"'. . :'. dan nilai ini lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan untuk pengangkutannya. . . . .. karena keperluan jasa angkutan bertambah dengan meningkatnya kegiatan ekonomi dan berkurang jika terjadi kelesuan ekonorni... . .. Page 3 . "'..Pengangkutan menyebabkan nilai barang lebih tinggi di ternpat tujuan daripada di ternpat asal.. :". . .. . Pengangkutan dikatakan sebagai "derived demand .. .

.

-_ 1.-·---------- - ---------------- ..

.

"'.. Angkutan Barang ( Goods Transport) c. .Jenis yg diangkut dengan Transpor Ada 3 jenis/ golongan yang diangkut dengan transpor : a."'. ... . . . . Angkutan Pos ( Mail Transport) . ... Page 7 . :'. Angkutan Penumpang ( passenger Transport) b. .. .. . .. :".. . .

Penyediaan jasa transportasi melibatkan banyak orang/ lembaga.' Kebutuhan jasa transportasi tidak dapat ditangguhkan terlalu lama. Immediate: Complex: ".KARAKTERISITIK TRANSPORTASI SECARA UMUM 1. 5. Page 8 . 3. Intangible: Perishable: Manfaat transportasi dapat dirasakan namun tidak dapat dilihat. sarana dan prasarana. 2. Jasa transportasi tidak dapat disimpan untuk dijual besok sehingga sekali digunakan jasa transportasi akan selesai. """ " " " " " Amorphous : kualitas pelayanan tidak dapat ditetapkan sesuai harapan seluruh pengguna jasa. 4.

.

. lebaran/ natal) .. pada dasarnya adalah seketika/ tidak mudah untuk digeser atau ditunda dan sangat dipengaruhi oleh fluktuasi waktu : • Bersifat Harian (peak hours) • Mingguan ( sabtu dan minggu untuk tujuan rekreasi) • Bulanan/ Tahunan ( musim libur anak sekolah. .Sifat-sifat yang khusus yang melekat pada permintaan akan jasa tranpor yang membedakan dengan permintaan terhadap barangbarang lainnya.. Permintaan akan jasa transpor. antar lain adalah : 1.. ... Page 10 .-: . " .

• Engel mengatakan bahwa apabila pendapatan sebenarnya (real income) dari seseorang naik." . Perilaku Hukum Engel berlaku disini.-: :'.. . ."'. Page 11 . . . :". . maka orang tersebut akan secara sebanding mengurangi pengeluarannya untuk memperoleh barang/ kebutuhan sehari-hari dan menggantikannya dengan barang-barang yang lux .2. "'.. Permintaan akan jasa tranpor sangat dipengaruhi oleh elastisitas pendapatan.. .. ..

.

. . ". . " '.. [asa transpor adalah jasa campuran (product mixed).. . · Permintaan akan jasa transpor adalah komplek.. ketepatan. :'. tetapi banyak juga varibael-variabellain yang mempengaruhi antara lain adalah : kecepatan.. keselamatan. . karena tidak hanya dilandasi oleh keinginan untuk memindahkan sesuatu dari satu tempat ke tempat lain.".. keamanan.. ": . :'. Page 13 ...' .. . kenikmatan.' .. keterandalan dan sebagainya.4.

.. Penyebaran barang ( barn) merata 4.harga tanah naik 3.. .."'....KEUNTUNGAN ADANYA TRANSPORTASI 1. . .. . . . . Page 14 . . :". Menghilangkan monopoli pernsahaan . :'. . Dibukanya jalan raya . . . .. "'. Stabilitas harga barang 2. Penyebaran tenaga kerja 5..

.

.

biasanya ditranspor melalui laut dan jalan raya."'. .. "'. .a. :". . .. . .elektronik.... ... ... . . • Barang-barang bernilai rendah dipadu dengan volume yang besar. Sifat phisik dan muatan ( Physical characteristics) • Barang-barang yang nilainya tinggi biasanya dengan volume yang tidak besar. . . :'. . Page 17 . seperti antara lain komponen. .

.

. Page 19 .. maka akan lebih banyak jasa transpor yang akan dibeli oleh para penUITIpang. "'.. ."'... . . . . . Tingkat Pendapat Konsumen Apabila pendapatan penUITIpang naik... . . :". .. Variasi tarif biaya tranpor • Variasi tarif biaya transpor yang ada dan ditawarkan oleh pelbagai ITIacaITI oda jasa m • transportasi d. . . :'.. . ..c.

. :"... .. .. .e. Page 20 . . :'. . Kecepatan Angkutan Pernilihan ini sangat berkaitan erat dengan faktor waktu yang dipunyai oleh penuITIpang. . . . atau untuk dapat memanfaatkan perbedaan harga ( antar pasar ) f. . . .. Kecepatan juga penting untuk barang-barang yang lekas busukl rusak. . Kualitas Pelayanan (Lihat penjelasan 0 ) ... .."'. "'.

.

dan sebagainya . Frekwensi • Semakin banyak frekwensi keberangkatan dan kedatangan dari suatu moda trasnpor..-: :'. "'. . Pelayanan Standar • Pelayanan standar ini antaranya adalah ketepatan jadwal pemberangkatan dan kedatangan. . . .."'. semakin konsumen mempunyai banyak pilihan. .. . ..1. Page 22 . diberinya snack selama dalam perjalanan. :". 2." . tempat khusus untuk istirahat dan lain -lain di terminal..

.

.

hal yang mempengaruhi antara lain: O.Page 25 .==-akan sangat berlainana dampak permintaannya terhadap tarifyang Rp. dapat potongan harga atau tidak. banyak atau tidak. tiket p.000. 500.Hal. 5000. dsb. o Tingkat absolute dari perubahan harga -+ 100/0 kenaikan atas tarifRp. 8 Pertimbangan Tenggang waktu (time period under consideration) -+ waktu yang dipunyai. Kepentingan perjalanan (trip purpose)-+ Leisure travel atau business travel.p. 8 Cara pembayaran (method of charging) -+ bisa kredit atau tidak.

.

Dengan dernikian kemungkinan letak industri adalah sebagai berikut: Page 27 .!l. maka biaya transpor akan merupakan faktor penentul pengendali ( controlling iaktor) dalam penentuan lokasi perusahaanl idnsutri yang bersangkutan. yaitu : a. Terkait tidaknya lokasi industri dengan biaya trasnpor pada dasarnya ditetapkan oleh 2 hal.• Biaya trasnportasi merupakan salah satu faktor untuk menentukanl okasi atau tempat dimana industril perusahaan akan didirikan. maka biaya transpor mungkin tidak berpengaruh terhadap pemilihan lokasi perusahaanl industri yang bersang~~t~. b. Apabila biaya transpor hanya merupakan komponen biaya yang kecil. Apabila biaya transpor merupakan komponen biaya yang cukup besar.

Page 28 . 2. dimana barang-barang tersebut akan dilemparl dipasarkan. Raw material Oriented Yaitu memilih lokasi di tempat dimana bahan baku tersedia.dimana barang akan dipasarkan. Indifference Yaitumemilih lokasi dimana saja diantara tempat dimanabahan mentah diperoleh dan tempat . Market Oriented Yaitu memilih lokasi ditempat atau di dekat pasar.LETAK INDUSTRI 1. 3.

Alfred Weber • Tiga kemungkinan loksi industri sehubungan dengan satu bahan mentah dengan satu pasar. Market Oriented: bahan-bahan mentah yang setelah diproses menjadi semakin ringan dari sebelumnya tau MIl < 1. Material index of Industry (MIl) adalah perbandingan antara berat bahan mentah dan berat hasil 'akhir :berat bahan mentah : berat hasil akhir. a. Raw Material Oriented: bahan-bahan mentah yang setelah diproses menjadi semakin berat (volumenya) setelah mengalami proses produksi atau MIl> 1. b. akan memilih lokasi di tempat tersedianya bahan mentah. c. Page 29 . bisanya memilih lokasi dekat dengan pasar dimana barang tersebut akan dijual. Indifference Oriented: bahan-bahan mentah yang setelah diolahl diproses tidak kehilangan berat akan memilih lokasi industri dimana saja diantara tempat tersedianya bahan mentah dengan pasar dimana hasil industri tersebut akan dipasar kan.