RINGKASAN SEJARAH PERADABAN ROMAWI KUNO Romawi ialah peradaban dunia yang letaknya terpusat di kota Roma masa

kini. Peradaban Romawi dikembangkan Suku Latia yang menetap di lembah Sungai Tiber. Suku Latia menamakan tempat tinggal mereka ‘Latium’. Latium merupakan kawasan lembah pegunungan yang tanahnya baik untuk pertanian. Penduduk Latium kemudian disebut bangsa Latin. Pada mulanya, di daerah Latium inilah bangsa Latin hidup dan berkembang serta menghasilkan peradaban yang tinggi nilainya. Kota Roma yang menjadi pusat kebudayaan mereka terletak di muara sungai Tiber. Waktu berdirinya Kota Roma yang yang terletak di lembah Sungai Tiber tidak diketahui secara pasti. Legenda menyebut bahwa Roma didirikan dua bersaudara keturunan Aenas dari Yunani, Remus dan Romulus. “Menurut berita2 lama, Roma didirikan oleh Remus dan Romulus pada tahun 750. Remus dan Romulus ini anak Rhea silva, turunan Aenas –seorang pahlawan Troya jang dapat melarikan diri waktu Troya dikalahkan dan dibakar oleh bangsa Jujani” Orang-orang Romawi memiliki kepercayaan terhadap dewa-dewa, seperti orangorang di Yunani. Hanya saja dewa-dewa di romawi berbeda dengan di Yunani. Dewa-dewa yang dipercayai oleh orang-orang Romawi antara lain : 1. Jupiter (raja dewa-dewa) 2. Yuno (dewi rumah tangga) 3. Minerus (dewi pengetahuan) 4. Venus (dewi kecantikan) 5. Mars (dewa perang) 6. Neptenus (dewa laut) 7. Diana (dewi perburuan) 8. Bacchus (dewa anggur) Roma berhasil menundukkan bangsa-bangsa yang tinggal disekitarnya satu persatu, baik dengan jalan kekrasan maupun jalan damai. Hingga akhirnya Roma berhasil menguasai seluruh Italia Tengah. Sebelum itu, sekira tahun 492, Daerah Latium sebagai tempat berdirinya kota Roma dikuasai oleh kerajaan Etruskia, yang terletak disebelah utaranya sampai pada tahun 500 SM. Pada tahun 500 SM bangsa Latium memberontak terhadap kerajaan Etruskia dan berhasil memerdekaan diri serta mendirikan negara sendiri yang berbentuk republik. Maka sejak itu, Roma menjadi republik dan kepala negaranya disebut konsul yang dipilih setiap tahun sekali. Konsul selain menjadi penguasa negara juga ketua senat dan panglima besar.

Bangsa Romawi yang semula petani, setelah mengalahkan penguasa Etruskia kemudian menjadi bangsa penguasa besar dengan manaklukan wilayah yang luasa sampai ke Laut Tengah. Bangsa yang semula petani ini kemudian menjadi masyarakat kapitalis dan materialis. Selain sebagai bangsa yang suka dengan perang bangsa Romawi juga mengumpulkan kekayaan sebagai modal usaha. Mereka membali ladang- ladang dan kemudian penggarapannya dilakukan oleh para budak yang didatangkan dari daerah-daerah jajahan. Penguasa Gayus Julius Caesar meluaskan wilayahnya sampai ke Jerman, Belgia, Belanda dan bahkan sampai menyebrangi selat Calis ke Inggris. Selain sebagai penguasa mutlak Julius Caesar juga mengembangkan kalender baru yang disebut kalender Julian. Kelender ini terus dipakai sampai kemudian diperbaharui oleh Gregorius yang kemudian dikenal dengan dengan kalender Gregorius. Julius Caesar dibunuh oleh Brutus dan Casinus yang menginginkan suatu pemerintahan berbentuk Republik. Akan tetapi, cita-cita kedua orang itu tidak berhasil dan tetap mempertahankan sistem pemerintahan diktator. Anak angkat Julius Caesar bernama Oktvaianus kemudian dapat menguasai Romawi kembali dan berkuasa secara diktator. Dalam kekuasaannya, Oktavianus banyak dikelilingi orang-orang pandai sehingga ia dapat berkuasa cukup lama. Oleh senat Oktavianus diberi gelar “Augustus” yang artinya “Yang Maha Mulia”. Dengan stabilitas pemerintahan pada masa Kaisar Octavianus maka mulailah bidang kebudayaan mendapat perhatian. Kebudayaan Romawi mendapat unsur-unsur pokok dari kebudayaan Etrusia dan Yunani. Hal ini berarti kebudayaan Romawi merupakan hasil perpaduan dari kebudayaan yunani dan Etrusia, tanapa ada unsur-unsur dari kebudayaan romawi sendiri. Pada masa Octavianus, orang-orang Romawi melihat sesuatu dari sudut kegunaannya. Pandangan hidup bangsa Romawi ini memberikan warna pada kehidupan agama. Tepatlah apa yang diungkapkan oleh Cicero, bahwa agama bagi mereka bukan untuk mendidik manusia kepada kebajikan, melainkan manusia sehat dan kaya. Dengan pandangan hidup yang praktis ini menjadi ciri utama orang-orang Romawi. Dalam lapangan ilmu pengetahuan, bangsa Romawi bukanlah pencipta teori- teori, tetapi pelaksana teori yang telah ada sejak zaman Yunani. Dengan ini mata rantai jang seakan-akan putus dalam perkembangan ilmu pengetahuan menjadi tumbuh kembali. Bila sarjana Yunani adalah ahli teori, maka sarjana Romawi adalah ahli praktek. Masa Octavianus merupakan masa penyempurnaan seni dan budaya Romawi. Pengaruh budaya Yunani mulai masuk dengan kuatnya sejak tahun 146 SM bersamaan dengan usaha bangsa Romawi melakukan penaklukan di Laut Tengah.

Selama kekuasaan Romawi, seni Romawi disebarkan ke Eropa dan sekitar Laut Tengah. Seni Romawi sebenarnya merupakan pencampuran dua unsur seni budaya, yaitu Romawi yang merupakan daerah kekuasaan Etruskia dan seni Yunani. Pada hekakatnya budaya ini bukan berasal dari rakyat biasa melinkan dari golongan bangsawan. Golongan seniman besar, seperti yang terdapat di Yunani di Roma tidak ada. Justru bangsa Romawi mendatangkan seniman-seniman dari Yunani. Oleh karena itu, pengaruh Yunani di Romawi sangat kuat. Politik maupun seni dan budaya Roma di bawah bangsa Etruskia. Dengan begitu seni Romawi pada dasarnya adalah pencampuran unsur-unsur budaya Etruskia dan Yunani yang kemudian menjadi seni budaya baru. Orang Romawi senang menciptakan sesuatu secara besar-besaran karena mereka suka sesuatu yang megah, mewah, dan monumental, serta menarik perhatian. Semua hasil karya budaya terutama karya seni rupa, baik berupa seni bangunan, seni patung atau relief, maupun seni lukisnya dibuat serba besr, megah, dan penuh hiasan. Orang-orang Romawi menciptakan karya teknik bangunan yang menggumkan, seperti bangunan saluran air (aquaduct), jembatan, gedung besar untuk balai pertemuan dan pasar, bangunan untuk olahraga dan pentas seni (thermen, theater, amphitheater). Selain bangunan diatas, juga terdapat banguan kuil untuk persemayam dewa. Orang Romawi melanjutkan pengetahuan orang Yunani antara lain bangunan dengan kontruksi lengkung untuk membuat ruanganruangan menjadi luas. Bangunan atap kubah untuk pertama kali diciptakan kurang lebih tahun 30 SM untuk bangunan Thermae di Baaie. Mereka juga membangun bangunan umum seperti jalan raya. Jalan raya yang terkenal adalah jalan Via Apia. Rumah-rumah dewa atau kuil yang dibangun memiliki ukuran besar. Kuil-kuil yang berukuran besar tersebut antara lain Tempel Jupiter (abad ke-6 SM), Appolo dan Venus di Roma. Untuk setiap bangunan kuil tersebut di gunakan tinga-tiang penyangga. Batang tiang penyanggga atap menggunakan menggunakan kepala tiang dengan ciri- ciri Yunanni seperti Doria, Ionia, dan Korinthia. Bangsa Romawi juga ahli dalam pembuatan patung terutama patung setangah dada atau potret. Bentuk wajah dibuat dengan sangat teliti, sedangkan tubuh dan lainnya lebih sederhana. Kecakapan membuat patung ini berhubungan dengan kebiasaan keluarga-keluarga terkemuka bangsa Romawi yang senang membuat patung nenek moyang dalam jumlah banyak dan sangat teliti. Biasanya patung nenak moyang disimpan di rumah dan ditempatkan dalam satu ruangan khusus yang disebut Atrium. Atrium ini juga dilengkapi dengan altar.

Orang-orang Romawi dalam membuat patung memiliki kebiasaan yang sama dengan bangsa Yunani. Dalam membuat patung, orang-orang Romawi selalu mematungkan tokoh-tokoh penguasa, tokoh-tokoh politik, dan cendikiawan. Banyak sekali tokoh penguasa, tokoh politik dan cendikiawan yang dijadikan sebagai latar dalam membuat patung seperti wajah tokoh Julius Caesar, Agustus, Tuchidides, Demostenes, Caracalla, dan lainnya. Gambar wajah para tokoh ini selain dipatungkan juga dilukiskan pada mata uang logam. Bangsa Romawi juga senang pada keindahan rumahnya. Dinding bagian dalam rumah dihias dengan lukisan untuk memberikan kesan luas. Kegiatan memperindah dinding ini biasa pada dinding rumah dengan cara melukis pemandangan alam dan bangunan-bangunan rumah yang seolah-olah terlihat dari jendela. Kegiatan melukis pada dinding-dinding rumah yang dilakukan oleh orang-orang Romawi ternyata meniru kebiasaan bangsa Yunani. Dengan demikian melukis Cara melukis yang dilakukan oleh orang Romawi memdapat pengaruh basar dari Yunani. Dari seni melukis pada dinding ini banyak ditemukan peninggalan-peninggalan yang merupakan hasil kebudayaan masyarakat Romawi. Salah satu dari sekian banyak peninggalan kebudayaan ini adalah peninggalan lukisan didinding rumah yang terdapat di Pompeii. Peninggalan lainnya terdapat di Roma yang menggambarkan pengantin perempuan dan teman-temannya sedang mempersiapkan upacara perkawinan. Selain pada dinding rumah, seni lukis juga ditemukan pada mangkuk, jambangan, piring dan tempat bunga. Bangsa Romawi yang senang membuat bangunan monumental menyebabkan bangsa ini kaya dengan hasil-hasil bangunan berupa monumen dan kuil. Monumen yang dibuat oleh bangsa romawi berupa pintu gerbang kemenangan atau tiang kemenangan. Bangunan monumen ini digunaakn untuk memperingati suatu peristiwa sejarah. Pada banguan monumen itu diberi relief yang menggambarkan peristiwa kemenangan. Peninggalan seni monumen ini terdapat di Roma dan dibeberapa daerah jajahan Romawi. Perubahan ketatanegaraan Romawi dari republik ke bentuk kekaisaran tidak mengendurkan semangat dan perkembangan budaya orang-orang Roma untuk mendirikan bangunan berupa bangunan monumental. Hanya saja, apabila pada masa republik pendukung seni budaya dilakukan oleh para bangsawan. Namun, setelah menjadi kekaisaran, yang mendukung seni budaya adalah golongan istana. Sejak kaisar Agustus, seni budaya elbih cenderung mejadi seni kuna yang berkiblat pada Yunani. Setiap kaisar yang berkuasa di Romawi selalu meninggalkan seni budaya beruapa bangunan monumen. Kebiasaan yang dilakukan oleh kiasar-kaisar ini dilakukan sebagai sarana untuk menunjukan jasanya kepada negara. Maka sejak kiasar-kaisar ini berkuasa, banyak sekali didirikan bangunan besar dan megah dengan menggunakan bahan dari marmer.

Peninggalan seni bangunan Romawi pada masa kekaisaran ini jumlah sangat banyak. Banguan-banguan monmen tersebut antara lain: 1. Kuil Zeus yang didirikan di Olympia. 2. Kuil Jupiter Heliopalitanus di ba’albek (syria) 3. Pantheon merupakan sebuah kuil yang kemudian digunakan untuk gereja. 4. Mousoleum di Roma yang didirikan pada tahun 175 SM. Mousoleum merupakan bangunan yang berupa makam yang indah. Pada sisi dalam ruang Mousoleum dihiasai ddengan berbagai ornamen yang indah. 5. Teater di Pompeii, solona, dan Asperados. 6. Amphiteater Amphpiteater merupakan perpaduan dua buah teater yang dipergunakan untuk pertunjukan mengadu benteng dan untuk perkelahian gladiator, tempat duduk penonton berkeliling, semakin kebelakang semakin tinggi. Amphipater pada masa kaisar Vespasianus (695 SM) dipergunakan untuk peragaan perang-perangan seperti di laut bebas dan Circus (sirkus), tempat untuk berpacu kuda yang menarik kereta beroda dua. 7. Thermen Merupakan tempat pemandian dengan ruang-ruang mandi berair panah, berair hangat dan dingin. 8. Bangunan istana 9. Gerbang kemenengan 10. Tiang kemenangan Pada masa Gothik (100 – 1400 M), kebudayaan Romawi tidak dapat dipisahkan dari perkembangan agama kristen. Agama kristen atau Nasrani sebenarnya telah berkembang sejak jaman pemerintahan Tiberius. Agama ini disiarkan oleh Yesus (Isa) dari nazareth, yang dilahirkan di Palestina. Agama Kristen ini berbeda dengan kepercayaan rakyat Romawi yang poltheis. Agama Nasrani memiliki kepercayaan monoteis. Dengan pertimbangan-pertimbangan politik dan kemanan negara, Tiberius menjatuhkan hukuman mati kepada Yesus pada tahun 33. Tetapi kematian Yesus ini tidak berarti agama Kristen lenyap dari kehiduapan masyarakat Romawi, malahan sebaliknya. Setelah Yesus atau Nabi Isa disalib dibukit Gologota, agama kristen berkembang sampai Mesir, Syria, Asia Kecil, dan ke Roma. Hampir selama tiga abad para pengikut agama Kristen dalam ketakutan dan dikejar-kejar oleh penguasa Roma. Pada tahun 395 agama kristen ditetapkan sebagai agama negara. Dari masyarakat

Perkembangan selanjutnya adalah bagunan gereja dengan menara lonceng pada bad ke-6. Periode Gothik seni Kristen mengalami hambatan-hambatan yang disebabkan oleh perpindahan pemerintahan dari Konsatantinopel ke Byzantium. Kekaisaran romawi mengalami perpecahan menjadi Romawi Barat dan Romawi Timur. kemudian berkembang kebiasaan masyarakat untuk menghiasi dinding dengan motif jaman kuno. Contoh seni bangunan pada masa gereja adalah bangunan gereja St. Ketika gereja mengalami kemerdekaan kembali pada abad ke-4.Novella di Feirence. kemudian agama kristen dijadikan agama resmi. Dari seringnya diadakan perkumpulan. Kemudian dalam masyarakat Romawi pada masa Gothik ini selalu melakukan kebiasaan untuk berkumpul di ruangan terowongan dengan tujuan mengadakan kegiatan agama. Romawi Barat mengalami keruntuhan tahun 335 M. mulailah perkembangan seni banguan gereja.organisasi yang ada di Imperium Romanum (penguasa Roma). Seni bangunan pada bangunan gereja adalah bangunan geraja dengan denah memusat dan berkubah serta menggunakan denah memanjang atau basilika dengan langit-langit datar atau dengan lengkung silang. Bagi mereka yang erpenting adalah dapat mengungkapkan arti dan ide melalui lukisan dan sebagai bakti mereka kepada agama kristen.Andrea di Mantua dan gereja St. Karya seni kristen awal ini anatara lain lukisanlukisan kristus sebagai “gembala yang baik”.pemeluknya lambat laun timbul suatu bentuk kelompok kegerejaan yang disusun menurut organisasi. kemudian tergeser oleh perkembangan motif-motif modern atau baru. para arsitek membangun gereja dengan menggunakan konsep dasar seni bangunan basilika bangsa Romawi. yaitu suatu bangunan untuk pertemuanpertemuan umum berbentuk persegi panjang. justru “seniman-seniman” Katakomba ini menjadi pelopor seni nonrelistik pada abad pertengahan. Motif-motif yang baru ini biasanya berbentuk manusia dan binatang yang digambarkan secara simbolik untuk kepentingan agama kristen. Sejak saat itulah lahir seni Katakomba yang meruapakn tanda lahirnya seni kristen awal. Katakomba sendiri merupakan kuburan-kuburan bawah tanah. di Roma sendiri secara sembunyi-sembunyi berkembang seni Katamba. Kaisaran Kekaisaran Romawi (Latin: IMPERIVM ROMANVM atau Imperium Romanum) adalah sebuah . Ketika penguasa Roma masih memusuhi para pengikut agam kristen. Namun. Pada umumnya yang mengembangkan seni Katakomba ini adalah bukan seniman. Pada masa itu. Motifmotif klasik yang digambar dalam dinding-dinding terowongan ini.

Perang ini berakhir dengan direbutnya kota Kartago oleh Romawi pada tahun 146 SM. 6. pemberontakan kekuatan militer. dan ketidak puasan terhadap dewan Senat sebagai pusat pemerintahan. Bagian selanjutnya akan menguraikan peristiwa-peristiwa besar (Major Event) yang terjadi selama Kekaisaran Romawi berdiri.284) 5 Penyebaran Agama Kristen di Romawi 6 Pembagian Kekaisaran Romawi (395) 6. ketika itu : Caesar. 2. 8. Pompei (106-48 SM). Pompei dan Crassus) sebagai pemimpin militer. perlu waktu 500 tahun bagi pemerintah Romawi untuk meneguhkan kekuasaannya hingga melewati semenanjung Italia. Kekuasaan yang dimiliki Julius Caesar didapatkannya ketika ia masih menjabat sebagai salah satu anggota Triumvirat (sebuah dewan pemerintahan yang terdiri atas tiga serangkai. Akibatnya. 2. yang menandai permulaan dari dominasi pemerintahan Romawi di Eropa. 3. 5. Sejak dikalahkannya Kartago.3 Theodosius I. Walaupun kota Roma telah berdiri sejak tahun 753 SM. korupsi. yang terus berkuasa dengan kekuasaan tertinggi selama enam abad berikutnya. 1. 6. 1 Pembubaran Republik Romawi (50 SM) 2 Kelahiran Kekaisaran Romawi (30 SM) 3 Tahun empat kaisar (69 Masehi) 4 Krisis Pada Abad ke-3 (253 . keduanya berperang dalam sebuah peperangan yang disebut Perang Punic (264-241 SM).1 Pembagian Wilayah oleh Diocletian (305). Pada saat itulah ia memulai rencananya untuk merebut daerah luas di utara eropa yang dikuasai bangsa Galia dengan dukungan sahabatnya. Dalam proses memperluas kekuasaannya. Suatu kondisi politik yang kacau di sebuah republik . 4. Daftar isi [sembunyikan] 1. sekitar satu abad sebelum Caesar lahir. 7.2 Tetrachy (Empat Pemimpin)(285 – 324) 6.entitas politik yang pernah berkuasa di Italia saat ini dengan Roma sebagai pusat pemerintahannya. 3. Ia memerintah Republik Romawi beberapa tahun setelah penaklukan kekuatan terakhir bangsa galia di bukit alesia. hingga kematian tragisnya di sidang senat pada 44 SM. Republik Roma dipenuhi dengan perang saudara. Kaisar Terakhir (395) 7 Pertempuran Adrianople (378) 8 Lihat pula [sunting] Pembubaran Republik Romawi (50 SM) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Republik Romawi Julius Caesar dikenang sebagai kaisar Romawi paling sempurna (walaupun Roma masih merupakan sebuah republik semasa hidupnya dan jabatan kaisar belum dibentuk hingga ia meninggal). Romawi berbenturan dengan Kartago (pemerintahan yang didirikan tahun 814 SM oleh bangsa Fenisia).

Dari utara. Keadaan tersebut memaksa Caesar untuk melakukan Kudeta dan mengabaikan hukum pemerintahan republik itu. . ia menggulingkan pemerintahan republik (walaupun harus melakukan kudeta dan berperang melawan teman seperjuangannya. Tatkala Caesar baru mulai memerintah. Kemenangan Julius Caesar menjadikannya sebagai penguasa Roma dengan kekuasaan mutlak. masalah-masalah besar pun turut diwariskan sang paman. Caesar bersama tentaranya menyerang dan merebut kota Roma dari tangan Senat. Dengan berdirinya Triumvirat. Roma adalah penguasa utama di Laut Tengah. [sunting] Kelahiran Kekaisaran Romawi (30 SM) Kaisar Augustus.yang berkuasa di laut tengah. hal tersebut sangat disesali oleh Caesar). Pada waktu kematiannya. beberapa masalah mampu ditangani.dan tentu saja. Namun kemenangan Caesar dianggap ancaman terhadap republik oleh sebagian anggota Senat. Pompeius magnus) dan menciptakan jabatan yang menurut faktanya adalah seorang kaisar. sejarah Eropa. Roma juga menjadi pemerintahan adikuasa yang pertama di Eropa-atau boleh jadi di seluruh dunia (dengan pengecualian Persia dibawah Cyrus dan Macedonia dibawah Alexander). Ia terus memerintah sampai tewas dibunuh oleh sekelompok orang yang masih mendukung republik pada tahun 44 SM. Namun bukan hanya jabatan besar. Julius Caesar mengubah perjalanan sejarah Roma . ia digantikan oleh kemenakannya yang bernama Octavianus. Kaisar pertama sekaligus pendiri Kekaisaran Romawi Setelah Julius Caesar tewas. Di Roma sendiri. Ia mendesak perbatasan Romawi sampai ke daratan Inggris (Brittania) sehingga lebih dari separuh benua eropa berada di bawah kekuasaan Republik Roma. mengalahkan Pompei dan mengejarnya sampai ke Mesir (dimana yang ia dapatkan hanya kepala Pompei yg tersisa akibat pembunuhan yang dilakukan persekongkolan di mesir. yang dijadikan jabatan resmi oleh kemenakannya Octavianus (63 SM-14 Masehi) ketika ia memegang kekuasaan setelah kematian pamannya. Di tangan Julius Caesar bangsa romawi mulai mewujudkan mimpinya untuk menyerang timur laut dan utara eropa. bahkan Pompei ikut mendukung Senat untuk melawan Caesar. walaupun Caesar menyadari bahwa sistem republik sudah tidak layak dipertahankan.

setelah para pembunuh Julius Caesar berhasil ditangkap dan dihancurkan. Namun sekali lagi. Periode perang saudara ini sendiri dianggap menjadi awal catatan hitam dalam sejarah Kekaisaran Romawi. dan hiperinflasi terjadi dalam waktu yang bersamaan dan terus menerus. bahkan timbul kabar angin bahwa ia akan menghadiahkan kota Roma (yang dikuasai Octavianus) kepada Cleopatra. sahabat seperjuangan Julius Caesar ini mulai berpindah pihak. Oleh karenanya. dengan Octavianus di Eropa. sebagai hadiah. Di Mesir. Kedua belah pihak berhadapan muka di Pertempuran Actium Pada tahun 31 SM. termasuk Imperator dan Kaisar Augustus (Augustus Caesar). ia menjadi berang dan mendeklarasikan perang melawan Anthony. Kekaisaran dihadapkan pada sebuah krisis dimana serangan bangsa bar-bar. seorang ratu yang di masa sebelumnya juga pernah memiliki skandal percintaan dengan Caesar. Cleopatra sendiri adalah pemimpin terakhir dari dinasti terakhir mesir (ptolemy). kedamaian. Perlahan tapi pasti. Markus Antonius mengawali pemerintahannya di kota kosmopolitan Alexandria. Antara bulan Juni 68 hingga bulan Desember 69. Pada pertempuran itu. perang saudara. Kekaisaran Romawi mengalami periode dimana perluasan daerah. Tepatnya tahun 27 SM. Ia menetapkan ketiga anaknya sebagai penggantinya dan sering kali ia menghadiahi istrinya dengan benda-benda yang mahal. Dengan pendeklarasian ini. Triumvirat sepakat untuk membagi kekuasaan secara geografis. resmi berdiri. pemerintahan Triumvirat ini tidak cukup berhasil. Vitellius digantikan Vespasian.284) Setelah Augustus mendeklarasikan berakhirnya perang saudara pada abad ke-1 Sebelum Masehi. meletuslah suatu perang saudara di Kekaisaran Romawi (perang saudara pertama sejak kematian Antonius pada tahun 30 SM). yang hampir menyebabkan runtuhnya Kekaisaran Romawi. Lepidus di Afrika dan Antonius di Mesir. dan kemakmurah ekonomi terasa diseluruh penjuru Kekaisaran (Pax Romana). [sunting] Tahun empat kaisar (69 Masehi) Setelah Kasiar Nero meninggal karena bunuh diri pada tahun 68. puncak dari dominasi politik yang dibangun selama 7 abad. Octavianus mendeklarasikan dirinya sebagai kaisar romawi dengan berbagai gelar baru. . karena akibat yang ditimbulkannya berimplikasi besar pada kestabilan politik dan militer Roma saat itu. Octavianus juga harus membongkar skandal pembunuhan caesar yang dilakukan oleh sebuah sindikat persekongkolan yang dipimpin Gaius Cassius dan Markus Yunius Brutus. maka Kekaisaran Romawi. Namun pada abad ke-tiga. disanalah ia bertemu Cleopatra (69-30 SM) yang kemudian ia nikahi (walau besar kemungkinan keduanya pernah bertemu di saat Caesar masih hidup). Ketika kabar angin itu merebak dan terdengar oleh Octavianus. masa yang dikenal juga dengan sebutan Tahun empat Kaisar (Year of the four emperors). penguasa pertama dari dinasti Flavian). Galba digantikan Otho. ia sepakat untuk memimpin sebuah Triumvirat (sebuah dewan pemerintahan yang terdiri atas tiga serangkai) bersama-sama Marcus Lepidus (?-13 SM) dan Marcus Antonius (83-30 SM). [sunting] Krisis Pada Abad ke-3 (253 . pasukan Anthony berhasil di desak dan di kalahkan (Anthony dan Cleopatra kemudian mengakhiri hidup mereka dengan bunuh diri pada tahun 30 SM). Otho digantikan Vitellius. sehingga menimbulkan banyak masalah termasuk kisah percintaan Markus Antonius dengan ratu mesir Cleopatra di kemudian hari. Kaisar Romawi berganti hingga 3 kali dalam satu tahun (Nero digantikan Galba.selain mendapat banyak perlawanan dari saingan-saingannya. Kita tinggalkan dulu Cleopatra.

ia sempat menjadi penengah dalam sebuah perselisihan serius mengenai doktrin antara golongan barat dan timur dalam Gereja. kekuasaan akan diserahkan kepada anak sang kaisar. Bahkan. memberitakan agama yang baru itu ke seluruh wilayah Kekaisaran dan bahkan sampai ke Roma. Pada abad ke-3 ini. perintis penyebaran agama Kristen. periode ini dianggap berakhir setelah Diocletian berkuasa. mereka menjadikan Roma sebagai pusat gerakan mereka. di mana pun terwujud. Petrus (?-67 Masehi). keadaan ini berubah ketika Constantinus (280-337 Masehi). Di bawah kepemimpinannya. atau dikenal juga dengan sebutan Konstantin I Pada saat inilah.284 (biasa disebut Kaisar-Militer (Soldier-Emperor). agama Kristen mulai tumbuh dan berkembang di Roma. ditindas atau dijadikan umpan singa di arena sirkus. Agama Kristen bermula dari Timur Tengah dan menyebar hingga ke Yunani dan Mesir. Mereka dibunuh. Mereka mengkhawatirkan agama ini akan memecahbelah persatuan bangsa Romawi. agama yang awalnya ditentang ini. berkuasa. Konstantin yang agung. Meskipun demikian. Hingga suatu ketika. Namun pada perkembangan selanjutnya. Hal ini menyebabkan kekacauan saat pergantian kekaisaran pada abad ke-1 dan ke-2. namun saat itu Augustus tidak memiliki anak). kini dikenal sebagai Paulus. puncak kekaisaran dipimpin sekurang-kurangnya 25 Kaisar antara tahun 235 . kekaisaran Romawi menjadi kekaisaran terbesar di dunia yang telah dikenal ketika itu. Kebanyakan dari 25 kaisar ini tewas dibunuh atau terbunuh dalam konflik abad ke-3 ini. kedatangan agama baru ini bisa ditoleransi oleh orang Romawi. Roma yang berbentuk kekaisaran telah berkembang dengan pesatnya. orang Romawi mulai khawatir akan penyebaran agama Kristen yang begitu cepatnya. Maka dimulailah pembantaian terhadap orang-orang yang memeluk agama Kristen. Tidak seperti agamaagama sebelumnya. agama Kristen secara aktif mempertobatkan mereka yang belum percaya. [sunting] Penyebaran Agama Kristen di Romawi Kurang lebih tiga abad setelah kematian Kaisar Augustus (wafat pada tahun 14 Masehi). mulai diterima dan bahkan dikembangkan. namun biasanya kekacauan yang terjadi tidak berlangsung lama. yang memeluk agama Kristen. Para utusan Injil Kristen terutama murid Yesus. bersama-sama Saulus dari Tarsus (5-67 Masehi). Dengan wilayah yang luas dan kekuatan militer yang tak terkalahkan. yang diwariskan dari generasi ke generasi sebagai ciri-ciri budaya suatu bangsa. Pada awalnya.Kekacauan ini sala satunya disebabkan karena tidak adanya suatu sistem yang jelas yang mengatur tentang pergantian kekuasaan (succesion) sejak Augustus meninggal tanpa menunjuk penerus Kekaisaran (normalnya. Ia . masa yang biasa disebut Pax Romana. gerakan-gerakan bawah tanah orang Kristen tetap aktif menyebarkan agama.

Constantinus mengambil sejumlah langkah untuk menyelamatkan orang Kristen dari kehancuran. agama tersebut mulai tersebar bahkan menjadi dominan di seluruh Eropa (karena ketika itu. Romawi menguasai hampir seluruh daratan Eropa). Di sana perbedaan-perbedaan di antara mereka diselesaikan. baik sebagai akibat penganiayaan eksternal ataupun perselisihan internal. [sunting] Pembagian Kekaisaran Romawi (395) Pembagian Kekaisaran Romawi yang tunggal menjadi dua (Kekaisaran Romawi Barat dan Kekaisaran Romawi Timur) terjadi sekitar tahun 395 setelah kematian Thedosius I. dan menyebut pemimpinnya dengan sebutan Augustus 1. Diocletian melihat bahwa Kekaisaran Romawi tidak akan bisa bertahan jika dipimpin oleh satu pemerintahan saja. Visigoth. Kaisar Romawi ketika itu. kekaisaran Romawi pada saat itu tetap menjadi suatu Kekaisaran tunggal. pemisahan menjadi Kekaisaran Romawi Barat dan Kekaisaran Romawi Timur terjadi pada masa kepemimpinan Theodisius I. sahabat karib Diocletian. maka ia pun membagi Kekaisaran menjadi dua pada sekitar daerah timur Italia (lihat). sebagai Augustus wilayah Wilayah Timur 1. Walaupun begitu. kesulitan ini di antaranya : 1. Karena jasa-jasanya itulah. Selanjutnya. Pengakuan Iman Nicea. Diocletian mulai mengalami kesulitan-kesulitan yang serius dalam menjalankan pemerintahannya diatas daerah yang sangat luas. Vandal dan Frank. yang naskahnya dibuat pada konferensi tersebut. Daerah yang terlalu luas mengakibatkan koordinasi pusat dengan daerah lainnya terhambat. Kekaisaran Romawi Bagian Barat dengan Diocletian sebagai Augustus bagi Wilayah Barat Kekaisaran Romawi Bagian Timur dengan Maximian. [sunting] Pembagian Wilayah oleh Diocletian (305). perlu waktu berbulan-bulan agar maklumat atau hukum dari pusat pemerintahan samapai ke daerah terpencil. Ia juga menetapkan agama Kristen sebagai agama negara di seluruh pemerintahan Kekaisaran Romawi. Pembagian kekuasaan ini dilakukan melalui serangkaian peristiwa yang saling terkait. 2. menetapkan keyakinankeyakinan Kristen yang mendasar yang dapat disepakati kedua golongan.mengundang para uskup yang mewakili kedua golongan itu untuk menghadiri sebuah Konsili Nicea tahun 325 Masehi. Daerah yang terlalu luas itu juga mengakibatkan rendahnya pengawasan dan penjagaan dari serangan bangsa lain seperti Goth. [sunting] Tetrachy (Empat Pemimpin)(285 – 324) .

pengangkatan Maxentius ini didukung oleh pasukan Praetorian. Konstitusi ini disebut Tetrachy dalam ilmu pemerintahan modern. menggantikan Augustus masing-masing dan mengangkat Caesar Baru. maka diadakanlah Kongres Carnuntum yang dihadiri oleh Diocletian. Akhirnya. dari barat ataupun timur.Diocletian. Roma dihadapkan pada sebuah revolusi yang menginkan Maxentius anak Maximian. Akhirnya dia memproklamirkan dirinya kembali sebagai Augustus pada tanggal 1 Mei 310. and Galerius. Pada awalnya. Vicarius (semacam Gubernur) dari Provinsi Afrika memproklamirkan diri sebagai Augustus pada 308. Galerius menjadi Caesar dibawah Dioclotian dan Constantius Chlorus dibawah Maximian. Diikuti oleh Maximian yang memproklamairkan dirinya. Keadaan semakin rumit ketika Domitius Alexander. Melihat perkembangan ini. Penurunan kekuasaan pun berlangsung dengan damai. anak Maximian sekaligus kakak kandung Maxentius. Constantine dan Severus). Constantine. 1. Pada tahun 293 masingmasing Augustus memilih kaisar muda yang disebut Caesar (bedakan antara Kaisar (Emperor) dengan Caesar) sebagai pembantu urusan administratif dan sebagai penerus Kekaisaran jika mereka meninggal. Maximian. ada 6 orang Augustus di Kekaisaran Romawi yaitu : Maximinus. 1. Hal ini menyebabkan Kekaisaran memiliki 5 pemimpin: Empat Augustus (Galerius. sebagai Augustus. Pasukan Constantius di daerah Eboracum segera mengangkat Constantine. menjadi Augustus. namun jabatannya di turunkan menjadi Caesar di Kekaisaran Romawi Bagian Barat Licinius menggantikan Maximian sebagai Augustus di Kekaisaran Romawi Wilayah Barat Namun masalah terus berlanjut. Setiap Caesar. Namun hal ini tidak disetujui oleh Galerius dan Severus. Namun ia (Maximian) tewas dibunuh oleh menantu-nya sendiri. menjadi Augustus (akhirnya ia menjadi Augustus pada tanggal 28 Oktober 306). Maximinus menuntut agar gelarnya sebagai Augustus dikembalikan. Maximian. pencetus pemisahan wilayah Romawi. Keduanya (Maximinus dan Maxentius) pun berusaha memikat Constantine untuk bekerjasama dengan cara menjodohkan Constantine dengan Fausta. Galerius juga memutuskan untuk mengangkat Severus menjadi Augustus. Kongres ini menghasilkan keputusan antara lain : 1. . kepemimpinannya dianggap ilegal Constantine mendapat pengakuan. 1. Berbeda dengan yang lainnya. Galerius menjadi Augustus di Kekaisaran Romawi Wilayah Timur Maximinus menjadi Caesar di Kekaisaran Romawi Wilayah Timur Maximian Dipecat Maxentius tidak diakui. Serverus terbunuh di tangan Maxentius pada tanggal 16 September 307. Maxitius. 1. dan Constantius mengangkat Flavius Valerius Severus sebagai Caesar nya. sehingga menimbulkan perang saudara di daerah Italia. Galerius. Ketika ketidakpuasan merajalela. anak Constantius. Setelah wilayah Kekaisaran Romawi dibagi menjadi dua wilayah. 1. bersebelahan dengan anaknya Maxentius (sehingga secara total. sistem ini cukup berhasil mencegah kehancuran Kekaisaran Roma. Dan pada bulan agustus di tahun yang sama. Maximian juga memproklamirkan dirinya sebagai Augustus. Namun keadaan berubah ketika Constantius Chlorus meninggal pada tanggal 25 Juli 306. Severus dan Maxentius) dan seorang Caesar (Maximinus) Dan pada tahun 307. Constantine. Galerius mengangkat keponakannya Maximinus. untuk yang ketiga kalinya.

Cilicia. Pada bulan Agustus 313. menjadikan Constantine sebagai penguasa tunggal di seluruh Kekaisaran Romawi. kekuasaannya dibagi kepada dua anaknya Arcadius dan Honorius. [sunting] Theodosius I. dalam koin Romawi. Pertempuran di Jembatan Milvian. Ia memutuskan memindahkan pusat pemerintahan ke Kota kuno Byzantium dan mengubah namanya menjadi Nova Roma (namun dikemudian hari. yang telah membunuh ayahnya (Maximian adalah ayah kandung Maxentius). Ia tewas dalam suatu pertempuran melawan Constantine. Aelia Flacilla. Dari istri keduanya. Augusti yang tersisa (Licius dan Constantine) akhirnya sepakat membagi 2 wilayah Kekaisaran Romawi. dari istri pertamanya. Galerius tewas pada bulan Mei 311 meninggalkan Maximinus sebagai penguasa tunggal Kekaisaran Romawi Wilayah Timur. seseorang yang kemudian menjadi Kaisar di Kekaisaran Romawi Barat.pada bulan Juli 310. peperangan antara dua Augusti yang tersisa terjadi. Samapai pada tahun 324. kota Constantine). Constantine di Kekaisaran Romawi Bagian Barat. Kemudian Constantine memutuskan bahwa Kekaisaran yang hampir musnah ini. kota ini dikenal dengan Constantinople. Putri dan istrinya pertamanya kemudian tewas pada tahun 385. dan Licinius. Setelah kematiannya pada tahun 395. Disaat bersamaan. dengan ibukota . Maximinus. pada tanggal 28 Oktober 312. dan Lucius di Kekaisaran Romawi Bagian Timur. Licinius kemudian menikahi Constantia. adik Constantine. Constantineople terus menjadi pusat pemerintahan Constantine yang agung sampai kematiannya pada tanggal 22 Mei 337. membutuhkan ibukota baru sebagai pusat pemerintahan. dia mendapatkan seorang putri. Theodosius I menggantikan dia. dan Licinius) dan seorang Augustus ilegal (Maxentius) Galerius. ibu dari Valentinian III. Akibat kematian Maxentius. untuk mengikat persahabatan dengan Constantine. Peperangan ini berakhir dengan kekalahan Lucius. Kekaisaran Romawi masih dipimpin oleh 4 Augustus resmi (Galerius. Kaisar Terakhir (395) Pada tahun 392. Maximinus. Pembagian kekuasaan ini berlangsung selama sepuluh tahun. Constantine. Galla. Pada akhir tahun 310. Maximinus tewas di daerah Tarsus. Namun peperangan itu menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Galla Placidia. Arcadius menjadi penguasa Kekaisaran Romawi Timur. Valentinian tewas di Vienne. Constantine. seperti yang dilakukan oleh Diocletian. Augusti (kata jamak dari Augustus) hanya bersisa 3 orang. memerintah seluruh Kekaisaran Romawi. Maxentius mendeklarasikan perang terhadap Constantine. Theodosius mempunyai dua putra (Arcadius dan Honorius) dan seorang putri bernama Pulcheria.

Pembagian ini dianggap sebagai akhir dari Kekaisaran Romawi yang Tunggal. kebanyakan berasal dari suku Visigoths dan Ostrogoths) dipimpin oleh Fritigern. [sunting] Pertempuran Adrianople (378) Artikel utama untuk bagian ini adalah: Pertempuran Adrianople (378) Pertempuran Adrianople (9 Agustus 378) adalah pertempuran antara Tentara Romawi yang dipimpin Kaisar Valens dan suku Jerman (Germanic Tribes. Pendahuluan Bangsa Romawi berasal dari masyarakat Agrikultur-militer. dan Honorius menjadi penguasa di Barat. dengan ibukota Milan. Pertempuran terjadi di daerah Adrianople dan berakhir dengan kekalahan telak Kekaisaran Romawi.Konstantinopel. Pertempuran ini mengakibatkan tewasnya Kaisar Valens. Bangsa/kaum petani yang suka berperang dan berekspansi ke .

perlu waktu 500 tahun bagi pemerintah Romawi untuk meneguhkan kekuasaannya hingga melewati semenanjung Italia. l Kekaisaran Romawi mempunyai wilayah kekuasaan yang menyebar dan berkembang (ekspansif) di sekitar daratan Spanyol. Walaupun kota Roma telah berdiri sejak tahun 753 SM. . Kebudayaan Romawi berawal dan seni Eropa Barat yang diambil secara komprehensif. Inggris hingga Mesir l Kerajaan Romawi merupakan suatu ne. Armenia.gara yang digolongkan sebagai “statesmanship” yaitu bangsa yang memiliki kemampuan sebagai negarawan l Bangsa Romawi bisa dianggap sebagai penyebar dan pelestari peninggalan kebudayaan klasik l Dengan kekuasaan yang bertumpu pada kekaisaran (IMPERIUM ROMANIUM) Kekaisaran Romawi Kekaisaran Romawi (Latin: IMPERIVM ROMANVM atau Imperium Romanum) adalah sebuah entitas politik sangat besar yang pernah ada.sekitar Laut Tengah. Eropa Utara dan Barat serta sebagian Asia dan Afrika.

Romawi berbenturan dengan Kartago (pemerintahan yang didirikan tahun 814 SM oleh bangsa Fenisia). Romawi Kuno adalah sebuah peradaban yang tumbuh dari negara-kota Roma didirikan di Semenanjung Italia di sekitar abad ke-9 SM. yang terus berkuasa dengan kekuasaan tertinggi selama enam abad berikutnya. kebudayaan Romawi berubah dari sebuah monarki ke sebuah republik oligarki sampai ke kekaisaran yang luas.2 Romawi Kuno berpusat di Forum Romawi ini. akhirnya pecah menjadi kerajaan merdeka pada abad ke-5. Akibatnya. dan Italia. termasuk Hispania. disebut sebagai Kekaisaran Romawi Timur setelah tahun 476. keduanya berperang dalam sebuah peperangan yang disebut Perang Punic (264-241 SM). Gaul. kekaisaran timur. Namun beberapa faktor menyebabkan kemerosotannya. Sebelah barat kekaisaran. diatur dari Konstantinopel. Perang ini berakhir dengan direbutnya kota Kartago oleh Romawi pada tahun 146 SM. yang menandai permulaan dari dominasi pemerintahan Romawi di Eropa. Selama keberadaanya selama 12 abad. tanggal tradisional “kejatuhan Romawi” dan kelanjutannya Zaman .1 Kekaisaran Romawi pada puncak kejayaannya (117 Masehi) Dalam proses memperluas kekuasaannya.Gambar 1. Gambar 1. Dia datang untuk mendominasi Eropa Barat dan wilayah sekitar di sekitar Laut Tengah melalui penaklukan dan asimilasi.

Gambar 1.3 Puing kota Pompeii .Peradaban Romawi seringkali dikelompokan sebagai “klasik antik” bersama dengan Yunani kuno. Pompeii adalah sebuah kota zaman Romawi kuno yang telah menjadi puing dekat kota Napoli dan sekarang berada di wilayah Campania. Italia. dan bahasa dalam dunia Barat.600 tahun sebelum ditemukan kembali dengan tidak sengaja. Romawi Kuno menyumbangkan banyak kepada pengembangan hukum. literatur. perang. Debu letusan gunung Vesuvius menimbun kota Pompeii dengan segala isinya sedalam beberapa kaki menyebabkan kota ini hilang selama 1. sebuah peradaban yang menginspirasikan banyak budaya Romawi Kuno. dan sejarahnya terus memiliki pengaruh besar dalam dunia sekarang ini. Pompeii hancur oleh letusan gunung Vesuvius pada 79 M.Pertengahan. arsitektur. seni. Semenjak itu penggalian kembali kota ini memberikan pemandangan yang luar biasa terinci mengenai kehidupan sebuah kota di puncak kejayaan Kekaisaran Romawi. Saat ini kota Pompeii merupakan salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di utara adalah Pegunungan Alpen.Lokasinya strategis di kawasan Laut Tengah yang cocok untuk perdagangan 2. Kehidupan Masyarakat Romawi Perkembangan Romawi dipengaruhi oleh keadaan geografisnya.Aman dari serbuan bangsa asing karena terlindung oleh alam.Gambar 1.4 Peta Romawi Kuno Peradaban Romawi Kuno A.contoh: 1. Di selatan . di timur adalah Laut Adriatik dan Laut Ionia.

Beberapa lama kemudian keturunan Aeneas yang bernama Rhea Silva yang diusir oleh pamannya yang bernama Amulius telah melahirkan bayi kembar bernama Remus dan Romulus. Kemudian puteranya yangbernama Ascanius pindah ke pedalaman dan mendirikan kota Alba Longa. Pemukim yang paling awal adalah Suku Liguria kemudian berdatangan Suku Umbria.Oleh Amulius kedua bayi tersebut diperintahkan untuk dibuang di sungai Tiber. Untuk mengabadikan kisah tersebut dibuatlah patung perunggu berbentuk seekor serigala sedang .Iklim yang nyaman dan tanah yang subur untuk kegiatan pertanian.Siapakah cikal bakal bangsa Romawi yang mendirikan pemerintahan di Roma? Sumbersejarah yang dapat digunakan adalah legenda karya Vergellius yang berjudul “Aeneis”. Keduabayi tersebut dirawat oleh serigala sampai ditemukan oleh seorang penggembala dan diasuhnya. sehingga keadaannya aman dan terlindung.adalahLaut Sicilia dan di barat adalah Laut Tirenia serta Laut Liguri. Setelah itu datanglah Suku Etruska dari Asia Kecil lalu orang-orang Kartago dan Yunani yang mendirikan koloninya di Italia Selatan. 4. 3.Roma dibangun di atas tujuh bukit di tepi sungai Tiber. Latin dan Samnite yang kemungkinan berasal dari EropaTengah. Orang-orang Italia awal terdiri dari banyak suku yang masingmasing mempunyai bahasa dan kebudayaan sendiri. Setelah dewasa mereka mendirikan kota Roma. Namun Romulus membunuh Remus dalam pertengkaran mereka sehingga Romulus menjadi penguasa tunggal dikota tersebut yang dinamai Roma. Kitab tersebut mengisahkan seorang pelarian dari Troya yang dikalahkan oleh Yunani dalam perang Troya bernama Aeneas ke negeri Latin di Italia.

Gambar 1.menyusui bayi kembar yang dapat Anda lihat gambarnya dibawah ini. Dari legenda tersebut dapat memperjelas uraian mengenai kedatangan bangsa asing misalnya bangsa Etruska dari padang rumput sekitar Laut Kaspia yang kemudian melakukan percampuran darah dengan penduduk yang lebih dahulu mendiami Italia.5 Italia pada abad 6 SM. .

Dari Asia Barat didatangkan permadani. kertas dan binatang buas. Dari Mesir diimpor gading.Gambar 1. Hubungan dagang dijalani dengan bangsa-bangsa di sekitar Laut Tengah bahkan pada masa Kaisar Octavianus Agustus hubungan dagang meluas sampai ke negeri Cina melalui jalur perdagangan yang disebut “Silk Road” (jalan sutera). batu permata. katun dan mutiara dari India. garam dan ikan. Sedangkan barang impor antara lain sutera dari Cina. . dan kayu serta minuman sejenis anggur.6 Bayi Kembar sedang menyusu Serigala Seperti sudah diuraikan di atas. barang-barang dari besi dan perunggu. rempahrempah dari Indonesia. Mereka mengekspor keramik. masyarakat Romawi hidup dari sektor pertanian serta perdagangan dan pelayaran.

1. Raja-raja Romawi ini berasal dari keturunan pendatang yaitu bangsa Etruska yang memerintah penduduk asli sebelumnya yaitu suku bangsa Latin. Sikap inilah yang menghantar Romawi menuju kejayaannya. kesetiaan serta melakukan apa yang perlu dikerjakan dengan kedisiplinan.Bangsa Romawi juga memiliki kemampuan yang tinggi dalam pengolahan logam. tehnik lengkung (Arch) serta tehnik pengeringan rawa yang diproses dari Suku Etruska. Bangsa Romawi mewarisi kebajikan dari leluhurnya seperti kekuatan. Terjadilah pemberontakan penduduk Roma yang berhasil menggulingkan raja Tarquin yang sombong . keuletan. Sistem Pemerintahan Romawi 1. B. Kerajaan (Monarkhi) 750 SM-500 SM Pada mulanya Romawi berbentuk kerajaan (Monarkhi)dengan rajanya yang pertama adalah Romulus. Meskipun di bidang ekonomi kerajaan Roma mengalami perkembangan namun bangsa Latin merasa tidak senang terhadap penguasa asing yang mengenakan undang-undang militer kepada mereka. penggunaan batu untuk bangunan. ketekunan.

Orang-orang dari golongan patricia memegang kedudukan dalam lembaga-lembaga politik yaitu Konsul.sebagai raja terakhir Romawi pada tahun 509 SM dipimpin oleh Lucius Junius Brutus. 500 SM-27 SM Pada masa Republik Romawi pembagian penduduk didasarkan atas dua golongan yaitu: Patricia dan Plebea. Mereka negara secara tidak penuh. namun masih memiliki beberapa hak politik dan hak untuk mengumpulkan kekayaan. sedangkan Plebea berasal dari bahasa Latin “plebs” yang berarti orang banyak. Patricia berasal dari bahasa Latin “patres” yang berarti ayah. Republik Romawi. Masing-masing lembaga politik tersebut dapat Anda pelajari rinciannya sebagai berikut: a. Golongan patricia dianggap sebagai warga negara secara penuh. 2. Patricia berasal dari kalangan pemilik tanah yang luas atau orang yang secara turun temurun sudah merupakan kelas aristrokat (bangsawan). Senat dan Majelis atau Asembly.Konsul: .

merupakan jabatan pemegang eksekutif untuk masa jabatan satu tahun. Diktator pada jaman Republik Romawi menjaga kekuasaan secara konstitusional dalam waktu pendek paling lama 6 bulan b. Konsul tunduk pada senat. Senat : adalah Dewan yang anggotanya hanya terdiri dari orang-orang patricia. perang dengan persetujuan senat. berjumlah sekitar 300 orang. Konsul berjumlah 2 orang. berasal dari mantan pejabat konsul. Dari uraian di atas jelas bahwa Senat memiliki pengaruh yang sangat besar di Romawi. . Masing-masing konsul memiliki hak saling memveto sehingga keputusan penting harus didukung oleh kedua orang tersebut. Senat juga memiliki hak veto terhadap keputusan Majelis. konsul dapat menyerahkan kekuasaan hanya ketangan satu orang yang disebut “diktator” yang pengertiannya sangat berbeda dengan diktator jaman sekarang.

Tugas Majelis adalah : . Dalam perkembangan kemudian untuk memberikan kesempatan yang sama bagi golongan plebea duduk dalam lembaga-lembaga pemerintahan dibuatlah undang-undang pertama Roma yang tertulis tahun 449 SM.c.memilih para konsul dan pejabat-pejabat yang lain.menyetujui atau menolak perundang-undangan yang diajukan oleh konsul dan senat. Pada awal pemerintahan Republik Roma merupakan suatu Oligarkhi karena yang menduduki posisi penting dalam pemerintahan adalah sekelompok kecil orang-orang dari golongan patricia. Yang dikenal sebagai “Dua Belas Tabel” . . Majelis : adalah lembaga yang anggotanya berasal dari golongan patricia maupun plebea.

equites : para pedagang dan pengusaha .optimat : terdiri dari bangsawan dan rakyat biasa yang kaya . yang tidak mempunyai hak .poletar : warga negara Roma yang hanya memiliki dirinya sendiri 30 Selama masa Republik apakah wilayah Romawi bertambah luas? Dapat Anda pastikan wilayah Romawi semakin luas. .Susunan masyarakat setelah bersatunya golongan bangsawan dan masyarakat biasa adalah sebagai berikut : . Untuk memperkuat pertahanannya selain Romawi mengembangkan pemerintahan yang teratur juga meningkatkan angkatan perangnya.budak : tawanan perang.populus : rakyat biasa yang memiliki suara di Dewan Rakyat .

Unit angkatan perang dikenal dengan nama Legiun yang terdiri dari 3600 prajurit. Ekspansi yang dilakukan oleh Romawi adalah sebagai berikut: 1. . . 2.Perang Phunicia I tahun (264 – 241SM) Romawi menang dan memperoleh Sicilia Barat sebagai penghasil gandum. Sampai dengan tahun 265 SM. Terlibat perang Phunicia yang berlangsung sampai 3 kali. .Republik Roma mewajibkan seluruh warganya masuk dinas ketentaraan.Perang Phunicia II (218 – 201 SM). Legiun dibagi menjadi kelompok kecil antara 60 hingga 120 orang yang disebut Maniple (secara hurufiah berarti segenggam). Sebab perang Phuniciaadalah permintaan raja Syracuse dari Sicilia terhadap Roma untuk membantu menghadapi expansi Kartago. Romawi berhasil menduduki Jazirah Apenina termasuk koloni Yunani.

3. Setelah berhasil menaklukkan daratan di sekitar Laut Tengah maka bangsa Romawii menganggap Laut Tengah sebagai miliknya.Perang Phunicia III (149 – 146 SM). bahkan pasukan Romawi yang dipimpin oleh Scipio berhasil menyerbu Afrika Utara. Walaupun demikian Hannibal gagal menaklukkan Romawi. b. Pasukan Romawi dapat menghancurkan Kartago setelah senator Romawi yang bernama Cato berpidato “Delenda est Carthago ”(Karthago harus dihancurkan). Ia berusaha memperbaiki nasib para petani melalui Land reform (pembaharuan hak pemilikan tanah) namun gagal dan terbunuh. Laut Tengah disebut Marenostrum atau Laut Kita. Ia melanjutkan tindakan Land reform namun . Tiberius Gracchus (163 – 133 SM). Bangunan-banguna dihancurkan rata dengan tanah dan wilayah kekuasaannya dijadikan wilayah kekuasaan Romawi. Pada awal kedua SM. Romawi dapat mengalahkan Macedonia dan Syiria.Pasukan Kartago dipimpin oleh Hannibal mengerahkan kekuatannya untuk masuk ke Italia melalui Spanyol dan Pegunungan Alpen. Negarawan-negarawan Romawi tersebut antara lain: a. Hannibal juga meminta bantuan Suku Gaul untuk memperkuat pasukannya. . Pada tahun 201 SM Kartago tunduk kepada Roma dan menyerahkan daerah jajahannya di Spanyol kepada Roma. Gayus Gracchus (153 – 121 SM).

Sulla (83 – 79 SM).juga tewas ditangan musuh. Semasa pemerintahannya. . c. d. e. ia banyak memihak senat. Crussus dan Yulius Caesar. Untuk mengenal tokoh Yulius Caesar. Dari ketiga tokoh tersebut akhirnya Yulius Caesar tamoil sebagai penguasa tunggal. Marius (155 – 86 SM) yang berkuasa secara otokratis namun gagal dalam memperbaiki kehidupan politik. Trium Vurat I (Tiga Serangkai) yaitu Pompeyus. amatilah gambar di bawah ini. Ia memerintah sebagai diktator selama 4 tahun.

8 Penyerangan benteng Tentara Romawi diatas menara sedang menghujankan serangan kepada orang-orang Galia yang sedang di tekan di bawahnya.Catatan menarik yang perlu Anda ketahui mengenai tokoh Yulius Caesar adalah: mengalahkan bangsa Galia di Perancis Selatan. Gambar 1.kemudian dibukukan dengan judul “Oe Belo Gallica”. Sumber Rome and Vatican Sebagai gambaran mengenai peperangan melawan bangsa Galia perhatikan gambar di bawah ini: Gambar 1.7 Patung Julius Caesar. .

Sumber : Roma Masa Kekaisaran Gambar 1.9 Onager-Onager atau Ketapel untuk melemparkan karung batu kecil. Vici artinya: saya datang. .Memperbaharui kalender Romawi sehingga disebut Kalender Julian yang hitungannya setahun ada 365 hari serta dikenal tahun kabisat sepertikalender sekarang. suatu bom pecah gaya Romawi.Dalam peperangannya di Asia Kecil. saya melihat dan saya menang. ia mengirim pesan yang terkenal ke Roma yang berbunyi Veni. .Kelahiran Yulius Caesar adalah melalui operasi sehingga persalinan dengan operasi kini disebut operasi caesar. . Vidi. Sumber : Roma masa kekaisaran .

Hal ini menimbulkan kemarahan Octavianus sehingga terjadilah peperangan. Kedua pasukan bertemu di Teluk Actium (Italia Selatan) yang dimenangkan oleh Octavianus. Situasi Romawi sepeninggal Yulius Caesar : Kematian Yulius Caesar menyebabkan kekacauan di Romawi. Mesir mempunyai kedudukan yang strategis antara lain sebagai gudang gandum untuk Roma. . Leppidus di Afrika Utara.Ketiga tokoh tersebut segera membagi kekuasaan. Muncullah tigaserangkai yang kedua terdiri dari Octavianus (anak angkat Yulius Caesar) dengan Lepidus dan Antonius. Octavianus menguasai wilayah barat yang berkedudukan di Roma sedangkan Antonius menguasai wilayah timur yang berkedudukan di Mesir yang saat itu diperintah oleh ratu Cleopatra. 3. Kekaisaran Romawi 27 SM-395 Kekaisaran Romawi dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu. Antonius terpikat dan menikahi Cleopatra yang mempunyai keinginan yang sama untuk membebaskan Mesir dari kekuasaan Republik Romawi. Antonius dan Cleopatra kembali ke Mesir dan bunuh diri.Keberhasilan Yulius Caesar sebagai penguasa Roma menimbulkan iri hati para musuhnya antara lain Brutus dan Cassius yang membunuh Yulius Caesar tahun 14 SM.

Masa pax Romana (Inperium Romawi) dari tahun 27 SM sampai dengan tahun 180 M Antara tahun 180-395 Kekaisaran Romawi mengalami masa Kemunduran. Pontifex Maximus artinya kepala agama bahkan kemudian dianggap sebagai dewa. Octavianus menjadi orang terkuat di Romawi. Ia memperoleh beberapa gelar yaitu: augustus artinya maha mulia. Octavianus Augustus (27 SM – 14 SM) Setelah mengalahkan Antonius. Sebagai perbandingan. maksudnya seluruh wilayah yang dikuasai oleh imperium Romawi tunduk di bawah pemerintah Romawi yang kuat. Imperium Romawi mengalami masa kejayaan yang diperintah oleh 16 orang kaisar mulai dari kaisar Oktavianus Agustus sampai Marcus Aurelius. Pax Romana berarti perdamaian dibawah pemerintahan Romawi. Ajaran . Imperator artinya panglima tertinggi. Belanda selama menjajah Indonesia pernah memperaktekan istilah Pax Neer landica di Indonesia (Hindia Belanda). Pada masa Pax Romana. Oleh senat ia diangkat menjadi kaisar yang pertama. Princep Civitas artinya warga kota yang utama. Kaisar Augustus memerintah secara diktator namun disegani oleh rakyatnya. Pada masa pemerintahannya lahirlah Nabi Isa (Yesus Kristus) di Judea sebagai salah satu propinsi/daerah jajahan Romawi. a.

Kota Roma dibangun sangat megah. Pemerintahannya maju pesat sehingga disebut jaman keemasan Romawi.Kristen kemudian menyebar ke Roma dan pengaruhnya besar sekali terhadap peradaban Eropa. Dalam bidang pemerintahan. .peresmian lembaga adopsi (pengangkatan) sebagai pewaris kekayaan. hubungan dagang yang luas bahkan sampai ke Cina melalui jalan sutera (silk road). .mengadakan konsolidasi pemerintahan. . tindakan kaisar Octavianus yang penting adalah : .menghilangkan kekuasaan Senat. b. Tiberius (14 – 37 ): merupakan anak tiri yang sekaligus menantu kaisar Augustus. dan .memberikan subsidi bagi warga negara yang kawin secara syah. .membangun administrasi yang tersentralisasir dan efektif.

Ia membakar kota Roma namundituduhkan orang-orang kristen sebagai pelakunya sebagai alasan untuk menganiaya mereka. e. Otho (69) . f. Nero (54. Caligun (37 – 41 ): dianggap kaisar sinting karena mengangkat kuda kesayangannya menjadi konsul.68): merupakan kaisar yang kejam. Ia tega membunuhibunya. saudaranya. istrinya. Claudius (41-54): menempatkan Inggris selatan dibawah pengawasan Romawi. Ia memperkenalkan adat istiadat kesusasteraan dan bahasa latin sehingga berpengaruh bagi kebudayaan Inggris. bahkan gurunya bernama Seneca. Galba (68 – 69) g.c. d.

ayahnya untuk menggempur Yerusalem dan mengusir bangsa Yahudi keluar dari negerinya. Vittellius (69) i. j. Pada masa pemerintahannya meletuslah Gunung Vesuvius yang menghancurkan kota Pompeii. Ia menuntut dirinya disembah sebagai dewa. Domitianus (81 – 96). Nerva (96-98) m. Imperium Romawi pada masa Trayanus memiliki wilayah terluas meliputi: sebelah . ia diperintah oleh Vespasianus. berhasil menguasai Inggris dan Scotlandia. Titus (79 – 81). Vespasianus (69 – 79). k.h. l. Trayanus (98 – 117). merupakan kaisar yang membangun Colloseum.

sebelah selatan adalah Gurun Sahara dan Gurun Arabia. sebelah utara adalah sungai Donau dan sungai Rhein. Merupakan kaisar yang membangun tembok (limes) terutama di Inggris dan Eropa Tengah antara sungai Rhein dan sungai Donau. Hadrianus (117 – 138). n.barat adalah Laut Atlantik. Gambar 1. sebelah timur adalah sungai Eufrat dan Laut Hitam.10 Tembok Hadrianus Sumber: Sejarah Nasional Indonesia dan Umum .

Gambar tersebut menunjukkan limes Hadrianus yang dibangun sepanjang 118 km di Inggris.merupakan kaisar yang kejam. Antonius Pius (138 – 161) p. Marcus Aurelius (161 – 180): wilayah merupakan kaisar yang gemar ilmu pengetahuan. Hal itu dimungkinkan karena pemerintahan lebih bersifat federasi dari pada desentralisasi.Sejak tahun 180 kekaisaran Romawi mengalami kemunduran. Kaisar berikutnyaadalah Konstantin yang Agung (324 – 337). o. Ia memerintahkan pembunuhan terhadap pengikutagama kristen. Ia memindahkan ibukota Romawi . Beberapa kaisar yangmemerintah pada masa kemunduran ini antara lain: Diocletianus (284 – 305). Kurang lebih 100 tahun Romawi diliputi oleh kekerasan dan perang saudara. membantu tenaga untuk berperang sertamenyelenggarakan dan mengawasi upacara pemujaan kepada kaisar. Mereka yang berhasil meloloskan diri membuat lubangperlindungan di gua-gua karang yang disebut Catacombe. Tiap-tiap negara boleh menyelenggarakan pemerintah sendiridengan kewajiban: membayar pajak. filsafat dan sastra.Para kaisar mampu memerintah atas imperium yang sangat luas.

Pada tahun 1453 Konstantinopel dikuasai oleh Sultan Muhammad II dari Turki-kaisar Romawi Timur yang terkenal adalahYustinianus. Seperti Goth Timur. . Kota mundur dan keamanan tidak terjamin.Romawi Barat terpecah menjadi beberapa kerajaan yang diperintah oleh raja-raja Germania. Pada abad 5 yaitu tahun 476 Odouker menamakan dirinya raja Germania di Italia. Pada tahun 313 Konstantin mengeluarkan Edic Milan yang berisi perintah menghentikanpengejaran terhadap umat kristen dan menetapkan agam kristen menjadi agamaresmi negara: Kaisar Thedosius (378 – 395) menetapkan agama kristen sebagaagama negara. Setelah tahun 476 hubungan Romawi Barat dan Romawi Timur praktis putus. Keadaan Romawi Barat mengalami kemunduran baik dalam bidang perdagangan maupun industri. Belgia. akibatnya keuangan negara lemah. Belanda. Vandal. Para pedagang mengalihkan usahanya ke bidang pertanian. Burgundia. Goth Barat. proses ekonomi berubah arah dari perekonomian uang ke rumah tangga perekonomian tertutup. Asia Kecil (sampaiArmenia).Setelah membaca uraian di atas. Syiria sampai Eufrat dan Mesir. Ia membagi wilayah kekaisaran untuk kedua putranya: KekaisaranRomawi Barat beribukota di Roma untuk Honorius. Jerman Barat).dari Roma ke Bizantium (Konstantinopel) yang kini disebut Istambul.Romawi Timur memiliki wilayah meliputi: Semenanjung Balkan. mungkin dalam hati Anda timbul pertanyaan:keadaan kekaisaran Romawi Barat dan Timur setelah pembagianpada tahun 395. putra bungsunya dan putrasulung yang bernama Archadius berkuasa di Romawi Timur dengan ibukotaKonstantinopel. Lambordiadan Francia (Perancis. inflasi tidak tertahankan lagi dan nilai uang merosot. Romawi Timur dapat bertahan sampai tahun 1453 dengan melakukan perdagangan dan setiap serangan dari bangsa Barbar disikapi dengan memberi upeti.

Bangsa Romawi memuja beberapa roh seperti: . Dewa-dewi yang disembah itu antara lain: Tabel 1.1 Dewa bangsa Romawi .Penates yaitu roh penjaga lumbung Peradaban Romawi juga mendapat pengaruh besar dari peradaban Yunani termasuk kepercayaan yang bersifat Polytheisme. kepercayaan masyarakat masih bersifat anisme.Vesta yaitu roh pengurus api tungku .C.Lares yaitu roh penjaga rumah tangga dan batas ladang keluarga . Sistem Kepercayaan Bangsa Romawi Ketika kerajaan Romawi berdiri. Bangsa Romawi juga menyembah dewa dewa bangsa Yunani namun namanya disesuaikan dengan nama-nama Romawi.

. Bangunan itu berfungsi sebagai tempat untuk pertunjukan hiburan.5 m dan tingginya 6 m .D.11 Collosium. Seni Bangunan: Bangsa Romawi memiliki keahlian yang tinggi dalam bidang seni bangunan-mereka telah menemukan sistem beton sehingga bangunan-bangunan mereka bertahan beberapa abad dan dapat ditemukan bekas-bekasnya sekarang. Gambar 1.Limes yaitu tembok pertahanan yang panjangnya puluhan kilometer. Peninggalan Budaya Romawi 1.Puluhan kuil yang bertebaran di kota Roma . tempat pertunjukan gladiator Sumber: Lukisan sejarah Baik kaisar maupun masyarakat Romawi pada umumnya menyenangi hiburan.Amphiteater dan Colloseum yaitu bangunan berbentuk stadion yang dapat menampung ratusan ribu penonton. Pertunjukan di Collosium itu antara lain. lebar 2. Peninggalanbangunanbangunan Romawi itu antara lain: . Perhatikan gambar di samping ini. .Pantheon yaitu rumah dewa bagi bangsa Romawi.

Forum Romanum yaitu gedung pemerintahan. Bangunan fisik yang dibangun oleh Romawi memiliki multi fungsi contoh: jalan raya di atas untuk mempercepat gerakan tentara dari pusat ke daerah sedangkan di bawahnya untuk keperluan irigasi. ahli dalam bidang obat-obatan.Chairot yaitu kereta perang yang ditarik oleh beberapa ekor kuda. dan fisiologi.Salah satu jalan raya yang kuat yaitu Via Apia yang masih terpelihara hingga sekarang. .12 Aquaduk 3. Ilmu Pengetahuan Dalam bidang ilmu pengetahuan bangsa Romawi meneruskan pengetahuan yang telah berkembang pada jaman Yunani kuno. .Cloaca Maxima adalah saluran pengairan untuk menyalurkan kelebihan air hujan yang hingga sekarang terpelihara dengan baik. gladiator yaitu perkelahian antara manusia dengan manusia: . . . Gambar 1. Diantara para ilmuwan Romawi antara lain Galen. Lucretius yang mengikuti jejak Epicurus dan berpendapat materi itu terdiri dari atom.Circus Maximus untuk pertunjukan hiburan sirkus.Aquaduk yaitu bangunan saluran air bersih. anatomi.

bangsa Romawi sedang berada di puncak kejayaan. lalu menimpakan kesalahan kepada kaum Kristen. Karena tidak sesuai dengan nilai kemanusiaan yang kita junjung tinggi. Ia pernah mengalami jaman keemasan. Hancurnya Kekaisaran Romawi Kuno Kekaisaran Romawi (Roma) adalah sebuah kerajaan yang cukup besar dengan wilayah kekuasaan yang sangat luas. Dengan mempelajari sistem pemerintahan Romawi menujukkan adanya tindakan – tindakan yang kejam antara lain kaisar Nero. Kemudian Kailelius juga mengambil tindakan yang .Tindakan yang demikian jelas harus dicegah. Pada saat yang bersamaan ajaran Kristus sedang berkembang. kepercayaan bangsa Romawi dan bagian terakhir yaitu beberapa hasil peninggalan budaya Romawi. Pada suatu masa. sistem pemerintahan Romawi. Karena kebenciannya terhadap agama Tuhan ini. menurut catatan sejarawan Roma. dengan tentara perangnya yang disegani semua bangsa. Nilai saling mengasihi perlu kita pupuk dan kita wujudkan bagi sesama umat manusia sehingga akan tercipta semangat kekeluargaan serta perdamaian. menerangi umat manusia di wilayah kekaisaran ini. sekaligus awal dari kehancurannya. Tacitus bahwa Kaisar Nero sengaja membakar kota Roma.Penutup Peradaban Romawi kuno yang meliputi kehidupan masyarakat Romawi.

lalu dijadikan satu ikatan bersama dengan rumput kering. menciptakan dua musibah kebakaran dan memfitnah. Kaisar Markus Aurellius juga sangat kejam dalam menindas kaum Kristen. para pembesar Roma tertawa terbahak-bahak memandangi orang-orang yang dalam keadaan hidup-hidup dicakar dan digigit hingga mati oleh binatang buas. dan melakukan perbuatan maksiat dan lain sebagainya. memaksa kaisar pada waktu itu Dioklesian mengambil tindakan yang kejam menindas mereka. menerangi pesta di taman kekaisaran. dalam 15 hari di Istana Nihemiya. lalu mengatakan bahwa mereka berpesta pora. mereka menghirup darah bayi dan memakan dagingnya. dan mayat itu lalu dibakar setelah dipotong-potong anggota tubuhnya. pemikir Romawi kuno tidak sedikit telah menyusun desas-desus yang khusus ditujukan pada mereka. bahwa semua kebakaran tersebut merupakan perbuatan kaum Nasrani. berserakan di jalan-jalan. .serupa. segala perbuatan jahat masyarakat Romawi kuno semuanya ditimpakan kepada kaum Nasrani. kemudian dibakar pada saat menjelang malam. Dia bahkan berpesan agar mengumpulkan kaum Nasrani yang banyak. Demi untuk membangkitkan perasaan anti-Nasrani di masyarakat. Pada waktu itu. Menurut gambaran sejarawan Shafu. dijadikan obor dan dibariskan ke tengah-tengah taman bunga. Kaisar Nero pernah memerintahkan untuk memasukkan tidak sedikit kaum Nasrani ke gelanggang aduan. seperti misalnya akan membunuh pengikut Yesus yang ke gereja. "Mayat dari orang yang dikubur hidup-hidup.

kemudian abu tulang yang tersisa ditebarkan ke sungai. Dan akan dihukum mati bagi yang bersikeras. Namun sistem hukum yang sempurna tidak mencegah kekejaman.penguasa terhadap penindasan keyakinan yang lurus. Seperti yang telah diketahui oleh orang-orang. Beberapa buku sejarah telah menceritakan tentang beberapa peristiwa yang terjadi antara tahun 209 M hingga 210 M. mengadili dan menghukum malah menjadi semacam pola kekuasaan raja tertinggi. akan menerima pengadilan Gubernur Jenderal setempat. Tahun 303 M. bahwa para wanita yang telah mengucapkan janji suci kaul kekal. bahwa sistem hukum Romawi kuno sangat modern. untuk menghindari seperti dengan apa yang mereka namakan: 'bahwa musuh malaikat. perampasan kitab suci dan pembunuhan yang kejam terhadap pastur atau pendeta. menodai alam semesta'. "sebuah penindasan terhadap agama mulai digencarkan oleh pemerintah kekaisaran Romawi. jika tidak. penindasan terhadap kaum Kristiani perempuan merupakan suatu hal yang mengejutkan. penguasa lalim Decius mengeluarkan perintah kaisar. Lalu mengenai rakyat biasa. . yang memerintahkan bahwa kaum Nasrani dalam perayaan hari penyesalan harus melepaskan kepercayaannya sendiri. sistem perlindungan hukumnya sudah matang. Raja Dioklesian mengeluarkan perintah lagi. dipaksa untuk menerima cobaan yang berat antara kesucian diri dan kepercayaan pada agama. Pejabat pemerintah yang menjadi kaum Nasrani akan diganjar dengan hukuman sebagai budak. kondisinya lebih mengenaskan lagi. Konon dikatakan." penghancuran gereja oleh massa. atau harta bendanya akan disita." Tahun 250 M. Dalam sejarah.

aku akan memerintahkan untuk menghukum mati mereka." Lalu Raja Trajanus memberikan tanggapan dan berkata. seorang pengawas yang bernama Plinius melapor kepada Kaisar Trajanus dengan mengatakan. Jika mereka mengaku. jika mereka tetap bersikeras mengaku sebagai Kristiani. Pengadilan lalu memastikan bahwa dakwaannya dinyatakan sah dengan tuduhan "menghimpun secara rahasia kelompok yang melakukan tindak kejahatan" dan juga atas dakwaan "memusuhi semua malaikat Roma". Pendeta Cyprianus menolak melepaskan kepercayaan untuk "mengoreksi kesalahannya dan menjadi manusia baru". "Siapa pun yang dituduh sebagai kaum Nasrani. yang mana juga merupakan rontaan sakaratul maut sebelum musnah. apakah mereka benar-benar seorang Kristiani. "Cara engkau menangani para tertuduh Kristen sangat tepatc. aku lalu menakuti mereka dengan hukuman. Jika dipandang dari sudut sejarah. maka akhirnya ia dijatuhi hukuman pancung. dan kemudian bertanya lagi." Peristiwa ini dikenal busuk dengan "kasus Cyprianus yang dipancung". Kekuatan yang baik akan langsung menyerang terhadap bermacam-macam faktor kejahatan yang telah terpupuk lama. keyakinan yang lurus selalu muncul pada masa kemerosotan moral dan kebejatan jiwa manusia.Pada masa Romawi kuno. hanya merupakan sebuah ekspresi perbandingan kekuatan antara yang baik dengan yang jahat. aku pernah menanyai. karena hal ini disebabkan oleh sifat iri hati. Penindasan terhadap keyakinan lurus. . Penindasan terhadap kepercayaan yang lurus tidak bisa dipahami oleh seseorang yang berhati baik. sewenang-wenang dan kejam.

tidak bersedia berpadu atau berdiri sejajar dengan agama lainnya. maka kaum Kristiani menjadi suatu kerisauan bagi dirinya. dia memerintahkan untuk menghancurkan gereja. dan populasi semuanya memiliki ancaman serius. di kota Roma banyak ajaran dari berbagai bangsa dengan bermacam-macam versi. malaikat kami". Raja Roma Domitian pernah memerintahkan untuk menggeledah dan menangkap kaum Nasrani secara besar-besaran dan dihukum mati. Raja Domitian menindas kaum Kristiani dikarenakan mereka tidak bersedia menyebutnya sebagai malaikat. Semasa hidupnya menghendaki rakyat menyebutnya sebagai "Tuhan kami. Dalam penyebarannya. Raja ini tidak sudi menanti kelaziman bahwa hanya setelah meninggal yang akan dianggap sebagai malaikat. keyakinan. Raja Dioklesian demi untuk supaya berhasil menyatukan kekaisaran Romawi. Pada waktu itu. Kemudian. dikarenakan demikian. yang mana juga telah menyinggung agama orang yang membela Roma. dan kaum Kristiani dipaksa untuk meninggalkan keyakinannya atau memilih di antara kematiannya. menghendaki semua rakyat Roma untuk menganut satu kepercayaan saja. yang akan menjadi target penindakan dan pukulan. dan banyak yang merupakan ajaran . bahkan adik sepupunya sekeluarga juga tidak dilepas. kaum Nasrani berpegang teguh pada keistimewaan keyakinannya. maka pemikiran apa pun yang tidak disertai dengan ketulusan.Jika dipandang dari semua kekuasaan yang sewenang-wenang dan jahat tersebut.

kaum Nasrani menolak untuk memasuki gelanggang menonton pemandangan adu manusia antara penjahat perang dengan budak belian. cinta kasih." Tidak lama kemudian. Uskup Paulus dibawa menuju ke gelanggang. Kehidupan individu kaum Nasrani yang polos sederhana. kau malah melupakan api neraka yang tidak pernah padam selamanya. . kekuatan api tersebut hanya akan membakar selama 1 jam saja. kearifan dan keadilan. Pada masa Romawi kuno. Dia tidak pernah berlaku tidak adil terhadapku. terlebih lagi bagi penguasa. Pengawas berkata. maka akan diberikan kebebasan. "Kau ingin menakutiku dengan bara api. sekelompok massa yang brutal. menyembul keluar lalu membakarnya hidup-hidup. telah merosotkan suasana kemewahan di masyarakat menjadi semacam perbandingan kuat yang mengancam banyak orang. asal saja dia menolak Kristen di hadapan massa. penganut Nasrani berpegang teguh pada kesucian. Tidak sedikit pendeta yang mengritik pola hidup orang Roma yang mewah dan berpoya-poya yang menyebabkan timbulnya rasa tidak senang beberapa orang. "Selama 80 tahun aku tetap mengabdi akan Tuhanku. Paulus mengatakan. Pada masa Romawi.sesat. semua ini tampaknya bukan suatu pemikiran yang praktis pada saat itu. Dengan tenang Paulus berkata. ada sesuatu yang mengganjal dalam hati para penganut sesat itu terhadap keyakinan yang lurus. mereka melepaskan budak belian mereka sendiri tanpa syarat. Karena ditimbulkan dari rasa kasih. bagaimana boleh aku menghinaNya penyelamatku?" Pengawas bermaksud membakar Paulus.

Vesta yaitu roh pengurus api tungku .Pada saat itu. Bangsa Romawi juga menyembah dewa-dewa bangsa Yunani namun namanya disesuaikan dengan nama-nama Romawi. Apakah Anda masih ingat apa arti anisme? Anisme adalah kepercayaan dan pemujaan terhadap roh. yang bukan hanya tidak mengerang dalam kobaran api tersebut.Penates yaitu roh penjaga lumbung Peradaban Romawi juga mendapat pengaruh besar dari peradaban Yunani termasuk kepercayaan yang bersifat Polytheisme. . banyak sekali pengikut setia Kristen. malah memuji-muji malaikat mereka dalam kobaran bara api . Sistem Kepercayaan Bangsa Romawi Ketika kerajaan Romawi berdiri. Bangsa Romawi memuja beberapa roh seperti: . kaum Kristen mengabdikan dirinya untuk suatu kepercayaan yang diyakininya. kepercayaan masyarakat masih bersifat anisme. Dalam sejarah.Lares yaitu roh penjaga rumah tangga dan batas ladang keluarga . Semua akhlak bobrok dan pandangan kabur serta kuping yang tuli masyarakat Roma ini merupakan suatu hal yang tidak bisa dipahami.

b. Berkaitan dengan kepercayaan itu berkembanglah bangunan pemujaan terhadap dewa-dewi seperti gedung Pantheon yaitu rumah dewa bagi bangsa Romawi. c. Penyebaran ke arah barat dilakukan oleh Petrus dan Paulus. Penganut agama kristen semakin banyak terutama dari golongan budak (kaum tertindas). dan d. ditanah Judea yang merupakan wilayah kekaisaran Romawi maka agama yang baru ini mulai berkembang bahkan sampai di Roma sebagai pusat pemerintahan. menolak pendewaan kaisar. menolak wajib militer dan berperang. Dewa-dewi yang disembah itu antara lain: Bagaimana perkembangan kepercayaan bangsa Romawi berikutnya? Setelah lahirnya agama kristen. Setelah agama kristen ditetapkan sebagai agama negara maka Roma kemudian menjadi pusat agama Roma Katolik . Ajaran tersebut adalah: a. menolak perbudakan. bersifat monotheisme sedangkan agama Romawi bersifat polytheisme.Tabel. Mengapa para kaisar Romawi lalu memerintahkan pasukannya untuk menindas penganut agama kristen? Karena ajaran agama kristen dapat menggoyahkan sendisendi kekuasaan kaisar.

dengan pemimpinnya yang disebut Paus serta dibangun gereja yang megah dikenal sebagai gereja Santo Petrus. a) Yupiter. c) Mercurius d) Venus . Taukah kamu !!! Dari kepercayaan Romawi di atas terdapat nama-nama dewa yang juga dipakai untuk nama-nama planet di jagat raya. b) Mars.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful