MAKALAH TEKNOLOGI TEPAT GUNA

PENGOLAHAN LIMBAH KULIT PISANG MENJADI KERIPIK KULIT PISANG YANG BERGIZI TINGGI

Nama Kelompok : Majidah ( F02108003 ) Suhardiwantara ( F02108007 ) Risty Aprilia W ( F02108008 ) Ike K. Wardhani ( F02108011 ) Ongki ( F02108014 )

LATAR BELAKANG Pisang merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Selain itu. selama ini orang hanya menikmati buahnya saja. Selain kaya vitamin B6. mineral. memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Walaupun kulit pisang merupakan hasil samping . khususnya ibu-ibu PKK dalam memanfaatkan limbah kulit pisang. padahal sampah kulit pisang banyak sekali dihasilkan. dan karbohidrat. karena kulit pisang merupakan salah satu limbah dari pemanfaatan pisang. B. apabila dibiarkan begitu saja tanpa penanganan . vitamin C. Kelezatan keripik kulit pisang tidak kalah dengan keripik pisang maupun goreng pisang yang biasa kita nikmati. Adapun alasan lain perlunya optimalisasi pengolahan limbah kulit pisang di Pontianak. kalsium.maka akan mencemari lingkungan. protein. kulit pisang juga ternyata banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood . Taiwan. A.PENGOLAHAN LIMBAH KULIT PISANG MENJADI KERIPIK KULIT PISANG YANG BERGIZI TINGGI A. Kulit pisang merupakan hasil samping dari pemanfaatan buah pisang yang selalu dijadikan sampah . Dari itu kami membuat terobosan terbaru dalam pemanfaatan kulit pisang yaitu keripik kulit pisang. Hasil penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan. Dari itu masyarakat tidak perlu ragu untuk memanfaatkan kulit pisang menjadi olahan keripik kulit pisang. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis baru. Namun belum banyak yang memanfaatkan kulit pisang. Sekarang ini masyarakat belum bisa memanfaatkan kulit pisang . Sehingga dalam percobaan ini muncul ide untuk memanfaatkannya menjadi makanan yang lezat dan bernilai gizi tinggi. serat dan kandungan gizi lain yang bermanfaat untuk tubuh. Kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi. . Oleh karena itu salah satu solusi yang tepat untuk menangani limbah kulit pisang tersebut yaitu dengan memanfaatkan kulit pisang untuk membuat keripik kulit pisang yang dapat menambah nilai dari limbah kulit pisang tersebut. ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina. sehingga kulit pisang dalam masyarakat hanya dijadikan sampah . namun kandungan gizinya tidak kalah dari buahnya. Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan keterampilan masyarakat. Pisang memiliki rasa yang lezat dan kandungan gizi yang tinggi.

PEMBAHASAN Alat dan Bahan Yang Digunakan : Alat : 1. . Sendok Makan 8.B. Baskom 5. Gula 5 . Air kapur 3 . Serokan Penggoreng 7. Kulit pisang 2 . Wajan 3. Tepung 6 . Minyak goreng CARA PEMBUATAN 1) Pemilihan Kulit Pisang y Pilih kulit pisang yang bagus dan tidak berwarna hitam kemudian dicuci hingga bersih. Talenan 4. Sendok Penggoreng 6. y Setelah bersih kulit pisang dapat di iris sesuai selera anda. Mangkok Bahan : 1 . Garam 4 . Pisau 2.

b) Setelah terlihat keripik pisang mulai berwarna kuning.maka kulit pisang dapat langsung digoreng atau jika menginginkan penggorengan dengan tepung. . c) Buat larutan gula dengan mengambil 3 sendok makan gula dan dilarutkan dalam satu liter air kemudian rendam kulit pisang dalam larutan gula selama 20 menit. angkat dari penggorengan dan tiriskan. Proses Penggorengan a) Setelah perendaman dengan gula selesai. Perendaman a) Buat larutan kapur dengan mengambil setengah sendok teh kapur ke dalam satu liter air.Perendaman dengan air kapur ini bertujuan untuk mempuat keripik kulit pisang menjadi terasa lebih renyah b) Buat larutan garam dengan mengambil satu sendok teh garam dan dilarutkan dalam satu liter air. kulit pisang dapat langsung dimasukkan dalam adonan tepung.tujuanya untuk membersihkan kotoran-kotoran yang masih menempel pada kulit pisang.Kemudian rendam kulit pisang dalam larutan garam tersebut selama 20 menit. c) Keripik kulit pisang siap disajikan.Tujuanya untuk memberikan rasa manis pada kuli pisang tersebut 3.2.Rendam kulit pisang dalam larutan air kapur tersebut selama 20 menit.

.PENUTUP KESIMPULAN Pemanfaatan limbah kulit pisang sebagai keripik kulit pisang merupakan salah satu optimalisasi dari limbah kulit pisang sehingga menjadi keripik yang bergizi tinggi sehingga memberikan nilai yang lebih dari limbah kulit pisang tersebut.C.

Usaha kripik Kulit Pisang.html). Onlin .diunduh 5 mei 2011 .2010.com/ anneahira.com/ 2011/01/usaha-kripik-kulit-pisang.anneahira.com/kripik-kulit-pisang. 2011.Kriuk-Kriuk Keripik Kulit Pisang. anne.diunduh 1 Mei 2011 Ahira.html). Membuat Kripik kulit Pisang.(http://bisnisukm.Online.DAFTAR PUSTAKA Anonim .html).(http://www. Online. 2010 .(http://bebibluu.com/kriuk %E2%80A6kriuk-kriuk-keripik-kulit-pisang.blogspot.diunduh 1 Mei 2011 Anonim .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful