Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan. Lawan dari lingkungan hidup adalah lingkungan buatan, yang mencakup wilayah dan komponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia.

Pelestarian Lingkungan : Environmentalism adalah perlindungan lingkungan hidup dari pengaruh-pengaruh luar, misalnya pencemaran, bising, pemanasan global, dan perusakan sumber daya alam. Salah satu contoh pertama adalah orang-orang Bishnois di Rajasthan, India, yang rela mati demi mencegah penebangan pohon-pohon di desa mereka atas perintah raja. Beberapa tokoh modern adalah John Muir dan Henry David Thoreau. Thoreau tertarik akan hubungan antara manusia dan lingkungan hidup dan mempelajari hal ini dengan cara hidup dekat dengan alam dengan gaya hidup sederhana. Penyebab dan Akibat Pencemaran Lingkungan Penyebab terjadinya pencemaran lingkungan sebagian besar disebabkan oleh tangan manusia. Pencemaran air dan tanah adalah pencemaran yang terjadi di perairan seperti sungai, kali, danau, laut, air tanah, dan sebagainya. Sedangkan pencemaran tanah adalah pencemaran yang terjadi di darat baik di kota maupun di desa. Alam memiliki kemampuan untuk mengembalikan kondisi air yang telah tercemar dengan proses pemurnian atau purifikasi alami dengan jalan pemurnian tanah, pasir, bebatuan dan mikro organisme yang ada di alam sekitar kita. Jumlah pencemaran yang sangat masal dari pihak manusia membuat alam tidak mampu mengembalikan kondisi ke seperti semula. Alam menjadi kehilangan kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi. Sampah dan zat seperti plastik, DDT, deterjen dan sebagainya yang tidak ramah lingkungan akan semakin memperparah kondisi pengrusakan alam yang kian hari kian bertambah parah. Sebab Pencemaran Lingkungan di Air dan di Tanah : 1. Erosi dan curah hujan yang tinggi. 2. Sampah buangan manusia dari rumah-rumah atau pemukiman penduduk. 3. Zat kimia dari lokasi rumah penduduk, pertanian, industri, dan sebagainya. Salah satu penyebab pencemaran di air yang paling terkenal adalah akibat penggunaan zat kimia pemberantas hama DDT. DDT digunakan oleh para petani untuk mengusir dan membunuh hama yang menyerang lahan pertanian.

lambat laun bisa menyebabkan penyakit kanker pada tubuh. atau limbah. d. menghambat proses pengapuran dinding telur pada hewan bertelur sehingga telurnya tidak dapat menetas. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial. a. menimbulkan otot kejang. zat kimia. kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak. merusak jaringan tubuh makhluk hidup b. Dengan demikian seluruh hewan yang ada pada rantai makanan akan tercemar oleh DDT termasuk pada manusia. Berbagai Pencemaran seperti : y y y Pencemaran Air Pencemaran Udara Pencemaran Tanah PENCEMARAN UDARA Sumber Pencemaran Air : y y y Buangan rumah tangga Buangan limbah industri Limbah pertanian Dampak Pencemaran Air y y y y Dampak Terhadap kehidupan biota air Dampak terhadap kualitas air tanah Dampak terhadap Kesehatan Dampak terhadap estetika lingkungan Pencemaran Tanah Pencemaran tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami. masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan. DDT yang telah masuk ke dalam tubuh akan larut dalam lemak. penggunaan pestisida. sehingga tubuh kita akan menjadi pusat polutan yang semakin hari akan terakumulasi hingga mengakibatkan efek yang lebih menakutkan. Akibat adanya biological magnification / pembesaran biologis pada organisme yang disebabkan oleh penggunaan DDT. air limbah dari tempat penimbunan . otot lehah dan bisa juga kelumpuhan c.DDT tidak hanya berdampak pada hama namun juga binatang-binatang lain yang ada di sekitarnya dah bahkan di tempat yang sangat jauh sekalipun akibat proses aliran rantai makanan dari satu hewan ke hewan lainnya yang mengakumulasi zat DDT.

Sumber pencemaran suara adalah kebisingan. maka ia dapat menguap.sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia. tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. kendaraan bermotor. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah. maupun global. bahkan menyebabkan cacat pendengaran yang permanen . Pencemaran Panas Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik. kimia. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal. regional. hewan. Suara dengan intensitas tinggi. radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. Upaya Pemerintah DKI Jakarta dalam Mengatasi Pencemaran y y y y Diadakan dan dilaksanakannya peraturan Penambahan berbagai fasilitas umum Penghijauan Mewujudkan kota sehat . Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya. dan tumbuhan. yaitu bunyi atau suara yang dapat mengganggu dan merusak pendengaran manusia. atau merusak properti. Pencemaran Suara Pencemaran suara adalah keadaan dimana masuknya suara yang masuk terlalu banyak sehingga mengganggu kenyamanan lingkungan manusia. seperti yang dikeluarkan oleh banyak mesin industri. Bunyi disebut bising apabila inetensitasnya telah melampaui 50 desibel . mengganggu estetika dan kenyamanan. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Pencemaran suara cukup menjadi ancama serius bagi kualitas lingkungan terutama dibagian suasana . dan pesawat terbang bila berlangsung secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat mengganggu manusia. panas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful