Pengertian Peta Menurut Berbagai Ahli

Written on Apr-18-10 8:30pm - Not yet published to a wikizine From: syiham.co.cc Ilmu yang mempelajari peta disebut kartografi, sedangkan orang yang ahli di bidang perpetaan disebut kartograf. Menjadi kartograf butuh persyaratan tertentu. Erwin Raisz mengatakan ada empat bekal pengetahuan yang harus dimiliki seorang kartograf. 1 . 50% memiliki pengetahuan tentang geografi. 2 . 30% mempunyai bakat seni. 3 . 10% mengetahui ilmu pasti. 4 . 10% mengetahui ilmu-ilmu lain. Menurut Erwin Raisz, peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang diperkecil dengan berbagai kenampakan dan ditambah tulisan-tulisan sebagai tanda pengenal. Pengertian peta secara umum, mengartikan peta sebagai gambaran sebagian atau seluruh wilayah permukaan bumi dengan berbagai kenampakan pada suatu bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Berbeda dengan pengertian umum, Organisasi Katografi Internasional (International Cartographic Association [ICA]), mendefinisikan peta sebagai suatu gambaran atau representasi unsur-unsur kenampakan abstrak permukaan Bumi dan benda-benda angkasa. Satu hal yang berbeda, definisi dari ICA, melepaskan definisi peta yang terikat pada gambaran muka Bumi, dan meluaskannya pada penggambaran objek-objek di ruang angkasa. Hal ini dibutuhkan karena perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains, telah membentangkan sayapnya hingga ke tempat-tempat lain di luar Bumi. Jadi, peta pun digunakan dalam ilmu astronomi untuk memetakan daerah eksplorasi baru di jagat raya. Tentu saja, tanpa melepaskan karakteristik esensialnya yaitu penggambaran dalam bentuk dua dimensi dengan menggunakan skala dan simbol.

menurut Vanicek (1982) adalah : 1. Ilmu ilmu yang mendukung Geodesi. Geodesi adalah salah satu cabang keilmuan tertua yang berhubungan dengan bumi. Geodesi diartikan sebagai pengetahuan tentang pengukuran dan penjelasan serta penggambaran tentang permukaan bumi. in a three-dimentional time varying space (Associate Committee On Geodesy and Geopysics. Geodesy is the discipline that deal with the measurement and representation of the earth. Ilmu yang utama meliputi : Matematika Fisika Komputer 2. menurut Helmert. 1973) Menurut kedua definisi diatas. dibuat pada bidang datar dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelas. incuding its gravity field. Geodesy is the science of measuring and portraying the earth s surface (Helmert. yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil/diskalakan. mencakup medan gravitasinya dalam tiga dimensi beserta variasi waktu. Sedangkan menurut Komisi Asossiasi Geodesi dan Geofisik adalah disiplin ilmu yang membahas tentang pengukuran dan reprentasi dari bumi. Ilmu lainnya adalah : Hidrografi Geografi Ekologi Proyek Keteknikan Manajemen kota Batas wilayah Manajemen Lingkungan Astronomi Pengetahuan Amosfir Geologi Geofisik . secara harfiah. Menurut ICA (International Cartographic Association) Peta adalah gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa. Geodesi menurut pandangan awam adalah cabang ilmu geosains yang mempelajari tentang pemetaan bumi.c. Menurut Erwin Raisz (1948) Peta adalah gambaran konvensional dari ketampakan muka bumi yang diperkecil seperti ketampakannya kalau dilihat vertikal dari atas. 1880).

Legenda/Keterangan Peta Pada peta yang pernah Anda lihat.keteranganpetanya. adakah legenda/keterangan petanya? Legenda juga merupakan komponenpenting pada peta. dalam ukuran (luas. Keterampilan Dasar Membuat dan Membaca Peta 1. Skala peta akan dibahas lebih rinci pada modul 3 nanti. Fisika dan Komputer. gunakanlah skala kecil (1 : 500. maka gunakanlah skala besar. Contoh: skala 1 : 500. KETERAMPILAN DASAR MEMBUAT DAN MEMBACA PETA A. 2. Komposisi Peta 1. .000).000 artinya 1 cm jarak di peta sama dengan 500. Skala merupakan ciri yang membedakan peta dengan gambar lain. Bila ingin menyajikan data secara rinci. ilmu tersebut harus dikuasai dengan baik. Proyeksi peta adalah teknik pemindahan bentuk permukaan bumi yang lengkung (bulat) ke bidang datar. Sebagai akar. Proyeksi Peta Untuk menghindari terjadinya kesalahan yang lebih besar. (1 : 5.000 cm ( 5Km) jarak sebenarnya di permukaan bumi. Judul Peta Pada peta yang pernah Anda lihat. Jadi agar mudah dibaca danditafsirkan. sulit untuk dibaca. 3. Sebaliknya bila ingin menunjukkan data secara umum. di bagian manakah biasanya judul peta diletakkan? Judul peta memuat isi peta. Karena peta tanpa legenda. Skala Peta Selain judul Anda juga akan menemukan skala pada peta. Contoh: . 4.000 sampai 1 : 250.Oseanografi Pengetahuan Spasial Apabila disiplin Geodesi diibaratkan sebagai pohon. Skala pada peta adalah perbandingan jarak antara dua titik di peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi.000 sampai 1 : 1. maka yang menjadi akar adalah 3 (tiga) ilmu utamaya yaitu Matematia.peta Indonesia.000.000 atau lebih). peta harus dilengkapi dengan legenda/keterangan. .peta bentuk muka bumi Asia.peta penyebaran penduduk pulau Jawa. Dari judul peta Anda dapat segera mengetahui data dan daerah mana yang tergambar dalam peta tersebut. . jarak) bentuk permukaan bumi pada peta. Legenda menerangkan arti dari simbol-simbol yang terdapat dalam peta. Skala peta sangat erat kaitannya dengan data yang disajikan. maka dalam pembuatan peta digunakan proyeksi peta.

Simbol-simbol dalam peta harus memenuhi syarat. mudah dimengerti dan bersifat umum (seperti disepakati oleh para kartografer). Contoh: simbol titik. . Selain itu legenda peta dapat juga diletakkan pada bagian lain peta. .dataran rendah (pantai) ketinggian 0 sampai 200 meter dari permukaan laut digunakan warna hijau. sepanjang tidak mengganggu kenampakan peta secara keseluruhan. 6. Warna Perhatikanlah peta yang ada di sekolah Anda. Timur dan Barat. warna apa saja yang ada pada peta tersebut? Peta yang berwarna akan lebih indah dilihat dan kenampakan yang ingin disajikan juga kelihatan lebih jelas. Gunanya untuk menunjukkan arah Utara.daerah pegunungan tinggi/dataran tinggi (2000 sampai 3000 meter) digunakan warna coklat tua. gunanya agar informasi yang disampaikan tidak membingungkan.curah hujan digunakan warna biru atau hijau.laut.temperatur (suhu) digunakan warna merah atau coklat.Contoh: legenda/keterangan peta. sehingga dapat menginformasikan hal-hal yang digambarkan dengan tepat. Penggunaan warna pada peta harus sesuai maksud/tujuan si pembuat peta dan kebiasaan umum. Contoh: . danau digunakan warna biru. Berikut ini kita akan pelajari mengenai simbol-simbol berdasarkan bentuknya. asalkan tidak menggnaggu kenampakan peta. Petunjuk Arah/Tanda Orientasi Petunjuk arah juga penting artinya pada peta. Macam-macam simbol peta. 5. Petunjuk arah pada peta biasanya berbentuk tanda panah yang menunjuk ke arah Utara. 7. . Warna berdasarkan sifatnya. titik trianggulasi (titik ketinggian) tempat dari permukaan laut.Legenda biasanya diletakkan di pojok kiri bawah peta. . ada dua macam yaitu warna bersifat kualitatif dan bersifat kuantitatif. Selatan. digunakan untuk menyajikan tempat atau data posisional. Simbol Peta Pada peta. Tanda orientasi perlu dicantumkan pada peta untuk menghindari kekeliruan. seperti simbol kota. . Petunjuk ini diletakkan di bagian mana saja dari peta. Syarat-syarat tersebut adalah: sederhana. Kalau Anda perhatikan. a) Simbol titik. 1) Macam-macam simbol peta berdasarkan bentuknya. Anda juga akan melihat simbol-simbol. pada sebuah peta banyak terdapat simbol-simbol.

antara lain : a. Nama desa atau kota. huruf harus memenuhi samudera atau laut d. B. Puncak gunung. 30/09/2006 . tapi hanya setengah lingkaran i.Bahas Pelajaran Geografi Sat. Menentukan Letak dan Nama (Toponimi) Unsur Geografis Dalam menentukan letak dan unsur geografi ada aturan-aturan yang perlu diperhatikan dan diikuti. Macam. Arti. huruf ditulis melingkar. 2. Samudera/laut. dan Syarat Membuat Peta. peta daerah amerika utara. Pelabuhan.Jenis. peta benua. Pembagian Peta 1. Selat/teluk. Contohnya adalah peta persebaran hasil tambang. peta kutub utara dan kutub selatan. Atlas atau Globe / Bola Bumi . . huruf diletakkan di atas laut g. peta pertanian perkebunan. Macam-Macam atau Jenis-Jenis Peta Peta dapat diklasifikasi menjadi dua / 2 jenis. dsb. ditulis di sepanjang pegunungan h. Jalan raya. yakni : 1. ditulis di sepanjang pulau f. huruf mengikuti bentuk selat atau teluk e. C. Danau/rawa. huruf ditulis didalam danau atau rawa j. Pegunungan. peta iklim.2. dan lain sebagainya. Sungai. Peta Umum Peta umum adalah peta yang manampilkan bentuk fisik permukaan bumi suatu wilayah. Peta Khusus Peta khusus adalah peta yang menampakkan suatu keadaan atau kondisi khusus suatu daerah tertentu atau keseluruhan daerah bumi. Pulau. Peta Luas Peta luas adalah peta yang menggambarkan suatu daerah yang luas seperti peta dunia. peta curah hujan. Warna. salah satu huruf menempel pada desa atau kota tersebut b. maka huruf diletakkan di sebelah kiri c. Pengertian atau Definisi Peta Peta adalah gambar atau lukisan keseluruhan atau pun sebagian permukaan bumi baik laut maupun darat. Contoh : Peta jalan dan gedung wilayah DKI Jakarta. jika rah sungai mengalir ke arah utara-selatan atau selatan-utara. Bentuk.10:37pm godam64 A. penulisan jalan diletakkan di sebelah kiri jalan Pengertian Peta . peta samudera.

E.biru pucat : 0 .kuning : 200 .biru tua berbintik merah : 6000 meter lebih / kedalaman F. garis pinggir peta 5.6000 meter dpl / ketinggian . Berbagai Macam dan Jenis Warna Peta Beserta Artinya / Arti Warna Pada Peta 1. barat .200 meter / kedalaman . denah rumah. pelabuhan. dll 4. Syarat-Syarat yang Wajib Ada Pada Peta 1. Skala peta 3. Skala angka / skala pecahan Contohnya seperti 1 : 1000 yang berarti 1 cm di peta sama dengan 1000 cm jarak aslinya di . peta gedung.coklat kehitam-hitaman : 6000 meter dpl lebih / ketinggian 2. Globe Globe atau Bola Dunia adalah suatu bentuk tiruan bola bumi yang dibuat dalam skala yang kecil untuk dapat lebih memahami bentuk asli planet bumi. 1. Peta Sempit Peta sempit adalah peta yang hanya menampilkan sebagian kecil suatu area. Warna Darat .coklat berbintik hitam : 4000 .1000 meter / kedalaman . timur.500 meter dpl / ketinggian . 2. peta gorong-gorong kampung.biru tua : 4000 .1500 meter dpl / ketinggian . dll G. sungai. peta kota atau perkotaan.2.biru : 1000 . Contoh peta sempit yaitu peta desa atau pedesaan. Lambang Peta : jalan. ibu kota. batas wiayah. Judul peta 2. Bentuk Lain Dari Peta 1.200 meter dpl / ketinggian .hijau : 0 .6000 meter / kedalaman . Petunjuk arah mata angin : utara. dan lain sebagainya.biru muda : 200 . Warna Laut .coklat : 1500 . selatan. Jenis Skala Pada Peta Pengertian atau definisi : Skala peta adalah perbandingan jarak di peta dengan jarak sesungguhnya dengan satuan atau tehnik tertentu.4000 meter / kedalaman . Atlas Atlas adalah gabungan dari beberapa peta yang dikumpulkan dalam sebuah buku yang memiliki judul atlas serta jenis-jenis atlas yang ada di buku tersebut.coklat muda : 500 . D.4000 meter dpl / ketinggian .

Proyeksi Silinder 3. pada Dinas Agraria (Badan Pertanahan Nasional). Peta skala sedang digunakan untuk menggambarkan daerah yang agak luas. Peta skala kecil digunakan untuk menggambarkan daerah yang relatif luas.000 sampai 1: 500. . Peta ini digunakan untuk menggambarkan peta tanah atau peta dalam sertifikat tanah.000 sampai 1 : 250. yaitu: 1. Proyeksi Mercator 2. 2.000 sampai 1 : 1. Proyeksi Mollowide 4. H. Berdasarkan skalanya peta dapat digolongkan menjadi empat jenis. Skala Garis Skala garis menampilkan suatu garis dengan beberapa satuan jarak yang menyatakan suatu jarak pada tiap satuan jarak yang ada. Ada peta yang berukuran besar dan ada peta yang berukuran kecil. oleh karena itu banyak terdapat di Departemen Dalam Negeri. 3.000. misalnya peta kelurahan. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa semakin besar angka pembandingnya berarti skala peta itu makin kecil.000. Proyeksi Kerucut Jenis peta berdasarkan skalanya Peta tidak sama besarnya (ukurannya). 2. misalnya peta propinsi Jawa Tengah. Peta kadaster/teknik adalah peta yang mempunyai skala antara 1 : 100 sampai 1 : 5.dunia nyata. benua bahkan dunia. Peta skala besar adalah peta yang mempunyai skala 1 : 5. peta kecamatan.000.000 atau lebih.000. misalnya peta negara. 4. Peta skala besar digunakan untuk menggambarkan wilayah yang relatif sempit. Peta skala kecil adalah peta yang mempunyai skala 1 : 500. Skala peta adalah perbandingan jarak antara dua titik di peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi (lapangan). Untuk lebih jelasnya marilah kita bahas penggolongan peta berdasarkan skalanya. 3. Peta skala sedang adalah peta yang mempunyai skala antara 1 : 250. Skala Satuan Misalnya seperti 1 inchi to 5 miles dengan arti 1 inch di peta adalah sama dengan 5 mil pada jarak sebenarnya. peta propinsi maluku. Beberapa jenis-jenis proyeksi peta : 1. Proyeksi Pada Peta Proyeksi peta adalah suatu teknik pemindahan gambar peta ke berbagai macam bentuk peta. Besar-kecilnya peta ditentukan oleh besar-kecilnya skala yang digunakan.