P. 1
SILABUS_PSIKOLOGI_PENDIDIKAN

SILABUS_PSIKOLOGI_PENDIDIKAN

|Views: 124|Likes:
Published by Ken Arok

More info:

Published by: Ken Arok on Feb 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/27/2012

pdf

text

original

SILABUS MATA KULIAH Program Studi : Pendidikan Agama Islam Kode Mata Kiliah : Nama Mata Kuliah : Psikologi

Pendidikan Jumlah SKS :2 Semester :3 Mata Kuliah Pra Syarat : Psikologi Umum dan Psikologi Perkembangan Deskripsi Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan termasuk salah satu Mata Kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam. Dengan Mata Kuliah ini mahasiswa akan memperoleh bekal untuk menjadi seorang guru yang profesional, karena di dalamnya akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan belajar dalam pendekatan psikologis. Hal itu sangat penting bagi calon guru, bahkan bagi guru yang belum pernah mempelajarinya, karena tugas utama seorang guru adalah membuat peserta didik belajar atau pembelajaran, sehingga perlu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan belajar. Standar Kompetensi : Memahami teori-teori belajar, kematangan anak, pengaruh hereditas dan lingkungan terhadap anak dengan pendekatan psikologis serta implikasinya terhadap aktivitas pendidikan dan pembelajaran. Kompetensi Dasar 1. Memahami pengertian Psikologi Pendidikan, sejarah, cakupan serta metodenya. Indikator a. Menjelaskan pengertian psikologi pendidikan b. Menguraikan sejarah perkembangan psikologi pendidikan c. Menjelaskan ruang Pengalaman Belajar 1) Mengkaji pengertian psikologi pendidikan 2) Mengkaji sejarah perkembanga n psikologi pendidikan 3) Mengkaji Materi Ajar a) Definisi psikologi pendidikan b) Sejarah, cakupan, dan metode psikologi pendidikan Waktu 100¶ Alat/Bahan/Sum ber Belajar LCD, laptop Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (2004). M. Dalyono, Psikologi Pendidikan Penilaian Tes essay

Ivan Pavlov. dan BF. Skinner 2) Mendiskusikan langkah-langkah penerapan teori tingkah laku di dalam kelas 3) Mengkaji teori kognitif Jerome Bruner dan David Ausubel 4) Mendiskusikan langkah-langkah (2007). Menguraikan teori belajar dan tingkah laku EL. Wasty Soemanto. Thorndike. Psikologi Pendidikan (2007). dan BF. dan BF. JB. Menjelaskan penerapan teori tingkah laku di dalam kelas c. dan Rogers 100¶ x 3 LCD. Ivan Pavlov. Watson. JB. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (2007). Menjelaskan metode yang digunakan dalam pengembangan psikologi pendidikan dan penerapannya 2. Wasty Soemanto. Portofoli o dan tes essay . Ivan Pavlov. Watson. Mendeskripsikan teori-teori belajar dan implikasinya a. Menguraikan teori kognitif Jerome Bruner dan David Ausubel d. Thorndike.lingkup psikologi pendidikan d. Teori belajar dan penerapan dalam pembelajaran: a) Teori belajar dan tingkah laku EL. Thorndike. Maslow. laptop Sri Esti Wuryani Djiwandono. Dalyono. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (2007). Watson. Psikologi Pendidikan (2006). Skinner b) Teori kognitif Jerome Bruner dan David Ausubel c) Teori humanistik Arthur Combs. Skinner b. M. JB. Menjelaskan penerapan teori kognitif di dalam ruang lingkup psikologi pendidikan 4) Mendiskusika n metode yang digunakan dalam pengembanga n psikologi pendidikan dan penerapannya 1) Mengkaji teori belajar dan tingkah laku EL.

Wasty Soemanto. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam (2004). M. Menguraikan teori humanistik Arthur Combs. laptop Abdul Rahman Shaleh&Muhbib Abdul Wahab. Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar penerapan teori kognitif di dalam kelas e. Mendeskripsikan aktivitas belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi a. Menjelaskan penerapan teori humanistik di dalam kelas 3. Dalyono. dan Rogers f. Mengkaji teori humanistik Arthur Combs.kelas e. Psikologi Pendidikan (2007). Portofoli o dan tes essay . Muhibbin Syah. Mendiskusikan langkah-langkah penerapan teori humanistik di dalam kelas 1) Mengidentifikasi macam-macam aktivitas belajar 2) Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar a) Aktivitas belajar 100¶ b) Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar LCD. Menjelaskan macam-macam aktivitas belajar b. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (2004). dan Rogers f. Maslow. Maslow.

Psikologi Pengajaran (1987). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (2007). Menjelaskan pengaruh kematangan terhadap readiness 1) Mendiskusikan ciri-ciri kematangan intelektual 2) Mendiskusikan pengaruh kematangan terhadap readiness a) Ciri-ciri kematangan intelektual b) Pengaruh kematangan terhadap readiness 100¶ 7. Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat mengurangi lupa 1) Mengkaji perbedaan lupa dengan hilang dari ingatan 2) Mendiskusikan faktor-faktor penyebab lupa 3) Mendiskusikan usaha-usaha yang dapat mengurangi lupa a) Perbedaan lupa dengan hilang dari ingatan b) Penyebab lupa 100¶ c) Usaha-usaha mengurangi lupa LCD. Psikologi Pendidikan (2006). 4. Dalyono. Muhibbin Syah. Menjelaskan perbedaan lupa dengan hilang dari ingatan b. Mendeskripsikan mengenai penyebab lupa dan kiat mengurangi lupa a. WS. laptop Sri Esti Wuryani Djiwandono. laptop M. Kinerja dan tes essay Kinerja dan tes essay . LCD. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab lupa c. Wasty Soemanto. Winkel. Memahami ciriciri kematangan dan pengaruhnya terhadap readiness a. Psikologi Pendidikan (2007). Mengidentifikasi ciri-ciri kematangan intelektual b.Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (2007).

Menguraikan terhadap pengaruh hereditas pertumbuhan dan lingkungan dan terhadap perkembangan pertumbuhan dan individu pekembangan individu c. Mendeskripsikan orientasi psikologis pembelajaran di sekolah dan a. laptop Lester D. M. laptop Sri Esti Wuryani Djiwandono. Dalyono. Buku 1 (1984). Menguraikan orientasi psikologis pembelajaran di Taman Kanak- 4) Mendiskusikan transfer dalam belajar dan faktorfaktor yang berperan 1) Mengkaji pengertian hereditas dan lingkungan 2) Mendiskusikan pengaruh hereditas dan lingkungan terhadap pertumbuhan dan pekembangan individu 3) Mendiskusikan sikap guru terhadap perbedaan perilaku anak sebagai akibat dari perngaruh hereditas dan lingkungan 1) Mendiskusikan orientasi psikologis pembelajaran di Taman Kanak- d) Transfer belajar dan faktor-faktor yang berperan a) Pengertian 100¶ hereditas dan lingkungan b) Pengaruh hereditas dan lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan individu c) Sikap guru terhadap perbedaan perilaku anak sebagai akibat dari pengaruh hereditas dan lingkungan Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (2004). Psikologi Pendidikan. Mengidentifikasi sikap guru terhadap perbedaan perilaku anak sebagai akibat dari perngaruh hereditas dan lingkungan 6. Psikologi Pendidikan (2007). Kinerja dan tes essay a) Orientasi psikologis pembelajaran di Taman Kanakkanak 100¶ x 2 LCD.d. Psikologi Pendidikan Kinerja dan tes essay . Crow dan Alice Crow. Menjelaskan kan hereditas pengertian dan lingkungan hereditas dan serta lingkungan pengaruhnya b. Wasty Soemanto. LCD. Mendeskripsia. Menjelaskan transfer dalam belajar dan faktorfaktor yang berperan 5. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (2007).

Sri Esti Wuryani Djiwandono. Model Popham dan Baker b. Menguraikan orientasi psikologis pembelajaran di SMTP dan SMTA a. Portofoli o dan tes essay 100¶ LCD. Menguraikan model pembelajaran Mastery learning. Mengidentifikasi karakteristik kepribadian guru b. psikomotor) guru c) Fungsi dan ragam guru dalam proses belajar mengajar 100¶ x 2 LCD. Mendeskripsikan profil guru yang ideal dengan pendekatan psikologis a. laptop Sri Esti Wuryani Djiwandono. laptop Muhibbin Syah. Menguraikan caracara penerapannya kanak 2) Mendiskusikan orientasi psikologis pembelajaran di Sekolah Dasar 3) Mendiskusikan orientasi psikologis pembelajaran di SMTP dan SMTA 1) Mengkaji model pembelajaran Mastery learning. Menguraikan orientasi psikologis pembelajaran di Sekolah Dasar c.pra sekolah 7. QAIT. Psikologi Portofoli o. Psikologi Pendidikan (2006). Mendeskripsikan modelmodel pembelajaran yang efektif dan penerapannya kanak b. Menguraikan fungsi dan ragam guru dalam proses Model-model pengajaran yang efektif: a) Model Mastery learning b) Model QAIT c) Model Popham dan Baker d) Cara penerapannya a) Karakteristik kepribadian guru b) Kompetensi profesionalisme (kognitif. QAIT. 8. kinerja dan tes essay . afektif. Model Popham dan Baker 2) Mendiskusikan cara-cara penerapannya 1) Mendiskusikan karakteristik kepribadian guru 2) Mendiskusikan kompetensi profesionalisme guru 3) Mendiskusikan fungsi dan ragam guru dalam proses b) Orientasi psikologis pembelajaran di Sekolah Dasar c) Orientasi psikologis pembelajaran di SMTP dan SMTA (2006). Menguraikan kompetensi profesionalisme guru c. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (2004).

.belajar mengajar d. Menentukan sikap yang ideal sebagai calon guru belajar mengajar 4) Mendiskusikan sikap yang harus diambil sebagai calon guru Pendidikan (2006).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->