P. 1
teori sablon

teori sablon

|Views: 1,873|Likes:
Published by Gede Hari Mandala

More info:

Published by: Gede Hari Mandala on Feb 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

Tutorial kali ini adalah tutorial dan langkah paling awal dalam pengerjaan menyablon, yaitu membuat film

sablon. Tutorial ber-seri ini khusus untuk sablon diatas objek kaos. Film sablon adalah cetakan gambar dalam bentuk print di atas kertas yang nantinya akan digunakan untuk membentuk afdruk di screen atau kain saring. Nah, kertas inilah yang disebut film sablon. Banyaknya cetakan kertas film sablon ini tergantung dari banyaknya warna dari gambar yang akan kita sablon, misalnya gambar di bawah ini :

Gambar untuk di sablon Maka banyak cetakan film sablon adalah 3 buah, karena warna desain terdiri dari 3 warna. yaitu Hitam, Putih dan merah (Asumsi warna dasar kaos adalah Biru muda). Ok, langsung saja kita belajar mempraktekkan bagaimana cara membuat film sablon. Siapkan desain yang ingin dicetak Untuk mendownload gambar tutorial ini, klik disini. Edit gambar di photoshop untuk memisahkan warnanya. 1. Buka file gambar dengan program photoshop 2. Klik menu Select >> Color range

3. maka otomatis semua bagian yang berwarna hitam akan terseleksi. Lalu klik OK. Klik dibagian gambar yang berwarna hitam. Jangan lupa untuk memperhatikan Skala Fuzziness-nya untuk tolerance sesuai keinginan.Color range ini berguna untuk menyeleksi bagian gambar dengan parameter sebuah warna yang kita tentukan. Klik kanan di bagian yang sudah terseleksi pilih Layer via Copy . Maka bagian warna hitam pun akan terseleksi dengan baik.

Lakukan langkah ke-3 untuk pemisahan layer warna yang lainnya yaitu putih dan merah sehingga anda memiliki 4 Layer . 4.Perhatikan panel layers anda (untuk memunculkan panel layers klik Windows >> Layers). Maka Layer anda akan bertambah 1 layer dimana layer tersebut hanya terisi bagian yang warna hitam saja.

Layer-layer yang telah dipisahkan tadi selanjutnya diberi warna hitam semua Klik salah satu layer yang ingin diberi warna hitam sambil menekan tombol Ctrl di keyboard. kalo bisa print quality-nya yang bagus agar hasilnya cetakannya berwarna hitam pekat. Lakukan pada ketiga layer tsb. Sekali lagi. Lalu warnai dengan tool brush berwarna hitam pekat. anda harus masuk kedalam pembuatan afdruk di screen atau kain saring. Ukurannya harus sama. Ingat. Print tiap layer (pemisahan warna) masing2 1 kertas. Untuk mencetak satu-persatu layer-layer yang telah dipisahkan tadi. Nantikan terus kelanjutan tutorialnya ya. Kalo ada pertanyaan. silahkan isi form komentar di bawah ini. Jika sudah selesai di cetak. anda tinggal menghidupkan atau mematikan icon bergambar mata yang ada di sebelah layer. 6. . maka layer tersebut akan terseleksi bagian yang ada warnanya. Print masing2 layer di kertas dengan ukuran yang sama.5.

Gunakan ukuran mesh Screen yang lebih besar lubangnya. nanti malah jadi kasar hasilnya.Kelihatannya ini adalah permasalahan umum yang dihadapi oleh para pemula sablon yaitu ketika mencetak warna putih di kaos gelap. Banyak sekali pertanyaan yang terkait dengan permasalahan tinta putih ini. Hal ini dimaksudkan agar tidak terlalu tipis tinta yang turun ke kaos. Terlepas dari masalah tinta putihnya yang bagus atau nggak. Ukuran mesh sangat berpengaruh terhadap turunnya tinta ke kaos ketika rakel digesut. Tidak seperti tinta hitam atau gelap yang kita cetak di kaos cerah. Jika anda menggunakan mesin rotary. Disarankan ukuran screen berkisar pada T-48 sampai T.61. gunakan ukuran screen dengan T lebih kecil. bisa dengan mengganjal bagian bawah screen dengan busa atau karet . tapi warna putihnya kok tipis? Kenapa ya kalo cetak warna putih di kaos gelap gak bisa bisa halus dan daya tutupnya kurang. 2. meskipun anda menggunakan ukuran screen kurang tepat. Maka ada baiknya anda gunakan screen dengan ukuran mesh lebih besar. Jangan terlalu kecil ukuran T-nya. ukuran mesh itu semakin besar angka T-nya maka semakin kecil lubangnya. tanpa off contact dan sudut rakel yang tidak benar ketika mencetak. Tapi jangan salah ya. kayaknya permasalahan ini bisa diminimalisir dengan beberapa tips yang juga digunakan oleh para ahli sablon. Berikut ini beberapa hal yang penting anda perhatikan : 1. Atau jika anda masih menggunakan cara manual. Jadi. Off contact ini bertujuan agar ada ruang kecil yang bagi tinta untuk turun ke kaos dengan lebih banyak. biasanya tidak terjadi masalah yang signikan pada hasil sablonnya. Kenapa ya warna lain bagu2 aja. mulai dari teknik sablon sampai pada hal-hal kecil yang juga harus diperhatikan. Ya memang tinta putih ini memang butuh perhatian khusus. Off contact adalah sebutan untuk jarak/gap antara kain screen dan kaos ketika proses cetak. ada settingan untuk mengatur off contact ini. Harus ada Off Contact.

Kesalahan dalam mengambil angle/sudut dari rakel ketika proses gesut banyak terjadi pada pemula. Sudut rakel yang SALAH . Lihat gambar di bawah ini : 3.berukuran ± 3-5 mm. Perhatikan Angle/sudut rakel yang tepat. perhatikan gambar berikut ini untuk lebih jelasnya. Hal ini juga menyebabkan tinta yang turun ke kaos tidak sempurna.

Kadang2 para newbie yang baru coba nyablon. . bisa 5 kali naik sablon. Udah dicoba pake remover juga ga bisa. Karena sudah mulai terbiasa untuk nembak atau ngukur tempat meletakkan screen di atas kaos. Entah karena ada orderan sablon kaos yang cukup banyak atau emang lagi males aja. tuh pasta ngering di screen.. Jenis sablon ini menggunakan powder Discharge yang ditambahkan ke dalam adonan tinta.. Tapi jangan heran ya kalau nanti ketika nyoba jenis sablon ini. setiap satu kali kita nyablon. Nanti kalo udah mahir sablon. Kalau bisa sediain aja wadah kecil yang bisa nampung air disamping kita waktu nyablon. Hehe. Gak boleh terlalu lama nempel di screen dan didiamkan. baru terusin lagi. ngobrol dulu. Coba aja tanya solusinya ke toko sablon. di screen bekas pasta karetnya gak mo ilang. Ngerokok dulu lah. Dan alamak kayaknya nggak mungkin lagi dibersihin. Online sih sering tapi malah tergiur sama baca2 artikel orang. karena sifatnya yang tidak ada karetnya dan hasil sablonnya meresap ke dalam bahan kaos. becanda. Go Offline aja deh dulu. ngopi dulu. Hah. Biasanya orang juga menyebut jenis sablon ini dengan sebutan cabut warna. paling2 jawabannya gini ³Beli aje yang baru bozz !´. sambil maen Fb or riset2 pasar.. Discharge Printing adalah jenis sablon yang mencabut warna dasar kaos. jangan lua untuk segera membersihkan screen dan pastikan dulu screen-nya bersih dari pasta dengan membilasnya dengan air atau bisa juga dengan bantuan cairan m3. screen diangkat dan taruh begitu aja. Kalo mau istirahat dulu atau mau dilanjutin besok nyablonnya dan film di screen masih dibutuhkan.. Semenjak publish posting Bedanya sistem warna RGB dan CMYK rasanya koq males banget ya nulis. 1 kali ngelapnya. Maklum. malah yg ilang film di screen-nya. buru2 deh di lap pake kain basah.. Ada yang tanya ke saya. Hehe :) Tipsnya. besok2 kalau nyablon.Sudut rakel yang benar Demikian Tips mengatasi permasalahan sablon tinta putih. kebanyakan Pasta emang punya sifat yang gampang kering. Bekas pasta karet nya tetep nempel di screen« tolong bantuin yach«. Jenis sablon ini yang paling saya suka diantara jenis sablon lainnya. Jangankan terlalu lama. mungkin bahan dasar pembuat powder discharge ini dari jengkol. ketika mentransfer pasta ke kaos. lebih dari 10 menit aja. Tips kali ini buat para newbie sablon yang sering dibikin stress sama obat sablon yang namanya Pasta. ada bau-bau yang nggak sedap. sama lap-nya juga.. Dia gak tau dalam sekejap.????????? Penting banget untuk diketahui bagi pemula. pasta itu bakalan kering dan susah sekali dibersihin. terhitung sudah 2 hari saya gak posting disini. Semoga membantu Salam. koq waktu coba sablon kaos.. Bau Jengkol. emang dunia online kadang2 suka bikin lupa berkarya nih.

tetapi memiliki kandungan yang lebih kuat atau lebih keras. Jika warna dasar kain sudah tercabut. CAT TRANSPARAN: Umumnya disebut dengan coating. Tinta rubber umumnya digunakan untuk underbase.. udah pernah nyablon pake pigmen/extender? Kalo udah pernah. bisa juga digunakan untuk mendapatkan warna-warna pastel/muda. Jenis kedua adalah rubber color yang digunakan untuk pencampuran warna-warna tua. maka powder discharge inilah yang berperan. dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Tinta ini memiliki bentuk seperti tinta extender yang transparan.Teman yang baru di bidang sablon pasti bertanya-tanya. Cocok banget untuk jenis sablon raster atau halftone. Berarti.. saya jelasin dengan bahasa yang agak sedikit mudah di mengerti. sehingga berwarna putih/abu2. Tinta ini baik sekali untuk teknik penyablonan separasi empat warna dengan terlebih dahulu memberikan rubber white pada permukaan bahannya. maka pigmen pun bisa terlihat warnanya di kaos.. Jenis pertama adalah tinta rubber white yang digunakan untuk underbase/dasar. untuk menyablon pigmen pada kaos warna gelap. Sebab tinta ini bersifat pekat. pigmen atau extender ini tidak akan muncul warnanya jika di sablon ke kain yang gelap. hanya cocok untuk penggunaan diatas bahan putih atau bahan-bahan berwarna terang. apa sih Discharge ? Atau apa sih cabut warna? bagaimana sih kira2 hasil sablonnya ? Oke. campurkan tinta rubber white dengan sedikit pigmen/pewarna berwarna nila atau ungu. Untuk mendapatkan warna putih yang bersih dan cemerlang. CAT EXTENDER: Tinta in bersifat transparan. kita tau bahwa pigmen atau extender memiliki sifat transparan. Pigmen atau extender ini biasanya digunakan untuk kain berwarna cerah saja kan. serta dapat disablon diatas dasar bahan berwarna gelap. . karena dapat difungsikan sebagai pelapisan hasil sablon. Kalo mau lebih bagus lagi sih sebenarnya pasangan powder ini pake tinta plastisol 100. Mudah-mudahan paham ya. sehingga hasil sablon lebih cemerlang atau mengkilap. Tinta ini sifatnya lebih mendekati tinta extender yaitu menyatu dengan bahan dan transparan. Sifat dari cat ini adalah menyatu/menyerap pada bahan. tanpa karet dan meresap ke dalam serat kain. CAT SUPER WHITE: Tinta ini hampir sama jenisnya dengan tinta rubber. Nah. Sebelumnya saya mau tanya dulu. Kalo belum pernah. underbase sendiri difungsingkan sebagai penutup warna kain sebelum penyablonan warna-warna diatasnya. Powder ini akan mencabut warna dasar kain (yang gelap itu). CAT RUBBER: Tinta ini digunakan khusus untuk sablon diatas kain gelap. terdiri dari dua jenis yaitu white dan color. silahkan dicoba aja dulu. Tinta rubber sendiri dibagi menjadi dua jenis untuk dua fungsi kegunaan.

Dan t-shirt yang menggunakan tinta plastisol selalu diberi peringatan ³Do not iron on design´. Kita coba cuci. dan sebagainya. Kalo ada yang mau nanya seputar sablon. silahkan aja tanya di form kometar atau di form kontak kami. Semoga bermanfaat. pertama kali ngetes. Waktu pertama kali buat usaha sablon ini. jadi pelajaran berharga deh. film sablon. tar juga dikasih tau. biasanya cairan campuran ini juga berfungsi untuk membersihkan sisa sisa tinta yang menempel di screen agar pori2 di screen tidak mampet oleh tinta (terutama rubber.CAT PUFF/TIMBUL: Tinta ini terdapat pada kedua jenis tinta baik underbase maupun plastisol. uuuuuh keras banget dan udah bener2 mampet ternyata. dimana sudah dibahas pada posting sebelumnya tentang Screen atau kain saring. M3 Super. langsung aja kita bahas cairan cairan pencampur sablon ini yang gunanya untuk mencampurkan tinta agar sesuai dengan tingkat kekentalan and warnanya. Eeeeeeh. Setelah pengeringan dengan benar. Untuk dapat kering dengan baik. tinner. Ya udah. CAT SOLVENBASE/PLASTISOL: Tinta ini berbahan dasar PVC dan harganya cukup mahal serta membutuhkan peralatan khusus untuk pengeringannya. karena sifatnya seperti karet. pas mau nyablon lagi. habis selesai menyapukan tinta di atas kaos menggunakan screen. tinta ini memerlukan suhu mencapai 160 derajat celcius serta membutuhkan beberapa peralatan seperti conveyor curing dan flash curing. mudah kering dan susah dibersihkan jika terlanjur kering di screen) ketika ingin dipakai lagi. Bisa cairan M3. dengan innocent-nya kita diemin aja tuh screen beberapa menit. sebab tinta ini akan meleleh jika terkena panas secara langsung dari setrika. Tanya aja sama toko sablon. Ok. Banyak lagi koq cairan tersebut macem2nya. Sebab tinta ini tidak dapat kering dengan sendirinya seperti tinta waterbase pada umumnya. Naaaah kadang kadang cairan cairan ini berguna tuh buat bersihin screen yang udah mulai membandel mampetnya. rakel. Artikel ini lanjutan dari artikel pengenalan alat-alat sablon. Tinta ini memerlukan pemanasan yang akan mengakibatkan tinta ini mengembang dengan efek timbul. Bukan hanya sebagai campuran tinta sablon saja. Buat sekedar share aja nih sama temen2. kita bener2 gak tau kalo tinta rubber tuh punya sifat yang agak nyebelin kayak gitu. ada yang punya kisah lain? . mudah2an kami bisa memberikan solusi masalah temen2 semuanya. Tinta ini sering digunakan untuk menciptakan efek-efek yang menakjubkan seperti high density. koq hasilnya ada bercak2 kayak ada tinta yang nggak tembus dari pori2 screen. minyak tanah. dan tinta sablon. tinta plastisol ini memiliki daya rekat yang sangat baik.

19.biasanya cair tapi ada juga yg berupa bubuk seperti GLITTER.htm 17. Ada binder cotton. oleh karena itu lazimnya sablon pigmen digunakan pada kain yang berwarna dasar terang. http://www.org/ Pigmen /medium/ extender Sablon ini mempunyai kemampuan diserap oleh kain yang berwarna terang (agak transparent). . http://www. 20. PIGMENT= Biang warna. 13. 8. Bubuk Phospor Intinya Kalo mau nyablon harus lengkap 3 obat ini (kecuali kalo cuma mau nyablon putih ya nggak usah pake pigment alias Rubber White dicampur binder thok).com/ 14. 2.com/ 5. 10.smashingmagazine.com/ 19. karena harga tinta ini relative lebih murah.com 13.creativosonline.. 4. 3. http://www.gomediazine.com/ 2.. Tinta jenis ini biasanya digunakan untuk pembuatan kaos yang berbiaya murah.vectorjunky. tetron.. http://www.clipart-design.vectorportal.logotemplater.freevectordownload.vectorstock. http://coolvectors. http://www. http://www.com/ 11. hal yang wajar karena hasilnya juga tidak sebagus GL trasnparant PASTA= katakanlah sebagai adonannya (kental2 gitu saya nyebutnya pasta) ini bisa berupa Acrafon/Rubber/Foaming/Super White/lainnya. http://qvectors.org/ 16. 1.com/ 9.magicpeople. Brom mas. 7.freevectors. 15. 16.com/ 8. http://vector4free. http://clipart.bazaardesigns.net/ 4.vecteezy.com/ 6.keepdesigning. http://vector-cartoons.com/free-vectors 20. 14. tinta jenis ini hanya membutuhkan sedikit bibit warna agar dihasilkan warna yang ingin dibuat.com/ 12. http://www. BINDER = istilah awamnya adalah anti luntur. Selain itu. http://vectorart. 17. 18. http://www. 12.net/ 7.com/freeclipart.http://www. http://www. 6. ada binder metallic khusus untuk sablon bubuk mas/glitter. 11.org/ 15.com/ 18.com/ 3. 5. http://www.com/ 10. http://www. jenisnya ada macam2 menyesuaikan jenis kainnya. 9.youthedesigner. http://www.Web untuk vector: 1. http://www..

. Namun untuk sablon kaos kita bisa menghasilkan warna yang tajam mengunakn tinta extender dengan sedikit ramuan tambahan yaitu menggunakan top coat caranya sama seprti sablon biasa anda hanya perlu menambahkan top cat dengan menggunakan screen anda pada akhir proses sablon dan hasilnya sangat tajam tentunya untuk top coat sendiri anda bisa dapatkan di toko sablon terdekat NB : Untuk sablon kaos mengunakan extender hanya bisa menggnakan kaos dengan bahan dasar berwarna Cerah misalnya Putih. 2. Sebagai contoh anda akan memesan kaos kepada kami dengan spesifkasi sebagai berikut. 9... Bagaimana menghitung biaya sablon kaos untuk kaos yang mau anda orderkan? ini juga bisa dipakai buat yang lagi belajar sablon secara detail sebetulnya sudah saya jelaskan di daftar harga. Hijau Muda.... Resep dasarnya ya seperti yang sdh saya tulis 1Kg Pasta (bisa pasta apa saja)+Binder 1/2-1ons + Pigment sesuai keinginan = SIAP SABLON Tentu ini bukan Resep pasti karena tiap orang pasti punya resep sendiri2. jahit rantai Sablon memakai pasta ruber lokal Sablon depan ukuran A3 4 warna Sablon lengan kanan logo 2 warna Sablon belakang ukuran A4 5 warna Sablon logo dalam 1 warna Jumlah order L 12. 5. XXL 12 Sekarang coba akan kita hitung biaya sablon kaos anda berdasarkan tabel daftar harga kami (untuk memudahkan bisa anda cetak dulu daftar harga sablon kaos kami). 7.. seumpama mblobor berarti adonannya terlalu encer.. 4.. Untuk kaos jarang menggunakan tinta ini karena warna kurang tajam karena saat ini kebanyakan menggunakan tinta GL / Pasta yang bisa menghasilkan warna yang lebih tajam.... namun harga tinta GL/Pasta tentu lebih mahal di bandingkan dengan tinta Extender. Biru Muda dll. Kaos oblong Bahan 20S kain Bandung (Kharisma) Warna hitam.. 8.dlll dikutak katik sendiri deh. tetapi memang bagi yang masih awam dengan urusan pesan kaos akan sedikit bingung dalam membaca dan memahaminya. Dalam artikel kali ini akan saya coba jelaskan sediki bagaimana menghitung BIAYA SABLON KAOS sebelum anda order.. Untuk kaos warna gelap misalnya Hitam saya sarankan Gunakan tinta GL / Pasta...boleh pakai boleh tidak sesuai namanya fungsinya adalah untuk Fixasi antara adonan diatas dengan kain. Exrender merupakan tinta dengan basic air dan biasa di gunakan untuk menyablon berbahan dasar kain seperti spanduk. 6. bendera dll. baik kita hitung sekarang . Kuning. seumpama masih luntur berarti bindernya kurang atau bindernya tidak cocok. XL 12. 1. semoga membantu. 3. umbul-umbul.Kalo FIXER fungsinya hanya pelengkap.

1.2.Ukuran XXL Rp. 4.500. 53.6. 40. biaya sablon 5 warna Rp..500.harga menjadi Rp. biaya tambah area Rp.1.. 44.000. 5. jenis pasta atau variasi sablon.500. bahan kaos dengan kain combeed Jogja.3.000. 45. Sablon dengan pasta ruber lokal tidak ada tambahan biaya 5. sablon 4 warna ukuran A4-A3 dengan 1 area (depan saja atau belakang saja) harga Rp. Biaya sablon kaos sangat tergantung pada jenis bahan. Poin 5 diatas sudah ikut paket sekarang kita lihat poin 6.500.+ Rp.000. Poin 8.. 59.000. 7. Poin 9. . 53.8.. sablon logo 1 warna Rp.500. Jadi jika anda bingung untuk menentukan berapa biaya sablon kaos untuk kaos desainan anda silahkan kirimkan gambar JPEG ke kami dan kami akan membantu menghituhngkan biaya sablon kaos anda.500. 56.000.000. Paket standart kami adalah minimal order 24. 6... maka ada tambahan biaya Rp.500. 3. Warna dan jahitan tidak mempengaruhi harga sablon kaos ditempat kami 4. 52. 53.000. Poin 7.. 53. bahan kaos dan area sablon. jadi total tambahan untuk poin 7 ini adalah Rp.Demikian perhitungan biaya sablon kaos ditempat kami dan beberapa tempat lainnya.dan disini biaya sablon kaos anda menjadi Rp. harga untuk ukuran L Rp.= Rp..disini biaya sablon kaos berubah menjadi Rp.. . 2000.500.Ukuran XL Rp.sampai disini harga menjadi Rp..+ Rp. Karena anda meminta kain Kharisma Bandung maka ada penambahan biaya Rp. 1...000.500.7.= Rp.. ada penambahan area sablon (lengan kanan) 2 warna.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->