128

Lampiran

Lampiran 4 DESKRIPSI MATA KULIAH PROGRAM S1 PGSD 1. MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Mata kuliah ini membahas tentang wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi hankamnas, serta sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata). MKDU422X Pendidikan Agama a. MKDU4221 Pendidikan Agama Islam Mata kuliah Pendidikan Agama Islam membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Islam. b. MKDU4222 Pendidikan Agama Kristen Mata kuliah Pendidikan Agama Kristen membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Kristen. c. MKDU4223 Pendidikan Agama Katolik Mata kuliah Pendidikan Agama Katolik membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Katolik. d. MKDU4224 Pendidikan Agama Hindu Mata kuliah Pendidikan Agama Hindu membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Hindu. e. MKDU4225 Pendidikan Agama Budha Mata kuliah Pendidikan Agama Budha membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Budha.

2.

dan menulis dipaparkan dalam tingkat dasar dan lanjut. . mahasiswa S1 PGSD untuk mampu menguasai keterampilan berbahasa dan keterkaitan antar aspek keterampilan berbahasa. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah konsep dasar IPS. serta keterampilan berbahasa terpadu. meliputi keterampilan menyimak. Selain itu. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. termasuk konsep dasar IPS terpadu. mata kuliah ini juga membahas rancangan model-model pembelajaran IPS sesuai dengan tuntutan kurikulum dan perkembangan peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam pelaksanaan tugas sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat. aspek-aspek keterampilan berbahasa. Konsep Dasar IPS. ekonomi. baik tingkat dasar maupun tingkat lanjut. sosiologi. geografi. 4 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. Penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan yang diharapkan diukur melalui tes tertulis. 4. Keterampilan berbahasa ini. PDGK4102. inovatif dan menyenangkan. Untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa dituntut untuk mempraktekkan keterampilan berbahasa Indonesia sesuai dengan materi yang telah dipelajari. antropologi.Katalog Program Pendas 2011 129 3. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. Begitu juga keterampilan berbicara. mengembangkan dan menerapkan konsep dasar IPS dalam pembelajaran IPS di SD dengan menerapkan model-model pembelajaran yang kreatif. Mata kuliah ini menyajikan penjelasan tentang hakikat keterampilan berbahasa. mengerjakan latihan dan tes formatif yang disediakan. Untuk memperdalam materi mata kuliah diharapkan mahasiswa mengikuti tutorial tatap muka. ruang lingkup cakupan IPS. PDGK4101. membaca. mempelajari web-supplement. Untuk menguasai kemampuan tersebut. dan menggunakan multimedia. berupa pengertian dan manfaat keterampilan. mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai kemampuan memahami. mahasiswa dituntut mengkaji konsep-konsep yang disajikan dalam buku materi pokok. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini akan diuji melalui UAS dan tugas tutorial. keterkaitan antar aspek keterampilan berbahasa. politik dan pemerintahan dan psikologi sosial serta berkaitan antara bidang satu dengan bidang lainnya. serta diskusi dengan mahasiswa lain. yang meliputi konsep dasar sejarah. Sejarah perkembangan IPS.

prosedur pembelajaran. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dapat dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis secara objektif. mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan dan wawasan mengelola pembelajaran di SD. model pembelajaran. mahasiswa akan mengkaji materi yang berkaitan dengan pengetahuan tentang peserta didik dan pembelajaran di SD. Strategi Pembelajaran di SD. layanan pendidikan bagi siswa SD. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini akan diuji melalui UAS dan tugas tutorial. serta diharapkan dapat menghadapi siswa-siswi SD yang berbagai macam perilakunya. gelombang dan bunyi. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan landasan pendidikan SD. . kurikulum dan bahan belajar SD. 4 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. karakteristik pembelajaran di SD. 7. pengukuran. yang meliputi hakikat strategi pembelajaran. potret pembelajaran di SD. Untuk mencapai kemampuan tersebut. dan evaluasi program pembelajaran di SD. karakteristik pendidikan SD. mahasiswa akan mengkaji dan mengelola pembelajaran di SD. Perspektif Pendidikan SD. mahasiswa S1 PGSD untuk mampu menerapkan konsep dasar IPA dalam pembelajaran di SD. Materi mata kuliah ini berisi pokok bahasan berbagai aspek mengenai strategi pembelajaran. kriteria pemilihan media pembelajaran. Untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa diharapkan mengikuti tutorial tatap muka. 4 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. dan melakukan diskusi serta tanya jawab. kinematika dan dinamika. Untuk mencapai kemampuan tersebut. kompetensi bagi guru SD. karakteristik belajar siswa SD. kelistrikan dan kemagnetan.130 Lampiran 5. PDGK4105. sifat termal zat. PDGK4103. berlatih mengerjakan soal latihan formatif. mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran Perspektif Pendidikan SD yang ditekankan pada kesesuaian dan keperluan saat ini. 4 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. Mata kuliah ini menyajikan penjelasan tentang konsep dasar IPA dalam pembelajaran di SD meliputi makhluk hidup. menerapkan 6. perkembangan pendidikan di SD dari masa ke masa. Konsep Dasar IPA di SD. kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar. bumi dan alam semesta. PDGK4104.

PDGK4107. kegiatan remedial dan pengayaan. 10. listrik. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. dan melakukan diskusi dengan mahasiswa lain. mahasiswa dituntut mengkaji konsep-konsep yang disajikan dalam buku materi pokok. magnet. bumi. Mata kuliah ini menyajikan penjelasan tentang perkembangan kurikulum pendidikan IPS SD. serta menyimpulkan hasil percobaan. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini akan diuji melalui UAS. dan alam semesta. pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran IPS SD. esensi kurikulum IPS SD 1994 untuk kelas 3-6. disiplin kelas dan pembelajaran yang efektif. 9. kalor. 4 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. PDGK4106. Untuk menguasai kemampuan tersebut. mahasiswa S1 PGSD untuk mampu menganalisis secara menyeluruh tentang pendidikan IPS di SD. Selain mampu menerapkan konsep. mekanika. metode dan media serta pemanfaatan sumber belajar IPS kelas 3-6. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. optik. mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika dalam kehidupan sehari-hari. 8.Katalog Program Pendas 2011 131 keterampilan dasar mengajar. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini dinilai melalui penugasan dan tes tertulis (objektif). pengelolaan kelas. mahasiswa S1 PGSD untuk mampu menerapkan konsep-konsep dasar IPA melalui suatu kegiatan percobaan sehingga mahasiswa akan lebih memahami konsep dasar IPA dan terampil dalam mengajar di SD. serta evaluasi pembelajaran IPS SD. gelombang. hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya. PDGK4108. Topik-topik yang dibahas . Matematika. Praktikum IPA di SD. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini akan diuji melalui Tutorial Tatap Muka dengan mengadakan percobaan. menyajikan. mengamati dan mencatat hasil percobaan. mengerjakan latihan dan tes formatif yang disediakan. Pendidikan IPS di SD. mahasiswa juga dituntut untuk dapat merangkai alat praktikum. Mata kuliah ini menyajikan penjelasan tentang panduan praktikum IPA di SD meliputi praktikum makhluk hidup. isu dan masalah sosial budaya dalam pembelajaran IPS. makanan.

kekongruenan. Mata kuliah ini menyajikan penjelasan tentang hakikat bahasa. dan kesebangunan. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui tugas tutorial dan UAS. penyusunan. 12. hubungan konsep. menggunakan kosakata yang tepat.132 Lampiran dalam mata kuliah ini mencakup konsep-konsep logika matematika. persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. dan VI. ukuran letak data. keterkaitan PKn dengan IPS dan mata pelajaran lain di SD. pengumpulan. pemecahan masalah dalam matematika. nilai. drama anak-anak. penalaran dan sistem matematika. dan III SD. serta evaluasi dalam PKn di SD. mahasiswa S1 PGSD untuk mampu menerapkan konsep-konsep bahasa dan sastra Indonesia. V. PDGK4109. dan penyajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan bentuk diagramnya. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini akan diuji melalui UAS. pembelajaran PKn tematik di kelas I. mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang hakikat. karakteristik PKn sebagai pendidikan nilai dan moral. PDGK4201. konsep dan praktek demokrasi. dan norma dengan tuntutan perilaku warga negara. semangat kebangsaan dan cinta tanah air. fungsi. II. ukuran pemusatan data. keterampilan mengakses unsur-unsur bahasa dan karya sastra. persamaan dan pertidaksamaan linear. . dan ukuran penyebaran data. tujuan. Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. dan apresiasi karya sastra anak. Penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan yang diharapkan diukur melalui tes tertulis. 11. dan ruang lingkup PKn. serta pendidikan demokrasi. moral. relasi. konsep dan prinsip kepribadian nasional. melafalkan dan menulis lambang bahasa yang benar. aritmetika sosial. dan fungsi. Pembelajaran PKn di SD. hakikat sastra Indonesia. himpunan. permutasi. kombinasi. model pembelajaran PKn SD berbasis portofolio di kelas IV. Untuk memperdalam materi mata kuliah diharapkan mahasiswa mengikuti pembelajaran melalui multimedia. puisi anak-anak. konsep HAM dalam UUD 1945. menggunakan tata bahasa yang benar. dan peluang. serta terampil mengapresiasi berbagai jenis karya sastra. 4 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. cerita anak-anak. serta transformasi. pentingnya dan kemajuan penegakan hukum di Indonesia. Karakteristik warga Negara Indonesia dalam konteks Individu yang berbhineka tunggal ika. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi.

kesalahan konsep yang biasa ditemukan. Pendekatan dalam Pembelajaran IPA SD. serta menyelesaikan masalah yang berkaitan. mahasiswa dituntut mengkaji konsep-konsep yang disajikan dalam buku materi pokok. persen. dan perbandingan. PDGK4203. bilangan bulat. kesalahan konsep yang biasa ditemukan. 14. Telaah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Penjabarannya dalam Rancangan Pembelajaran IPA di Tingkat SD/MI dan Merancang Pembelajaran IPA. kesalahan konsep yang biasa ditemukan. mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai kemampuan menjelaskan materi dan menganalisis kesalahan konsep pada materi tersebut di atas. Pendidikan Matematika I. Pembelajaran IPA Terintegrasi. bilangan Romawi. serta pembelajarannya di SD. teori-teori belajar matematika dalam pembelajaran matematika di SD. . pecahan desimal. kesalahan konsep yang biasa ditemukan. dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran sains dengan menggunakan pendekatan. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi.Katalog Program Pendas 2011 133 13. Untuk menguasai kemampuan tersebut. kesalahan konsep yang biasa ditemukan. mengerjakan latihan dan tes formatif yang disediakan. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. melaksanakan. PDGK4202. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar IPA. Pembelajaran IPA di SD. pecahan. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan Teori Belajar dalam Pembelajaran. serta pembelajarannya di SD. Keterampilan Proses IPA di SD. modelmodel pembelajaran matematika di SD. mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan merancang. hakikat matematika. Metode dalam Pembelajaran IPA SD. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui Tugas Tutorial dan UAS. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran IPA. serta pembelajarannya di SD. hierarki pembelajaran matematika di SD. dan melakukan diskusi dengan mahasiswa lain. serta pembelajarannya di SD. bilangan cacah. metode dan alat bantu pembelajaran yang sesuai dengan materi dan indikator yang harus dicapai seperti yang tercantum pada kurikulum dengan memperhatikan perkembangan dan karakteristik siswa. serta pembelajarannya di SD. KPK dan FPB. Penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan yang diharapkan diukur melalui tes tertulis. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup hakikat anak didik dalam pembelajaran matematika di SD.

telaah kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia SD. mengerjakan latihan dan tes formatif yang disediakan. dan pengelolaan pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Topik-topik yang dibahas dalam mata . PDGK4205. berbantuan multimedia. 4 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. 16. menjelaskan hakikat dan model pembelajaran terpadu serta cara memilih dan mengembangkan topik-topik dari berbagai bidang studi menjadi rancangan pembelajaran terpadu yang siap dilaksanakan di kelas. hakikat pendekatan pembelajaran bahasa. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan hal-hal yang berkenaan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SD meliputi hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa. telaah buku teks mata pelajaran bahasa Indonesia. hakikat membacamenulis permulaan. PDGK4204. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. dan melakukan diskusi dengan mahasiswa lain. Untuk menguasai kemampuan tersebut. Untuk mencapai kemampuan tersebut. 2 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis (objektif) dan UAS. tanya jawab dan mempraktekkan pembelajaran terpadu di kelas. 17. PDGK4206. mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai kemampuan menjelaskan materi dan menganalisis kesalahan konsep pada materi tersebut di atas. mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dalam proses pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. mahasiswa juga diberi kesempatan untuk berlatih melaksanakan pembelajaran terpadu dalam bentuk simulasi (praktik). berlatih mengerjakan soal latihan formatif. mahasiswa akan mengkaji modelmodel terpadu pembelajaran di SD. Pendidikan Matematika II. mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mempraktekkan model-model pembelajaran terpadu di SD. mahasiswa dituntut mengkaji konsep-konsep yang disajikan dalam buku materi pokok. serta menyelesaikan masalah yang berkaitan. teori pemerolehan bahasa. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD.134 Lampiran 15. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan menjelaskan cara pengelolaan pembelajaran di SD. melakukan diskusi. Selain itu. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini dinilai melalui penugasan dan tes tertulis (objektif). Pembelajaran Terpadu di SD.

keterampilan. dan nilai yang bertalian dengan pengembangan proses pendidikan melalui aktivitas jasmani secara terpilih dari materi atletik. Melalui Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis (objektif). Pemantapan Kemampuan Mengajar. permainan sepak bola dan bola voli.UAS dan tes keterampilan. mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dalam pembelajaran Pendidikan Seni di SD. Pendidikan Jasmani dan Olahraga. PDGK4208. mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dan mempraktekkan keterampilan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga serta dapat menilai dan mengevaluasi. Aremetika. PDGK4209. sikap. PDGK4207. Simetri. seni tari. permainan tenis meja. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan tentang materi pendidikan seni musik. senam. apresiasi dan kreativitas seni. dan Pembelajaran serta kesalahan konsep yang sering terjadi dalam pembelajaran di kelas. mahasiswa akan mengkaji kaitan kegiatan dalam . model pembelajaran pendidikan jasmani. 19. keterampilan. mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan merancang dan melaksanakan pembelajaran berdasarkan landasan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk mencapai kemampuan tersebut. 4 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. bulu tangkis. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan mengkaji pengetahuan. UAS dan tes keterampilan. Penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan yang diharapkan diukur melalui tes tertulis. Pengolahan Data. 18. Mempunyai kemampuan pengetahuan. renang. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. pencak silat. 20. serta dapat merancang pembelajaran seni secara terpadu di SD bagi dirinya dan menerapkannya dalam pembelajaran di lapangan. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis (objektif). Pendidikan Seni di SD. 4 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. seni rupa yang harus dikuasai oleh guru SD dalam rangka mengembangkan potensi seni anak didiknya. Bangun Ruang. serta prinsip-prinsip evaluasi dalam proses dan hasil belajar pendidikan jasmani. Keliling dan Luas. Volume Bangun Ruang.Katalog Program Pendas 2011 135 kuliah ini mencakup Bangun Datar. Pengukuran.

pengukuran. 2 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. dan pemberian nilai serta tindak lanjut hasil penilaian. berlatih membuat rencana pembelajaran. kualitas alat ukur. dan Alat Penilaian Kemampuan Guru. 21. Pembelajaran Kelas Rangkap. jenis dan fungsi penilaian dalam pembelajaran. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan menjelaskan hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap. Evaluasi Pembelajaran di SD. pengembangan alat ukur tes dan nontes. tanya jawab dan mempraktekkan evaluasi pembelajaran di kelas. melakukan diskusi. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini dinilai melalui penugasan dan tes tertulis (objektif). praktik pelaksanaan pembelajaran. menjelaskan beberapa contoh penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap. berlatih mengerjakan soal latihan formatif. mahasiswa akan mengkaji pembelajaran kelas rangkap. serta berlatih memanfaatkan hasil penilaian untuk memperbaiki rencana dan pelaksanaan pembelajaran. melakukan diskusi. berlatih menilai sendiri rencana dan pelaksanaan pembelajaran. PDGK4301. menyusun Rancangan Pembelajaran Kelas Rangkap. Panduan mata kuliah ini menyajikan penjelasan tentang Konsep Dasar PKM. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini dinilai melalui penilaian pembimbingan PKM. dan penilaian laporan PKM. 22. PDGK4302. mahasiswa akan mengkaji penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan menjelaskan berbagai aspek evaluasi pembelajaran yang mencakup: konsep dasar tes dan nontes. mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengaplikasikan pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing. Penyelenggaraan PKM. tanya jawab dan mempraktekkan PKR di sekolah. Untuk mencapai kemampuan tersebut. menjelaskan beberapa keterampilan dasar mengajar serta strategi yang sesuai untuk Pembelajaran Kelas Rangkap. asesmen. serta dapat . ujian praktek mengajar. dan penilaian. 2 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. pengolahan dan interpretasi data hasil pengukuran. berlatih mengerjakan soal latihan formatif. Untuk mencapai kemampuan tersebut.136 Lampiran sistem pembelajaran serta rambu-rambu perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan.

mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mempersiapkan diri bersikap peka. family relationships. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. leisure activities. Untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa dituntut untuk mempraktekkan materi yang telah dipelajari. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini dinilai melalui penugasan dan tes tertulis (objektif). ruang dan waktu. mahasiswa berlatih berperan sebagai individu warga masyarakat yang kritis dan kreatif melalui berbagai simulasi dan pelibatan sosial dalam menangani masalah. teknologi. dan menggunakan multi media. distribusi. kehidupan beragama. PDGK4303. dan konsumsi barang dan jasa dalam konteks kebinekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global. mahasiswa S1 PGSD agar mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris sederhana dalam forum formal maupun tidak formal pada tingkat dasar. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa. jobs and routines. seni. transportation. PDGK4304. learning and schooling. telling time and telephone communication. Untuk mencapai kemampuan tersebut. . 23. 2 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. serta perkembangan masyarakat di era globalisasi.Katalog Program Pendas 2011 137 mempraktikkan Pembelajaran Kelas Rangkap dalam situasi nyata. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini akan diuji melalui UAS dan tugas tutorial. Untuk memperdalam materi mata kuliah diharapkan mahasiswa mengikuti tutorial tatap muka. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan tentang konsep dan prinsip mengenai kebudayaan. 24. clothing and fabrics. kontivitas dan perubahan. Mata kuliah ini menyajikan penjelasan tentang personal information and introductions. dan adaptif. dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis melalui ujian akhir semester (UAS).masalah sosial dalam kehidupan. produksi. kritis dan kreatif terhadap lingkungan sekitar guna memelihara dan memanfaatkan sumber daya alam serta mengembangkan kehidupan yang damai dan harmonis dalam kebinekaan. interaksi sosial serta kelangkaan. Perspektif Global. Selain tersebut di atas mahasiswa harus mengkaji fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan. food and money. Bahasa Inggris untuk Guru SD.

dan mengikuti ujian esai pada waktu tutorial tatap muka. 26. serta perencanaan dan pengembangan berbagai ragam karangan. sehingga siswa dapat mengenal dan menghargai masyarakat di sekitarnya. kalimat efektif. taman bacaan masyarakat dan kepemudaan. Untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa dituntut untuk berlatih tulis menulis sesuai dengan materi yang telah dipelajari. satuan dan program pendidikan masyarakat. PDGK4401. berlatih mengerjakan soal latihan formatif.138 Lampiran 25. PDGK4306. mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan dalam bidang kemasyarakatan dan mempunyai kontribusi aktif pada masyarakat di lingkungan serta dapat membawa pengalaman bersosialisasi dengan masyarakat untuk dijadikan strategi pembelajaran yang mendidik di kelas. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini dinilai melalui penugasan praktik dan tes tertulis (objektif). muatan life skills dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dan model-model pembelajaran sosial. Mata kuliah ini menyajikan tentang konsep menulis dan kaitannya dengan penalaran. Untuk memperdalam materi mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mengikuti tutorial tatap muka. PDGK4305. berbantuan multimedia. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. tanya jawab dan mempraktekkan kegiatan pada lingkungan masyarakat. mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran PKn di Sekolah Dasar yang ditekankan pada kesesuaian dan keperluan saat ini. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. pembelajaran multikultural. Untuk mencapai kemampuan tersebut. melakukan diskusi. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan menjelaskan berbagai bentuk pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dengan mempelajari materi tentang pemikiran tokoh pembelajaran berwawasan kemasyarakatan. program keaksaraan. mahasiswa akan mengkaji bidang kemasyarakatan. 2 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. 27. praktik program pendidikan masyarakat. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini akan diuji melalui UAS dan tugas tutorial. . mahasiswa S1 PGSD untuk mampu menerapkan kegiatan tulis menulis guna menunjang profesionalitas dan produktivitas kerja. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Keterampilan Menulis.

Untuk menguasai kemampuan tersebut. baik berupa analisis atau kajian konseptual maupun laporan penelitian serta mampu menyajikannya dalam berbagai kegiatan. Untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa dituntut untuk berlatih membuat karya ilmiah sesuai dengan materi yang telah dipelajari. 4 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai kemampuan menjelaskan aspek-aspek yang tercakup dalam pendidikan anak di SD. Penulisan Karya Ilmiah. mahasiswa S1 PGSD agar mampu menyusun berbagai bentuk karya ilmiah. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara. sehingga mampu mengelola. menulis karya ilmiah. membimbing dan mengasuh siswa SD. mahasiswa dituntut mengkaji konsep-konsep yang disajikan dalam buku materi pokok. teknik menulis dan kemampuan berpikir ilmiah. PDGK4402. dan presentasi lisan yang efektif. serta diharapkan dapat memenuhi tantangan di masa mendatang. mempelajari web-supplement. menulis karya ilmiah sesuai dengan target pembaca. mulai dari pengertian pendidikan anak di SD hingga penanganan dan pembimbingan anak di SD. serta diskusi dengan mahasiswa lain. Pendidikan Anak di SD. mahasiswa akan mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran PKn di Sekolah Dasar dengan menerapkan multimedia yang ditekankan pada kesesuaian dan keperluan saat ini. 28. 2 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini . Mata kuliah ini menyajikan penjelasan tentang hakikat dan karakteristik karya ilmiah. 29.Katalog Program Pendas 2011 139 serta diharapkan dapat memenuhi tantangan dan keadaan yang dinamis di masa mendatang. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis secara objektif. Untuk mencapai kemampuan tersebut. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini akan diuji melalui UAS dan tugas tutorial. mengerjakan latihan dan tes formatif yang disediakan. serta memfasilitasi guru SD untuk mampu mengajarkan PKn berlandaskan pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan. PDGK4403. Untuk memperdalam materi mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mengikuti tutorial tatap muka. persiapan penulisan karya ilmiah.

PDGK4404. mempelajari websupplement dalam bentuk CD. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan paradigma baru dalam pendidikan IPS serta menyajikan model-model pembelajaran dalam pendidikan IPS. Untuk mencapai kemampuan tersebut. PDGK4405. Penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan yang diharapkan diukur melalui tes tertulis. perubahan dan konflik sosial. Konvensi Hak Anak. Implikasi Hak Anak di Sekolah Dasar. Pengembangan dan Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar. Perkembangan Siswa SD. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Untuk menguasai kemampuan tersebut. mengerjakan latihan dan tes formatif yang disediakan. 31. dan melakukan diskusi dengan mahasiswa lain. mahasiswa Program SI PGSD untuk menguasai kemampuan yang memadai tentang karakteristik dan kebutuhan pendidikan anak luar biasa. sehingga mampu memberikan layanan pendidikan bagi anak luar biasa yang berada di SD biasa. 30. 3 Sks Mata kuliah ini memfasilitasi. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. Konvensi Hak Anak dan Pendidikan. mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran IPS di Sekolah Dasar yang ditekankan pada kesesuaian dan keperluan saat ini. Teori Belajar dan Implikasinya dalam Pembelajaran. serta Prosedur Pengelolaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. dan meliputi paradigma baru pendidikan IPS. mahasiswa dituntut mengkaji konsepkonsep yang disajikan dalam buku materi pokok. . Pendekatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. serta diharapkan dapat memenuhi tantangan dan keadaan yang dinamis di masa mendatang. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Hakikat Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan yang diharapkan diukur melalui tes tertulis.140 Lampiran mencakup: Hakikat Pendidikan Sekolah Dasar. Kebutuhan Anak SD. mahasiswa akan mengkaji materi dan model-model pembelajaran dalam pendidikan IPS yang sesuai dengan karakteristik anak usia sekolah dasar. Perkembangan Moral dan Sosial pada Anak Usia Sekolah Dasar. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup hakikat keluarbiasaan karakteristik dan pelayanan anak luar biasa. karakteristik dan kebutuhan pendidikan anal luar biasa dari berbagai jenis keluarbiasaan serta pelayanan anak luar biasa di SD biasa.

materi dan metode pembelajaran tentang bilangan. sistem koordinat. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup model pembelajaran matematika yang sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Pembelajaran Matematika SD. kekuasaan. Topiktopik yang dibahas dalam Panduan TAP terdiri atas Konsep TAP. trigonometri. Untuk mencapai kemampuan tersebut. dan desentralisasi pendidikan. dan melakukan diskusi dengan mahasiswa lain. PDGK4500. bangun ruang dan unsur-unsurnya. mahasiswa dituntut mengkaji konsep-konsep yang disajikan dalam buku materi pokok. yang mencakup pengertian. dan kebudayaan. 4 sks Tugas Akhir Program memfasilitasi mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai kemampuan berpikir komprehensif dan tingkat tinggi atas teori dan praktik yang telah diikuti selama menempuh Program S1 PGSD. Tugas Akhir Program (TAP). aplikasi materi-materi tersebut dalam matematika atau kehidupan sehari-hari. kelompok. dan bentuk TAP serta cara penyelesaian . technology. perubahan. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis secara objektif. serta model interaktif dan sumber pembelajaran dalam pendidikan IPS. waktu. produksi. pemerintahan. konsumsi. luas dan volume bangun ruang. mahasiswa dituntut untuk berlatih mengasah kepekaan terhadap masalah-masalah pembelajaran yang terjadi di kelas dan menyelesaikannya dengan berlandaskan pada teori dan konsep ilmiah. individu. pendekatan science.Katalog Program Pendas 2011 141 manusia dan lingkungan. PDGK4406. Untuk menguasai kemampuan tersebut. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. dan society dalam pembelajaran IPS. serta mampu mengembangkan dini sebagai guru matematika yang profesional di Sekolah Dasar. Media dan Bahan Manipulatif dalam pembelajaran Matematika SD. mengerjakan latihan dan tes formatif yang disediakan. materi. 32. dan kelembagaan. Penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan yang diharapkan diukur melalui tes tertulis. dan ekonomi kerakyatan. distribusi. Bimbingan tatap muka dan online disediakan untuk membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri mengikuti TAP. 33. mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengenal dan mengetahui kecenderungan dan ragam model pembelajaran matematika masa kini. bilangan berpangkat dan logaritma.

Penguasaan mahasiswa kemampuan tersebut diukur melalui ujian praktik perbaikan pembelajaran dan pembuatan laporan akhir perbaikan pembelajaran. berlatih menemukan dan menganalisis masalah serta merancang tindakan perbaikan pembelajaran melalui penyusunan rencana perbaikan pembelajaran. PDGK4501. Untuk menguasai kemampuan tersebut. rambu-rambu perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta PTK. yang mencakup Penyelenggaraan PKP dan Pihak yang Terlibat. serta tugas pengelola (UPBJJ). . Kaitan PKP dengan PKM. menilai sendiri atau menggali masukan dari pihak lain tentang rencana dan pelaksanaan perbaikan pembelajaran untuk siklus perbaikan pembelajaran berikutnya. mahasiswa dituntut mengkaji konsep pembelajaran sebagai sistem. cara pendaftaran TAP. pembimbingan TAP. dan Penyelenggaraan TAP yang meliputi persyaratan peserta TAP. 4 sks Pemantapan Kemampuan Profesional memfasilitasi mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai kemampuan melakukan unjuk kerja pemecahan masalah pembelajaran lima bidang studi dengan menerapkan kaidah-kaidah PTK dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. kriteria dan tugas tutor. 34. Tujuan dan Manfaat PKP. Sistem Penilaian PKP. Penilaian. PDGK4502. dan pelaksanaan TAP. Prosedur Penyelenggaraan PKP.142 Lampiran yang berisi definisi kasus serta contoh-contoh soal dan cara menganalisis kasus. praktik perbaikan pembelajaran. Penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan yang diharapkan diukur melalui penilaian selama proses pembimbingan dan tes uraian dalam bentuk pemecahan masalah. 4 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. Prosedur Latihan. Pengalaman Belajar. Topik-topik yang disajikan dalam Panduan PKP terdiri dari: (1) Konsep PKP mencakup pengertian PKP. serta Materi PKP. 35. baik di tingkat regional maupun nasional. dan Alur Pengelolaan PKP. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai pengetahuan yang komprehensif tentang kurikulum dan pembelajaran serta kemampuan berperan serta dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. serta (2) Penyelenggaraan PKP. serta membuat laporan perbaikan pembelajaran. Pemantapan Kemampuan Profesional.

3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. Model-model Pembelajaran IPA. Prosedur Pengembangan Kurikulum. mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran IPA di Sekolah Dasar yang ditekankan pada kesesuaian dan keperluan saat ini. PDGK4503. Pendidikan Kehidupan Keluarga. Landasan dan Pendekatan Pengembangan Kurikulum. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. serta diharapkan dapat memenuhi tantangan dan keadaan yang dinamis di masa mendatang. 36. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis secara objektif. mahasiswa juga dituntut berlatih mengembangkan kurikulum pada tingkat mikro. Klasifikasi dan Adaptasi Makhluk Hidup. Sains dan Teknologi. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan yang meliputi: Bekerja Ilmiah. Kurikulum Berbasis Kompetensi. serta model kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat pada abad ke-21. Praxis Pengembangan Kurikulum SD di Indonesia. dan Pemanfaatan Limbah. Pemberdayaan Sumber Daya. Penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan yang diharapkan diukur melalui tes tertulis. Makanan Sehat. Produk Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. serta Kegiatan Ekstrakurikuler. Di samping itu. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Untuk mencapai kemampuan tersebut. Perumusan Tujuan Pembelajaran Khusus. Pengembangan Rencana Pembelajaran. serta diharapkan dapat memenuhi tantangan dan keadaan yang dinamis di masa mendatang. mahasiswa dituntut mengkaji beberapa kurikulum SD. PDGK4504. Perancangan Kegiatan Pembelajaran. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup: Hakikat Kurikulum. mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar yang ditekankan pada kesesuaian dan keperluan saat ini. di kelas sendiri. mahasiswa akan mengkaji materi pembelajaran IPA dan menerapkannya di sekolah dasar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Energi & Manfaatnya Bagi Manusia. baik yang pernah berlaku di Indonesia maupun di negara lain. Untuk mencapai kemampuan .Katalog Program Pendas 2011 143 Untuk menguasai pengetahuan dan kemampuan tersebut. Prospek Pengembangan Kurikulum untuk Abad ke-21. Profil Kurikulum Sekolah Dasar. 37.

PDGK4505. mahasiswa dituntut mengkaji berbagai konsep yang disajikan dan mengerjakan tugas yang disediakan dalam buku materi pokok. 3 sks Mata kuliah ini memfasilitasi. Ruang Lingkup Pembaharuan dalam Bidang Pendidikan. telaah buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia SD. mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai kemampuan menganalisis berbagai pembaharuan (inovasi) pembelajaran dan penyebarannya (aplikasinya) dalam berbagai situasi pembelajaran. dan pengelolaan pembelajaran bahasa Indonesia di SD. berbagai cara penarikan sampel. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis secara objektif. hakikat membaca-menulis permulaan. serta Aplikasi Pembelajaran Terpadu dan Kelas Rangkap. proses dan berbagai aspek pengumpulan data. dan pengembangan instrumen penelitian. Pembelajaran Berbasis Budaya. Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD. 39. dan analisis data. Pendidikan dalam Perspektif Globalisasi dan Desentralisasi. Penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan yang diharapkan diukur melalui tes tertulis. IDIK4007. 38. pentingnya kaitan antara masalah penelitian. hakikat pendekatan pembelajaran bahasa. dan kaidah serta strategi penulisan laporan penelitian dan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas penelitian beserta manfaatnya. telaah kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia SD. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa. . Metode Penelitian. hipotesis. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup: Pengertian Pembaharuan Pendidikan. 2 sks Mata kuliah ini membahas tentang berbagai landasan dan prosedur penyusunan proposal. teori pemerolehan bahasa. Pembelajaran Berwawasan Demokrasi dan Hak Asasi Manusia. tujuan penelitian.144 Lampiran tersebut. baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan maupun pengambilan keputusan. serta memanfaatkan Internet sebagai sumber belajar lain. Untuk menguasai kemampuan tersebut. desain penelitian. mahasiswa akan mengkaji materi dan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

. dan sikap) anak usia Sekolah Dasar. pendidikan dan pembangunan nasional. Perkembangan Peserta Didik. sejarah pendidikan di Indonesia. landasan pendidikan. sosial. bakat khusus. 3 sks Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan dasar komputer dan aplikasinya. Penelitian Tindakan Kelas. Komputer dan Media Pembelajaran. IDIK4012. dan perbedaan individual (fisik. media berbasis komputer. lingkungan pendidikan. bahasa. Pengantar Pendidikan. media OHP. 2 sks Mata kuliah ini membekali pemahaman mahasiswa yang terfokus pada konsep manajemen mutu dan produktivitas SD yang mencakup perencanaan. moral. serta inovasi pendidikan. MKDK4002. media audio-video. Sekolah Menengah. 42. serta penulisan laporan penelitian tindakan kelas. 3 sks Mata kuliah ini membahas tentang hakikat manusia dan pendidikan. dan pengawasan dalam rangka terwujudnya sekolah yang berkemampuan unggul dengan pendekatan model manajemen berbasis sekolah. pengorganisasian. intelek. anak usia Sekolah Menengah dan orang dewasa. 43. analisis hasil penelitian tindakan kelas. Manajemen Berbasis Sekolah. macam-macam aliran pendidikan sejak zaman klasik. langkah-langkah penelitian tindakan kelas. serta peranan. sistem pendidikan nasional. perancangan. nilai. emosi. 2 sks Mata kuliah ini membahas hakikat pertumbuhan dan perkembangan. perencanaan penelitian. kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik (SD. 44. dan pemanfaatan beberapa jenis media dalam pembelajaran yang terdiri atas media cetak. aliran pokok pendidikan di Indonesia. dan lingkungan sebagai pusat sumber belajar. karakteristik. IDIK4010. IDIK4008.Katalog Program Pendas 2011 145 40. serta implikasi kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik dalam penyelenggaraan pendidikan. pelaksanaan perbaikan dalam pembelajaran. dan orang dewasa). MKDK4001. media display. 2 sks Mata kuliah ini terdiri atas pokok bahasan hakikat penelitian tindakan kelas. 41.

memberikan gagasan dasar statistik yang banyak digunakan dalam praktik dan penelitian di bidang pendidikan matematika serta kehidupan sehari-hari. Penduduk. Melalui mata kuliah ini diharapkan pembaca. Topik-topik tersebut meliputi peran guru dalam administrasi pendidikan. Karenanya mata kuliah membahas tentang Perkembangan dan Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup. penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram. Manusia. Etika Lingkungan. . 2 sks Mata kuliah ini membahas topik-topik yang berkaitan dengan pembentukan wawasan kependidikan bagi seorang pengajar. Manusia dan Lahan. MKDK4005. kode etik keguruan. PEMA4210. 2 sks Mata kuliah ini berisi pokok bahasan yang berkaitan dengan konsep demokrasi dan HAM Indonesia. dan Kerusakan Lingkungan. Profesi Keguruan. ukuran lokasi dan dispersi. Energi dan Sumber Daya Alam. Manusia dan Air. Statistika Pendidikan. pertanggungjawaban terhadap hidup berkelanjutan dan kelestarian alam serta permasalahan Indonesia dalam interaksinya dengan lingkungan regional dan global. 47. serta Permasalahan Lingkungan Global. masalah kerusakan lingkungan akibat perilaku manusia. PKNI4317. ukuran pemusatan. PEBI4223. serta organisasi profesional keguruan. Manusia dan Udara. Kemampuan mahasiswa terhadap mata kuliah ini dievaluasi melalui UAS dalam bentuk tes tertulis. 46. 3 sks Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan saling ketergantungan dalam kehidupan di alam. Sumber Daya Alam. penyikapan tugas dan refleksi profesional. serta pembinaan generasi muda. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menerapkan konsep-konsep statistik dalam penelitian di bidang pendidikan matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. 3 sks Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan dasar statistik.146 Lampiran 45. 48. EkoEfisiensi. Hak Asasi Manusia. khususnya mahasiswa UT mempunyai kemampuan untuk menjelaskan konsep dan pelaksanaan HAM serta pembinaan generasi muda. Pendidikan Lingkungan Hidup.