1.

Suatu polimer polialanin terbentuk dari polimerisasi alanin menurut reaksi : O H O H O ll l ll l ll n H2N-CH-C-OH  ( -N-CH-C- N-CH-C- )n + n H2O l l l CH3 CH3 CH3 Jika Ar C = 12, O=16 , N =14 , H = 1 , dan massa molekul relatif polialanin sebesar = 710 maka jumlah molekul alanin ( n ) sebanyak …. 4 6 8 10 20

A. B. C. D. E.

2. Nama IUPAC dari asam amino : fenil alanin adalah …. CH2-CH-COOH l NH2 A. asam-amino-fenil-propanoat B. asam-2-amino-3-fenil-propanoat C. asam-alfa-amino-beta-fenil-propanoat D. 2-amino-3-fenil-propanoat E. alfa-amino-beta-fenil-propanoat 3.Berikut ini yang bukan sifat asam amino adalah … A. mempunyai gugus –COOH B. mempunyai gugus –NH2 C. semuanya bersifat optis aktif D. mampu membentuk ion zwiter E. membentuk protein 4.Struktur yang benar dari ikatan peptida adalah …. O ll A. –C-NHO ll B. –C-NH2 O ll C. –O–C-NH2 5.Titik isolistrik dari alanin adalah 6,0 dan rumus alanin adalah NH2-CH(CH3)-COOH. Maka spesi NH2CH(CH3)-COO- dominan dalam suatu larutan dengan PH …. A. 2 B. 3 C. 5 D. 6 E. 8 O H O ll l ll 6.Suatu struktur protein : ( - NH – CH – C – N – CH – C - ) n, maka monomer proteinnya adalah …. l l H CH3 A. CH2(NH2)-COOH dan CH3-CH(NH2)-COOH B. CH2(NH2)-CHO dan CH3-CH(NH2)-COOH O ll D. –C-O-NHO ll E. –HN-C-O-

3. C. maka bahan yang mengandung protein dengan inti benzen adalah .C. 2. putih telur dan susu e. 3 E. tahu dan ikan 9. D. susu dan tahu d. putih telur dan ikan b. CH2(NH2)-COOH dan CH3-CH(NH2)-CHO D.Seorang siswa melakukan pengujian protein pada beberapa bahan makanan. Data percobaan uji protein sebagai berikut: . L dan N Nama bahan B. B. CH2(NH2)-COOH dan CH3-CH(NH2)-COOCH3 7. diperoleh data sebagai berikut : Nama Bahan 1 2 3 4 Biuret Ungu Ungu Ungu Ungu Uji Xanto proteat Jingga Jingga Timbal asetat Hitam - A. susu dan ikan c. Data hasil uji protein tes Biuret Xantoproteat Pb-asetat K Ungu Jingga Hitam L Ungu M Ungu Hitam N Ungu Jingga Berdasarkan data diatas maka protein yang mengandung gugus belerang adalah… A. 1. 2 1. Data percobaan uji protein berbagai bahan sebagai berikut: Bahan yang diuji Putih telur Susu Tahu Ikan Biuret Ungu Ungu Ungu Ungu Tes Xantoproteat Jingga Jingga Pb-asetat Hitam - Berdasarkan data di atas. L dan M D. . . . 3 1. K dan M C. 4 8. M dan N 10. CH2(NH2)-COOCH3 dan CH3-CH(NH2)-COOH E. a. 4 Berdasarkan data di atas maka protein yang mengandung gugus inti benzena adalah …. L dan K E.

II dan IV E.. I..Perhatikan tabel berikut : Zat yang mengandung inti benzen dan belerang adalah . II dan IV J. A. K dan M 11.. L dan M E.. A.. Perhatikan sifat kimia dari suatu senyawa dalam bahan makanan: (1). F. Beberapa kegunaan zat makanan di dalam tubuh kita. II dan III I.... M dan N B...Data hasil porcobaan uji protein: Nama Tes Tes bahan Biuret Xantoproteat Putih telur ungu Jingga Susu ungu Tahu ungu Tes Pb Asetat Hitam - . P B. I.. II dan III D. Dengan timbal asetat menghasilkan endapan hitam (3).... sebagai alat pembangun II. fenil dan sukrosa c...Pasangan senyawa protein yang mengandung inti benzena adalah . I dan IV C... yaitu . pengganti jaringan tubuh yang rusak III. A.. pengganti jaringan tubuh yang rusak III. R. K dan L D. penambah selera Kegunaan protein dalam tubuh kita adalah . S... L dan N C. III dan IV 13. Q C.. yaitu . fenil dan glukosa d. sumber energi pertama dalam tubuh IV. Dengan iodin menghasilkan warna biru ungu Bahan makanan yang dimaksud protein yang mengandung . belerang dan amilum 12. T 15.penambah selera Kegunaan protein dalam tubuh kita adalah .. E. D. sumber energi pertama dalam tubuh IV. I dan III B. fenil dan amilum b. III dan IV 14. I dan IV H. sebagai alat pembangun II...... I dan III G. a. Beberapa kegunaan zat makanan di dalam tubuh kita.. Dengan biuret menghasilkan warna ungu (2).

Hasi reaksi dari : A.. L dan M C. susu dan putih telur E.Hasil uji protein terhadap beberapa bahan makanan adalah sebagai berikut : No Bahan Perubahan Warna dengan Makanan Biuret Xantoproteat 1 K Ungu Jingga 2 L Biru muda Kuning 3 M Ungu Kuning 4 N Biru muda Tak berwarna 5 O Ungu Tak berwarna Bahan makanan diatas yang mengandung ikatan peptida adalah ... K dan L B. susu dan tahu 16. N dan O 18. gelatin dan agar-agar 17. A. susu dan putih telur C. tahu dan ikan E. kapas dan susu C. putih telur dan ikan D.. putih telur dan gelatin D.. L dan N D. A. Data hasil pecobaan uji protein sebagai berikut : Bahan Pereaksi Biuret Xanto proteat Kertas Pb(II) asetat Susu ungu jingga hitam Putih telur ungu jingga hitam Gelatin ungu kuning Tak berwarna Agar-agar hijau jingga tetap Kapas Biru Tak berwarna tetap Protein yang mengandung belerang dan inti benzena adalah . agar-agar dan kapas B. . susu dan ikan B. M dan O E...ikan ungu jingga Berdasarkan data di atas maka protein yang mengandung gugus fungsi inti benzene adalah . A.

. 4 dan 5 21. 3) Mengalami denaturasi jika dipanaskan. D. 2 dan 3 A. maltosa B. 3 dan 4 C. selulosa . jika dihidrolisa menghasilkan 2 molekul monosakarida yang tidak sejenis. Steroid 5 Hijau Tak berwarna Tetap Protein yang mengandung belerang dan inti benzena adalah . 2) Bersifat amfoter. galaktosa E. E.Suatu zat mempunyai rumus molekul C12H22O11 dapat bereaksi dengan Reagen Fehling menghasilkan endapan merah bata . sukrosa D. Lipid D.. A. Zat tersebut adalah …. 19. Asam nukleat 20. A..B. Karbohidrat B. basa maupun pemanasan Senyawa makromolekul yang dimaksud adalah . 1 dan 5 E. dan 4) Mengalami koagulasi jika ditanbah asam. Protein C.. Perhatikan sifat-sifat senyawa makromolekul berikut : 1) Sukar laruta dalam air. Berikut data pengujian beberapa zat makanan : Bahan Yg Diuji Pereaksi Biuret Xanthoproteat Kertas Pb(II) asetat 1 Ungu Jingga Hitam 2 Ungu Jingga Hitam 3 Ungu Kuning Tak berwarna 4 Hijau Jingga Tetap E. D. laktosa C. C. 1 dan 2 B.

Fruktosa 3.Diantara senyawa-senyawa berikut : 1. Galaktosa 5.22. . Dioksiribosa 4. Glukosa 2. Ribosa Yang tergolong aldopentosa dan ketoheksosa adalah ….

2 dan 3 e. 3 dan 4 E. maltosa. galaktosa. β-D-glukosa C.. selulosa. Bereaksi dengan tollens (3). glikogen. glikogen C.. 1 dan 4 d. C. Kelompok senyawa berikut yang terdiri atas monosakarida. β-L-glukosa OH OH E. β-D-galaktosa OH 24. Hal ml disebabkan glukosa: (A) mengandung gugus —OH yang dapat mengoksidasi Fehling (B) mengandung gugus —CO— yang dapat mereduksi Febling (C) mengandung gugus —COOH yang dapat mengoksidasi Fehling (D) mengandung gugus —CHO yang dapat mereduksi Febling (E) mengandung gugus —NH1 yang bersifat basa 27. a. galaktosa. disakarida dan polisakarida secara berurutan adalah …. D. CH2OH O OH O OH OH OH 25.A. Struktur hemiasetal senyawa monosakarida berikut diberi nama …. Tidak mereduksi fehling (2). A. 1 dan 3 C. maltosa. milum. 3 dan 5 23. 1 dan 2 B.. E. Jika bahan makanan yang mengandung glukosa direaksikan dengan pereaksi Fehling CH2OH OH O OH CH2OH A. Maltosa Ribosa Laktosa Sukrosa Deoksiribosa akan terjadi endapan merah bata. Dapat membentuk gula invert Pasangan sifat senyawa karbohidrat yang termasuk sukrosa adalah . B. Senyawa dengan rumus hemiasetal sebagai berikut diberi nama …. 2 dan 4 D. sukrosa 26. α -D-glukosa OH D. A. Perhatikan beberapa jenis karbohidrat berikut: (1). 3 dan 4 KIMIA 9 . laktosa. 1 dan 3 c. 1 dan 2 b. maltosa. α -L-glukosa CH2OH B. selulosa B. fruktosa. Terdiri dari glukosa dan fruktosa (4). glikogen E. selulosa D.

. E. Dari beberapa karbohidrat berikut : 1. glikogen C... 1. Fruktosa 4. Galaktosa 3. sukrosa 32. A. Disakarida yang dihidrolisis menghasilkan dua molekul D glukosa A.. 2 dan 3 B. 4 dan 5 29. Salah satu rumus struktur monosakarida adalah : Struktur Haword (lingkar) senyawa tersebut adalah A. D. 4 dan 5 E. maltrosa E. 3 dan 5 D. Mentega dibuat dari hidrogenasi minyak nabati dengan katalis Pt. 2. Glukosa 2. Laktosa Karbohidrat yang dapat diserap oleh tubuh tanpa mengalami hidrolisis terlebih dahulu adalah . protein. selulosa B. C. maltosa. 1.. 3 dan 5 C. B. A. Sukrosa. Uji biuret dilakukan untuk mengidentifikasi adanya protein C.. C. KIMIA 10 . Berikut ini adalah pernyataan yang tidak benar tentang karbohidrat.. Pemanasan dapat menyebabkan denaturasi protein 30. Karbohidrat merupakan polimer alam yang terdiri dari monometer sakarida B. 3. A. B. termasuk monosakarida E. Hasil hidrolisis maltosa dalam suasana asam menghasilkan . Maltosa 5. dan lemak adalah ... D glukosa dan L fruktosa D glukosa dan D galaktosa adalah … 31.28. 1. D glukosa dan D glukosa L fruktosa dan D galaktosa D glukosa dan D fruktosa D. dan glukosa. laktosa D.

Hasil uji terhadap beberapa bahan makanan adalah sebagai berikut : Perea Uji Biuret Uji Uji Timbal Asetat kasi Xantoproteat Bahan 1 2 3 4 Ungu Ungu Ungu Biru Jingga Tidak berubah Jingga Tidak berubah Hitam Tidak berubah Hitam Tidak berubah A.3 dan 4 34. 2 C.. Dari uji bahan tersebut.1 dan 2 B. 33. E.2 dan 4 D. Berikut ini merupakan hasil uji dari senyawa karbohidrat : No Senyawa Hasil hidrolisis Tes Fehling 1 P Glukosa + fruktosa Merah bata 2 Q Glukosa + glukosa Merah bata 3 R Glukosa + fruktosa Biru 4 S Glukosa + glukosa Tidak berwarna Hasil uji yang benar untuk senyawa maltosa dan sukrosa berturut-turut adalah . B. 4 E. 1 B.D.2 dan 3 C. D. maka bahan makanan yang mengandung inti benzene dan belerang adalah …. 3 D. Tabel berikut memuat data hasil eksperimen lima bahan makanan dengan pereaksi Iodium dan Fehling Bahan 1 2 3 4 5 Pereaksi Fehling Iodium Ungu Ungu Merah bata Biru Biru Kuning Biru muda Kuning muda Biru Kuning muda Bahan makanan yang makanan yang mengandung amilum A. C. 5 35. A. E. 1 dan 2 2 dan 3 1 dan 3 1 dan 4 2 dan 4 KIMIA 11 ..3 dan 4 E.

KIMIA 12 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful