P. 1
Kegunaan Sosiologi Dalam Pembangunan

Kegunaan Sosiologi Dalam Pembangunan

|Views: 9,677|Likes:
Published by Girdo Caesar

More info:

Published by: Girdo Caesar on Feb 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2013

pdf

text

original

KEGUNAAN SOSIOLOGI DALAM PEMBANGUNAN

Sosiologi merupakan ilmu terapan dan ilmu murni.Dalam hal ini tentunya peran ilmu sosiologi amat dibutuhkan terutama di bidang pembangunan dan kepentingan masyarakat. Kegunaan sosiologi dalam masyarakat antara lain: Untuk pembangunan,Sosiologi berguna untuk memberikan data sosialyang diperlukan dalam tahap perencanaan pembangunan maupun pelaksanaan pembangunan.Pada tahap perencanaan,yang harus diperhatikan yaitu apa yang menjadi kebutuhan sosial.Pada tahap pelaksanaan yang harus diperhatikan yaitu kekuatan sosialdalam masyarakat serta proses perubahan social.Sementara itu pada tahap penilaian pembangunan,yang harus dilakukan adalah analisis terhadap efek atau dampak dari social pembangunan itu. Kegunaan sosiologi dalam penelitian: Untuk penelitian,Sosiologi berguna untuk memberikan suatu perencanaan atau pemecahan masalah social yang baik.Di Negara yang sedang membangun,peran ilmu sosiologi sangat penting.Dari data yang dihasilkan oleh para sosiolog,para pengambil keputusan dapat menyusun rencana dan tahap penyelsaiannya.Contohnya,cara pencegahan kenakalan remaja dan cara meningkatakan kembali raa solidaritas antarwarga yang semakin pudar. Manfaat ilmu sosiologi -dalam bidang pembangunan, sosiologi bermanfaaat untuk memberikan data-data sosial terhadap perencanaan, pelaksanaan, maupun proses evaluasi pembangunan. -manusia dapat mengetahui cara berinteraksi dengan yang lainnya, baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar. -manusia mengetahui tentang pranat-pranata sosial sehingga memudahkannya untuk hidup dalam suatu kelompok tertentu.

MANFAAT SOSIOLOGI
Sosiologi memiliki 4 mcam manfaat, yakni dalam bidang perencanaan sosial, penelitian, pembangunan, dan pemecahan masalah sosial. 1. Perencanaan Sosial Perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas, serta mempersiapkna masa depan kehidupan dan bertujuan mengatasi hambatan. Perencanaan bersifat preventif (pencegahan). Manfaat sosiologi dalam perencanaan sosial adalah sebagai berikut
• •

• • •

Sosiologi memahami perkembangan kebudayaan masyarakat Sosiologi memahami hubungan antara manusia dengan lingkungan alam, hubungan antar golongan dan proses perubahan & pengaruh penemuan baru terhadap masyarakat Sosiologi memiliki disiplin ilmiah yang didasarkan atas objektivitas Melalui sosiologi, suatu perencanaan dapat dimanfaatkan untuk mengetahui tingkat kemajuan maupun tingkat ketertinggalan suatu masyarakat Berdasarkan sudut pandang sosiologi, perencanaan sosial merupakan alat untuk mengetahui perkembangan masyarakat yang berfungsi menghimpun kekuatan sosial demi menciptakan ketertiban masyarakat.

2. Penelitian Dengan penelitian dan penyelidikan sosiologi maka akan diperoleh berbagai macam fakta sosial yang sangat bermanfaat dalam membuat perencanaan pembangunan ataupun pemecahan masalah sosial yang terjadi. Kelebihan sosiologi:
• • • • •

Sosiologi mampu memahami symbol kata-kata, kode, dan istilah yang digunakan masyarakat sebagai objek penelitian empiris. Sosiologi memahami pola-pola tingkah laku manusia di masyarakat Sosiologi mampu mempertimbangkan berbagai macam fenomena sosial yang muncul dalam kehidupan bermasyarakat Sosiologi mampu melihat berbagai kecenderungan arah perubahan pola tingkah laku anggota masyarakat yang disebabkan oleh hal-hal tertentu Sosiologi berhati-hati dalam menjaga pemikiran yang rasional sehingga tidak terjebak dalam pola piker yang tidak jelas.

3. Pembangunan

Pembangunan adalah suatu proses perubahan disegala bidang kehidupan yang dilakukan dengan sengaja atas dasar suatu rencana tertentu. Tujuan dari proses pembangunan adalah untuk meningkatkan taraf hidup rakyat secara material dan spiritual. Peningkatan taraf hidup masyarakat mencakup suatu perangkat cita-cita yang meliputi hal-hal berikut:
• • • • •

Pembangunan arus bersifat rasionalistis Adanya perencanaan dan proses pembangunan Peningkatan produktivitas Peningkatan standar kehidupan Kesempatan yang sama untuk berpartisipasi

Dalam tahap perencanaan, sosiologi memberikan fakta dan informasi yang merupakan kebutuhan sosial di masyarakat untuk dijadikan bahan membuat perencanaan pembangunan, sehingga pembangunan hendak dijalankan sesuai dengan kebutuhan sosial akan tepat sasaran. Hal yang penting diperhatikan dalam tahap pelaksanaan adalah kekuatan sosial dalam masyarakat beserta perubahan sosialnya, dan sosiologi memberikan informasi mengenai hal tersebut, sehingga pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan dampak perubahan sosial.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->