KARYA ILMIAH TANAMAN KACANG HIJAU

D I S U S U N OLEH : KELAS X. G KELOMPOK IV       Wiwit Wulandari Muh. Nur Imam Dj Syarafat Azis Andy Hardiansyah Indah Cahyani Nurul Atitah

KATA PENGANTAR Alhamdulillah dengan rasa syukur ke hadirat Allah SWT. Khususnya kepada ibu guru pembimbing dan rekan-rekan kami sangat menyadari bahwa dalam penyusunan makalah Biologi . Dan kami juga mengucapkan banyak terima kasih.Masih terdapat kekurangan-kekurangan Maka dari itu kami sangat mengharapkan saran maupun kritik dari ibu guru. yang telah memberikan rahmat dan hidahyahnya kepada kami. Atas saran dan kritiknya saya ucapkan banyak terima kasih Mamuju 17 september 2011 Penyusun . Kepada pihak-pihak yang telah membantu penyusunan makalah kami. Sehingga dengan anugrah serta kefadholan Allah-lah makalah Biologi ini telah selesai kami susun.

DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN A. B. Rumusan hipotesis BAB III METODE PENELITIAN A. Kesimpulan B. B. Saran DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN . C. Kajian dan hasil penelitian C. Deskripsi Data Interprestasi Data Uji Hipotesis Pembahasan BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. C. D. E. Variabel dan Devinisi Operasional Variabel Rancangan Penelitian Sasaran Penelitian (Populasi dan Sampel) Instrumen Instrumen (Alat dan Bahan) Rencana Analisis Data Jadwal penelitian BAB IV DATA DAN PEMBAHASAN A. B. D. F. Latar belakang masalah Rumusan masalah Tujuan penelitian Manfaat penelitian BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. G. D. C. Kajian teori B.

Latar Belakang Masalah Seperti kita ketahui bersama Pada saat sekarang ini . Apakah air kelapa berpengaruh pada pertumbuhan tanaman kacang hijau? C. TUJUAN PENELITIAN Untuk mengetahui pengaruh air kelapa apabila disiramkan pada tanaman kacanghijau D.dengan berkembangannya ilmu pengetahuan. dengan kemajuan biologi dan teknologi. MANFAAT PENELITIAN 1. maka saat ini kami membuat makalah agar kami dapat mengetahui lebih dalam.BAB 1 PENDAHULUAN A. B. Sebagai sumber ilmu baru bagi petani kacang hijau untuk mempercepat pertumbuhan kacang hijau 2. Para petani dahulu menanam kacang hijau secara tradisional. RUMUSAN MASALAH 1. para petani para petani sekarang telah mampu meningkatkan produksi kacang hijau dengan bibit unggul dengan pola pemupukan yang sesuai. Sebagai penemuan baru ntuk mempercepat pertumbuhan tanaman . maka semakin tinggi pula rasa ingin tahu seseorang terhadap apa yang terdapat di alam.

Sehingga perkecambahan biji kacang hijau dengan menggunakan air kelapa. Kajian Teori Berdasarkan pengamatan kami selama melaksanakan penelitian menggunakan biji kacang hijau.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Air kelapa digunakan dalam penelitian tersebut karena kami ingin mengetahui bagaimana laju pertumbuhan biji kacang hijau kalau menggunakan air kelapa dibandingkan air biasa.pada saat itu kami meneliti tentang pengaruh air kelapa pada perkecambahan biji kacang hijau waktu yang diperlukan pada proses perkecambahan adalah 7 hari. B. A. rumusan Hipotesis Berdasarkan pengalaman kami.terjadinya perkecambahan pada biji kacang hijau dengan menggunakan air kelapa waktu yang dibutuhkan adalah 7 hari. . KAJIAN DAN HASIL PENELITIAN HASIL PENELITIAN Dari hasil penelitian kami menemukan bahwa air kelapa dapat berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan kacang hijau.

.B. RUMUSAN HIPOTESIS .Air kelapa berpengaruh pada tumbuhan kacang hijau karena bisa mempercepat pertumbuhannya.

VARIABEL DAN DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL Variabel Bebas Penyiraman air kelapa pada tanaman kacang hijau. Rancangan Penelitian : Perlakuan di siram air biasa setiap hari dengan takaran 1 sloki Tanaman 2 : Perlakuan di siram air kelapa setiap 2 hari sekali dengan takaran 1 sloki Tanaman3 : Perlakuan di siram air kelapa setiap 4 hari sekali dengan takaran 1 sloki Tanaman 4 : Perlakuan di siram air kelapa setiap 6 hari sekali dengan takaran 1 sloki C. Operasional variabel Penyiraman dilakukan berbeda intuk setiap bolibeg Variabel terikat Pertumbuhan kacang hijau Operasional variabel Pengukuran kecambah dilakukan setiap hari. Sasaran Penelitian (Sasaran Penelitian) Penganti air biasa menjadi air kelapa pada tanaman kacang hijau yang mempengaruhi perkecambahan biji kacang hijau.BAB III METODE PENELITIAN A. - - - B. Tanaman1 .dengan target kurang dari 7 hari.

dan menanggapi tentang pengaruh air kelapa pada perkecambahan biji kacang hijau. Mencatat Setelah dilakukan pengamatan. Pelaksanaan Penelitian Setelah menyiapkan segala sesuatunya.Dalam penelitian ini kami menilai. air biasa. 4 buah gelas tempat pop ice d. Menyiapkan alat dan bahan Pada sesi ini kami akan menyiapkan peralatan dan bahan-bahan yang akan kami gunakan dalam penelitian ini. Sloki(tutup botol abc) E.D.meneliti. INSTRUMEN (Alat dan Bahan) a. Tanah secukupnya yang bercampur dengan pupuk kandang f. 3. 20 biji kacang hijau b.kami mencatat perkembangan-perkembangan yang terjadi pada biji kacang hijau yang tercantum pada tabel berikut : .selanjutnya adalah pelaksanaan penelitian yang akan dilakukan dalam kurun waktu 7 hari.kami mempersiapkan air kelapa. Kertas.Prosedur Pelaksanaan Penelitian Prosedur pelaksanaan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Air ke c. pulpen. 2. dan biji kacang hijau. dan penggaris e.

Dalaam penelitian ini waktu yang di perlukan adalah 7 hari.Data tersebut akan kami rata-rata sesuai dengan ketentuan.akan kami gunakan untuk menguji hipotesa kami.Jadwal penelitian Hari ke 1 : mencari alat dan bahan yang dibutuhkan dan mempersiapkan alat dan bahan Hari ke 2-3 Hari ke 4-5 Hari ke 6-7 : melakukan penelitian : analisis data : membuat laporan .Rencana Analisis Data Data di analisa setelah kurun waktu yang telah di tentukan.Setelah hasil anasilisa keluar.Hari ke Panjang Kecambah Diamati pukul 1 2 3 4 5 6 7 F. G.

Agar tidak mengganggu jumlah data dan variabel yang diamati. diartikan pada diferensiasi. Namun selama pengamatan berlangsung terlihat beberapa tanaman terserang hama pada minggu ke. yang mencerminkan pertambahan protoplasma. dalam arti terbatas.6 yang menyebabkan beberapa tanaman bagian daunnya dimakan dan ada pula yang menggerek batang. Pertumbuhan tanaman ditunjukkan oleh pertambahan ukuran dan berat kering yang tidak dapat balik (Harjadi. Perkembangan. 1988). bagian tanaman yang terserang hama dalam laporan ini kami masukkan setiap terjadi pertambahan variabel pertumbuhan tanpa mengurangi jumlah tanaman yang terserang hama. jumlah daun. Pertumbuhan Tanaman Pertumbuhan. Maksudnya setiap bagian tanaman yang terserang hama tetap dihitung untuk minggu selanjutnya. luas daun. Serangan hama ini umumnya pada saat praktikum disebabkan oleh belalang. Namun kami bersyukur tidak ada tanaman yang sampai mati. jumlah polong tanaman kacang hijau. mencerminkan bertambahnya protoplasma.BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil Pengamatan Dari hasil pengamatan selama 7 hari dalm praktikum dasar-dasar organisasi ini telah didapat data mengenai parameter pengamatan tinggi. Kesemua data tersebut disajikan dalam tabel Pembahasan Selama pengamatan berlangsung terlihat pertumbuhan tanaman mempunyai vigor yang baik. Oleh sebab itu diakukan pengendalian dengan cara kimiawi yaitu menggunakan insektisida jenis Curacron 250 ml. menunjuk pada perambahan ukuran yang tidak dapat balik. suatu perubahan dalam tingkat lebih tinggi yang menyangkut spesialisasi dan organisasi secara anatomi dan fisiologi. .

Pada parameter pengamatan jumlah polong pun. Hal ini diduga karena unsur N berperan pertumbuhan dan reproduksi tanaman.17. Hal ini sesuai dengan pendapat Nyakpa (1988) bahwa bilamana terjadi kekurangan unsur hara N maka pada tanaman akan terjadi penghentian proses pertumbuhan dan reproduksi sedangkan bila jumlahnya cukup tersedia akan membantu dalam proses pertumbuhan organ vegetatif pada umumnya. Sedangkan pada luas daun tertinggi dihasilkan pada perlakuan kontrol dengan populasi satu tanaman yaitu sebesar 256. Hal ini diduga bhwa tanah yang mengandung unsur N yang cukup akan membantu dalam proses pembentukan polong pada tanaman kacang-kacangan.Dalam praktikum ini didapatkan data pengamatan tinggi tanaman kacang hijau yang paling tinggi pada perlakuan NPK 1 (diberi NPK dengan populasi satu tanaman) dengan nomor polybag 3 yaitu sebesar 46 cm. Demikian juga dengan jumlah daun yang terbanyak dimilki oleh perlakuan NPK 1 yaitu sebanyak 7 helai daun. Hal ini sesuai dengan pendapat Harjadi (1988) bahwa pada jumlah poulasi yang terlalu banyak dan jarak tanam yang rapat akan terjadi persaingan dalam pemanfaatan sumberdaya yang ada seperti unsur hara. sedangkan panjamg batang terendah didapat pada perlakuan NPK 3 (pemberian NPK dengan 3 populasi) yaitu sebesar 31. karena pertumbuhannya tidak dapat berlangsung tanpa N. Nitrogen harus tersedia di dalam tanaman sebelum terbentuknya sel-sel baru. 1988) bahwa nitrogen mepunyai peranan agronomik dalam peningkatan hasil panen. sinar matahari. jumlah polong terbanyak dihasilkan dari perlakuan NPK 1 sebanyak 5 buah. air dan sebagainya (pemanfaatan sumberdaya). Hal ini diduga karena jumlah populasi yang banyak dalam polybag akan mempengaruhi dalam perebutan unsur hara. air sinar dan matahari. misal peningkatan jumlah polong pada tanaman kacangkacangan. Hal ini sesuai dengan pendapat (Nyakpa. .89 cm2. Meski menghasilkan luas daun yang terbesar tapi pada kontrol tidak mampu menhasilkan jumlah polong yang banyak.

berwarna pucat. daunnya kecil. batang menuju arah datangnya cahaya. Tanaman yang terkena cahaya melalui celah-celah pertumbuhannya lumayan cepat. tidak kokoh. batang tidak kokoh. batang tegak. daunnya lebih lebar & tebal. daunnya pucat. . batang melengkung. Juga peralatan yang lebih komplit dan modern. berwarna hijau. kokoh. Cahaya merupakan faktor eksternal atau luar yang mempengaruhi pertumbuhan & perkembangan pada tumbuhan. Saran Sebaiknya percobaan dilakukan dalam waktu yang lebih lama agar terlihat lebih jelas dan lebih detail dalam menyimpulkan perbedaan antara tumbuhan yang disiram air kelapa dan yang disiram air biasa. tipis. berwarna hijau.BAB V Kesimpulan Hasil Percobaan menunjukan bahwa : Tanaman yang terkena cahaya matahari secara langsung pertumbuhannya lebih lambat. daunnya sedang. Tanaman yang tidak terkena cahaya matahari pertumbuhannya lebih cepat & mempunyai batang yang lebih tinggi.

Daftar Pustaka .