OLEH: MUTMAINNAH MALLAWAKKANG

PERAWATAN TANAMAN ANGGREK

. ‡Sering diadakan lomba tingkat nasional dan internasional.‡ Anggrek merupakan salah satu tanaman bias yang di kagumi dengan bunga yang indah dan menawan. ‡ Keindahan anggrek menjadi bunga faforit untuk menghiasi taman dan ruangan. Bahkan terdapat beberapa jenis anggrek yang mengeluarkan aroma yang lembut.

Bagaimana merawat anggrek sehingga rajin berbunga? Berikut kiat-kiatnya: 1. Penyiraman 2. Pemberian pupuk tambahan 5. Pemberian vitamin dan hormon 4. Pemupukan 3. Pengendalian haman dan penyakit 6. Lingkungan yang sehat dan bersih . Suhu dan ntempratur yang tepat 7.

.Penyiraman adalah hal yang sangat penting untuk perawatan segala jenis tanaman dengan frekuensi dan banyaknya air tergantung jenis dan ukuran tanaman anggrek sendiri.

Karena karakter udara anggrek mengambil hara dari udara untuk pertumbuhannya.Pupuk merupakan makanan pokok untuk anggrek. Pemupukan sebainya dilakukan 2 kali setelah penyiraman sesuai anjuran dan dosis pada kemasan produk. .

berilah hormon atonik dengan durasi 1 atau 2 minggu sekali. Vitamin B1( fish emulsion) diberiakan seminggu sekali sesuai dengan dosis.Pemberian vitamin dan hormon dapat dilakukan bersamaan dengan pemupukan setelah penyiraman. . Selain itu untuk memperkuat akar dan merangsang tunas baru.

.Pupuk slow release adalah pupuk tambahan yang larut sedikit demi sedikit jika terkena air dan perlu diberikan rutin sesuai anjuran pada kemasan.

busuk akar. . bercak daun. busuk basah dan virus cymbidium mosaic dan tobacco mosaic. Sedang penyakit yang sering muncul adalah busuk hitam.Mencegah lebih baik daripada mengobati oleh karena itu sedapat mungkin anggrek dirawat dan dijaga jangan sampai terserang hama.

Berdasarkan hal itu anggrek terbagi atas tiga daerah yakni : anggrek dingin. anggrek sedang dan anggrek panas. kelembaban dan tempratur yang berbedabeda.Setiap anggrek mempunyai karakter berbedabeda. . misalnya memerlukan suhu.

.Semua jenis tanaman hias memerlukan lingkungan yang sehat dan bersih sehingga bisa mencegah hama dan penyakit.

Jenis perawatan Penyiraman Pemupukan Pemberian vitamin dan hormon Pemberian pupuk tambahan Pengendalian hama dan penyakit Suhu dan tempratur yang tepat Lingkungan yang sehat dan bersih Tingkat Perawatan 1 1 2 3 1 1 1 Keterangan .