DAFTAR JUDUL-JUDUL BUKU TENTANG MANAJEMEN KINERJA

1. KEY PERFORMANCE INDICATORS

Pengarang Penerbit Tahun terbit List Price

: David Parmenter : Elex Media Komputindo : Februari 2010 : Rp 52.800

Sinopsis KPI , yang sedang banyak dipakai di seluruh dunia, belum pernah di definisikan secara jelas sampai saat ini. Pihak manajemen sering mengacu pada pengukuran tertentu yang ditengarai sebagai KPI , yang bukan merupakan KPI yang sesungguhnya. Kurangnya pemahaman terhadap pengukuran kinerja menyebabkan monitor dan pelaporan terhadap ukuran kinerja menjadi tidak tepat guna. Yang sering menjadi korban adalah balanced scorecard , sebuah perangkat pintar yang hanya berfungsi apabila di dalamnya terdapat alat ukur yang tepat. Melalui pengkajian berbagai pengukuran yang telah mentransformasikan usaha, maka David Parmenter mengembangkan sebuah metodologi yang sangat sederhana namun sangat besar manfaatnya. Dikatakan bahwa Indikator Kinerja Utama adalah mata rantai yang hilang antara fungsi balanced scorecard temuan Robert Kaplan dan David Norton dengan kenyataan pengimplementasian ukuran kinerja di sebuah organisasi.

sesuai dengan perkembangan ilmu di bidang manajemen SDM yang semakin banyak menyoroti peranan kompetensi dalam meraih kesuksesan bisnis di lingkungan sebuah organisasi/perusahaan. secara selintas juga dibahas Balanced Scorcard sebagai suatu teori untuk mengukur kinerja organisasi/perusahaan.2. .000 Sinopsis Buku ini membahas pelaksanaan evaluasi kinerja dan peranannya sebagai sumber informasi dalam melaksanakan manajemen kinerja yang efektif dan efisien guna meningkatkan usaha mencapai tujuan operasional dan tujuan strategis sebuah organisasi/perusahaan. EVALUASI DAN MANAJEMEN KINERJA DI LINGKUNGAN PERUSAHAAN DAN INDUSTRI Pengarang Tahun terbit Penerbit List Price : Hadari Nawawi : Oktober 2006 : Gadjah Mada University Press : Rp 43. Sebagai pelengkap. buku ini juga memuat pembahasan tentang evaluasi berbasis kompetensi. Di samping uraian tentang evaluasi kinerja.

pemanfaatan hasil evaluasi kinerja serta tindak lanjut evaluasi kinerja. mulai dari pimpinan puncak hingga tenaga supervisi. tolok ukur kinerja. buku ini sangat penting untuk dipahami setiap pimpinan. MANAJEMEN DAN EVALUASI KINERJA Pengarang Tahun terbit Penerbit Harga : Payaman : 2005 : FE-UI : Rp 32. Dengan demikian.000 Sinopsis Buku ini memuat prinsip-prinsip manajemen kinerja dan evaluasi kinerja yang secara rinci menguraikan perencanaan kinerja. serta dapat menyusun rencana dan pembinaan kinerja untuk semua unit organisasi dan staf. . dan dengan demikian mereka dapat membangun dan meningkatkan karirnya. Buku ini juga perlu dipahami oleh semua staf dan karyawan instansi Pemerintah dan perusahaan. di instansi Pemerintah dan di perusahaan-perusahaan.3. pelaksanaan kinerja. supaya mereka dapat dengan mudah mengatasi kelemahan dan kekurangan mereka dalam melaksanakan tugas. Dengan memahami buku ini mereka dengan mudah dapat mendeteksi masalah kinerja unit organisasi dan kinerja bawahan mereka.

4. Di sisi lain juga mengemukakan adanya beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk keberhasilan kinerja. MANAJEMEN KINERJA Pengarang Tahun terbit Penerbit Harga : Wibowo : 2010 : Raja Grafindo Persada : Rp 75/650 Sinopsis Buku Manajemen Kinerja ini mencoba memberikan ilustrasi tentang bagaimana proses bekerjanya manajemen kinerja untuk mencapai tujuan organisasi. namun mempunyai prinsip dasar yang sama. . Meskipun implementasi manajemen kinerja di setiap organisasi dapat beragam.

the Baldrige Criteria. atau menggunakan pendekatan lainnya. MANAJEMEN KINERJA KORPORASI DAN ORGANISASI : PANDUAN PENYUSUNAN INDIKATOR Pengarang Tahun terbit Penerbit Harga : Dermawan Wibisono : 2011 : Erlangga : Rp. . Buku ini disusun untuk mewujudkan hal tersebut. buku ini niscaya cocok diterapkan dan dapat dijadikan sebagai referensi. the Perfor Prism. pemerintah. pelanggan. Apakah akan menyusun manajemen kinerja organisasi atau sistem usaha atas dasar perspektif the Balanced Score Card. dengan memahami indikator kinerja dan menyusun sistem manajemen kinerja yang bersifat kontekstual terhadap kebutuhan persaingan di alam global i Berdasarkan perspektif pemegang saham.5.000 Tidak banyak buku referensi di Indonesia dan karya putra Indonesia yang dapat dijadikan rujukan bagaimana membentuk organisasi menjadi yang terbaik serta dapat bersaing di level internasional. masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. kerangka kerja rancangan sendiri yang bersifat kontekstual bagi perusahaan. 75. niscaya pembaca buku ini dapat menyusun sendiri kinerja organisasinya agar menjadi unggul dan tidak perlu l tergantung pada para konsultan asing yang menerbangkan devisa untuk hal-hal yang tidak perlu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful