KATA PENGANTAR

Pertama – tama kami panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa atas berkat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas akhir semester ini. Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk menggenapkan nilai tugas sejarah. Di samping itu juga untuk membantu para siswa untuk mengetahui lebih dalam mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Makalah ini dapat diselesaikan dengan baik dan lancar berkat saran dan bimbingan dari banyak pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, perkenankan kami mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah memberikan sumbangan moril dan material. Ucapan terima kasih kami ucapkan yang terhormat :
1. Bapak Setyo Nugraha, selaku guru Sejarah kami;

2. Staff perpustakaan SMAK St. Louis 1 Sby; 3. Teman – teman yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini; 4. Keluarga yang telah mendukung dalam penyelesaian makalah ini. Walaupun kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk menghasilkan makalah yang berkualitas, sebagai manusia kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Kami mohon maaf apabila ada kata – kata yang kurang berkenan di hati anda sekalian. Oleh karena itu, kami terbuka terhadap kritik dan saran agar dapat menyempurnakan makalah yang berikutnya. Akhir kata, kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Surabaya, 17 Februari 2012
1

Penulis XII-IA5

2

Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Indonesia e. Sikap/Reaksi Masyarakat Internasional Kesimpulan Daftar 43 Lampiran Pustaka 3 . Latar Belakang Teknologi di Indonesia c. Sikap/Reaksi Masyarakat Indonesia d.DAFTAR ISI Kata Pengantar Daftar Isi Isi a. Perkembangan Teknologi di Indonesia 1 2 3 3 b.

Hal itu dikarenakan tingginya biaya pendidikan yang harus 4 . agar semua masyarakat banyak mengecam IPTEK secara merata. namun pelaksanaan pembangunan IPTEK masih belum merata. teknologi kini telah merembes dalam kehidupan kebanyakan manusia bahkan dari kalangan atas hingga menengah ke bawah sekalipun. Masih banyak masyarakat kurang mampu yang putus harapannya untuk mendapatkan pengetahuan dan teknologi tersebut. Di mana dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan terhadap moral dan kemanusiaan yang adil dan beradab. Begitu Namun. kemudahan yang kita dapatkan.PENDAHULUAN I. manusia mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah SDA yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Di mana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan harkat martabat manusia. telah membuat masyarakat salah satu menjadi contoh malas yang disebabkan IPTEK di oleh bidang itu kemudahan-kemudahan yang ada tersebut. Atas dasar kreatifitas akalnya. berbanding terbalik dengan realita yang ada karena semakin canggih perkembangan teknologi. Latar Belakang Masalah Seperti yang kita ketahui. Ambil saja perkembangan zaman telekomunikasi dimana dahulu handphone sangat langka karena harganya yang mahal berbeda dengan sekarang harga handphone sudah sangat murah dan menjangkau lapisan menengah ke bawah. Di satu sisi telah terjadi perkembangan yang sangat baik sekali di aspek telekomunikasi.

5 . Selain itu. III. Manfaat makalah ini adalah untuk memberikan informasi dan menambah wawasan pembaca mengenai perkembangan teknologi di Indonesia. penulis mencari tahu hal ini untuk membandingkan keadaan zaman dahulu dengan sekarang sehingga dapat dilihat dan dipelajari apa saja yang perlu dilakukan untuk perkembangan teknologi di masa yang mendatang.mereka tanggung. Rumusan Masalah . agar peranan IPTEK dapat bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada. Maka dari itu.Apa latar belakang perkembangan IPTEK di Indonesia? . pemerintah perlu menyikapi dan menanggapi masalah-masalah tersebut. II. Penulis berharap agar makalah ini dapat memberi inspirasi untuk mengembangkan teknologi lebih lanjut di masa depan.Bagaimana teknologi di Indonesia? .Apa saja pengaruh perkembangan IPTEK di Indonesia? Tujuan dan Manfaat Makalah ini dibuat oleh penulis dengan tujuan menganalisa keadaan dan perkembangan teknologi dari masa yang lalu hingga sekarang.Bagaimana reaksi atau sikap masyarakat Indonesia maupun internasional terhadap perkembangan teknologi? .

perencanaan. Cabang-cabang perkembangan IPTEK yang itu sangat telah cepat memunculkan dengan berbagai yang implikasi menguntungkan bagi manusia atau sebaliknya. cosmology. Accountable. exobiology. engineering dan nanotechnology. cyberneties. tetapi taktis dimasa kini. tidak bersifat sektoral dan tidak hanya memberi implikasi terbatas. Visionary. Rumusan 4 (empat) nilai luhur pembangunan Iptek Nasional. pengawasan. 4. lingkungan. penerapan Iptek harus dapat dipertanggungjawabkan baik secara moral. Nilai luhur pembangunan Iptek artinya adalah berorientasi pada segala sesuatu yang baru. pembangunan Iptek memberikan solusi strategis dan jangka panjang. Innovative. 3. pelaksanaan. 6 . genetic. bahkan dampak politis 2. Untuk mendayagunakan Iptek diperlukan nilai-nilai luhur agar dapat dipertanggungjawabkan.BAB I Perkembangan Teknologi di Indonesia Peradaban bangsa dan masyarakat dunia di masa depan sudah dipahami dan disadari akan berhadapan dengan situasi serba kompleks dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan. dan memberikan apresiasi tinggi terhadap upaya untuk memproduksi inovasi baru dalam upaya inovatif untuk meningkatkan produktifitas. asal katanya adalah “innovere” yang artinya temuan baru yang bermanfaat. Excellence. sebut saja antara lain. cryonics. finansial. yaitu : 1. cloning. keseluruhan tahapan pembangunan Iptek mulai dari fase inisiasi.

7 . yang terbaik atau berusaha menuju yang terbaik. pemanfaatan. implikasi pada bangsa harus baik. Pesatnya kemajuan Iptek memerlukan penguasaan. dan kemajuan Iptek untuk memperkuat posisi daya saing Indonesia dalam kehidupan global.evaluasi.

sebuah teleconference terjadwal hampir sebulan sekali tayang di stasiun TVRI yang menyajikan sebuah dialog interaktif antara Presiden Suharto dengan para petani. Dan pada tahun 1980-an. Bemonet cukup populer dan bermanfaat sebagai penghilang kalangan stress akademis. mereka berdua lah yang pertama kali mengembangkan perangkat “pesan” berbasis “unix”. Pertama adalah periode rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an.BAB II Latar Belakang Teknologi di Indonesia Ragam bentuk teknologi informasi yang dijelaskan disini. dan yang terakhir adalah periode aplikasi. seperti Aditya (Ron Prayitno). Periode Rintisan Pada periode rintisan ini. sarana kirim pesan atau email di rintis pada tahun 1980-an. Untuk di Indonesia sendiri. perkembangan teknologi informasi mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. tercatat beberapa komunitas BBS. dan Di CossyUninet 8 . Dimana Mailinglist (milis) tertua di Indonesia di buat oleh Jhhny Moningka dan Jos Lukuhay. Periode kedua disebut pengenalan. dan lain-lain. Periode ketiga ini dimulai tahun 2000. tidak terlepas dari perkembangannya di masa lalu. JCS (Jakarta Computer Society – Jim Filgo). 1. dengan pernah milis ada seperti UnInet Junk/Batavia”. Konon. rentang wktunya adalah tahun 1990-an.”ethernet” pada tahun 1983. Menjelang akhir tahun 1980-an. BEMONET (berita modem network). Kemudian pada periode ini masyarakat Indonesia mulai belajar menggunakan teknologi informatika.

(1989). 2. dan milis adalah salah satu bagian dari sebuah web. akan tetapi sampai ke 9 . Penggunanya tidak terbatas pada kalangan akademisi. agar email dapat berjalan lancar. Indoznet(Australia. teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat mengenalnya. UkIndonesian (UK. Cossy pernah dioperasikan dengan menggunakan X. Milis yang kemudian muncul menjelang akhir tahun 1980-an 1989). terhubungakan dengan radio.edu). Pada sisi lain. sekitar belasan pemuda ITB menghubungkan server BBS amatir radio seluruh dunia. Media tahun 1980 diisi dengan komunikasi internasional melalui kegiatan radio amatir. yang memiliki komunitas dengan nama Amatir Radio Club (ARC) Institut Teknologi Bandung (ITB). tahun 1990-an. Bermodalkan pesawattransceiver HF SSB Kenwood TS 430 dengan computer Apple II. UGM. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. UnHas. serta tentunya milis kontroversial seperti apakabar. milis yang mulai digagas sejak tahun 1980-an. Periode Pengenalan Periode perkenalan berlangsung hampir 1 dasawarsa atau sekitar 10 tahun. Periode satu dasawarsa ini. yang kemudian disediakan wadah baru dan dikenal sebagai Karang Taruna. Janus(Indonesians@janus. Internet masuk ke Indonesia pada tahun 1994. setelah dipinggirkan dari panggung politik. ITB.merupakan sebuah jaringan berbasis UUCP yang konon pernah menghubungkan Dikti. UI. 1988).berkeley. Jaringan internet tersebut. 1989).25 dengan pihak dari Kanada. terus berkembang. Hal ini juga merupakan efek kreativitas anak muda ketika itu. dan UT. ialah Isnet the Indonesian Development Studiesi (IDS) (Syracuse. ITS. yang saking besarnya sampai punya beberapa geographical relayers.

Teknologi computer demikian. 50 Tahun 2000 tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). multislot memory.meja kantor. Kebijakan pengembangan yang sifatnya formal “topdown” direalisasikan dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden No. dan Instruksi Presiden No. televise. fungsi yang ditawarkan terbilang berkoneksi canggih. multi processor. mulai dikenal oleh masyarakat pengenalan telematika mengalami lonjakan pasca kerusuhan Mei 1998. Periode Aplikasi Awal era millennium inilah. pager. diatur oleh Direktorat Jendral Aplikasi Telematika (Dirjen Aptel) yang kedudukannya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. teknologi mobile phone begitu cepat pertumbuhannya. beroperasi ISP komersil pertama. kini hadir dengan skala tera (1000 Gigabyte). Periode siaran radio dan ini televise internasional – tv kabel Indonesia. Indonesia. teleconference. Teknologi telematika. pemerintah Indonesia serius menaggapi perkembangan telematika dalam bentuk keputusan politik. Bukan hanya dimiliki oleh hamper seluruh lapisan masyarakat Indonesia. handphone. dengan Muatannya internet antara juga 1 Gigabyte. Selanjutnya. yaitu Indonet. dapat dan stasiun teleconference melalui 3G. internet. ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia adalah Ipteknet. dengan Dalam bidang dan yang sama. dan jaringan internet berfasilitas wireless 10 . terkait pengaturan pelaksanaan mengenai nernagai bidang usaha yang bergerak di sector telematika. 3. 6 Tahun 2001 tentang Pendayagunaan khususnya Telematika. seperti computer. dan dalam tahun yang sama.

Selama perkembangan telematika di Indonesia sekitar tiga dasawarsa bidang.access point. menghemat mendapat manfaat ekonomis dan peningkatan kualitas hidup. 11 . pada café dan kampus tertentu. dan gratis. belakangan kinerja kualitas ini. yang membawa implikasi diberbagai akan dan Kemudahan disuguhkan Masyarakat telematika biaya. juga meningkatkan memperbaiki usaha. Bahkan. internet dapat diakses dengan mudah. produk.

kebahagian dan imortalitas. kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang 12 . Ringkas kata. kini relative sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatmya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia.BAB III Sikap / Reaksi Masyarakat Indonesia terhadap Perkembangan Teknologi Bagi masyarakat sekarang. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas computer. karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. iptek sudah merupakan suatu religion. Jika kita tidak mengikuti perkembangan teknologi pasti kita menjadi orang yang kurang berinteraktif dalam berbagai macam perkembangan teknologi sehingga kita mudah ditinggalkan orang lain.

13 .benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.

dampak dari perkembangan IPTEK juga berdampak ke berbagai hal seperti kegiatan pertanian. Hal ini memaksa kita untuk mau tidak mau harus bisa dan selalu mendapatkan berbagai informasi. dimana tanpa informasi kita akan serba ketinggalan. kini sudah menggunakan waktu yang peralatan dan mesin. 2. kegiatan pengiriman berita sangat lambat. Mempermudah meluasnya berbagai informasi Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi kita. Namun sekarang kegiatan semacam ini sudah hampir punah. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan perindustrian dan telekomunikasi. terlebih lagi ketika berbagai media cetak dan elektronik berkembang pesat. 14 . Namun. Pada masa dahulu. Ini adalah contoh kecil efek positif perkembangan IPTEK di dalam membantu aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. tidak Sehingga terlalu aktifitas penanaman dapat lebih cepat di laksanakan tanpa memakan lama pula membutuhkan tenaga yang banyak.BAB IV Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Indonesia Secara umum. yang dulunya membajak sawah dengan menggunakan alat tradisional. hal ini di karenakan kegiatan tersebut masih di lakukan secara tradisional baik itu secara lisan maupun dengan menggunakan sepucuk surat. Memberikan berbagai kemudahan Perkembangan IPTEK mampu membantu manusia dalam beraktifitas. dampak positif dari perkembangan IPTEK antara lain : 1.

dan kita pun tidak perlu menunggu lama untuk mengirim atau menerima berita. Namun seiring dengan perkembangan iptek. Namun ternyata perkembangan tersebut tidak hanya berdampak terhadap pola berpikir anak. internet. Dimana tidak hanya orangorang tertentu yang mampu menggunakannya. perhotelan dll. dimana hanya orang-orang tertentu yang mampu membelinya apalagi menggunakannya. bahkan anak-anak di bawah umurpun dapat menggunakannya. juga berdampak terhadap pola berpikir orang dewasa dan orang tua. Bertambahnya pengetahuan dan wawasan Komputer dahulu termasuk jenis peralatan yang sangat canggih. Dampak negatif perkembangan IPTEK : 1. Terutama sekali dengan adanya berbagai perubahan pada berbagai peralatan elektronik. 3. mengakibatkan hilangnya budaya tradisional seperti kegiatan dalam perdagangan yang dulunya lebih di kenal sebagai pasar tradisional kini berubah menjadi pasar modern. Mempengaruhi pola berpikir Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang agresif dan penasaran serta suka dengan hal baru. dan handphone (Hp) sudah menjadi benda yang menjamur. Begitu juga terhadap 15 . peralatan elektronik seperti komputer. Terlebih lagi setiap harinya masyarakat kita di sajikan dengan berbagai siaran yang kurang bermanfaat dari berbagi media elektronik.dimana perkembangan IPTEK telah merubah segalanya. Hilangnya budaya tradisional Dengan berdirinya berbagai gedung mewah seperti mal. 2.

Salah satu contoh kecil yang lebih spesifik adalah beberapa tahun yang lalu sekitar di bawah tahun 2004. Mulaialah berdiri berbagai kegiatan industri. perkembangan IPTEK memberikan arti yang sangat positif. Akibatnya aktifitas tradisional lumpuh.pergaulan anak-anak dan remaja yang sekarang sudah mengarah kepada pergaulan bebas. Dan kita juga tidak mengetahui kapan istilah Negara berkembang tersebut berubah menjadi Negara maju. namun hingga akhir ini. 16 . Banyak menimbulkan berbagai kerusakan Indonesia di kenal sebagai Negara yang kaya akan sumber daya alamnya. yakni kota “Seribu Ruko” di mana dalam waktu yang singkat. Mal. Perhotelan. lebih di kenal sebagai kota “Seribu Hutan”. kota pekanbaru yang terletak di propinsi Riau. juga komunikasi di indonesia pun sudah berkembang. namun masih banyak yang kurang memahami dengan perkembangan IPTEK. kita harus bisa mengenal dan memahami berbagai perkembangan IPTEK. tanah longsor serta polusi terjadi di mana-mana. perkembangan pembangunan di kota ini amat sangat pesat. Secara jangka panjang. dan Gedung-gedung bertingkat serta perumahan berdiri di mana-mana. hutan gundul sehingga banyak menimbulkan berbagai macam bencana seperti banjir. namun dalam waktu yang relative singkat. 3. Dengan semakin berkembangannya ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Indonesia lebih di kenal sebagai Negara yang sedang berkembang dan terus berkembang entah sampai kapan. maka informasi. istilah seribu hutan kini telah berubah menjadi istilah yang lebih modern. Di era globalisasi pada masa sekarang ini.

Penyediaan Papan • Teknologi papan bersangkut paut dengan penyediaan lahan dan bidang perencanaan seperti city planning. b. polyester. pemupukan. woll dan lain-lain Perkembangan teknologi matrial polimer menghasilkan berbagai serat sintetis sebagai bahan sandang seperti rayon. tidak sedikit pula yang membawa dampak negative. pemberantasan hama dan penyakit. kota satelit. nilon. penelitian dan pengembangan di bidang pertanian terutama dalam peningkatan produktivitas melalui penerapan varitas unggul. pola tanaman dan pengairan. misalkan saja penggunaan pestisida dalam pemberantasan hama ternyata dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh manusia. c. dakron. di antaranya : a. Penyediaan Sandang • • Pada awalnya bahan sandang dihasilkan dari serat alam seperti kapas. tetoron dan sebagainya • • Kulit sintetik juga dapat juga dibuat dari polimer seperti termoplastik sebagai bahan sepatu. kawasan pemukiman dan 17 .namun di sisi lain. sutra. Sedangkan perkembangan IPTEK di Indonesia sangat bermanfaat untuk kemajuan hidup Indonesia. Penyediaan Pangan • Perkembangan IPTEK dalam bidang pangan dimungkinkan karena adanya pendidikan. Namun di sisi lain perkembangan tersebut berdampak fatal. tas dan lain-lain Teknologi pewarnaan berkembang penggunaan zat azo dan sebagainya.

Peningkatan Kesehatan • Perkembangan Imu Kedokteran seperti : ilmu badah dan lain-lain Penemuan alat-alat kedokteran seperti : stetoskup. perkembangan IPTEK juga memberikan dampak negatif. USG. Penyediaan Energi • Kebutuhan akan energi Sumber-sumber energi Sumber energi konvensional tak dapat diperbaharui Sumber energi pengganti yang tak habis pakai Konversi energi dari satu bentuk kebentuk yang lain. d. • • • • Selain memberi dampak positif. Hal yang perlu diperhatikan dalam 18 .sebagainya yang berkaitan dengan perkembangan penduduk • Awalnya bahan pokok untuk papan adalah kayu selanjutnya dikembangkan teknologi matrial untuk mengatasi kekurangan kayu • Untuk mengatasi kekurangan gedung baru. akan bahkan lahan tidak dikembangkan pembentukan teknologi pulau-pulau bertingkat. • • • • e. vaksin dan lain-lain Penemuan radio aktif untuk mendeteksi penyakit secara tepat seperti tumor dan lain-lain Penelitian tentang kuman-kuman penyakit dan lainlain. menutup kemungkinan pemukiman ruang angkasa. dan lain-lain Penemuan obat-obatan seperti anti biotik.

Teknologi yang akan diterapkan hendaknya betul-betul dapat mencegah timbulnya permasalahan di tempat itu. 19 .penerapan IPTEK untuk menekan dampaknya seminimal mungkin. 3. Menjaga keserasian dan keseimbangan dengan lingkungan setempat. 2. antara lain : 1. Memanfaatkan seoptimal mungkin segala sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.

BAB V Sikap / Reaksi Masyarakat Internasional terhadap Perkembangan Teknologi 20 .

KESIMPULAN Dengan memperhatikan perkembangan dan kemajuan zaman dengan sendirinya pemanfaatan dan penguasaan IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Undang-Undang No. merupakan penjabaran dari visi dan misi IPTEK sebagaimana termaksud dalam UUD 1945 Amandemen pasal 31 ayat 5. Visi dan misi IPTEK dirumuskan sebagai panduan untuk mengoptimalkan setiap sumber daya IPTEK yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. agar dapat dilaksanakan oleh pemerintah beserta seluruh rakyat dengan sebaik-baiknya. 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian. namun perkembangan IPTEK juga membawa dampak negatif. 21 . Perkembangan IPTEK membawa dampak positif yang sangat membantu kehidupan manusia. sehingga diperlukan pemikiran yang serius dan mantap dalam menghadapi permasalahan dalam penemuan-penemuan baru tersebut. Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang telah diberlakukan sejak 29 Juli 2002.

ac.wordpress.docstoc.com/2009/03/dampakdan-peranan-iptek-di-indonesia.blogspot.DAFTAR PUSTAKA • • http://makalah-artikel-online.gunadarma.html http://fandyaje.com/2010/05/20/perkembangan-iptekdi-indonesia/ • http://www.id/2010/01/perkembanganteknologi-bagi-kehidupan-manusia-perkembangan-teknologibagi-kehidupan-manusia/ • http://theotherofmyself.com/tag/perkembangan-iptekdi-indonesia/ • 22 .wordpress.com/docs/20428267/BAB-I-PENDAHULUAN11-Latar-Belakang-Perkembangan-teknologi • http://wartawarga.

Kurangnya keinginan dari pemerintah maupun perusahaan swasta yang ada di Indonesia untuk melakukan ahli teknologi Tidak adanya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat indonesia itu sendiri.ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia mulai berkembang dimana ditandai dangan adanya perguruan tinggi dan pusat-pusat penelitian seperti lembaga ilmu pengetahuan (LIPI) dan juga badan pengkajian dan penerapan teknologi (BPPT) 23 . Hal ini disebabkan karena : 1.LAMPIRAN Alasan Ketertinggalan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia tertinggal jauh dan sangat memprihatinkan dibanding Negara-negara Eropa dan Amerika Serikat bahkan pula di Negara-negara Asia misalnya Jepang dan China. Masih terbatasnya orang indonesia yang mendapat pendidikan barat terutama pendidikan tinggi. 2.