Resensi buku : Judul buku : Konsep Agama (Islam) Menanggulangi NAZA (Narkotika, Alkohol, dan Zat Adiktif) Penulis

Penerbit Cetakan : Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater : Dhana BHakti Prima Yasa : 2004

Tebal buku : 157 halaman Jenis buku Deskripsi Dari : Non-fiksi : sudut pandang ilmu kedokteran jiwa atau kesehatan jiwa,

penyalahgunaan NAZA ini merupakan gangguang mental dan perilaku, karena pada umumnya yang bersngkutan tidak mampu mengendalikan diri untuk tidak mengkonsumsi NAZA. Oleh karena itu, untuk menanggulangi masalah tersebut, maka akar permasalahannya yaitu; gangguan mental dan perilaku harus diubah, menjadi pola hidup sehat, bermoral, beretika serta beriman. Penyalahgunaan NAZA dari tahun ketahun semakin bertambah.

Penyalahgunaan NAZA merupakan penyakit kronis yang berulang kali kambuh (chronic relapsing disease) merupakan proses gangguan mental adiktif. Falsafat yang mendasari metode ³Prof. Dadang Hawari´ adalah: berobat dan bertobat. NAZA merupakan barang haram, oleh karena itu dianjurkan bagi para penyalahguna NAZA untuk segera berobat dan bertobat sebelum ditangkap. Indonesia merupakan ³pasar bebas NAZA´. Sejak tahun 1969 hingga kini (2001) peredaran NAZA dan jumlah konsumennya semakin bertambah. NAZA adalah zat atau bahan yang bersifat adiktif, artinya zat atau bahan yang menimbulkan ketagihan (addiction) dan pada gilirannya menimbulkan ketergantungan (dependence). Terdapat berbagai macam komplikasi medic yang ditimbulkan akibat pemakaian NAZA antara lain : terdapat

libido. Menurut Agama Islam NAZA atau khamr itu haram hukumnya. endokrin. bahwa NAZA haram hukumnya. yaitu: proses menghilagkan rasa ketergantungan pada racun (toksin) dari tubuh seseorang. janin. serta infeksi virus. pencernaan. Konsep Islam dalam pencegahan NAZA ini adalah. pancreas. Alcohol juga merupakan salah satunya . berpegang teguh ³tali´ Allah yaitu. Terlihat jelas bahwa NAZA lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya. menggunakan alcohol yang berlebihan hingga menimbulkan ketagihan juga menjadikan gangguan mental dan perilaku. gangguan nutrisi. otot. paru. . gangguan metabolism. lever.pada organ otak. Bagi para pecandu yang ingin berobatdapat ditempuh dengan cara terapi.

y Kelebihan buku : Dalam buku ini dapat menjawab pertanyaan masyarakat yaitu: ³Bagaimana cara pencegahan NAZA menurut agama ()Islam´. . Padahal buku tersebut sangat penting manfaatnya bagi kita. y Kelemahan buku : Gambar pada sampul/cover yang kurang menarik menjadikan turunnya minat pembaca untuk membaca buku tersebut. Buku ini juga menyajikan berbagai hadist yang menganjurkan kaum muslim tepatnya untuk tidak mengkonsumsi NAZA.

F Konsep Agama (Islam) Menanggulangi NAZA (Narkotika Alkohol Dan Adiktif) .SMP N 1 LIMPUNG Oleh : Fatikha Hanim Islahia IX.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful