BAB II GAMBARAN UMUM PT.

TELKOM INDONESIA, Tbk

2.1 Sejarah Berdirinya Perusahaan PT. TELKOM, Tbk adalah Suatu Badan Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa Telekomunikasi. PT TELKOM menyediakan sarana dan jasa layanan Telekomunikasi dan informasi kepada masyarakat luas sampai kepelosok daerah di seluruh Indonesia. Sejarah PT. TELKOM di Indonesia pertama kali berawal dari sebuah badan usaha swasta penyediaan layanan pos dan telegrap yang didirikan kolonial Belanda pada tahun 1882. Pada tahun 1905 pemerintah kolonial Belanda mendirikan perusahaan Telekomunikasi sebanyak tiga puluh delapan perusahaan. Kemudian Pada tahun 1906 pemerintah Hindia Belanda membentuk suatu jawatan Pos, Telegrap dan Telepon (Post, Telegraph en Telephone Dienst/ PTT). Pada tahun 1961 status jawatan diubah menjadi perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965 pemerintah memisahkannya menjadi perusahan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro) dan perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi). Pada tahun 1974 Perusahaan Negara Telekomunikasi disesuaikan menjadi perusahaan Umum Telekomunikasi (PERUMTEL) yang menyelenggarakan jasa Telekomunikasi Nasional dan Internasional. Pada tahun 1980 Indonesia mendirikan suatu badan usaha untuk jasa Telekomunikasi Internasional yang bernama PT. Indonesian Satelite Corporation (INDOSAT) yang terpisah dari PERUMTEL. Pada tahun 1989 pemerintah Indonesia mengeluarkan UU No.3/ 1989 mengenai Telekomunikasi, yang isinya tentang peran swasta dalam penyelenggaraan Telekomunikasi. Pada tahun

Universitas Sumatera Utara

1991 PERUMTEL berubah bentuk menjadi perusahaan perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan PP No.25/ 1991 sampai sekarang. Perubahan di lingkungan PT. TELKOM Indonesia, Tbk terus berlanjut mulai dari perusahan jawatan sampai perusahaan public. Perubahan-perubahan besar terjadi pada tahun 1995 meliputi (1) Restrukturisasi Internal; (2) Kerjasama Internal; (3) Intial Publik Offering (IPO). Jenis usaha PT. TELKOM Indonesia, Tbk adalah penyelenggara jasa Telekomunikasi dalam negeri dan bidang usaha terkait seperti jasa sistem Telepon Bergerak (STBS) sirkuit pelanggan, teleks, penyewaan transpoder satelit, VSAT (Verry Small Apenture Terminal) dan jasa nilai tambah tertentu. Pada tanggal 1 Juli 1995 organisasi PT. TELKOM Indonesia, Tbk berhasil menrekstruktur jenis jasa Telekomunikasi menjadi tujuh divisi regional dan satu divisi network yang keduanya mengelola bidang usaha utama. Divisi regional sebagai pengganti struktur WITEL yang memiliki daerah teritorial tertentu, namun hanya menyelenggarakan jasa telepon lokal dan mendapat bagian dari jasa SLJJ dan SLI. Divisi network menyelenggarakan jasa Telekomunikasi jarak jauh. Unit-unit bisnis PT. TELKOM Indonesia, Tbk terdiri dari Divisi, Centre, Yayasan dan Anak Perusahaan. Adapun divisi yang tersedia di PT. TELKOM yaitu: 1. Divisi Long Distance 2. Carrier dan Interconnection Service 3. Divisi Multimedia 4. Divisi Fixed Wireless Network 5. Enterprise Service 6. Divisi Regional I – Sumatera 7. Divisi Regional II – Jakarta 8. Divisi Regional III – Jawa Barat

Universitas Sumatera Utara

9. Training Centre 15. Divisi Regional V. Maintenance Service Centre 14. Community Development Centre (CDC) Adapun yayasan yang dimiliki PT. Carrier Development Support Centre 16. Yayasan Kesehatan 4. I/ S Centre 19. Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) : Telekomunikasi (Seluler GSM) (baru) 2. Management Consulting Centre 17. R and D Centre 20. 3. Divisi Regional VI . PT. Yayasan Sandhykara Putra TELKOM (YSPT) Adapun anak perusahaan yang dimiliki PT. Dana Pensiun (Dapentel) 2. TELKOM Indonesia.Jawa Timur 11. PT. Divisi Regional IV – Jawa Tengah dan Yogyakarta 10. Dayamitra Telekomunikasi (Dayamitra) : Telekomunikasi (KSO-VI Kalimantan) 3. Construction Centre 18. PT. TELKOM yaitu: Kepemilikan > 50% 1. Divisi Regional VII – Kawasan Timur Indonesia 13. Yayasan Pendidikan PT.Kalimantan 12. Infomedia Nusantara (Infomedia) : Layanan Informasi (baru) Universitas Sumatera Utara . Tbk. TELKOM yaitu : 1.

Tbk membentuk kerja sama dengan para investor dan operator kelas dunia yang disebut dengan Pola Kerja Sama Operasi (KSO). Patra Komunikasi Indonesia (Patrakom) : Layanan VSAT 2. TELKOM Indonesia. Cita Sari Makmur (CSM) : VSAT dan layanan Telekomunikasi lainnya 3. Pembangunan Telekomunikasi Indonesia (Bangtelindo) : Pengelolaan Jaringan dan Peralatan Telekomunikasi Divisi Multimedia dan Divisi Pembangunan ditetapkan 31 Dsember 1996 berdasarkan keputusan direksi PT. PT. PT. PT. PT. pay special TV 7.50% 1. Multimedia Nusantara (Metra) : Multimedia. Universitas Sumatera Utara . Tbk. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) : Transponder Satelit dan Komunikasi Kepemilikan < 20% 1. Pramindo Ikat Nusantara (Pramindo) : Telekomunikasi Telepon Tetap (KSO-I Sumatera) 6. PT.4. Napsindo Primatel International (Napsindo) : Network Access Point 8. PT. Graha Sarana Duta (GSD) : Properti. AriWest International (AriaWest) : Telekomunikasi Telepon Tetap (KSO-III Jawa Barat dan Banten) 5. PT. Mandara Seluler Indonesia (MSI) : Layanan NMT – Seluler dan CDMA 2. Konstruksi dan Jasa (baru) Kepemilikan 20% . PT. PT. Seiring dengan diberlakukannya pasar bebas maka PT. PT. PT. PT. TELKOM Indonesia. Batam Bintan Telekomunikasi (Babintel) Telepon Tetap di Batam dan Pulau Bintan 3. Indonusa Telemedia (Indonusa) : TV Cable (baru) 9.

TELKOM Indonesia. TELKOM yaitu: 1.2. 2. dengan harga kompetitif. 3. Meningkatkan kemampuan berkompetensi dalam era pasar bebas. berupa kemudahan. maksudya adalah: PT. 2. Mempercepat pembangunan Telekomunikasi untuk kurun waktu IV. Tbk mempunyai misi memberikan layanan “ One Stop InfoCom” dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik. Tbk akan mengelola bisnis melalui Universitas Sumatera Utara . TELKOM 2. TELKOM Indonesia. To be dominant infoCom player in the region and having strong brand equit artinya menjadi penyedia layanan infocom yang paling dominant di Sumatera dan menjadi atau penyampai brand di bidang jasa Telekomunikasi.1 Visi PT. TELKOM Adapun Visi PT.2. 2. Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.Tujuan dibentuknya KSO adalah : 1. “ To become a leading InfoCom player in the region”. PT. Memperoleh ahli teknologi kelas dunia yang bergabung dalam mitra KSO. Tbk berusaha untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara. 2. produk dan jaringan berkualitas.2 Misi TELKOM PT.2 VISI DAN MISI PT. karena pendanaan disediakan oleh mitra KSO. TELKOM Indonesia.

Tbk 1. Tbk Gambar 1. Tbk memberikan layanan yang terbaik dengan mengoptimalkan SDM yang unggul melalui manajemen modern (TQM) dan melakukan setiap kegiatan dengan teknologi yang bersifat komputerisasi.praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul. Dari misi diatas maka dapat dinyatakan bahwa : 1. serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis. PT. Logo PT. Melakukan kerjasama dengan Share Holder (pemegang saham) yang saling menguntungkan secara Win-win solution melalui Business partner yang sinergi. Bentuk bulatan dari logo melambangkan : keutuhan wawasan nusantara. TELKOM Indonesia. 2. ruang gerak TELKOM secara nasional dan internasional Universitas Sumatera Utara . penggunaan teknologi yang kompetitif. TELKOM Indonesia. TELKOM Indonesia. Tbk Penjelasan Mengenai Logo PT. Logo PT. 3. TELKOM Indonesia.TELKOM Indonesia. Tbk berupaya memberikan pelayanan One Stop InfoCom yang berkualitas tinggi dengan menetapkan system management modern yang dominan pada kepuasan para pelanggan dengan harga yang kompetitif.

Universitas Sumatera Utara . 5. TELKOM Indonesia. 3. TELKOM yang mantap. 4. menggambarkan kedudukan perusahaan. modern. Kami selalu fokus pada pelanggan Kami selalu memberikan pelayanan yang prima dan mutu produk yang tinggi serta harga yang komperatif 3. Kredo Penjelasan Mengenai Kredo PT. Warna biru tua dan biru muda bergradasi melambangkan tekhnologi Telekomunikasi ingin atau canggih yang terus berkembang dalam suasana masa depan yang gemilang. Kami selalu melaksanakan segala sesuatu melalui cara-cara yang terbaik (Best Practices) Kami selalu menghargai karyawan yang proaktif dan inovatif.2. Tbk 1. Tbk Gambar 2. Kami selalu berusaha menjadi yang terbaik. 4. 2. 5. Garis-garis tebal dan tipis yang mengesankan gerak pertemuan yang beraturan menggambarkan sifat komunikasi dan kerja sama yang selaras secara berkesinambungan dan dinamis. TELKOM sebagai pandu bendera Telekomunikasi Indonesia (Indonesia Telecomunication Flag Carrier) Kredo PT. dalam peningkatan produktivitas dan kontrobusi kerja. luwes dan sederhana. TELKOM Indonesia. Tulisan INDONESIA dengan huruf future Bold Italic.

gesit dan efektif dalam menghadapi tantangan alam. pekerja keras mempunyai kesisteman berupa pembagian peran operasional dan fungsional menghasilkan yang terbaik berupa madu yang bermanfaat bagi berbagai pihak. maka perlu dibentuk struktur organisasi dengan tujuan agar dapat terlaksananya tugas dengan lancar dan baik. berproduksi. Lebah berpandangan jauh ke depan dengan merancang bangun sarang yang kuat dan efisien. TELKOM Indonesia. berkembang biak dan menyiapkan persediaan makanan bagi kelangsungan hidup koloninya. Maskot PT. Lebah memiliki potensi diri yang baik berupa tubuh yang sehat. Tbk. Struktur organisasi juga merupakan gambaran susunan perwujudan oleh tetap hubungan-hubungan.3 Struktur Organisasi PT.Adapun nama maskot PT. TELKOM KANDATEL Medan Untuk kelancaran dan keberhasilan suatu perusahaan. maka akan menyerang bersama bila diganggu. Maskot Be Bee 2. TELKOM Indonesia adalah maskot Be bee yang berasal dari filosofi yang dinilai dari sifat dan perilaku. fungsi-fungsi. Tbk Gambar 3. Di habitatnya lebih mempunyai dengung sebagai tanda keberadaannya dan loyal terhadap kelompok berupa perlindungan bagi koloninya. Lebah berwarna biru merupakan penggambara insane PT. TELKOM Indonesia. ligat dan kuat sehingga bias bergerak cepat. bagian- Universitas Sumatera Utara . Adapun filosofi maskot Be bee adalah: Lebah tergolong makhluk sosial yang senang bekerja sama.

Adapun struktur organisasi PT. TELKOM KANDATEL Medan berbentuk garis dan staff yakni terdapatnya garis komando dan garis koordinasi yang berbentuk matriks.4. Di bawah ini dikemukakan beberapa pengertian tentang komunikasi. komunikasi adalah penyampaian warta yang mengandung bermacam-macam keterangan dari seseorang kepada orang lain. Adapun bentuk organisasi PT.4 PENGERTIAN KOMUNIKASI DAN PRESTASI 2. Di dalam komunikasi itu sekaligus tercakup penyalinan secara cermat gagasan-gagasan dari seseorang kepada orang lain sehingga akan tercapai pengertian yang ditetapkan atau menimbulkan tindakan-tindakan yang diharapkan. Menurut Purwanto (2003: 3) Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi antara individu melalui sistem yang biasa (lazim) baik dengan simbol-simbol. Dan terdapat juga garis putusputus yang menunjukkan garis koordinasi yang berarti diberikannya wewenang untuk mengadakan perubahan-perubahan terhadap kebijakan yang ada pada bagian-bagian/ perangkat organisasi. Komunikasi merupakan masalah yang sangat penting di dalam kehidupan masyarakat primitif.bagian dan posisi-posisi maupun yang memisahkan kedudukan dan wewenang dan tanggung jawab bagi tiap-tiap karyawan dalam organisasi. Maka lahirlah sejumlah besar tentang rumusan komunikasi yang terkadang berbeda. banyak ahli-ahli sosiologi dari ilmu-ilmu sosial lainnya yang telah menyumbangkan pemikirannya mengenai gejala komunikasi tersebut. yaitu : 1.1 Pengertian Komunikasi Dalam pengertian yang umum. yang sedang berkembang maupun masyarakat yang modern. sinyalsinyal maupun perilaku ataupun tindakan-tindakan. Universitas Sumatera Utara . Oleh karena itu. akan tetapi hampir sama maksud dan tujuannya. TELKOM KANDATEL Medan adalah: 2.

Ucapan. Saluran Universitas Sumatera Utara . suara. Menurut Machfoedz.2. terjadi selama komunikasi berlangsung. Pesan Pertukaran pesan. 3. ide ataupun gagasan antara dua orang atau lebih dengan maksud memberikan saling pengertian. biasanya dengan maksud untuk memotivasi atau mempengaruhi perilaku. 2. biasanya dengan maksud untuk memotivasi atau mempengaruhi perilaku. Manusia Komunikasi. 3. dkk (2007: 2) Komunikasi yang baik mengandung unsur-unsur sebagai berikut : 1. Menurut Daft (2003: 1) Komunikasi sebagai suatu proses dimana informasi dipertukarkan dan dimengerti oleh dua orang atau lebih. gerak. Menurut Sunarto (2007: 242) Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari satu orang ke orang lain. isyarat. Dari pengertian-pengertian ini dapat disimpulkan bahwa pengertian komunikasi itu adalah sebagai berikut : Komunikasi merupakan pertukaran ataupun penyampaian informasi. apapun bentuknya. senantiasa melibatkan manusia sebagai pelaku. ekspresi wajah. Selama komunikasi berlangsung terjadi pertukaran pesan di antara kedua pihak yang saling mempengaruhi. baik verbal maupun nonverbal. Menurut Daft (2003: 1) Komunikasi sebagai suatu proses dimana informasi dipertukarkan dan dimengerti oleh dua orang atau lebih. baik sebagai pengirim atau penerima pesan. dan sentuhan fisik merupakan alat untuk menyampaikan pesan. 4.

Umpan balik Komunikasi selalu terjadi di antara dua pihak. lingkungan yang padat. Pengalaman komunikan berpengaruh terhadap kedua pihak yang saling berinteraksi. Isyarat verbal atau nonverbal yang terjadi dalam komunikasi disebut umpan balik. rasa. Gangguan Suara berisik dapat merupakan gangguan dalam pengiriman dan penerimaan pesan komunikasi. bau tak sedap atau faktor pribadi seperti prasangka. 6. Sebagai pelaku komunikasi manusia mempunyai berbagai saluran. Pengaruh komunikasi dapat bersifat emosional. sikap tubuh. kognitif atau kombinasi dari ketiganya. Lebih dari itu. pengirim dan penerima pesan. Konteks komunikasi dan perilaku dapat diperhatikan pada perubahan sikap seseorang pada saat mengubah gaya bicara. Universitas Sumatera Utara . Konteks komunikasi dan perilaku sangat erat meskipun demikian pengaruhnya sangat halus sehingga tidak terasa. kedua belah pihak saling bertukar pesan atau informasi. Dari umpan balik dapat diketahui cara lawan tim kerja bisnis berkomunikasi. Setiap kali komunikasi terjadi. pesan melalui penglihatan. penciuman. ruangan yang panas. Komunikasi merupakan pengalaman yang diperoleh dari berbagai saluran tersebut. ketidaksesuaian perasaan dan sebagainya juga merupakan wujud gangguan dalam bentuk lain. seperti udara pengap. Pesan melalui suara. fisik.Pesan disampaikan melalui indera verbal dan nonverbal. atau cara berpakaian agar lebih sesuai dengan lingkungan. Konteks Komunikasi selalu berhubungan dengan perilaku. 7. sentuhan dan sebagainya. 4. ketidaknyamanan yang bersifat fisik. 5. contoh : menangkap pesan yang disampaikan.

Secara garis besarnya. direktorat dan pada perusahaan besar yang ruang lingkupnya luas. a. yakni komunikasi dari perusahaan kepada masyarakat dan kepada perusahaan. Komunikasi Internal Sebagian besar kegiatan kantor dalam suatu perusahaan terdiri dari hubungan-hubungan di dalam lingkungan sendiri maupun pihak luar. 2. Tanpa adanya Universitas Sumatera Utara . Komunikasi verbal sangat penting dalam suatu perusahaan maupun karir seseorang. Komunikasi Vertikal. Komunikasi eksternal terdiri dari 2 (dua) jalur secara timbal balik. yaitu hubungan diantara para pejabat atau satuan pada tingkat jenjang organisasi yang kurang lebih sederajat. Hubungan atau komunikasi di dalam lingkungan sendiri dapat disebut tata hubungan kantor ke dalam. Kegiatan komunikasi lebih banyak dilakukan oleh kepala hubungan masyarakat. Komunikasi lisan menunjukkan komunikasi dengan mengadakan suatu pembicaraan. yang dapat dibedakan dalam dua macam. Pada umumnya bentuk-bentuk komunikasi yang terdapat pada perusahaan adalah : a. Komunikasi Horizonal. komunikasi antara bawahan dengan atasan dan komunikasi yang setingkat. Komunikasi atasan dengan bawahan. Komunikasi Verbal Berarti komunikasi melalui penggunaan kata-kata baik secara tertulis maupun lisan. sedangkan komunikasi tertulis menunjukkan adanya bukti tertulis. Komunikasi Eksternal Komunikasi antara pimpinan perusahaan dengan khalayak di luar perusahaan. yaitu proses penyampaian suatu warta dari pihak pimpinan kepada karyawan atau pihak bawahan kepada pimpinan (vertikal ke atas) b. komunikasi dapat dibedakan atas 2 (dua) macam : a. Pada instansi-instansi pemerintah seperti departemen.

ekspresi wajah serta gerakan tangan dan mata menunjukkan intensitas emosi.2 Pengertian Prestasi Menurut Gie (2007: 171) Prestasi adalah suatu asas dasar tentang pencapaian keberhasilan antara suatu usaha dengan hasilnya. Segi usaha.4.komunikasi. Komunikasi nonverbal penting artinya terutama dalam menyampaikan perasaan dan emosi serta untuk mendeteksi kecurangan atau kejujuran. Pengertian usaha dapat dikembalikan pada 5 (lima) unsur yang sering disebut sumber-sumber kerja. seseorang dapat mendeteksi kecurangan atau menegaskan kejujuran si pengirim pesan. Komunikasi verbal dapat digolongkan dalam dua bentuk. Komunikasi ini dapat ditunjukkan dengan bahasa tubuh. yaitu: b. Komunikasi satu arah Komunikasi dua arah Komunikasi Nonverbal Komunikasi berarti penyampaian informasi dengan menggunakan isyarat-isyarat atau tanpa penggunaan kata-kata. Waktu d. yakni: a. Dengan memperhatikan isyarat nonverbal. Ruang Universitas Sumatera Utara . Tenaga c. 2. perusahaan tidak dapat berfungsi dengan baik. suatu usaha dapat dikatakan berhasil jika hasil usaha sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan dilakukan secara maksimal. Pikiran b. Hal ini dapat dilihat dari dua (2) segi yaitu: 1.

Benda. suatu kegiatan dapat disebut berprestasi jika dengan sesuatu usaha tertentu memberikan hasil yang sebanyak-banyaknya sesuai dengan apa yang diharapkan.e. maka keberhasilan terbaik antar usaha dan hasilnya dalam kerja itu terutama ditentukan oleh keselarasan dan keseriusan dalam melakukan aktivitas yang bersangkutan. termasuk uang Usaha yang mencapai tujuan yang diharapkan adalah sebuah prestasi kerja karena menunjukkan prestasi terbaik dilihat dari sudut usaha. 2. Hasil terbanyak dan sesuai dengan apa yang diharapakan adalah yang berprestasi karena menunjukkan perbandingan yang terbaik ditinjau dari sudut hasil. yaitu paling sedikit mengeluarkan 5 (lima) sumber kerja untuk mencapai hasil tertentu yang diharapkan. Universitas Sumatera Utara . Jadi. Prestasi kerja adalah keberhasilan suatu kerja dengan hasil yang dicapai oleh kerja itu. baik mengenai mutunya ataupun jumlah satuan hasil. Dengan tidak mengabaikan faktor-faktor lainnya yang ikut mempengaruhi suatu pekerjaan. prestasi kerja pada umumnya merupakan perwujudan dari cara-cara kerja yang memungkinkan tercapainya usaha dan hasil yang diharapkan. Segi hasil. yaitu memberikan hasil yang paling besar mengenai jumlah mutunya. Dilhat dari segi usaha yang meliputi unsur ini maka Gie (2007: 174) merumuskan cara meraih prestasi bekerja yang tanpa sedikitpun mengurangi hasil yang hendak dicapai atau yang merupakan : Komunikasi yang tepat adalah proses pengiriman pesan sedemikian rupa sehingga pesan yang diterima memiliki makna sedekat mungkin dengan maksud si pengirim atau dengan kata lain orang yang menerimanya paham.

Meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap semua pegawai. Semua jajaran pimpinan dapat mengetahui keadaan bidang yang menjadi tugasnya. Semua pegawai dapat mengetahui kebijakan. tidak saja hanya merupakan pemisah yang melindungi anggota organisasi dari ganguan-gangguan yang timbul akibat berita-berita yang berhubungan dengan pekerjaan yang datangnya dari luar Universitas Sumatera Utara . 9. 5. Tujuan komunikasi dapat dilihat dalam berbagai hal sebagai berikut: 1. Pegawai dengan kantor/ instansi yang bersangkutan 2. Komunikasi pekerjaan kantor. Menimbulkan adanya saling pengertian diantara pegawai dan saling menghargai dalam melaksanakan tugasnya masing-masing. Meningkatkan moral dan disiplin para pegawai 4. Meningkatkan kegairahan bekerja para pegawai 3. baik formal maupun informal. Meningkatkan kerjasama diantara para pegawai 10. yang telah ditetapkan oleh pimpinan. Semua informasi. 8. 6. Atasan dengan atasan d. Menimbulkan rasa kesetiakawanan dan loyalitas antara: a. Semuanya itu akhirnya akan meningkatkan semangat korps dikalangan pegawai 11. Para bawahan dengan atasan/ pimpinan b.5 Tujuan Komunikasi Komunikasi sangat penting dalam rangka meningkatkan kelancaran kegiatan kantor. peraturan-peraturan. Bawahan dengan bawahan c. 7.2. ketentuan-ketentuan. keterangan-keterangan yang dibutuhkan oleh para pegawai dan dapat dengan cepat diperoleh.

TELKOM KANDATEL Medan adalah agar terwujudnya perubahan sikap. perilaku. “Pekerjaan anda cukup baik hari ini” dengan maksud untuk menyindir atau mengatakan tidak.6 Faktor-faktor yang Menghambat Proses Komunikasi Ada beberapa faktor yang dapat menghambat proses komunikasi yaitu sebagai berikut : 1. perintah dalam memungkinkan pimpinanan tertinggi untuk mengetahui apakah komunikasi telah dilaksanakan. 2. Mendengar Kita mendengar apa yang kita dengarkan. 4. Merupakan salah satu alat utama bagi anggota organisasi untuk bekerja sama 13. Universitas Sumatera Utara . Misalnya seseorang berkata. TELKOM KANDATEL Medan akan lebih meningkat dan tujuan perusahaan akan tercapai. dan sosial sari para karyawan sehingga dapat meningkatkan prestasi kerja. Arus informasi dari jabatan bawahan. Adapun tujuan diadakannya komunikasi pada PT. Mengabaikan informasi yang bertentangan dengan apa yang kita ketahui. tidak dipercaya sehingga penerima tidak memberikan reaksi menerima atau menolak. Dengan demikian.12. Menilai sumber Orang yang kurang dikenal dan kurang dihargai menjadi pengirim pesan yang tidak dipercaya sehingga penerima tidak memberikan reaksi menerima atau menolak. 2. maka kinerja pada PT. Persepsi berbeda Komunikasi tidak berjalan bila persepsi pengirim pesan dengan penerima. pendapat. Komunikasi memberikan pengertian sebagian dari satu tujuan. 3.

ekspresi wajah. Dalam masyarakat yang tingkat peradabannya lebih kompleks. TELKOM KANDATEL Medan Komunikasi merupakan suatu proses yang mendasari terjalinnya hubungan antar manusia. Perkembangan tekhnologi dalam hal ini adalah mengirimkan. Para karyawan tidak dapat memberitahukan permasalahan kepada pimpinan dan ini dapat membuat proses komunikasi menjadi terhambat. memproses. bahkan dalam keadaan peradaban yang primitif sekalipun. 6. Pengaruh emosi Gangguan Hambatan lain yang terjadi adalah jika pimpinan perusahaan tidak berada di tempat. 2.7 Sistem Komunikasi yang Diterapkan Pada PT. Tetapi selama para pimpinan selalu berada di tempat. Universitas Sumatera Utara . Akan membingungkan. Sinyal nonverbal yang tidak konsisten Nada suara. Kata yang berarti lain bagi orang yang berbeda Mengatakan kepada atasan “saya datang sebentar lagi”. 8. kecuali jika ia mengetahui bahwa sebentar lagi itu setengah jam. menyimpan dan menerima informasi mengharuskan pesan-pesan disampaikan secara sederhana. maka para karyawan dapat segera memberitahukan permasalahan yang terjadi sehingga masalah tersebut dapat segera ditangani.5. 7. masalah komunikasi dan kegunaannya turut berkembang. dan gerakan tubuh bisa merusak komunikasi. jelas dan tepat sehingga makna yang sebenarnya dapat terwujud.

TELKOM Kendatel Medan. Universitas Sumatera Utara . Mggr Access NW Maintenance. para manajer harus memiliki rasa percaya kepada para bawahannya. mempengaruhi. Pada PT. Tujuan komunikasi horizontal antara lain untuk melakukan persuasi. Dalam struktur organisasi. komunikasi dari bawah ke atas berarti alur informasi berasal dari bawah menuju ke atas. Proses penyampaian informasi dapat berbentuk komunikasi dari atas ke bawah. dan memberi informasi kepada bagian atau departemen yang memiliki kedudukan sejajar. Mgr Access Operation. Komunikasi Horizontal Komunikasi horizontal atau sering disebut dengan istilah komunikasi lateral adalah komunikasi yang terjadi antara bagian-bagian yang memiliki posisi sejajar atau sederajat dalam suatu organisasi. Contohnya dalam sebuah perusahaan setiap karyawan dapat menyampaikan laporan unit kerja atau laporan perkembangan hasil kerja kepada pimpinan. Saluran Komunikasi Informal Dalam struktur organisasi akan nampak berbagai posisi atau kedudukan masing-masing sesuai dengan batas tanggung jawab dan wewenangnya.Menurut Purwanto (2003: 26) pola komunikasi yang menjadi masalah dalam kegiatan organisasi dan perusahaan yaitu dan saluran komunikasi informal. Komunikasi dari bawah ke atas. Untuk keberhasilan komunikasi dari bawah ke atas. a. komunikasi horizontal dicontohkan seperti ketika terjadi komunikasi antara Mgr Business Performance. komunikasi horizontal dan komunikasi diagonal. Misalnya pada hari besar keagamaan setiap bawahan dapat meminta bonus berupa THR. Setiap karyawan dapat menyampaikan gagasan atau usulan-usulan untuk menetapkan peningkatan kesejahteraan (Quality of Life) dengan memberikan kepuasan kepada karyawan. 1. dari bawah ke atas.

Interaksi antara pimpinan satu bagian dengan bagian lain berkomunikasi dengan bawahan dari bagian atau bagian lain merupakan salah satu contoh dar berkomunikasi diagonal. b. TELKOM KANDATEL Medan. memo dan catatan. Komunikasi horizontal terjadi dalam rapat komisi. Misalnya Mgr Access Operation menginformasikan bahwa adanya gangguan sarana dan prasarana PT. dan memasarkan produk dari PT. Dalam hal ini Mgr Access Operation memberikan informasi mengenai sasaran pemasaran perusahaan sehingga Asman Content & VAS dapat memperkenalkan. Universitas Sumatera Utara .Mgr Costumer Care. obrolan di telepon. kemudian Mgr Access Operation berkoordinasi dengan Mgr Costumer Care untuk menetapkan sistem reparasi yang akan diperiksa dan diperbaiki. menawarkan. Mgr General Support yang saling berkoordinasi untuk mencapai penjualan yang lebih baik. Mgr Fixed Phone Sales. Komunikasi diagonal melibatkan komunikasi antara dua tingkat organisasi yang berbeda. TELKOM dengan baik karena sudah mengetahui sasarannya tersebut dari bagian Mgr Access Operation. interaksi pribadi selama waktu istirahat. Komunikasi diagonal merupakan komunikasi silang antara atasan kepada bawahan yang tidak sektoral atau tidak terkait. komunikasi diagonal terjadi antara Mgr Access Operation dengan Asman (asisten Mgr) Content & VAS Sales. Sementara itu pada PT. TELKOM yang diterima dari masyarakat kepada Mgr Costumer Care. Komunikasi Diagonal Komunikasi diagonal yaitu kommunikasi anatra pimpinan bagian dengan staff dari bagian lain atau antara kepala seksi dengan karyawan dari seksi lain yang ada hubungan dengan fungsional. Mgr Sales Data & VAS.

Suatu organisasi yang baik akan menyampaikan suatu informasi akan mempergunakan segala macam saluran komunikasi. akan menjamin terciptanya prestasi kerja. Apabila tidak ada komunikasi yang baik. Hal ini memungkinkan karena pesan-pesan ataupun tugas-tugas yang dilaksanakan maupun yang telah dapat dimengerti dan diterima oleh pimpinan. TELKOM Suatu pekerjaan dapat dikatakan berprestasi apabila pekerjaan itu dilakukan dengan pengorbanan dan tujuan tertentu. Keberhasilan dalam pelaksanaan komunikasi akan menciptakan prestasi dan efektifitas kerja. Komunikasi ke Dalam Sebagian besar kegiatan dari kantor/tata usaha dalam organisasi terdiri dari hubunganhubungan di dalam lingkungan sendiri maupun dengan pihak luar. maka akan terjadi keterlambatan dan kesimpangsiuran dalam melaksanakan pekerjaan.2. saluran komunikasi dalam suatu perusahaan dapat dibedakan atas 2 (dua) macam. Komunikasi ke dalam yaitu komunikasi yang terjadi di dalam perusahaan. Dapat memberikan hasil yang semaksimal mungkin di bidang mutu maupun jumlah satuan hasil jadi hasil yang maksimal dalam setiap pekerjaan tergantung pada prestasi kerja tersebut. Seorang pemimpin harus berupaya menciptakan iklim yang kondusif bagi terciptanya komunikasi 2 (dua) arah dengan memberikan pertanggung jawaban kepada pimpinan.8 Peranan Komunikasi dalam Usaha Meningkatkan Prestasi Kerja KANDATEL Medan Karyawan pada PT. Universitas Sumatera Utara . Seperti yang telah dijelaskan. Yaitu : 1. komunikasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam suatu perusahaan/ organisasi. Dengan terciptanya keharmonisan dan keserasian dalam berkomunikasi. Secara garis besarnya.

wewenang.Komunikasi antara pimpinan dengan karyawan dan sebaliknya . TELKOM KANDATEL Medan juga menjalin komunikasi ke luar perusahaan. TELKOM KANDATEL Medan mempunyai struktur organisasi garis dan berdasarkan fungsi.Komunikasi antara pimpinan yang satu dengan pimpinan bagian lain . direktorat dan perusahaan-perusahaan besar yang ruang lingkupnya luas. Komunikasi ke luar yaitu komunikasi yang terjadi dengan pihak luar perusahaan. Karena prestasi kerja itu tidak hanya berupa kegiatan hasil. Dengan adanya komunikasi yang baik pada PT. tapi juga meliputi mutu dan kualitas kerja para karyawan. PT.Contohnya komunikasi yang diterapkan pada PT. dan bertanggung jawab mengalir dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas. bawahan dapat langsung bertanya kepada pimpinan dan pimpinan akan memberikan arahan secara langsung. Komunikasi ke Luar Selain komunikasi yang berlangsung di dalam. Apabila ada masalah yang tidak terpecahkan. dimana jenjang.Komunikasi antara para karyawan 2. TELKOM KANDATEL Medan sangat efektif sehingga para karyawan merasa terlindungi oleh atasanya sehingga akan mewujudkan prestasi kerja yang diharapkan. instansi-instansi pemerintah yang bertugas mengendalikan ekonomi swasta. misalnya : . TELKOM KANDATEL Medan. Universitas Sumatera Utara . departemen. Komunikasi ke luar antara lain dilakukan dengan para konsumen. maka prestasi kerja perusahaan tersebut dapat berjalan dengan lancar. PT. Komunikasi yang terjadi di dalam perusahaan. lembaga pendidikan.

Atasan dalam organisasi selain memberikan perintah-perintah juga harus mengusahakan karyawannya bekerja sama dengan sebaik-baiknya. Untuk itu perlu terdapat komunikasi yang baik dan harmonis antara atasan dengan atasan. Apabila ada masalah yang tidak terpecahkan.Kegiatan komunikasi ke luar lebih banyak dilakukan oleh Asisten Manajer (Asman) TAS sebagi Kepala Hubungan Masyarakat yang di bawah Mgr Access Operation. dan antara atasan dengan bawahan. Apabila karyawan tidak berkomunikasi dengan baik kepada atasan maka bawahan tidak dapat bekerja dengan sungguh-sungguh karena kurangnya komunikasi dari atasan. bawahan dapat langsung menayakan kepada atasan dan atasan akan memberikan penjelasan atau bimbingan sehingga karyawan akan mendapat arahan secara langsung. Universitas Sumatera Utara . Demikian juga untuk memecahkan persoalan-persoalan di dalam organisasi. Komunikasi ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik antara pihak perusahaan dengan pihak luar.