P. 1
makalah

makalah

|Views: 1,835|Likes:
Published by retni_luph

More info:

Published by: retni_luph on Feb 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/09/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

Pernahkah terbayangkan jika kita tidak punya energi lagi untuk menunjang kehidupan kita, mungkin kita akan kembali ke suasana jaman batu, dimana tidak ada listrik untuk menyalakan peralatan listrik yang kita punya, termasuk komputer, tidak ada bahan bakar yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti transportasi dan untuk memasak mengerikan!. Maka dari itu sudah sepantasnya kita sebagai manusia melakukan tindakan-tindakan untuk

mengantisipasi keadaan diatas meskipun itu adalah gerakan kecil yang mungkin anda pikir tidak berefek pada kelangsungan hidup manusia. Salah satu energi yang benar-benar harus kita hemat adalah energi listrik serta energi yang berasal dari bahan bakar. Energi listrik merupakan salah satu energi yang sangat penting perananannya dalam kehidupan sehari-hari namun tanpa kita sadari kita telah banyak membuang-buang energi tersebut tanpa disadari sepenuhnya oleh kita. Dampak dari pemborosan energi listrik, air dan sumber daya lainnya umumnya bersifat negatif serta akan memberikan kerugian bagi kita semua di masa yang akan datang. Selain itu permasalahan sumber energi lain seperti bahan bakar juga sudah sangat sering diperbincangkan berhubung semakin menipisnya cadangan bahan bakar di muka bumi ini untuk mencegah terjadinya kelangkaan bahan bakar. Penghematan tersebut lebih dititik beratkan pada sektor rumah tangga dan industri sebagai konsumen terbanyak listrik dan bahan bakar. Proses penghematan energi yang kita pakai akan banyak manfaatnya selain untuk masa sekarang juga akan bermanfaat untuk kelangsungan hidup dimasa yang akan datang. Menghemat energi berarti kita sudah melakukan penghematan terhadap biaya yang kita keluarkan yang berarti kita sudah bisa menghemat uang kita, boros energi berarti kita akan membuang uang kita secara sia-sia hanya untuk biaya energi yang tidak kita gunakan secara efisien.

Save energy save money

1

BAB II ISI

2.1 Gerakan Hemat Energi Penghematan energi perlu dilakukan oleh para pengguna energi bukan hanya pihak individu, namun juga harus dibarengi oleh pihak- pihak industri. Penghematan energi harus menjadi suatu gerakan bersama yang dilandasi dengan kesadaran dari dalam sendiri. Penghematan energi harus kamu lakukan di mana saja. Di sekolah dan rumah, kita harus menghemat energi. Caranya dapat berbagai macam, di antaranya: 1. menutup keran air di kamar mandi jika tidak digunakan; 2. mematikan lampu jika tidak diperlukan; 3. mematikan pendingin ruangan jika tidak diperlukan; 4. tidak menggunakan alat-alat elektronik secara bersamaan. Misalnya, menghidupkan TV, komputer, menyetrika, dan mendengarkan radio secara bersamaan.

ilustrasi: Save Our Energy

Save energy save money

2

Dari ilustrasi gambar diatas dapat disimpulkan beberapa tindakan kecil unutk menghemat energi : y y y Matikan lampu apabila tidak dipakai Mematikan alat-alat elektronik setelah selesai dipakai Menanam pohon di pekarangan rumah, mudah tapi sangat jarang orang menyadarinya. y Segera menutup kembali pintu kulkas setelah kita mengambil barang di dalamnya, karena membuka kulkas 3 detik, maka kulkas membutuhkan waktu 3 menit untuk mengembalikan seperti kondisi semula. y Jika Anda mengendarai mobil pribadi, berangkat kerja lebih pagi dan pulanglah lebih lambat agar terhindar jam macet. Kemacetan di jalan membuat bensin kendaraan Anda boros y Jangan buang begitu saja kertas-kertas bekas, tanamkan di benak anda bahwa setiap anda menggunakan sebuah kertas maka Anda telah menebang sebuah pohon. y Jangan manjakan tubuh Anda dengan berkendara setiap keluar rumah. Jika tempatnya benar-benar jauh bolah saja Anda menggunakan kendaraan. Tetapi jika dekat misal, lima atau sepuluh menit perjalanan, lebih baik jalan kaki. Sekalian berolahraga bukan. Mengurangi konsumsi energi masih merupakan prioritas terbesar bagi setiap orang. Kabar baiknya adalah banyak cara yang dapat ditempuh, misalnya ³rumah hemat energi´ dan ini benar-benar mudah untuk dilakukan. Periksa Seal Kebocoran udara di sekitar jendela, pintu, kipas ventilasi, pipa AC dll, dapat memaksa sistem pemanas dan pendingin udara bekerja lebih keras, memboroskan lebih banyak energi. Pemeriksaan rumah secara berkala bisa dilakukan oleh teknisi profesional untuk menangani hal ini dan dapat mencegah kebocoran lebih luas.

Save energy save money

3

Tanpa Tanki Pemanas air standar menyimpan air panas dalam tangki. Jika air tidak digunakan, hanya diam di sana dan akhirnya suhu air turun kembali, sistem alat akan secara otomatis menghangatkan lagi air tersebut. Pemborosan energi ini tidak akan terjadi jika dilakukan pengurangan penggunaan tangki pada pemanas air. Unit yang jadi satu kesatuan ini membuat air panas sesuai permintaan dan hampir terus berkelanjutan tanpa henti. Pemasangan Tirai Anda dapat meningkatkan kapasitas pelindungan pada jendela dengan perawatan yang tepat. Beberapa tirai dirancang sebagai penghalang panas, tetapi Anda juga dapat menambahkan lapisan isolasi, seperti lapisan bulu-bulu halus dan pendek pada permukaan kain, untuk tirai standar. Idenya adalah menjaga udara dingin lebih banyak di dekat jendela daripada panas yang masuk pada ruangan. Menambah lapisan tirai juga dapat memberikan tambahan lapisan isolasi. Penggunaan Jenis Lampu yang Tepat Compact fluorescent lamps (CFLs) telah banyak dipublikasikan dalam satu tahun terakhir, dan untuk alasan yang baik. Mereka benar-benar telah menghemat banyak energi dibanding lampu pijar biasa. Ganti Filter Lama Ini adalah salah satu cara termudah. Filter yang digunakan pada sistem pemanasan dan pendingin udara tidak mahal dan mudah untuk diganti. Filter semakin bersih semakin efisien sistem beroperasi

Ganti Jendela Rumah Anda

Save energy save money

4

Jika Anda menempatkan jendela dengan hanya satu lembar kaca dan

langsung menyentuh udara luar, Anda harus menggantinya. Jenis jendela kaca ganda (Double-glazed windows) memiliki

keunggulan pada lapisan emisivitas rendah. Jendela ini menahan panas namun berfungsi pula untuk mengurangi kehilangan panas pada cuaca dingin dan ini tergantung kondisi wilayah negara masing-masing, jadi kaca jendela jenis ini berfungsi mengantar atau menangkal panas matahari. Jika Anda memiliki jendela kaca ganda dan Anda melihat kondensasi antara kedua kaca tersebut, itu berarti segel telah rusak dan Anda harus mengganti jendela itu. Kontrol dengan Timer Ketika Anda berangkat kerja di pagi hari, pernahkah lupa untuk mematikan AC atau lampu? Gunakan timer secara otomatis, alat ini dapat memecahkan masalah Anda. Atur waktu yang sesuai dengan kondisi Anda, misalnya dapat diprogram untuk setiap hari atau membedakan pengaturan berbeda antara hari-hari kerja dengan akhir pekan. Upgrade Menjalankan alat-alat yang umurnya sudah tua (sesuatu yang lebih dari 10 tahun) akan menggunakan energi yang berlebihan dan akibatnya biaya membengkak, jika dibanding mengoperasikan jenis model sekarang. Ketika menggunakan alat-alat baru, membuat banyak pekerjaan rumah dapat lebih memaksimalkan penghematan energi.

Save energy save money

5

2.2 Penghematan Energi Listsrik Sejak awal ditemukannya, listrik telah berkontribusi banyak dalam kehidupan manusia. Peranannya beragam, mulai dari fungsi sederhana seperti untuk penerangan, hingga dapat digunakan sebagai media transmisi data untuk keperluan telekomunikasi. Seperti motto PLN, listrik memang menjadikan hidup manusia jauh lebih baik. Secara tersirat, motto tersebut mengimplikasikan bahwa listrik sedikit banyak turut mengambil peran dalam hal memajukan sebuah bangsa. Bagaimana tidak, hampir semua media pembelajaran dan sumber informasi menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Data rasio elektrifikasi PT. PLN (Persero) menunjukkan bahwa rasio elektrifikasi Indonesia saat ini telah mencapai mencapai 62%. Penggunaan listrik yang cukup tinggi terutama di pulau jawa dan bali jumlah total pelanggan PLN hingga 2009, sebanyak 39,12 juta pelanggan , sedangkan pelanggan pada 2008 sebanyak 38,62 juta pelanggan. Rumah tangga memiliki kontribusi yang sangat besar pada konsumsi energi listrik. Karena itu penghematan listrik di rumah tangga tentu akan sangat memberi efisiensi yang sangat besar. Selain itu penghematan energi listrik juga akan menghemat pengeluaran kantong pada anggaran keluarga. Efisiensi yang kita butuhkan kini bukan hanya mematikan alat yang tidak sedang terpakai. Kita membutuhkan sebuah perubahan perilaku yang mendasar, atau yang biasa disebut sebagai budaya hemat listrik. Artinya kita harus mulai jeli pada peralatan listrik yang kita pakai sehari-hari. Misalkan mulai pilih peralatan hemat energi. Walau sedikit mahal, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan di kemudian. Peningkatan jumlah pengguna listrik terus meningkat, namun jumlah energi yang terbatas mengharuskan kita untuk berhemat. Seperti yang kita ketahui bahwa sumber daya energy di bumi jumlahnya terbatas, sementara kebutuhan akan listrik terus meningkat jika kita menggunakan energy secara berlebih akan mengganggu kelangsungan hidup alam ini, untuk itu haruslah ada solusi yang tepat dalam menangani permasalahan ini. Banyak cara untuk menghemat energi listrik, berikut adalah contohnya :

Save energy save money

6

1. Jangan menyalakan lampu di siang hari. Ini berhubungan juga saat Anda membangun atau merenovasi rumah, sebaiknya buatlah rumah dengan jendela-jendela yang memungkinkan cahaya matahari masuk 2. Matikan lampu kamar saat tidur. 3. Hanya nyalakan lampu saat Anda masuk ke suatu ruangan gelap, misal kamar mandi atau gudang. 4. Jika Anda menggunakan pompa air listrik. Penuhilah bak mandi dan seluruh kebutuhan kamar mandi dalam sekali waktu. Misal setiap pagi hari saja. Karena µtarikan¶ listrik dari pompa air ketika pertama kali menyala, cukup memakan daya listrik. 5. Mulai membuat jadwal mencuci dan menyeterika pakian secara teratur. Jangan mencuci atau menyeterika pakaian secara mencicil. Lebih baik dibuat jadwal, misal masing-masing dua kali seminggu untuk seluruh pakaian yang kotor. 6. Usahakan menggunakan peralatan listrik rumah tangga yang hemat listrik. 7. Tidur lebih awal. Selesaikan semua pekerjaan di kantor, jangan dibawa ke rumah. Selain Anda harus membayar energi dari desktop yang Anda nyalakan. Waktu bersama keluarga juga cukup penting. Ini memang tidak menghemat energi tetapi jika waktu anda bersama keluarga optimal, dapat memberi Anda energi lebih untuk memulai hari esok dengan lebih baik.

Untuk itu hematlah listrik untuk kelangsungan bumi yang kita cintai bersama, dan jangan habis pada Sabtu malam kemarin saja, tetapi jadikanlah itu

Save energy save money

7

semua awal untuk perubahan kehidupan yang lebih hemat dalam menggunakan listrik. Yang Penting Hemat!!! 2.3 Teknologi Penghematan Energi untuk Kelistrikan

Kemungkinan-kemungkinan Pemakaian energinya

untuk

Penerangan

yang

Lebih

Efisien

Untuk dapat merealisasikan suatu sistem penerangan dengan pemakaian energi yang lebih efisien lagi, maka telah diusulkan suatu program yang dibagi dalam 3-tingkat, yang diterapkan untuk penerangan : perkantoran, pabrik, stasiunstasiun kereta api, lapangan terbang, dan tempat umum lainnya. Pada tingkat-I : sistem perlampuan (instalasi lampu-lampu yang telah terpasang) yang lama diganti dengan sistem perlampuan yang lebih efisien pemakaian energinya, misalnya lampu-lampu yang mempunyai tutup plastik putih dari 18,3 W/m2 di ganti dengan jenis lampu penerangan kaca refleksi dari 10,5 W/m2, yang dapat menghemat kira-kira 43% dan sering dipasang di pabrik dengan hall atau ruang kerja yang luas. Pada tingkar-II diusahakan untuk dapat tercapai suatu untuk kerja (performance) perlampuan yang ekonomis. Seperti telah juga diterangkan oleh Ir. Gunawan, maka Balas Elektronis (BE) di sini memberi solusi yang tepat. Suatu inovasi teknik perlampuan dalam dekade terakhir yang menghasilkan suatu potensial hemat energi sampai dengan 25%. Misalnya lampu fluoresen dengan tegangan frekuensi tinggi (frekuensi servis 30 Hz), sehingga menaikkan tingkat penerangan cahaya dari lampu, dan jelas menurunkan pemakaian energi. Selain itu hanya sedikit energi diubah menjadi rugi daya, dan memperpanjang rentang hidup (umur pakai lampu-lampu fluoresen). Pada tingkat-terakhir (III) diusulkan supaya cahaya matahari dalam ruang dimanfaatkan secara terarah, artinya dengan perantara alat pengatur yang bergantung pada cahaya matahari dan mengontrol penerangan lampu-lampu (artificial illumination), dapat menurunkan lagi pemakaian energi sebesar 25%. Suatu alat sensor cahaya dalam ruang menjaga bahwa tingkat terang dalam ruang

Save energy save money

8

kerja selalu konstan., dapat menurunkan lagi pemakaian energi sebesar 25%. Suatu alat sensor cahaya dalam ruang menjaga bahwa tingkat terang dalam ruang kerja selalu konstan. Keuntungan dari Penerangan dengan Pemakaian Energi Lebih Efisien Dalam penilaiannya harus dibedakan antara aspek-aspek ekologis, ekonomis dan ergonomis. Sistem penerangan ekonomisyang tinggi dapat dicapai dengan cara penghematan biaya-biaya energi, ongkos-ongkos pelayanan (maintenance cost), harga lampu yang rendah, jaminan yang maksimum terhadap kebakaran, dan tempat kerja maupun persyaratan kerja yang baik. Dengan memakai lampu hemat energi dan memperpanjang rentang hidup dari perlampuan maka dapat dihemat atau dikurangi pemakaian sumbersumber energi. Ergonomi akan membuat daya penglihatan yang tinggi, tak ada gangguan kebisingan, penerangan untuk tiap-tiap manusia dan kesejahteraan masyarakat. Kemampuan hemat energi sistem penerangan yang ada sekarang memberi dampak yang sangat nyata. Misalnya bila di negara Jerman Balas Konvensional dari sejumlah kira-kira 310 juta lampu fluoresen yang terpasang, diganti dengan Balas Elektronik, maka setiap tahun dapat menghemat kira-kira 6500 GWH energi lstrik, yang dapat disamakan dengan pemakaian 2 juta ton batubara per tahun di dalam pembangkit listrik konvensional. Bila tingkat I dan III dari usul-usul di atas dikombinasikan maka kemungkinan penghematan energi naik dua kali lipat. Perlu dikatakan di sini bahwa Balas Elektronik baru diterima oleh masyarakat konsumen listrik setelah 10 tahun, sejak lahirnya produk elektronik ini. Di Amerika baru 3 tahun terakhir Balas Elektronik dipakai, karena kurang informasi mengenai produk hemat energi tersebut. Contoh kasus : Di pelabuhan udara tersebut, 10% dari seluruh daya listrik dibutuhkan untuk penerangan. Telah terpasang 300.000 buah lampu fluresen dan 25.000 buah

Save energy save money

9

lampu jenis halogen. Selama 10 tahun alah dipasang 50.000 buah Balas Elektronik yang menghasilkan hemat energi antara 23% dan 37%, sehingga biaya investasi yang tinggi dapat dilunasi dalam periode 1 sampai 2 tahun. Selain itu, rentang hidup (umur pakai) dari lampu-lampu yang dilengkapi dengan Balas Elektronik, dalam operasi terus-menerus (nyala) dapat dinaikkan dari kira-kira 3.500 jam menjadi 24.000 jam. Dengan bantuaan peralatan komputer dapat juga menambah rasio kenaikan hemat energi. Komputer dapat menghitung jangka waktu penyalaan dari tiap-tiap lampu,interval-interval perawatan mengganti lampu-lampu (replacement periode). Contoh Teknologi Penghematan : LED (Ligt Emitting Diode) adalah sebuah chip semikonduktor yang memancarkan cahaya ketika mengalirkan arus listrik. Lampu LED sangat fleksibel karena kemampuan mereka untuk mengeluarkan hampir semua spektrum cahaya. Hal ini menyebabkan mereka di pergunakan secara luas sebagai sumber cahaya untuk berbagai keperluan, seperti: lampu indicator, sinyal lalu lintas, dan saat ini LED di pergunakan sebagai sumber cahaya. Lampu LED 60 watt harganya dapat mencapai lebih dari Rp. 400.000,00. Umur pakai Lampu LED umumnya mempunyai umur pakai yang sangat lama. Produsen lampu LED Pharox menawarkan lampu LED 60 Watt buatannya mampu bertahan 35.000 jam. Sebagai perbandingan, lampu pijar biasa yang bermutu bagus rata-rata mempunyai umur pakai 1.000 jam, sedangkan lampu TL kompak mungkin dapat bertahan hingga 10.000 jam. EarthLED menawarkan produknya mampu bertahan dalam waktu 50.000 jam lebih. Panasonic menawarkan lampu LED buatannya mampu bertahan 19 tahun, dan Pharox lebih gila lagi dengan umur pakai 25 tahun. Lihat tulisan mimpipribumi dengan judul: lomba bikin lampu. Efisiensi Dengan umur pakai yang cukup lama dan harga yang ³mahal´ dimana letak efisien-nya? Kita ambil contoh, jika membeli lampu LED katakanlah

Save energy save money

10

berharga Rp. 500 ribu dan awet hingga 19 tahun maka per tahun kita hanya mengeluarkan biaya Rp. 26.350,00. Belum lagi, lampu LED mengkonsumsi listrik lebih sedikit di bandingkan dengan lampu TL yang biasa kita pakai, sehingga biaya tagihan listrik yang harus kita setorkan ke PLN juga menjadi lebih hemat. Dampak lingkungan Lampu LED tidak mengandung merkuri seperti halnya lampu pijar dan TL, sehingga limbahnya lebih ramah lingkungan. Selain itu, dengan konsumsi listrik yang rendah maka dapat menghemat pemakaian bahan bakar pada generator listrik pada PLTD maupun PLTU yang berarti mengurangi polusi karbon. Selain itu cahaya putih yang dihasilkan oleh lampu LED tidak melelahkan mata kita dan dihasilkan oleh lampu ini juga sangat rendah, sehingga jika di pakai di perkantoran bisa meringankan kerja pendingin ruangan yang artinya kembali menghemat biaya.

2.4 Penghematan Energi Bahan Bakar Harga minyak dunia yang sudah mencapai 70 dollar per barel akibat krisis nuklir Iran. Diperlukan penambahan budget subsidi BBM yang diperkirakan membutuhkan tambahan dana kira-kira 20 triliun rupiah akibat 32% kebutuhan minyak bersubsidi dalam negri berasal dari impor minyak yang harganya sudah melambung tinggi. Tujuan pembatasan BBM adalah memaksa masyarakat untuk melakukan penghematan BBM. Dengan adanya penghematan BBM ini, diharapkan beban subsidi BBM menjadi berkurang sehingga budget subsidi BBM sebesar 54,3 triliun rupiah pada APBN 2006 tidak perlu direvisi/ditambah. Teknologi untuk penghematan bahan bakar : 1. Brown Energy / elektrolizer 2. Hydrocarbon Crack System 3. Nanotech Fuel Enhancer 4. Hidrogen (hg) 5. Bahan Bakar Air

Save energy save money

11

2.4.1

Brown Energy/elektrolizer

Suatu teknologi yang ditemukan oleh Dr. Yule Brown yang bertujuan untuk menghemat penggunaan bahan bakar dengan prinsip elektrolizer Kendaraan anda akan mendapatkan asupan energi tambahan dari sebuah tabung elektrolizer yang berisi air (aquades) yang dicampur dengan zat kimia berupa Kalium Hidroksida (KOH) lalu ditambah reley (untuk mobil) atau diode (untuk motor) yang disambungkan ke Manifold, sebuah mobil atau motor. Air aqua yang dihubungkan dengan elektroda agar unsur oksigen dan hidrogen dalam air tersebut terurai. Setelah itu, unsur hidrogennya yang mudah terbakar ditampung lalu diambil sebagai sumber tenaga.

Skema pemasangan

Save energy save money

12

Hasil Teknologi Brown Energy Sebelum menggunakan elektrolizer Pemakaian BBM Jarak tempuh Biaya bahan bakar Total penghematan 1 liter 12 km Rp.4500,-/L Setelah menggunakan elektrolizer 1 liter 20 km Rp.4500,-/L Rp.3000,-/km

2.4.2

Hydrocarbon Crack System

HCS adalah sistem memecah atom hydrocarbon (bahan bakar premium atau pertamax) menjadi atom hidrogen H2 dan carbon C dengan cara menggunakan pipa Katalis yang dipanaskan. Cara pengoperasian alat ini dengan mengisikan 300cc premium kedalam botol plastik kemudian uap bbm ini disalurkan ke intake Carburator dengan melalui sebuah pipa Katalis yg bisa memecah premium menjadi hydrogen rich dan menghisap unsur paktikel carbon sehingga nantinya pada knalpot / gas buang unsur carbon monoxida bisa berkurang secara signifikan dan hidrogen sebagai penambah oktan pada kendaraan tersebut. Dengan Crack hydrocarbon system anda bisa menghasilkan gas hidrogen (H2) sampai 3-5 LPM H2.

Save energy save money

13

Rata-rata penghematan : Sebelum menggunakan HCS Pemakaian BBM Jarak tempuh Biaya bahan bakar Total penghematan 1 liter 25 km Rp.4500,-/L Setelah menggunakan HCS 1 liter 54 km Rp.4500,-/L Rp.5220,-/km

2.4.3

Nanotech Fuel Enhancer

Nanotech Fuel Enhancer adalah produk additif bahan bakar dengan teknologi nano yang berbentuk cairan . Dengan teknologi nano yang berbentuk cairan, hanya diperlukan 1 ml Automax untuk 5 L bahan bakar (konsentrasi 1:5000). Pada proses pembakaran bahan bakar tanpa Nanotech Fuel Enhancer , proses atomisasi yang biasa menghasilkan butiran bahan bakar yang tidak dapat terbakar sempurna dalam ruang pembakaran. Pembakaran yang tidak sempurna menghasilkan kotoran yang menumpuk dalam ruang pembakaran, sehingga menigkatkan emisi yang berbahaya, mengotori oli mesin dan mengurangi umur mesin. Pada proses pembakaran bahan bakar + Nanotech Fuel Enhancer,

Nanotech Fuel Enhancer akan memecah bahan bakar menjadi gugusan berukuran nano yang dapat meledak tepat sebelum dan selama proses pembakaran, meningkatkan turbulensi dan menghasilkan butiran bahan bakar yang lebih kecil. Butiran bahan bakar yang lebih kecil dapat menguap dengan mudah dan sempurna, tidak meninggalkan residu bahan bakar. Ini akan menghasilkan pembakaran yang lebih bersih dan mengoptimalkan konsumsi bahan bakar, yang akan meningkatkan daya kerja mesin dan memperpanjang jarak tempuh.

Save energy save money

14

Peledakan gugusan nano juga akan menciptakan kerja pembersihan uap (steam cleaning) yang halus yang membantu memecahkan penimbunan pada ruang bakar dan mencegah penumpukan berikutnya. Mesin dengan ruang pembakaran yang lebih bersih akan bekerja lebih dingin dan secara signifikan lebih sedikit menghasilkan Nitrat Oksida dan dapat bekerja pada bahan bakar dengan bilangan oktan lebih rendah.

Gambar Nanotech Fuel Enhancer

Manfaat Nanotech Fuel Enhancer ‡ ‡ ‡ ‡ Meningkatkan tenaga hingga 20% Hemat bahan bakar hingga 28% Mengurangi emisi yang berbahaya hingga 98% Mengurangi ketukan pada mesin (knocking), gesekan dan sentakan pada mesin ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Mengurangi biaya perawatan dan perbaikan mesin. Memperpanjang umur mesin ± nilai jual kembali kendaraan lebih tinggi. Mengurangi kebutuhan mesin akan bilangan oktan. Melindungi lingkungan. Bekerja dengan baik pada semua jenis bahan bakar (dengan atau tanpa timbal). ‡ Baik untuk kendaraan baru ataupun lama.

Save energy save money

15

Kelebihan dan Kekurangan Jenis teknologi Brown energy/elektrolizer ‡ Kelebihan Mudah dan sederhana untuk dibuat ‡ Biaya pembuatannya murah Hidrokabon Crack Sistem ‡ ‡ Menghasilkan penghematan yang besar Tidak memerlukan arus aki yang besar Nanotech fuel enhancer ‡ Mengurangi emisi yang berbahaya hingga 98% ‡ Melindungi lingkungan. hidrogen ‡ Mudah pembuatannya ‡ Diperlukan biaya tambahan untk membeli hidrogen Bahan bakar air ‡ Bahan bakar melimpah Menghasilkan kapasitas pembakaran yang kecil ‡ Alatnya mahal ‡ Kekurangan

sistem electrolisa membutuhkan amper / arus aki yang besar.

Save energy save money

16

2.5 Penghematan Energi di Industri Saat ini, sekitar 44% dari total energi di Indonesia digunakan oleh sektor industri, oleh karena itu efisiensi energi di sektor ini sangatlah penting dan berdampak besar. Walaupun efisiensi energi pada sektor industri terus mengalami perkembangan dan perbaikan dalam beberapa tahun terakhir, namun masih terdapat banyak potensi penghematan energi yang dapat digali. Industri menggunakan energi dalam jumlah besar baik untuk unit proses seperti pengolahan, manufaktur, pengemasan maupun untuk unit utilitas

pendukungnya. Unit proses umumnya menggunakan banyak mesin dan membutuhkan panas dalam jumlah besar. Jenis energi yang digunakan pada umumnya adalah energi fosil seperti minyak bumi, gas dan batu bara. Karena jenis dan tipe industri sangat beragam, maka efisiensi energi sangat bergantung pada peralatan dan teknologi yang digunakan untuk proses produksi tersebut. Efisiensi pada sektor industri difokuskan pada dua langkah utama, yaitu: 1) Penggunaan Teknologi Proses yang Hemat Energi Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan co-generation atau sistem combined heat and power (CHP). Sistem CHP merupakan suatu pendekatan dalam penerapan teknologi dimana energi listrik dan energi panas dihasilkan dalam satu sistem terintegrasi. Penelitian American Council for Energy Efficient Economy menemukan metode konvensional yang menghasilkan panas dan energi secara terpisah memiliki efisiensi terpadu sebesar 45%, sementara sistem CHP efisiensi energinya dapat mencapai 80%. Industri juga dapat meningkatkan efisiensi pada motor-motor yang digunakan.Peningkatan efisiensi motor dapat dilakukan melalui perbaikan desain dan sistem operasional motor. Teknik seperti penggunaan variable speed drive (tingkat kecepatan bervariasi) dapat mengatur tingkat kecepatan konversi motor sehingga sesuai dengan bebannya. Karena motor digunakan konstan tanpa henti, maka sedikit saja perbaikan dalam efisiensinya akan sangat berpengaruh dalam efisiensi energi dan dapat membawa banyak keuntungan bagi industri melalui penghematan biaya.

Save energy save money

17

Efisiensi peralatan industri juga dapat ditingkatkan melalui proses kontrol yang baik. Peralatan yang rusak, haus atau bocor selain tidak aman bagi karyawan industri juga sangat boros energi. Alat-alat seperti pompa dan kompresor akan lebih efisien jika pemeliharaan dilakukan secara teratur. 2) Manajemen Energi Industri dapat menerapkan manajemen energi untuk mengatur dan mengawasi jumlah energi yang dikonsumsi. Adapun langkah yang dapat dilakukan adalah dengan melaksanakan audit energi secara berkala dan melaksanakan rekomendasi hasil audit energi. Audit energi dilaksanakan untuk mengidentifikasi peluang penghematan energi serta memberikan rekomendasi bagaimana mengelola penggunaan energi agar lebih efisien. Sektor industri yang di samping menggunakan energi listrik juga menggunakan energi uap untuk proses produksi merupakan sektor yang sudah banyak melakukan upaya konservasi. Kelompok industri tersebut di antaranya: industri pulp dan kertas, kilang minyak, tekstil, gula, pupuk, dan semen (Pape1999; Sasongko dan Santoso 1999). Konservasi energi dapat dicapai melalui penggunaan teknologi hemat energi dalam penyediaan, baik dari sumber terbarukan maupun sumber tak terbarukan dan menerapkan budaya hemat energi dalam pemanfaatan energi. Penerapan konservasi energi meliputi perencanaan, pengoperasian, dan pengawasan dalam pemanfaatan energi. Hambatan yang dihadapi dalam konservasi energi antara lain: biaya investasi tinggi, budaya hemat energi masih sulit diterapkan, kemampuan sumber daya manusia masih rendah sehingga pengetahuan terhadap teknologi yang efisien masih sangat kurang, dan dukungan dari pemerintah dalam bentuk insentif untuk melakukan upaya konservasi masih kurang. 2.5.1 Contoh Penerapan Penghematan Energi di Industri Tekstil PT Grandtex-Southgrandtex berdiri pada tahun 1971 di Bandung. Perusahaan ini merupakan perusahaan patungan antara pengusaha Indonesia dan Hongkong. Sejak tahun 1981 kepemilikan perusahaan dipegang oleh Argo Manunggal Group yang berpusat di Jakarta. Pada awal berdirinya PT. Grandtex-

Save energy save money

18

Southgrandtex memiliki dua badan hukum dan sejak bulan Desember 1994 dilebur menjadi satu badan hukum dan berubah nama menjadi PT Grand Textile Industri Bandung atau sering disingkat menjadi PT Grandtex. y Penggunaan Energi di PT Grandtex Proses produksi utama di PT Grandtex yaitu proses drying, sizeing, weaving dan spinning. Untuk menggerakkan proses produksi digunakan energi listrik dan energi uap. Sistem Pembangkt Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dan boiler yang digunakan tidak terintegrasi dan secara garis besar skema sistem tersebut ditunjukkan pada Gambar 2. Energi listrik di samping berasal dari PLN juga dibangkitkan sendiri dengan menggunakan tiga buah PLTD. PLTD mempunyai kapasitas terpasang masing-masing sebesar 930 kVA yang merupakan standby unit. Data tahun 1999 menunjukkan bahwa rata-rata setiap PLTD mengkonsumsi bahan bakar (minyak solar) sebesar 17,2 ribu liter per bulan dengan produksi listrik sebesar 57,3 MWh per bulan. Sedangkan konsumsi listrik dari PLN rata-rata sebesar 4.054 MWh per bulan. Energi uap diperoleh dari enam buah jenis boiler yaitu 2x200 VO, 2x100 VO, 60 VO, dan 40 VO. Boiler jenis 200 VO dapat menghasilkan uap sebesar 10 ton/jam pada tekanan 6-7 bar dengan suhu 165-170 OC. Uap yang dihasilkan sebelum masuk proses produksi ditampung secara keseluruhan di tangki pengumpul uap (steam header). Boiler dengan kapasitas 200 VO rata-rata setiap hari menghabiskan bahan bakar (minyak diesel) sebesar 167 ribu liter per bulan dengan produksi uap sebesar 2.023 ton per bulan.

Save energy save money

19

2.5.2

Audit Energi

Audit energi merupakan survei tentang penggunaan energi di industri secara rinci. Tujuan dari survei ini untuk memperoleh data teknis dan finansial yang dapat digunakan untuk mengambil tindakan dalam rangka mengurangi biaya penggunaan energi. Tindakan ini dapat berupa mengurangi konsumsi energi melalui peningkatan efisiensi dalam penggunaan peralatan, mengganti bahan bakar (substitusi energi), dan melakukan manajemen sisi permintaan untuk mengurangi tarif. Konsumsi listrik dari PLN dan pembangkitan dari PLTD untuk setiap bulan pada tahun 1999 ditunjukkan pada Gambar 3. Kondisi operasi ketiga PLTD masih bagus sebagai alat untuk pembangkit listrik. Dalam operasinal perusahaan sehari-hari, tidak semua PLTD dioperasikan karena fungsi PLTD ini hanya sebagai pembangkit listrik cadangan untuk mengantisipasi jika listrik PLN padam atau untuk mengurangi besarnya konsumsi listrik PLN.

Save energy save money

20

Operasi masing-masing boiler diatur sedemikian rupa sehingga kebutuhan energi uap untuk proses produksi dapat terpenuhi. Data operasi boiler tahun 1999 untuk masing-masing boiler ditunjukkan pada Gambar 4. Berdasarkan data tersebut di atas dapat diperkirakan biaya energi yang digunakan untuk proses produksi setiap tahunnya seperti dirangkumkan pada Tabel 1. Asumsi yang digunakan untuk perhitungan adalah harga minyak solar sebesar Rp. 525 per liter, harga minyak diesel sebesar Rp. 500 per liter, harga pelumas sebesar Rp. 6.000 per liter, dan harga air sebesar Rp. 300 per m3 dengan berat jenis air 1.000 kg/m3.

Save energy save money

21

2.5.3

Peluang Konservasi

Bila PLTD beroperasi secara penuh maka akan dapat menghasilkan energi listrik sebesar 19,8 GWh per tahun (1.650 MWh per bulan) dengan asumsi faktor beban dan faktor ketersediaan masing-masing sebesar 0,9. Sedangkan kebutuhan listrik untuk proses produksi rata-rata sebesar 4.054 MWh per bulan sehingga kebutuhan listrik ini dapat dicukupi dengan mengoperasikan semua unit PLTD yang ada. Kebutuhan uap untuk proses produksi rata-rata sebesar 5,772 ton per bulan. Dengan mempertimbangkan kebutuhan listrik dan uap untuk proses produksi maka upaya konservasi energi dapat direalisasikan dengan cara yang

Save energy save money

22

mudah dengan sedikit atau tanpa biaya maupun dengan melakukan investasi peralatan baru yang memerlukan biaya yang cukup besar. Konservasi energi yang berpotensi dilakukan di PT Gandtex antara lain dengan: y y Pemanfaatan kembali (re-use) panas buang dari mesin diesel, dan Penggunaan teknologi cogeneration turbin gas. 1) Pemanfaatan Kembali Panas Buang Ada dua alternatif dalam memanfaatkan kembali panas buang yaitu panas buang yang berasal dari boiler maupun panas buang yang berasal dari PLTD. Boiler yang digunakan menghasilkan uap dengan suhu sekitar 165 - 170OC. Panas buang boiler ini suhunya terlalu rendah untuk dimanfaatkan kembali sebagai pembangkit listrik, sehingga alternatif ini secara teknis tidak dapat dilaksanakan. Alternatif yang lain yaitu memanfaatkan panas buang dari PLTD. Operasi PLTD menghasilkan panas buang yang masih mempunyai suhu dan tekanan yang cukup besar untuk dimanfaatkan kembali sebagai penghasil uap dengan menggunakan heat recovery steam generator (HRSG). Skema penggunaan PLTD untuk menghasilkan uap dengan menggunakan HRSG ditunjukkan pada Gambar 5. Siklus ini merupakan cogeneration mesin diesel.

Dengan menggunakan cogeneration mesin diesel ini maka operasi dari beberapa boiler dapat dikurangi sehingga bahan bakar untuk boiler dapat dihemat.

Save energy save money

23

Di samping itu, semua kebutuhan listrik dapat dipenuhi dengan pengoperasian tiga unit PLTD sehingga tidak diperlukan lagi pasokan listrik dari PLN. 2) Penggunaan Cogeneration Turbin Gas Cogeneration adalah teknologi konversi energi yang memproduksi energi listrik dan uap (termal) secara bersamaan. Keuntungan yang diperoleh dengan menerapkan teknologi cogeneration antara lain: y y meningkatkan efisiensi total dari sistem mengurangi penggunaan bahan bakar sehingga dapat mengurangi biaya operasi y mengurangi emisi bahan bakar sehingga dapat menjaga kelestarian lingkungan. Secara sederhana keuntungan penggunaan teknologi cogeneration untuk meningkatkan efisiensi ditunjukkan pada Gambar 6.

Teknologi cogeneration dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu siklus topping dan siklus bottoming. Pada siklus topping, panas yang dibangkitkan dari pembakaran bahan bakar digunakan dulu untuk memproduksi listrik, kemudian

Save energy save money

24

panas buang dari pembangkit listrik digunakan untuk menghasilkan uap. Pada siklus bottoming, panas dari pembakaran dimanfaatkan dulu untuk memenuhi kebutuhan uap, proses industri dan panas buang dipakai lagi untuk pembangkit listrik.

Alternatif lain yang mungkin diterapkan untuk melakukan konservasi di PT Grandtex adalah menggunakan teknologi cogeneration turbin gas (Gambar 7). Dibandingkan alternative sebelumnya, penggunakan cogeneration ini

memerlukan investasi yang lebih besar karena peralatan yang sudah ada perlu diganti dengan peralatan yang baru berupa Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG). Sedangkan PLTD dan boiler yang lama sudah tidak dipergunakan lagi. Alternatif ini dimaksudkan untuk dapat menggunakan energi secara efisien untuk jangka panjang.

Save energy save money

25

Kedua

alternatif

yang

dibahas

sebelumnya

perlu

secara

rinci

dipertimbangkan secara ekonomi. Dalam pemilihan teknologi cogeneration beberapa parameter teknis perlu dipertimbangkan untuk menentukan jenis dan skema operasi dari sistem cogeneration. Beberapa parameter teknis tersebut antara lain: ‡ Perbandingan antara daya listrik terhadap uap Parameter perbandingan antara daya listrik terhadap uap merupakan salah satu parameter yang paling penting untuk menentukan jenis sistem cogeneration yang akan digunakan. Setiap teknologi mempunyai perbandingan daya listrik terhadap uap yang berbeda-beda seperti ditunjukkan pada Tabel 2. ‡ Kualitas uap Kualitas uap (suhu dan tekanan) merupakan parameter yang penting supaya dapat memenuhi permintaan uap seperti yang diharapkan. ‡ Kurva beban energi listrik dan uap Pola dari permintaan energi listrik maupun uap sangat berpengaruh terhadap jenis dan ukuran dari sistem cogeneration. ‡ Ketersediaan bahan bakar Ketersediaan bahan bakar yang murah merupakan salah satu parameter yang perlu dipertimbangkan. Penggunaan cogeneration turbin gas harus mempertimbangkan pasokan gas serta jaringan transmisi gas yang ada sehingga pasokan bahan bakar gas dapat berkesinambungan. ‡ Standar kualitas lingkungan Penggunaan energi dapat mempunyai dampak negatif terhadap lingkungan yang berupa emisi polutan dan produk sampingan yang berupa limbah. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut pemerintah melalui Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-13/MENLH/3/1995 mengeluarkan standar emisi untuk pembangkit listrik seperti pada Tabel 3.

Save energy save money

26

y

Keandalan sistem

Beberapa industri memerlukan keandalan sistem yang tinggi karena proses produksi yang terhenti akan menyebabkan kerusakan peralatan dan kerugian finansial yang cukup besar. Oleh karena itu sistem cogeneration yang dipilih harus memperhatian parameter keandalan ini. ‡ Penjualan kelebihan energi listrik Sistem cogeneration akan lebih kompetitif untuk diterapkan apabila kelebihan energi listrik yang dibangkitkan bisa dijual untuk umum.

Dengan semakin mahalnya harga bahan bakar saat ini maka penggunaan cogeneration akan semakin menarik. Harga minyak solar dan minyak diesel telah mengalami kenaikan hampir 10 kali lipat sejak tahun 1999 hingga saat ini (tahun 2006). Dengan kenaikan harga sebesar ini maka perusahaan akan terus berusaha untuk melakukan konservasi energi. Konservasi dapat dilaksanakan dengan: y mendorong penggunaan teknologi cogeneration untuk memenuhi kebutuhan energi baik kebutuhan energi listrik maupun uap sehingga perusahaan menjadi lebih efisien, dan y menerapkan prinsip-prinsip manajemen energi (Demand Side Management). Penerapkan teknologi cogeneration mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam usaha untuk mengurangi laju penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dan mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan energi. Penerapan

Save energy save money

27

cogeneration menjadi masalah tersendiri bagi perusahaan dalam hal pembiayaan. Keuangan perusahaan belum tentu memungkinkan untuk membangun sendiri suatu system cogeneration sehingga perlu mencari alternatif sumber-sumber pembiayaan lain yang mempunyai kendala dan risiko yang harus dipikirkan. Oleh karena itu pemerintah diharapkan dapat berperan dalam memasyarakatkan konservasi energi ini. Pemerintah dapat berperan aktif dengan mendorong terciptanya upaya konservasi energi melalui: ‡ penciptaan iklim investasi yang memberikan rangsangan dalam segi finansial melalui pemberian pinjaman dengan suku bunga yang rendah dan dengan prosedur yang mudah. ‡ pemberian insentif yang dapat berupa keringanan pajak bagi perusahaan untuk mengimpor peralatan yang lebih efisien.

Save energy save money

28

BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan Penghematan energi perlu dilakukan oleh para pengguna energi. Penghematan energi harus menjadi suatu gerakan bersama yang dilandasi dengan kesadaran dari dalam sendiri. Penghematan energi harus kamu lakukan di mana saja. Di sekolah dan rumah, kita harus menghemat energi. Proses penghematan energi yang kita pakai akan banyak manfaatnya selain untuk masa sekarang juga akan bermanfaat untuk kelangsungan hidup dimasa yang akan datang. Menghemat energi berarti kita sudah melakukan penghematan terhadap biaya yang kita keluarkan yang berarti kita sudah bisa menghemat uang kita, boros energi berarti kita akan membuang uang kita secara sia-sia hanya untuk biaya energi yang tidak kita gunakan secara efisien. Proses penghematan energi secara umum berupa mematikan lampu apabila tidak dipakai, mematikan alat-alat elektronik setelah selesai dipakai, menanam pohon di pekarangan rumah, mudah tapi sangat jarang orang menyadarinya, segera menutup kembali pintu kulkas setelah kita mengambil barang di dalamnya, karena membuka kulkas 3 detik, maka kulkas membutuhkan waktu 3 menit untuk mengembalikan seperti kondisi semula, berjalan kaki. Mengurangi penggunaan motor atau mobil dapat mengurangi polusi udara di lingkungan sekitar kita. Bukan hanya bagi individu energi juga dipakai oleh sektor- sektor kehidupan yang memerlukan bahan bakar. Sektor industri memerlukan energi berupa bahan bakar yang umumnya berupa bahan bakar fosil. Usaha

penghematan energi yang dapat dilakukan oleh pihak industri diantaranya menggunakan mesin seoptimal mungkin pada kegiatan industrinya,

memanfaatkan sisa energi panas untuk kegiatan lain, mengutamakan pemanfaatan energi alternatif, memanfaatkan SDM untuk mengerjakan kegiatan produksinya karena selain menghemat energi juga ikut membantu penyelesaian pengangguran.

Save energy save money

29

3.2 Saran Kegiatan- kegiatan dalam rangka menghemat energi adalah kegiatan yang terlihat mudah dan sepele. Namun jika tidak dibarengi dengan kesadaran walaupun mudah tetap tidak akan dilakukan. Untuk itu perlu kesadaran dari semua pihak agar tujuan penghematan energi dapat terwujud. Kegiatan penghematan energi yang kecil apabila dilakukan bersama- sama akan membawa efek besar bagi seluruh umat manusia, sekarang dan pada masa yang kan datang. LET¶S SAVE ENERGY AND SAVE MONEY FOR BETTER FUTURE.

DAFTAR PUSTAKA http://saipuddin.files.wordpress.com/2011/03/hemat-listrik http://www.kabarinews.com/index.cfm http://www.anneahira.com/ http://konservasienergiindonesia.info/energy-conservation-and-efficie/energyefficiency-in-industries http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=contoh%20penghematan%20energ i%20di%20industri http://www.google.co.id/imgres?q=save+energy&um=1&hl=id&sa=N&biw=1 366&bih=635&tbm=isch&tbnid=WvgouZ4NiChlZM:&imgrefurl=http://www. homeenergyplace.com http://www.mtholyoke.edu/org/ccc/website/campaigns_gocoldturkey.html http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=penghemat%20bbm%20motor&so urce=web&cd=15&ved=0CH8QFjAO&url=http%3A%2F%2Fxpowerionizer.com%2Fpenghematbbm%2Ftag%2Fpenghemat-bensin-motor

Save energy save money

30

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->