MEKANIKA KUANTUM DAN STRUKTUR ATOM

Physical Chemistry - Chapter 11
LAIDLER . MEISER . SANCTUARY

. ` Teori Bohr mengenai atom hidrogen. ` Teori Einstein mengenai efek fotolistrik yang mengandaikan bahwa cahaya terkuantisasi. ` Prinsip Heisenberg mengenai ketidakpastian harga besaran x dan p jika diukur serentak. ` Perilaku partikel dari radiasi elektromagnetik yang menerangkan efek Compton (dualisme cahaya). ` Postulat de Broglie tentang perilaku partikel bergerak sebagai gelombang (dualisme partikel).Pendahuluan Telah dipelajari bahwa perangkat teori kuantum lama adalah : ` Postulat Planck mengenai kuantisasi energi osilator harmonik elektron yang menjadi sumber radiasi termal pada benda hitam sempurna.

Planck menyimpulkan bahwa atom-atom dan molekul dapat memancarkan atau menyerap energi hanya dalam jumlah tertentu. 1990). Jika frekuensinya rendah. Brady. Jumlah atau paket energi terkecil yang dapat dipancarkan atau diserap oleh atom atau molekul dalam bentuk radiasi elektromagnetik disebut kuantum. Hal ini menyebabkan kuat arus juga akan meningkat. maka foton memperoleh energi yang cukup untuk melepaskan elektron (James E. Energi foton bergantung pada frekuensinya. Jika frekuensi (dan energi) bertambah. setiap foton mempunyai jumlah energi yang sangat sedikit dan tidak mampu memukul elektron agar dapat keluar dari permukaan logam. Planck menemukan bahwa energi foton (kuantum) berbanding lurus dengan frekuensi cahaya. Einstein menerangkan bahwa cahaya terdiri dari partikel-partikel foton yang energinya sebanding dengan frekuensi cahaya. .

Foton yang menumbuk elektron pun terhambur dengan sudut terhadap arah semula dan panjang gelombangnya menjadi lebih besar.Jika seberkas sinar-X ditembakkan ke sebuah elektron bebas yang diam. Elektron bebas yang diam menyerap sebagian energi foton sehingga bergerak ke arah membentuk sudut terhadap arah foton mula-mula. Gejala ini dikenal sebagai efek Compton Sinar-X digambarkan sebagai foton yang bertumbukan dengan elektron (seperti halnya dua bola bilyar yang bertumbukan). sinar-X akan mengalami perubahan panjang gelombang dimana panjang gelombang sinar-X menjadi lebih besar. .

Heisenberg menjelaskan bahwa hasil kali antara ketidakpastian posisi ¨x dan ketidakpastian momentum ¨p akan bernilai sekitar konstanta Planck .Tumbukan antara partikel dengan foton akan mengubah posisi dan momentum partikel.de Broglie mempostulasikan bahwa sebuah partikel dapat memiliki panjang gelombang yang berkaitan dengan momentum yang ia miliki melalui persamaan di mana momentum dan panjang gelombang adalah saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan sebaliknya. Sifat gelombang dari sebuah elektron disebut sebagai gelombang elektron dan secara umum sifat gelombang dari materi disebut sebagai gelombang materi atau gelombang de Broglie. Panjang gelombang untuk gelombang materi diberiakan oleh persamaan berikut. di mana juga ekivalen dengan persamaan diatas Fisikawan Jerman Werner Karl Heisenberg (1901-1976) menyatakan tidak mungkin menentukan secara akurat posisi dan momentum secara simultan partikel yang sangat kecil semacam elektron. Untuk mengamati partikel. seseorang harus meradiasi partikel dengan cahaya.

Bohr mengembangkan model atom berdasarkan model susunan tata surya. Inti (proton) bermuatan positif. sedangkan elektron (muatan negatif) mengelilingi inti. Gaya tarik Coulomb yang menyebabkan elektron terikat pada orbit mengelilingi inti Ze 2 F ! k 2 r Gaya tarik Coulomb antara inti dengan elektron mv 2 K! 2 Energi kinetic 2 mv Fc !  r Ze 2 V ! k r energi potensial elektron pada orbit Gerak orbit elektron mengitari inti (berupa gaya centripetal kZe v ! mr 2 2 kZe 2 E ! K V !  2r Energi Total elektron pada orbit Hubungan laju electron dengan jari-jari orbit .

626 × 10²34 J dt) c = kecepatan cahaya dalam vakum (3 × 108 m det²1) = panjang gelombang (m) Postulat Planck Efek Compton PerangkatTeori Kuantum Lama Dimana m adalah massa diam elektron. dan h adalah konstanta Planck.Teori Einstein dengan: h = tetapan Planck (6. Postulat D·Broglie Teori Bohr tentang Hidrogen Ze 2 F ! k 2 r kZe 2 E ! K V !  2r Prinsip Heisenberg V ! k Ze r 2 mv 2 K! 2 2 ¨x ¨p = h h adalah konstanta Planck Fc !  mv r kZe 2 v2 ! mr . c adalah kecepatan cahaya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful