Baca Gali Alkitab

Baca Gali Alkitab (BGA) adalah sebuah metode membaca dan merenungkan Alkitab yang dikembangkan oleh Scripture Union Indonesia untuk menolong orang Kristen dalam ber-saat teduh (SaTe) setiap harinya.
Visi BGA: - Orang Kristen menyadari pentingnya memelihara persekutuan akrab dengan Tuhan, dan memiliki kebiasaan menggali isi Alkitab yang benar dalam saat teduhnya. - Warga gereja kenal sistem, metode dan beroleh sumber atau latihan yang membantu mereka menggali isi Alkitab. - Warga gereja kenal seluruh isi Alkitab dan segenap kebenarannya bagi hidup mereka. - Terbentuk jejaring pecinta Alkitab dalam gereja-gereja maupun antar gereja. Misi BGA: - Mengembangkan sistem dan metode BGA yang menolong warga gereja secara teratur menggali seluruh isi Alkitab dalam saat teduhnya. - Melakukan pembinaan-pembinaan yang menrampilkan dan mendorong orang termotivasi untuk membaca-gali-Alkitab secara teratur - Memfasilitasi pembentukan jejaring BGA, baik jejaring pembina maupun jejaring pembinaan - Menerbitkan Santapan Harian dan menjadikannya alat dan model dalam pembinaan-pembinaan BGA. Motivasi Baca-Gali Alkitab: 1. Metode BGA dikembangkan oleh PPA untuk menolong anak-anak Tuhan bersaat teduh yang baik dan nikmat. Metode ini menggunakan: pikiran, perasaan, dan kehendak diri kita yang berinteraksi dengan pikiran, perasaan, dan kehendak Allah yang dinyatakan dalam Firman-Nya. 2. Metode BGA mengajak anak-anak Tuhan membaca dan menggali Alkitab secara holistik, teratur-sistematis, dan berkesinambungan. 3. Alat bantu metode BGA adalah: a) buku catatan yang dibuat berkolom tiga supaya semua langkah dalam BGA bisa ditulis dengan baik. b) Santapan Harian sebagai pembanding hasil perenungan kita. c) buku-buku pelengkap untuk studi Alkitab yang lebih mendalam: Intisari Alkitab PL-PB, dll. 4. Metode BGA bila digunakan dengan baik untuk perikop Alkitab yang tidak terlalu panjang, memerlukan waktu kurang lebih 20 s/d 30 menit. Cocok untuk saat teduh. 5. Metode BGA bisa dipergunakan untuk kelompok PA, komsel, dan persiapan GSM, bahkan untuk membuat outline renungan/khotbah eksposisi. Petunjuk Praktis Bersaat-teduh (metode baca-gali Alkitab) Persiapkan diri: Fokuskan diri Anda; Sediakan waktu cukup; cari tempat khusus untuk bersekutu akrab dengan Allah melalui pembacaan firman-Nya. 1. Doa. Gapailah Roh dengan segenap hati dan keberadaan Anda dalam doa. Mohon pencerahan-Nya. 2. Baca. Allah ingin Anda menapak maju dengan panduan Alkitab. Tentu Roh Kudus akan membukan makna teks itu bagi Anda. Bacalah berulang kali sampai meresap. 3. Renungkan. Ajukan tiga pertanyaan secara berurutan untuk menggali teks yang dibaca.

kapan.Pertanyaan ketiga: Apa respons Anda? Adakah hal-hal spesifik apa dalam hidup Anda yang disoroti oleh pesan firman tersebut? Bila ada. di mana. Hal-hal apa saja atau siapa saja yang dipaparkan? Mengapa dan Bagaimana terjadinya? Apa kaitan dengan teks sebelumnya? .Pertanyaan pertama: Apa saja yang anda baca? Pertanyaan ini mengajak Anda mencermati apa saja yang terdapat dalam teks itu.Pertanyaan kedua: Apa pesan yang Anda dapat? Pertanyaan ini mengajak Anda menemukan pesan Allah untuk hidup Anda. siapa. 4. Anda perlu kuasa pemberdayaan Allah untuk menghayati pesan firman yang Anda dapatkan dan untuk membagikannya kepada orang lain. Catat semua temuan dari tiga pertanyaan perenungan tersebut. untuk rekan seiman dengan pergumulannya Mengakui dan meninggalkan dosa Kalau ada peringatan yang telah kulanggar Melakukan sesuatu Mewujudnyatakan perintah yang kudapat - Perintah Sesuatu yang dipesankan Tuhan kepadaku untuk dilakukan Peringatan Sesuatu yang dipesankan Tuhan kepadaku untuk tidak dilakukan Janji Janji bersyarat Janji tidak bersyarat Setting tempat & waktu Latar belakang peristiwa Tokoh-tokoh & interaksinya . Anda harus berespons bagaimana? Adakah syukur? Atau berdoa lebih lanjut? Adakah pengakuan dosa bila sudah melanggar larangan-Nya? atau Anda akan melakukan sesuatu sesuai perintah-Nya? Pikirkan dan putuskan respons Anda terhadap firman itu agar menjadi bagian dari hidup Anda. atau berdialog lebih lanjut dengan teks maupun dengan orang lain. mengapa. dipertajam. dan bagaimana) Apa bentuk teks ini: narasi/cerita? Puisi? Nubuat? Dst. apa yang Allah ingin saya pelajari? Adakah perintah untuk saya lakukan? Adakah larangan/peringatan yang tidak boleh saya langgar? Atau ada janji yang bisa saya pegang? Atau teladan untuk saya tiru? . Apa yang kubaca Jenis Teks dan sifatnya .menyajikan fakta/ informasi atau mengungkapkan perasaan Tema & tujuan teks ditulis Apa pesan yang kudapat Pelajaran Kebenaran rohani yang dipelajari Apa responsku Bersyukur Untuk janji yang aku terima dari Tuhan Untuk pelajaran rohani bagi hidup kita Berdoa Untuk tekad melakukan sesuatu. Bandingkan temuan Anda dengan Santapan Harian.narasi/ puisi/ nubuat/ surat/ hikmat . Tanyakan dari hati Anda: Dari apa yang saya baca. Ini bisa membuat Anda dilengkapi. Bandingkan. 5. Doa. Jenis pertanyaan adalah 5W+1H (apa.

tetapi tidak ada Yesus dalam hidup kita. . Saya minta ampun pada Tuhan dan bertekad tidak mengulanginya Melakukan sesuatu: Aku akan menomorsatukan Tuhan daripada hal-hal ini: ______________________ _____________________.Ringkasan teks/ parafrase Teladan Model hamba Tuhan.Mengikut Tuhan harus siap mengalami penganiyaan dan penolakan.Mengikut Tuhan tidak sia-sia. namun juga akan mengalami aniaya. yaitu tidak terikat pada kepemilikan duniawi. Pelajaran: . Sikap hidup yang patut dihindari Memegang janji Karena janji itu tidak selalu realisasinya saat ini.Melepas semua termasuk motivasi juga. Apa/Bagaimana/Mengapa: Petrus merespons pengajaran Yesus di nas sebelum ini mengenai ‘orang kaya sulit masuk ke Kerajaan Surga karena terikat dengan hartanya’. Mengakui dosa: Selama ini mengikut Tuhan tidak sungguh-sungguh. ada motivasi yang tidak tulus: _________________ _____________________. serta komentar/ pengajaran Yesus mengenai hal tersebut.Arti menerima balik lipat ganda: kepuasan/ kebermaknaan hidup. Contoh BGA Markus 10:28-31 Apa saja yang kubaca Apa pesan yang kudapat Apa responsku Bentuk: Cerita Tokoh: Yesus dan Petrus Kapan: Setelah percakapan Yesus dengan pemuda kaya. Yesus menjawab bahwa semua orang yang mengikut Yesus untuk memberitakan Injil dengan meninggalkan semuanya akan menerima balasannya lipat ganda. apa saja dalam hidup mengikut Yesus jauh melebihi kepuasan memiliki semua. Yesus menyimpulkan bahwa orang yang terdahulu menjadi terakhir. maka melepas semua demi Dia adalah sikap yang wajar.Tuhan menghargai pengurbananku demi mengikut Dia. yang terakhir terdahulu. Perintah/larangan: Lepaskan semua yang mengikatku selama ini dari sungguh-sungguh mengikut Tuhan: _________________ Janji: Orang yang mengikut Tuhan sungguh-sungguh akan menerima hidup kekal. Aku sepenuhnya milik Kristus. dengan pernyataan bahwa para murid sudah meninggalkan segala sesuatu demi mengikut Yesus. . Bersyukur: .Melepaskan semua demi ikut Yesus tidak sia-sia. umat Tuhan. . relasi. . tetapi mendapatkan hidup yang kekal. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful