P. 1
Sistem Pertandingan

Sistem Pertandingan

|Views: 3,799|Likes:
Published by ZaHeed Zop

More info:

Published by: ZaHeed Zop on Feb 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/24/2013

pdf

text

original

Tugas Penjasorkes

Kelompok 6

Sistem pertandingan adalah sistem berkompetisi yang dipakai dalam suatu turnamen. yang mempertemukan setiap peserta dengan peserta lainnya secara lengkap. Sebagai contoh. setiap peserta akan bertemu/bertanding dengan tujuh peserta lainnya. Sistem pertandingan dibentuk untuk mendapatkan pemenang dalam suatu kompetisi. . Umumnya bagan sistem pertandingan dibagi menjadi dua macam yaitu sistem gugur dan kompetisi. biasanya olahraga. dalam suatu turnamen dengan delapan peserta.

tenis. . dan turnamen sepak bola (seperti FA Cup). hingga pada putaran akhir hanya ada satu pertemuan untuk menentukan sang juara. dan seterusnya. Peserta yang kalah langsung keluar dari turnamen. banyak peserta berkurang separuhnya. Sistem gugur digunakan dalam catur. sehingga dalam putaran berikutnya.Sistem gugur (atau sistem KO) merupakan salah satu format turnamen yang melibatkan semua peserta pada awal turnamen.

Maka tinggal dilihat jumlah pesertanya dan disesuaikan dengan nilai bagan tersebut.Bagan pokok dalam sistem gugur adalah 2x Contoh : 23 = 8 24 = 16 25 = 32 2x = dst. 32. 16. dst merupakan nilai bagan pokok. . Apabila jumlah peserta lebih dekat dengan rentang di bawahnya. maka bagan sistem gugur menggunakan bye . Apabila jumlahnya persis sama maka langsung dibagi sama rata namun apabila jumlah peserta lebih atau kurang dari bagan pokok maka dilakukan pertandingan pendahuluan atau menggunakan sistem bye . sehingga muncul ketentuan sebagai berikut : Apabila jumlah peserta lebih dekat dengan rentang di atasnya. maka bagan sistem gugur menggunakan sistem pendahuluan. 8.

1 = 7 pertandingan. maka bisa langsung dibagi rata seperti gambar.Contoh 1: Jumlah peserta 8. Jumlah pertandingan adalah N . Karena jumlah peserta ada 8. seperti nilai bagan pokok. .

lebih dekat dengan 9.Contoh 2 : Jumlah peserta 9 Angka 9 adalah pada rentang diantara bagan pokok 8 dan 16. . maka bagan pertandingan menggunakan pendahuluan. Pertandingan antara A dan B dikatakan sebagai pertandingan pendahuluan . Dari angka 8. dan rentang atas dari 8 lebih dekat ke angka 9.

peserta A masuk pada babak berikutnya tanpa melakukan pertandingan karena mendapatkan bye . Maka bagan pertandingan menggunakan bye dengan bagan pokok 8. .Contoh 3 : Jumlah peserta 7. dan rentang bawah dari 8 lebih dekat ke angka 7. Pada bagan pertama. Angka 7 adalah pada rentang diantara bagan pokok 4 dan 8 dan lebih dekat dengan 8.

dalam suatu turnamen dengan delapan peserta. yang mempertemukan setiap peserta dengan peserta lainnya secara lengkap. Sistem kompetisi yang paling umum dipakai adalah sistem kompetisi penuh dan sistem setengah kompetisi.Sistem kompetisi adalah sistem pertandingan yang dipakai dalam suatu turnamen. Sebagai contoh. . setiap peserta akan bertemu/bertanding dengan tujuh peserta lainnya. biasanya olahraga.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->