ANGGARAN DASAR GABUNGAN ORGANISASI WANITA ( GOW ) KABUPATEN LOMBOK BARAT

P E M B U K A A N Menyadari bahwa tujuan kemerdekaan RI adalah untuk melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum ,mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan perdamian abadi dan keadilan sosial . Mengisafi bahw pergerakan wanita indonesia sesungguhnya merupakan bagain yang tak terpishkan dari pergerakan bangsa Indonesia sesungguhnya merupakan bagaian yang tak terpisahkan dari pergerakan bangsa Indonesia . Menyadari bahwa sebagai salah satu kekuatan yang mempunyai hak , tanggung jawab, dan kewajiban yang sama dengan kekuatan social lainnya dalam rangka mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia yang berdasarkan pancasila UUD 1945 demi masa depan bangsa yang diridoi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Maka kini organisasi wanita yang ada di Kabupaten Lombok Barat mempersatukan diri dalam satu wadah yang menghimpun semua potensi dan menyalurkan seluruh aspirasi yaitu Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ). Dengan memohon Rahmat Tuhan Yang Maha Esa , Kami bertekad untuk melaksanakan tugas suci tersebut dengan menyusun Anggaran Dasar sebagai berikut :

BAB I NAMA, WAKTU DAN TEMPAT KEDUDUKAN PASAL 1 NAMA Organisasi ini bernama Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) Kabupaten Lombok Barat PASAL 2 W A K T U GOW Kabupaten Lombok Barat yang berdiri pada tanggal 2 Juni 2009 yang telah dilantik disempurnakan dan didirikan untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

PASAL 3 TEMPAT KEDUDUKAN

Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) berkedudukan di Kabupaten Lombok Barat

BAB II AZAS, DASAR DAN TUJUAN PASAL 4 A Z A S Gabungan Organisasi Wanita (GOW) berazaskan Pancasila PASAL 5 D A S A R Gabungan Organisasi Wanita (GOW) berdasarkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 PASAL 6 T U J U A N Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) bertujuan : 1. Mempersatukan potensi organisasi di Tngkat Kabupaten Lombok Barat . 2. Menggalang persatuan dan kesatuan serta membina kerja sama untuk mendayagunakan segenap potensi wanita se- Kabupaten Lombok Barat yang mencakup kegiatan di berbagai bidang meliputi : a. Bidang Organisasi ; b. Bidang Pendidikan, Mental dan Budaya; c. Bidang Lingkungan Hidup,Kependudukan ,Sosial dan Kesejahteraan Sosial; d. Bidang Hukum ,Penerangan dan Humas; e. Bidang ekonomi , Usaha dan Kewirausahaan; 3. Mengisi kemerdekaan Negara RI dengan mendayagunakan potensi wanita di dalam masyarakat sesuai dengan kedudukan , fungsi dan profesinya; 4. Menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah , Instansi Vertikal dan Lembaga lainnya yang terkait dengan mengintensifkan serta meningkatkan daya guna potensi wanita dalam masyarakat di Daerah Kabupaten Lombok Barat pada khususnya , Bangsa dan Begara pada Umumnya.

BAB III BENTUK DAN SIFAT ORGANISASI P A S A L 7 BENTUK ORGANISASI

Kepala Badan Keluarga Berencana dan PP Kabupaten Lombok Barat d. Pembina 2. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat c. Wakil Ketua III e. Bendahara II Ketua ketua Bidang PASAL 10 4. Kepala Bagian Kesra pada Setda Kabupaten Lombok Barat K e t u a : a. 3. mempunyai ruang lingkup di Ibu Kota Kabupaten saling menjunjung tinggi dan tidak melanggar hak dan kedaulatan masing-masing Organisasi secara aktif dalam membina jalinan kerja sama dalam pelaksanaan program. : Bupati Lombok Barat Wakil Bupati Lombok Barat Penasehat : Sesepuh Organisasi Wanita Kabupaten Lombok Barat Pembina Tehnis : a. Sekertaris II Bendahara : a. PASAL 9 SUSUNAN ORGANISASI Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) sebagai gabungan Organisasi wanita untuk bekerja sama di tingkat Kabupaten Lombok Barat yang berdiri sendiri ditangani oleh pengurus inti terpilih melalui Musyawarah Cabang terdiri dari para utusan organisasi yang disebut badan pekerja dengan susunan kepengurusan sebagai berikut : 1. Sekertaris I b.Bentuk Organisasi adalah Gabungan Organisasi dalam rangka Kerja sama P A S A L 8 SIFAT ORGANISASI Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) adalah forum musyawarah dan kerjasama organisasi wanita di Kabupaten Lombok Barat . Wakil Ketua II d. 6. 5. Wakil Ketua I c. Wakil Ketua IV Sekertaris : a. . Bendahara I b. Ketua Umum b. 7. Kepala Badan Kesbangpolinmas Kabupaten Lombok Barat b.

mengamalkan dan mengamankan Pancasila . memupuk rasa kebangsaan khususnya dikalangan wanita dan generasi wanita. Anggota Biasa b. BAB IV RAPAT. PASAL 12 K E A N G G O T A A N Gabungan Organisasi wanita ( GOW )adalah organisasi wanita yang bersifat fungsional . social . Anggota Luar Biasa PASAL 13 TUGAS POKOK ORGANISASI TUGAS POKOK ORGANISASI adalah : 1. 4. 3. Menempatkan diri sebagai wadah kekuatan wanita dan pergerakan profesi wanita tingkat kabupaten khususnya dan masyarakat pada umumnya. Menghayati.wanita dan anak-anak. 2. PASAL 11 HUBUNGAN KERJA Gabungan Organisasi wanita ( GOW )memiliki hubungan konsultatif dan kerjasama ke Propinsi dengan Badan Koordinasi Organisasi Wanita ( BKOW ) Provinsi NTB. Memupuk dan memelihara persatuan dan kesatuan organisasi wanita anggota Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) khususnya dan kaum wanita pada umumnya.RAPAT DAN MUSCAB . Memantapkan partisipasi aktif wanita dalam proses penyusunan pemikiran di tingkat Kabupaten yang bertujuan untuk kesejahteraan keluarga .Profesi serta organisasi social kemasyarakatan lainnya yang bergerak dalam usaha peningkatan peranan wanita pada khususnya dengan memenuhi persyaratan tertentu dan diatur dalam Anggaratan Rumah Tangga ( ART ) dan Petunjuk Pelaksana ( Juklak ) terdiri dari : a.JANGKA WAKTU MASA BHAKTI Pengurus Gabungan Organisasi wanita ( GOW ) yang terpilih melalui Musyawarah Cabang GOW adalah untuk jangka waktu selama 5 ( lima ) tahun.

Secara aktif melaksanakan program kerja Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ). 2. Rapat Rutin 2. Menjunjung tinggi nama dan kehormatan organisasi. BAB VII KEWAJIBAN DAN HAK ANGGOTA PASAL 17 KEWAJIBAN ANGGOTA Setiap anggota Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) berkewajiban untuk : 1. Rapat Bidang-bidang 3. 4. Rapat . Rapat Badan Pekerja 4. Kekuasaan tertinggi ada pada Musyawarah Cabang ( MUSCAB ) BAB VI PASAL 16 K E P U T U S A N Keputusan yang bersifat prinsip diambil dengan suara bulat dan hal-hal yang bersifat tehnis diambil dengan suara terbanyak. 3. Rapat /Musyawarah Cabang BAB V PASAL 15 PIMPINAN RAPAT PIMPINAN RAPAT : 1. Memelihara persatuan dan kesatuan antara sesame anggota Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) dengan menjalin kerjasama dalam pelaksanaan program.rapat terdiri dari : 1. . Para wakil Ketua mempunyai wewenang sebagai pimpinan rapat dalam bidang masing-masing yang terlebih dahulu /sebelumnya berkonsultasi dengan Ketua Umum 3. Memegang teguh AD dan ART serta peraturan peraturan organisasi. Rapat Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) dipimpin oleh Ketua umum 2.PASAL 14 RAPAT RAPAT Rapat Anggota dianggap syah apabila dihadiri oleh setengah ditambah satu dari jumlah anggota Gabungan Organisasi wanita ( GOW ).

Hak memperoleh informasi selengkap-lengkapnya dari pengurus Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) untuk pelaksanaan tugas dan meminta pertanggung jawaban Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) maupun badan badan lainnya yang dibentuk oleh Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) . Usaha usaha lain yang syah. 3. . Sumbangan yang tidak mengikat. PASAL 19 BERAKHIRNYA KEANGGOTAAN Berakhirnya keanggotaan Gabungan Organisasi Wanita ( GOW )antara lain : 1. b. 2. Iuran anggota. Melakukan pelanggaran peraturan ( AD/ART ) dan merugikan organisasi Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ). Hak membela diri. 3. Keluar atas permintaan induk organisasi. d. c. Hak bicara dan hak suara. Hak pilih dan hak terpilih. BAB VIII KEUANGAN DAN HARTA BENDA PASAL 20 SUMBER KEUANGAN Keuangan Gabungan Organisasi Wanita ( GOW )bersumber dari : 1. 2. Melakukan tindakan yang bertentangan dengan dasar hukum Negara.PASAL 18 HAK HAK ANGGOTA Setiap anggota Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) berhak untuk : a. PASAL 21 HARTA BENDA / KEKAYAAN Harta benda/kekayaan Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) adalah segala asset yang dimiliki oleh Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ).

SH ANGGARAN RUMAH TANGGA ( ART ) GABUNGAN ORGANISASI WANITA (GOW) KABUPATEN LOMBOK BARAT PASAL 1 . Instansi terkait pada Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat BAB IX PERTANGGUNG JAWABAN PASAL 23 Ketua Umum Gabungan Organisasi wanita ( GOW ) bertanggung jawab kepada MUSCAB PASAL 24 LAIN . HJ. INDA MAHRIP. Akuntan Publik 2. NY. Anggaran Dasar ini disyahkan dalam MUSCAB Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ).LAIN 1. 2.PASAL 22 PEMERIKSAAN KEUANGAN Yang termasuk pemeriksa keuangan adalah : 1. Hal-hal yang belum jelas atau tidak diatur dalam Anggaran Dasar ini akan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga ( ART ) atau peraturan peraturan pelaksanaan yang tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar. Di tetapkan di Pada Tanggal : GIRI MENANG GERUNG : 1 Juli 2009 GABUNGAN ORGANISASI WANITA ( GOW ) KABUPATEN LOMBOK BARAT KETUA UMUM.

Wakil Ketua I. PASAL 2 K E P E N G U R U S A N Sesepuh Organisasi Wanita Kabupaten Lombok Barat adalah isteri Bupati Lombok Barat. y Wakil Ketua IV mengkoordinir bidang ekonomi . b. Wakil Ketua II. y Wakil Ketua III mengkoordinir bidang hukum .Wakil Ketua II. y Bertanggung jawab atas daftar hadir rapat. Wakil Ketua III dan Wakil Ketua IV y Wakil Ketua I mengkoordinir bidang organisasi dan bidang pendidikan mental dan budaya. y Mengambil / melaksanakan fungsi sekertaris apabila berhalangan hadir. Bendahara . y Wakil Ketua II mengkoordinir bidang lingkungan hidup . y Memberikan pertanggung jawaban administrasi dalam MUSCAB. Sekertaris I y Mengkoordinir pelaksaaan Administrasi. e. Sekertaris II y Menyusun program kerja. yang sebelumnya harus di musyawarahkan dengan anggotanya yang lainnya. Unsur Sekertaris. Unsur Bendahara. b. Sosial dan Kesejahteraan Sosial. Ketua Umum y Mengkoordinir seluruh kegiatan pelaksanaan program dan bertanggung jawab baik keluar maupun ke dalam atas nama GOW. Wakil Ketua III dan Wakil Ketua IV memimpin rapat secara bergantian apabila Ketua Umum berhalangan hadir. Unsur Bidang. Pengurus Harian GOW disebut badan pekerja yang susunan personilnya terdiri dari : a. kependudukan .NAMA ORGANISASI Nama : Gabungan Organisasi Wanita disingkat dengan GOW Kabupaten Lombok Barat. y Membantu Keta Umum mempersiapkan rapat-rapat GOW. Unsur Ketua. y Wakil Ketua I. d. Pembagaian tugas pengurus dan pekerja : a. y Pelaksanaan administrasi rapat-rapat maupun kegiatan GOW. c. usaha dan kewira usahaan. Tokoh GOW adalah Wanita yang memperjuangkan hak-hak wanita dan banyak berjasa dalam kegiatan GOW. y Bertanggung jawab atas notulen rapat. c. penerangan dan humas. y Mengambil Inisiatif dan membuat konsep surat-surat. y Sebagai penentu dalam perbaikan keputusan . d.

y Bertanggung jawab tentang penerimaan usaha GOW. berikutnya diadakan pemilihan dan sekaligus pelantikan pengurus baru oleh sesepuh organisasi. PASAL 4 K E A N G G O T A A N Keanggotaan GOW terdiri dari : 1. PASAL 3 PELANTIKAN PENGURUS BARU Apabila masa bhakti kepengurusan berakhir. Organisasi Kepemudaan/Mahasiswa. y Menggantikan fungsi bendahara I apabila berhalangan. maka sesudah diadakan MUSCAB. Rapat Rutin adalah : Rapat pengurus atau perwakilan diselenggarakan setiap bulan. Rapat Bidang adalah : Rapat yang diadakan oleh masing masing bidang yang ada dalam kepengurusan GOW. Anggota Luar Biasa adalah : a. c. y Menggantikan fungsi bendahara apabila berhalangan. f. Wakil Bendahara y Bertanggung jawab tentang keuangan . y Bertanggung jawab kepada MUSCAB khususnya mengenai keuangan. Rapat Kerja adalah : Rapat yang diselenggarakan untuk membahas rencana kerja dan mengevaluasi hasil program kerja mencari jalan keluar dari permasalahan dalam satu tahun yang diikuti oleh pengurus perwakilan. c. Perorangan atau organisasi yang memberikan donor tetap pada GOW. Istri anggota Muspida Tingkat II PASAL 5 RAPAT RAPAT 1. d. g. Wakil Bendahara y Bertanggung jawab tentang kegiatan pada kepanitiaan GOW ( Iuran Anggota GOW ). . b. Yang dimaksud dengan : a.y Sebagai pengambil inisiatif dalam upaya mencari dana dan pengelolaan keuangan GOW. Rapat Badan Pekerja adalah : Rapat harian terbatas yang diikuti oleh pengurus harian GOW lengkap pada setiap saaat sesuai dengan ketentuan. 2. Anggota Biasa adalah : Organisasi Wanita yang mempunyai AD/ART yang tidak bertentangan dengan AD/ART GOW telah terdaftar di Bakesbangpollinmas dan mengutus anggotanya untuk menjadi pengurus dan perwakilan. b. Sesuai dengan ketentuan .

Mengubah / menyempurnakan dan atau menetapkan AD/ART. Perwakilan organisasi mempunyai fungsi dan tanggung jawab : a. Wakil Ketua II. Pencalonan personil pengurus GOW adalah sbb : a. Rapat Kerja dan MUSCAB dilaksanakan dan dipimpin oleh Ketua Umum apabila Ketua Umum berhalangan dapat dipimpin oleh Wakil Ketua I. Untuk menjamin keseimbangan/kesinambungan kepengurusan GOW pada kepengurusan masa bhakti berikutnya . Memilih dan menetapkan pengurus baru GOW. Mewakili organisasi anggota dalam kegiatan GOW 3. Kekuasaan Tertinggi ada pada MUSCAB. Setiap unsure anggota mengirimkan 2 (dua ) / 1 (satu ) orang untuk calon pengurus dan 1 ( Satu ) orang untuk perwakilan. Sekertaris. c. 2. Ditempatkan pada bidang-bidang sesuai program kerja GOW c. Wakil Ketua III dan Wakil Ketua IV. Ditetapkan : Giri Menang.minimal salah seorang terdahulu dicalonkan kembali. 4. 3. b. PASAL 6 ATRIBUT ORGANISASI ATRIBUT ORGANISASI terdiri dari : a. 2. Bendahara dan bidang-bidang. 2. Pakaian Seragam. PERATURAN TAMBAHAN 1. MUSCAB adalah : Forum pertemuan tertinggi yang diadakan oleh pengurus /perwakilan yang lama dan yang baru serta peninjau yang bertujuan untuk : 1. Penyusunan program kerja untuk periode berikutnya . Lencana. b. Sebagai penyampaian informasi dan penghubung pada organisasi anggota yang diwakili. Mengevaluasi kegiatan sebelumnya melalui laporan Ketua Umum. Tempat dan Pimpinan Rapat : Rapat Rutin . Vandel.Gerung . Hal hal yang belum diatur dalam ART akan diatur dalam Rapat Pengurus. Pemeriksaan Keuangan dilaksanakan sekali dalam setahun dan menggunakan Akuntan Publik. 3. c.Badan Pekerja.e. Tokoh Wanita /perorangan wanita yang diperlukan GOW dapat diangkat sebagai pengurus atas persetujuan yang bersangkutan. 4. b.

4 2 3 4 6 Syair/Lagu: Ibu Dra. NY.HJ. . 5 3 5 3 1 ___ ___ 5 6 5 3 4 .Sri Yaningsih Hartawa ___ ___ 5 6 5 4 3 . Hj. SH. KEMBANG SETAMAN HYMNE GOW LOMBOK BARAT LEMBUT ___ . INDA MAHRIP.Pada Tanggal : 2 Juli 2009 GABUNGAN ORGANISASI WANITA ( GOW ) KABUPATEN LOMBOK BARAT Ketua Umum. ___ .

5 3 5 3 1 1. 2. . 6 1. 7 1 7 6 5 . . Kembang setaman semerbak wangi Bergabunglah hai kaum wanita Oh Tuhan Agung berkahi kami ___ ____ ____ . Dihadapan kita tantangan menanti Mendidik putra bangsa untuk trus maju HYMNE GOW KABUPATEN LOMBOK BARAT KEMBANG SETAMAN . . ___ . 2. ____ . . 1 2 1 7 6 . . I tu GOW yang kusayangi Cermin wanita yang tabah hati Sadarkan tugas yang sangat mulia Angkat derajat kaum wanita Jangan biarkan kami sendiri Hanya padamu kami memuji Hanya padamu kami memuji ___ ___ . Aneka warna Di dalam wadah Melaksanakan ____ penyejuk hati sehat sentosa tugas nan suci ____ ___ . . ___ ___ . . . 2. 1 7 1 2 1 7 1 2 7 1 2 3 . 4.1. 1 1 7 6 6 1. Patut diri dan patuh mengabdi Serta pacu berkarya membangun negeri Patut diri dan patuh mengabdi Serta pacu tanpa pamrih siaga slalu ____ ___ . ___ . . Reff : ____ . ____ . 2. 3. ___ . . . . . 3. 6 6 1 5 3 3 5 4 5 1 . 6 7 1 1 7 1 3 2 1 7 1 . ___ .

wanita dan anak-anak. Ibu Dra. PENDAHULUAN GOW Kabupaten Lombok Barat adalah merupakan Gabungan Organisasi Wanita untuk bekerja sama membantu pemda dalam bidang Memantapkan partisipasi aktif wanita dalam proses penyusunan pemikiran di tingkat Kabupaten yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga .Hj.LEMBUT PENCIPTA LAGU . Saat ini GOW terdiri dari 25 organisasi se- . KEMBANG SETAMAN SEMERBAK WANGI ANEKA WARNA MENYEJUK HATI ITU GOW YANG KU SAYANGI CERMIN WANITA YANG TABAH HATI PATUT DIRI DAN PATUH MENGABDI SERTA PACU BERKARYA MEMBANGUN NEGERI DIHADAPAN KITA TANTANGAN MENANTI BERGABUNGLAH HAI KAUM WANITA DIDALAM WADAH SEHAT SENTOSA SADARKAN TUGAS YANG SANGAT MULIA ANGKAT DERAJAD KAUM WANITA PATUT DIRI DAN PATUH MENGABDI SERTA PACU TANPA PAMRIH SIAGA SLALU MENDIDIK PUTRA BANGSA UNTUK TRUS MAJU OH TUHAN AGUNG BERKAHI KAMI MELAKSANAKAN TUGAS NAN SUCI JANGAN BIARKAN KAMI SENDIRI HANYA PADAMU KAMI MEMUJI HANYA PADAMU KAMI MEMUJI I.Sriyaningsih Hartawa.

GOW memiliki hubungan konsultatif dan kerjasama dengan BKOW Prov.SH.Instansi vertical dan lembaga lainnya yang terkait dengan mengintensifkan dan meningkatkan dayaguna potensi wanita dalam masyarakat di Daerah Kab. 2. Mengisi Kemerdekaan Negara RI dengan mendayagunakan potensi wani ta di dalam masyarakat sesuai dengan kedudukan . Periode II pada tahun 2005 . Dalam rangka membantu Pemda Kabupaten Lombok Barat menuju Lombok Barat Bangkit. II. SUSUNAN ORGANISASI GOW adalah sebagai Gabungan Organisasi di tingakat Kabupaten adalah organisasi yang berdiri sendiri yang ditangani oleh pengurus yang dipilih melalui Rapat Kerja terdiri dari para III.Dra.Lombok Barat pada khususnya.2009 GOW Kabupaten Lombok Barat dengan diangkatnya Bapak IZZUL ISLAM selaku Wakil Bupati Lombok Barat maka jabatan Ketua GOW dipimpin oleh Ny. Dinas Perindag. GOW pada tahun pertama ini memfokuskan diri kepada pembangunan SDM kaum Wanitanya dan peningkatan kesehatan bagi ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak melalui sosialisasi PHBS.Dinas Kesehatan .Dinas Kehutanan.Kabupaten Lombok Barat.Lombok Barat.PKK dan DWP. NTB pada umumnya. SEJARAH SINGKAT Periode I pada tahun atas prakarsa Ibu Sekda ( Ny. yang dilantik pada tanggal 2 juni 2009. IV. TP. 3. Menggalang persatuan dan kesatuan serta membina kerjasama untuk mendayagunakan segenap potensi wanita di Ibu Kota Kabupaten Lombok Barat yang mencakup kegiatan diberbagai bidang. Dalam pelaksanaan Program kerja untuk tahun pertama ( Tahun 2009/2010 ) GOW Kabupaten Lombok Barat program kerja yang dilaksanakan lebih pada pengenalan organisasi ini sebagai organisasi social dalam membantu masyarakat dan meningkatkan kualitas kaum wanita dan telah bekerja sama dengan Setda Kab.Rohaniah IZZUL ISLAM ( GOW Periode II ) Periode III pada tahun 2009 2014 terdiri dari 32 organisasi wanita yang diketuai oleh Ny. Menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah . HJ.Kab. Mempersatukan potensi organisasi wanita Tingkat Kabupaten Lombok Barat yang berada di Ibu Kota Kabupaten. fungsi dan frofesinya. 4.INDA MAHRIP. GOW Kabupaten Lombok Barat berazaskan Pancasila dan berdasarkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.Hj. Kuntari Kusnandar A) berinisiatif untuk membentuk suatu wadah bagi organisasi wanita tingkat kabupaten Lombok barat dengan terlebih dahulu mengundang seluruh organiasi wanita yang ada di kabupaten Lombok barat yang pada waktu itu berjumlah 22 Organisasi Wanita untuk membentuk Gabungan Organisasi Wanita atau disingkat menjadi GOW Kabupaten Lombok Barat dengan sekertariat beralamat di Jln.Lombok Barat. T U J U A N : GOW bertujuan : 1.Sriwijaya 17 Mataram.NTB. .

Bidang Lingkungan Hidup. PROGRAM KERJA . Ketua Umum b. M I S I . Wakil Ketua I c. Sekertaris II Bendahara : a.Lombok Barat. Kepala Badan Keluarga Berencana dan PP Kabupaten Lombok Barat d. Mendukung segala bentuk program Pemda Kab. e. 4. b. Wakil Ketua IV Sekertaris : a. Mental dan Budaya. Bidang ekonomi . c. V. Kepala Badan Kesbangpolinmas Kabupaten Lombok Barat b. Usaha dan Kewirausahaan.Penerangan dan Humas. 3. Bidang Pendidikan. Kepala Bagian Kesra pada Setda Kabupaten Lombok Barat K e t u a : a. Wakil Ketua II d. 5. Wakil Ketua III e. Bendahara II Ketua ketua Bidang a. 1. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat c. : Bupati Lombok Barat Wakil Bupati Lombok Barat Penasehat : Sesepuh Organisasi Wanita Kabupaten Lombok Barat Pembina Tehnis : a. Bidang Hukum .Sosial dan Kesejahteraan Sosial.utusan organisasi yang disebut Badan Pekerja dengan susunan kepengurusan sebagai berikut : 1. Bidang Organisasi .Kependudukan . 6. Sekertaris I b. d. Pembina 2. 7. Bendahara I b. V I S I : MEMPERSATUKAN SERTA MENINGKATKAN POTENSI ORGANISASI WANITA YANG BERADA DI IBU KOTA KABUPATEN LOMBOK BARAT UNTUK MENUJU LOMBOK BARAT BANGKIT. Melaksanakan kegiatan sesuai dengan AD/ART 2.

Lobar. 9. Kab. 4. Ikut berfartisifasi dalam Ramadan Fair dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan. 11. 12. Mengadakan Kampanye dan Demonstrasi Cuci Tangan Dengan Sabun untuk Tk. Mengikuti Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. SD/MI seKab. .Hj. Mengadakan Sosialisasi PHBS yang diikuti oleh kader-kader se-kecamatan kuripan dalam rangka persiapan lomba desa. Sosialisasi / Demonstrasi Cara menyikat gigi yang baik dan benar bagi 200 siswa sekolah dasar /MI bekerjasama dengan Ikatan Dokter Gigi Kab. 3. Berbartisifasi dalam rangka Penghijauan bekerja sama dengan OISCA JEPANG dan Dinas Kehutanan Kab. 15. Memberikan Santunan dan buka bersama kepada Para Jompo dan Anak Yatim . 5.Pada satu tahun pertama ( 2009-2010 ) GOW Kabupaten Lombok Barat telah melaksanakan berbagai kegiatan antara lain : 1. Penerimaan Kunjungan Ketua Umum BKOW Prov.Lobar.Lombok Barat. 6. dinas Kesehatan dan dinas Pertanian Kab. Sosialisasi Flu Burung dalam rangka Tanggap Flu Burung bekerja sama dengan Komnas Flu Burung Pusat.Lobar dalam rangka HUT RI. 7. Penyusunan Program kerja tahun 2009-2010 2. Ratih Sanggarwati.Lobar dengan memberikan santunan .Lobar.Lobar Program Bantuan UNICEF bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Mengadakan Bhakti Sosial dalam rangka memperingati 1 tahun kepengurusan GOW kab. Pemberian Sarana Pendukung sekolah bagi 200 siswa sekolah dasar/MI dan anak yatim di Kec. TP. 10. Pemberian santunan bagi masyarakat kurang mampu dan penyandang kesejahteraan social bekerja sama dengan K3S. DWP.NTB beserta rombongan dalam rangka konsolidasi organisasi.Labuapi. 13. 8. 14.Lobar. Mengikuti Gerak jalan masal yang dilaksanakan oleh PEMDA Kab. Mengadakan Seminar Kepribadian dengan mendatangkan Nara Sumber Ny.pengobatan/pemeriksaan gratis dan pemberian makanan tambahan kepada 150 orang lansia.PKK.

PENGGANDAAN /SOSIALISASI AD/ART KEPADA ANGGOTA. PENATAAN ADMINISTARSI ORGANISASI 2. KEGIATAN 1.RENCANA 2009 . 2. PENYUSUNAN DAN PENGESYAHAN AD/ART OLEH PENGURUS/KETUA UMUM.2010 PROGRAM KERJA BIDANG ORGANISASI 1. 2. 1. MENINGKATKAN KERJA SAMA DENGAN ORGANISASI WANITA . PENYUSUNAN AD/ART GOW. TERTIB ADMINISTRASI 3. MITRA GOW TERDIRI DARI 25 ORGANISASI WANITA DAN INSTANSI TERKAIT. . MASYARAKAT DAN MEDIA DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN.

MENGADAKAN SEMINAR KEPRIBADIAN 2. MENINGKATKAN KESADARAN TENTANG KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP . PEMBINAAN/PENYULUHAN KELUARGA SEHAT/PHBS 3. MENINGKATKAN MASYARAKAT MINAT BUDAYA 1. PEMBERIAN SANTUNAN KEPADA LANSIA DAN ANAK YATIM PROGRAM KERJA KEGIATAN BIDANG HUKUM. PENINGKATAN KEMAMPUAN 1.PENERANGAN DAN HUMAS 1. PELATIHAN KEHUMASAN DAN MC ANGGOTA DALAM BIDANG KEHUMASAN/MC 1. 1. MENINGKATKAN KETRAMPILAN ANGGOTA/MASYARAKAT. MEMBANGUN /KERJASAMA KEMITRAAN DALAM USAHA . 2. MENGADAKAN SOSIALISASI TTG PHBS DAN FLU BURUNG 1. KOPERASI DAN KEWIRAUSAHAAN 1. 1. MENDOKUMENTASIKAN DAN 2. 1. MENUMBUHKAN KEPEDULIAN SOSIAL KEPADA MASYARAKAT KURANG MAMPU DAN ANAK TERLANTAR. DAN KESEJAHTERAAN WANITA .BIDANG PENDIDIKAN MENTAL DAN BUDAYA 1. MENJALIN KERJASAMA DENGAN INSTANSI TERKAIT / ORMAS BIDANG EKONOMI. MENDIRIKAN TAMAN BACAAN/POJOK BACAAN BACA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP KEPENDUDUKAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN. MELAKUKAN KEGIATAN YANG MEMBERIKAN HASIL SEBAGAI SUMBER 1. LOMBA BERBUSANA NASIONAL/DAERAH. PENANAMAN POHON 2. KESEHATAN. 3. PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI MEMPUBLIKASIKAN SETIAP KEGIATAN 2. MELESTARIKAN NASIONAL/DAERAH.

PENDAPATAN GOW YANG SYAH DAN TIDAK MENGIKAT DAN MELAKSANAKAN KERJASAMA DENGAN INSTANSI TERKAIT DALAM USAHA PENGUMPULAN DANA 2. VISUALISASI KEGIATAN GOW SELAMA 1 TAHUN KEPENGURUSAN . PELATIHAN TENTANG KEWIRAUSAHAAN BEKERJASAMA DENGAN INSTANSI TERKAIT DAN BIDANG-BIDANG LAIN. PENGUMPULAN DANA. 1. PELATIHAN/PENYULUHAN KETRAMPILAN UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN ANGGOTA DAN ANAK PUTUS SEKOLAH DALAM RANGKA PENINGKATKAN PENGHASILAN KELUARGA.

KETUA III WK.KETUA IV HJ.INDA MAHRIP.SH ) WK. SUKERNIATI TAUPIK .SUSUNAN PENGURUS KETUA UMUM ( HJ.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful