HUKUM-HUKUM BACAAN DALAM AL -QUR AN 1.

Hukum Nun Sukun atau Tanwin Hukum nun sukun atau tanwin ada lima (5) yaitu: a.Idzhar halqi Idzhar yang artinya jelas,halqi yang artinya tenggorokan.menurut istilah artinya : apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf idzhar maka harus dibaca jelas. Ikhfa artinya samar.menurut istilah atrinya : apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf ikhfa maka harus dibaca samar. Huruf ikhfa ada 15 (lima belas) yaitu : Yang artinya dengan dengung.maksudnya apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf idghom bighunnah harus dibaca dengung. Huruf Idghom bighunnah ada empat (4) yaitu : Namun apabila terdapat dalam satu kalimat maka tidak wajib dibaca Idghom bighunnah. d.Idghom Bilaghunnah yang artinya dengan dengung,maksudnya yaitu apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan slah satu huruf idghom bilaghunnah maka harus dibaca dengan dengung. Huruf Idghom bilaghunnah ada dua (2) yaitu: e.Iqlab yaitu : apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf iqlab maka membacanya harus dengan menukarkan suara huruf mim. Huruf Iqlab yaitu : 2.Hukum Bacaan Qalqalah Huruf qalqqalah ada : Hukum bacaan Qalqalah ada 2 yaitu : a.Qalqalah Sughra Yaitu apabila huruf qalqalah tersebut disukun atau mati maka harus dibaca Ex: b.Qalqalah kubra yaitu apabila huruf qalqalah tersebut berada diakhir kalimat dan diwaqafkan maka harus berhenti sejenak lalu memantulkan.

Apabila ex. 3.Apabila ex. 2.Hukum Ra Hukum ra ada tiga yaitu : a.Apabila ex.Ex. 3. b.Apabila Ex. Dalam hal ini ra dibaca tafkhim ada beberapa golongan yaitu : 1.Tafkhim Yang artinya tebal.Tarqik Yang artinya tipis. Yaitu apabila Ex. c. 4. .

ada ya mati diikuti dengan kasroh maka lafal tersebut wajib dibaca panjang.ada wau mati diikuti dengan dhomah.Mad Jaiz Munfashil Yaitu : apabila ada huruf mad tidak terdapat dalam satu kalimat.Mad wajib Muttashil Yaitu apabila ada huruf mad yang terdapat dalam satu kalimat.5 alif atau 5 harokat.panjang bacaan 2.maka wajib dibaca panjang.Hukum Mad dan Tanda Waqaf Hukum bacaan Mad dalam Al-Qur an ada lima diantaranya yaitu : a.Mad Thabi i Yaitu mad asli.3.maka wajib dibaca panjang. c. Ex. b.Mad Harfi Mutsaqal kilmi Yaitu . Huruf mad ada tiga yaitu : Ex.yang apabila ada alif mati diikuti dengan fathah. d. Ex.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful