO, pH, dan kejernihan air) 1 buah 1 buah 1 buah 1 buah 2 buah 1 buah secukupnya

elaksanaan
Pelaksanaan dilakukan di depan sekolah SMP Negeri 16 Surabaya, sampel air yang digunakan berasal dari sungai sekitar SMP Negeri 16 Surabaya. Pelaksanaan ini diikuti oleh semua murid kelas 9 G dan di bimbing oleh guru pembimbing / guru PLH (Bu Farida). Pengamatan dilakukan ketika jam pelajaran PLH (pendidikan lingkungan hidup).

 HASIL PENGAMATAN
a. SUHU Suhu sebelum diisi air adalah 300C. Cara mengetahui suhu air dengan menaruh sampel air dalam gelas “World Water Monitoring” tunggu beberapa menit dan lihat skala/ penunjuk suhu dibagian sisi gelas dan hasilnya sesudah diisi air suhunya tetap 300C. Jadi, suhu air di sungai sekitar SMP Nergeri 16 Surabaya adalah 300C. b. KEJERNIHAN AIR Cara mengetahui kejernihan air yakni dengan memasukkan sampel air kedalam gelas “World Water Monitoring” hingga garis ukur, tunggu beberapa menit kemudian dan lihat cakra lingkaran di dasar gelas, dan apabila :
Warna Putih Abu-Abu Muda Abu-Abu Tua Tingkat jtu 0 jtu 40 jtu 100 jtu Keadaan jernih sedang kotor Status Layak diminum Belum layak minum (lihat faktor lain) minum Tidak layak

Dan hasil pengamatan kadar kejernihan, Sungai sekitar SMP Negeri 16 Surabaya berwarna abu-abu tua dengan tingkatan 100 jtu (kotor). Dengan kejernihan normal (baik) sekitar 0 – 40 jtu.

c. KADAR OKSIGEN Cara menentukan kadar oksigen dalam air yakni memasukkan sampel air kedalam tabung kecil, pastikan air penuh tidak ada udara. Masukkan 2 buah pil DO, kemudian tutup dan kocok hingga pil larut lihat larutan pil tersebut dan apabila :
Warna Putih Krem Oranye Tingkat ppm 0 ppm 4 ppm 8 ppm Keadaan banyak sedang sedikit

Dan hasil pengamatan kadar oksigen, Sungai sekitar SMP Negeri 16 Surabaya berwarna krem dengan tingkatan 4 ppm (sedang). Dengan kadar oksigen yang normal (baik) sekitar 0 – 4 ppm. d. KEASAMAN AIR Menentukan keasaman (pH) dalam air yakni masukkan sampel air kedalam tabung, masukkan 1 pil PHWR dan kocok hingga larut. Kemudian, amati warna air dan apabila :
Warna Merah Krem Kuning Coklat Hijau Biru Ungu Tingkat pH 4 5 6 7 8 9 10 Keadaan rendah rendah rendah sedang sedang tinggi tinggi

Dan hasil pengamatan kadar pH, Sungai sekitar SMP Negeri 16 Surabaya berwarna coklat dengan tingkatan 7 (sedang). Dengan keasaman air normal (baik) sekitar 6,8 – 8 pH-nya.

enutup  KESIMPULAN
Kesimpulan dari pengamatan tentang air di sungai sekitar SMP Negeri 16 Surabaya ini adalah :

“Keadaan air di sungai sekitar SMP Negeri 16 Surabaya ini masih belum baik dari kadar oksigen, pH, sampai dengan tingat kejernihannya. Maka dari itu, kita sebagai warga sekitar harus menjaga dan mempunyai kesadaran akan kebersihan air agar, air tidak makin berbahaya dan kualitasnya tetap baik”

 SARAN
Saran dari saya dari pengamatan ini sebagai berikut : a. Dengan adanya penurunan kualitas air dari tahun ke tahun, mari kita tingkatkan kesadaran diri kita masing-masing akan pentingnya menjaga alam terutama pada air dan merawatnya serta yang terpenting tidak mencemarinya. b. Terkadang kita sering menganggap remeh hal-hal kecil, seperti membuang sampah di sungai. Ternyata perilaku tersebut akan kita sesali selagi apabila kita tertimpa musibah, nah dari sini kita hendaknya lebih mengintropeksi diri sendiri supaya tiada bencana yang lebih dulu datang sebelum kita berusaha dan menjaga. c. Lebih sering diadakannya kerja bakti baik itu oleh warga sekitar dan warga sekolah (SMPN 16 dan SDN Kedurus kompleks) secara rutin, agar terciptanya keselarasan dan keadilan bagi kita semua tanpa ada keirihatian antar sesama warga sekolah dengan masyarakat kampung. d. Saya harap diadakannya seminar atau penyuluhan tentang lingkungan, tidak hanya di sekolah 16 saja, kalau bisa di SD depan dan masyarakat sekitar agar kita bisa gotong royong untuk menjaga lingkungan terutama lingkungan air sungai/selokan sekitar. e. Dibentuknya peraturan kerjasama antara warga sekolah dengan masyarakat sekitar tentang menjaga lingkungan bersama terutama lingkungan sungai, agar kita bisa saling menegur dan memperhatikan/peduli terhadap orang lain yang sedang mencemari lingkungan.

 LAMPIRAN
Berikut ini adalah gambar-gambar mengenai bagaimana kami melakukan pengamatan/ penelitian air sungai sekitar SMP Negeri 16 Surabaya :

Guru pembimbing sedang memberikan instruksi sebelum melakukan pengamatan

Salah satu murid mengambil sampel air di sungai

Alat-alat yang digunakan dalam pengamatan

Siswa mengocok tabung untuk meneliti tingkat keasaman (pH)

Siswa memasukkan 2 pil DO kedalam tabung kecil untuk mengukur kadar oksigen

Siswa mengamati hasil pengamatan melalui cakra penunjuk kejernihan air

Siswa mencocokkan hasil percobaan pada grafik untuk mengetahui nilai kadar oksigennya

Siswa mencocokkan hasil percobaan pada grafik untuk mengetahui nilai kadar pH

Siswa mencatat dan berdiskusi selama pengamatan/ penelitian berlangsung

Demikianlah laporan yang bisa saya buat ini, terima kasih kepada seluruh anggota yang terlibat semoga bermanfaat serta mohon maaf apabila ada salahsalah kata atau informasi dan mohon dimaklumi apaadanya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->