Konsep Pengambaran Hukum Termodinamika 1 dan 2

Oleh Prof. Dr. Ismunadar

Copyright © oke.or.id Artikel ini boleh dicopy ,diubah , dikutip, di cetak dalam media kertas atau yang lain, dipublikasikan kembali dalam berbagai bentuk dengan tetap mencantumkan nama penulis dan copyright yang tertera pada setiap document tanpa ada tujuan komersial.

Artikel ini diambil dari http://inorg-phys.chem.itb.ac.id/web/DIDAC/Didac01/frame%20Didac01.htm atas izin penulis, disusun ulang dan diubah dalam bentuk PDF oleh Ahmad Hasnan isi material adalah hasil kerjasama antara Fakultas MIPA dengan IUPAC, AFGA dan UNESCO

1| Portal Open ht tp :// oke. or. id

Knowledge and Education

Hal ini ditunjukkan di ilustrasi T12.Di toko mainan. Keseluruhan ini disusun dengan kerangka yang seolah kaki burung dan burung ini dapat bergerak dengan poros antar kaki tadi. dan karena itu hanya dapat terjadi bila tekanan uapnya cukup tinggi. or. Dalam bentuk tersederhana mainan ini terdiri atas dua gelas. Sifat ini penting di sini karena cairan ini harus mudah menguap pada temperatur relatif rendah. Wadah bawah diisi sebagian dengan cairan yang mudah menguap. id Knowledge and Education . (perhatikan: cairan yang mudah menguap adalah cairan dengan titik didih rendah dan tekanan uap tinggi misalnya metanol. Kedua gelas tadi dihubungkan dengan tabung gelas dengan lubang yang sangat kecil. satu yang mewakili tubuh burung dan satunya kepalanya. kita dapat membeli "burung yang sedang minum".) 2| Portal Open ht tp :// oke. Uap akan berada di sisa ruang wadah bawah dan keseluruhan wadah atas.

burung akan lebih berat di kepala akan bergerak ke depan dan paruhnya akan bersentuhan dengan air lagi. tempat burung "minum" disingkirkan. id Knowledge and Education . ketika mengangguk ke depan. Ketika pusat massa tadi melewati poros. dan akan berhenti bila gelas air. yang disebabkan paruh terbasahi. bagian bawah gelas tidak lagi bersentuhan dengan cairannya. 3| Portal Open ht tp :// oke. Hal ini terjadi karena pengaruh kenaikan temperatur dan oleh karenya kenaikan tekanan uap di kepala. or. Keseluruhan proses akan berulang. Ketika kondensasi di bagian kepala berlanjut cairan akan naik lebih lanjut dan pusat massa burung bergerak ke atas. Kain tadi dibasahi dengan air. Proses ini akan mengambil kalor dari gelas atas. dan keseluruhan proses tadi akan mulai lagi. Pusat massa bergerak ke bawah lagi dan burung akan tegak kembali. Burung ini dibuat sedemikian sehingga.Selembar kain dilemkan ke paruh burung. Akibatnya paruh basah lagi. Tekanan di bagian kepala akan turun dan cairan akan naik dari bagian tubuh burung. yang akan menguap. menyebabkan molekul di fasa uap berkondensasi menjadi cairan. Urutan ini diperlihatkan di gambar T12. dan oleh karenanya cairan dalam tabung dapat mengalir kembali ke dasar tabung.